Air Terjun Di Bogor yang Lagi Hits dan Ngetrend Di Kalangan ABG Bogor

Air terjun di Bogor – Bogor adalah satu dari sekian daerah yang dipenuhi dengan pemandangan alam yang ciamik. Tak hanya dari perbukitan dan gunung-gunungnya saja, pemandangan alam di Bogor juga bisa Anda nikmati dari sudut pandang lain. Salah satunya ya curug, atau dalam bahasa Indonesia disebut air terjun.

Air terjun di Bogor sendiri berjumlah lebih dari 10. Dari sekian banyak air terjun yang ada, hanya beberapa saja yang memiliki fasilitas dan mudah diakses. Sedang sisanya adalah air terjun baru yang minim perawatan dan pengelolaan.

Walau beberapa air terjun di Bogor tergolong baru, sebagian besar dari air terjun-air terjun tersebut mulai hits dan banyak digilai wisatawan, khususnya remaja.

Pemandangan yang keren dan instagramable dari lingkungan curug membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Tak hanya betah berlama-lama, sebagian pengunjung bahkan rela bersusah payah mengabadikan curug dengan mengambil gambar dari beberapa sudut pandang.

Nah, untuk Anda yang mulai penasaran dengan daftar air terjun yang dimaksud, berikut kami paparkan beberapa info dan data terkait air terjun di Bogor.

 

Daftar Air Terjun Di Bogor yang Hits dan Ngetrend

 

1. Curug Bidadari

Curug Bidadari - Air terjun di bogor

Curug Bidadari – Air terjun di bogor

Curug Bidadari adalah satu dari sekian tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Kenapa? Karena di samping memiliki fasilitas dan akomodasi yang baik, destinasi wisata ini juga memiliki pamandangan indah dari perbukitan sekitar curug.

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa menikmati sejuknya air curug dengan bermain-main di sekitarnya. Kalau pun ingin berenang, pengunjung telah disediakan kolam khusus dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Untuk Anda yang ingin wahana permainan, pengelola juga menyediakan beberapa wahana balon dan sebagainya. Dengan semua keseruan yang bisa dinikmati di atas, harapannya pengunjung akan betah dan rela berlama-lama di tempat wisata yang satu ini.

Air terjun di Bogor ini terletak di Desa Bojongkoneng, Bogor. Lokasi air terjun sendiri tak begitu sulit diakses karena dilalui oleh jalur utama Bogor.

Curug Bidadari sendiri adalah perpaduan wisatawan dan keluarga. Di samping menikmati indahnya curug, pengunjung juga bisa menjajal wahana wisata yang tersedia. Saung, warung makan, kolam dan aneka fasilitas lain juga tersedia di sini sehingga membuat kenyamanan pengunjung jadi terjamin.

Untuk tarik masuk, air terjun di Bogor ini membanderol sebesar Rp 25.000,- di hari kerja (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Sedang pada akhir pekan dan libur nasional harga akan semakin lebih tinggi.

 

2. Curug Cilember

Curug Cilember - Air terjun di bogor

Curug Cilember – Air terjun di bogor

Dibandingkan dengan Curug Bidadari, Curug Cilember sangat jauh dari kesan modern dan keluarga. Sebab, jika ditilik dari fasilitas, tempat wisata ini masih tergolong minim dan berbanding jauh dengan Curug Bidadari. Walau demikian, air terjun di Bogor ini tetap memiliki pengunjung setia, yang rela mengunjunginya walau medan yang ditempuh tak begitu baik.

Karena minim fasilitas, pengelola tempat ini hanya membanderol tarif masuk sebesar Rp 6.000,- saja (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Jika daya tarik dari Curug Bidadari adalah fasilitas yang lengkap dan pemandangan keren, Curug Cilember justru menawarkan keasrian tempat wisata, lengkap dengan rimbunya hutan yang mengelilinginya.

Bukan hanya itu, air terjun di Bogor ini juga memiliki air jernih dengan bebatuan cadas yang indah. Nah, karena alasan itulah, banyak pengunjung yang datang jauh-jauh hanya berfoto dan mengabadikan tempat ini. Dan, kalau Anda adalah salah satu dari pengunjung tersebut, Anda pasti sempatkan datang ke Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor ini untuk mengabadikan keindahan Curug Cilember.

 

3. Curug Cigamea

Curug Cigamea - Air terjun di bogor

Curug Cigamea – Air terjun di bogor

Tak beda jauh dengan Curug Cilember, Curug Cigamea juga mengedepankan keindahan dan kerimbunan hutan yang mengelilingi curug. Di samping itu, curug ini juga akan batu cadas yang menambah keelokan curug. Air curug yang jatuh juga terkesan sejuk dan memberikan kenyamanan untuk siapa saja yang dikenainya.

Terlepas dari itu, air terjun di Bogor ini adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Yang artinya, jika Anda berkunjung ke sini, wajib hukumnya untuk menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

Untuk Anda yang ingin ke sini, datanglah ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Cibatok Bogor.

Akses ke lokasi sendiri tidak begitu ekstrim. Walau demikian, Anda dituntut hati-hati saat melaluinya, terlebih lagi saat musim hujan. Karena di samping licin, beberapa bagian juga terlihat berbahaya sehingga perlu kehati-hatian untuk melewatinya.

 

4. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum - Air terjun di bogor

Curug Cibeureum – Air terjun di bogor

Curug Cibeureum adalah air terjun di Bogor yang paling ekstrim. Bukan karena air terjunnya yang terlampau aneh atau tak biasa, melainkan lokasi dan medan yang dilalui yang terbilang berat dan jauh dari kata nyaman.

Ya, Curug Cibeureum sendiri terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasi curug yang berada di ketinggian 1.675 mdpl membuat pengunjung bekerja keras untuk sampai ke lokasi. Bukan hanya itu, tingginya lokasi juga membuat udara terlampau sejuk, bahkan dingin untuk waktu-waktu tertentu.

Tapi terlepas daripada itu, air terjun di Bogor ini adalah satu dari sekian banyak curug yang paling indah di Bogor. Sebab itu, sangat sayang sekali jika Anda tak datang dan menikmati curug tertinggi ini.

 

5. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet - Air terjun di bogor

Curug Ngumpet – Air terjun di bogor

Tak sebagaimana nama yang disandingnya, letak curug ini sendiri terbilang strategis dan tak tersembunyi sekali. Walau dikelilingi tebing dan hutan, pengunjung tetap bisa menikmati curug tanpa perlu membelah hutan dan sebagainya.

Untuk lokasinya, air terjun di Bogor ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Jika ditempuh dari pusat Kota Bogor, lokasi curug hanya sekitar 48 km, tak lebih.

Kendati dekat, untuk mencapai lokasi curug, pengunjung diharuskan berjalan sedikitnya 200 meter dari pintu gerbang. Walau demikian, dari pintu ke lokasi, pengunjung akan mendapatkan panorama hutan nan cantik dan sayang untuk dilewatkan.

Oh ya, lokasi air terjun di Bogor ini masih terbilang asri dan amat terjaga. Di sana Anda bisa mendapati tebing berlumut, semak belukar, kerikil dan batu, serta aneka komponen hutan lainnya. Di sana juga terdapat kolam kecil di bawah curug. Jadi, jika Anda ingin menikmati sejuknya air curug, Anda bisa langsung menceburkan diri ke sana.

 

6. Curug Panjang dan Curug Naga

Curug Panjang - Air terjun di bogor

Curug Panjang – Air terjun di bogor

Kedua curug ini adalah air terjun dengan sungai yang sama, yaitu Sungai Cirangsang. Lokasi keduanya pun tak begitu jauh, sama-sama ada di daerah Megamendung. Hanya saja keduanya dibedang dari segi pengelolaan. Jika Curug Panjang dikelola untuk tempat wisata umum, Curug Naga justru digunakan untuk kepentingan Body Rafting yang disediakan oleh salah satu penyedia jasa wisata.

Terlepas daripada itu, kedua air terjun di Bogor ini memiliki keindahan yang sama-sama indah. Keduanya memiliki air jernih dan bebatuan yang khas. Bukan hanya itu, keduanya juga memiliki kolam kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berenang dan menikmati sejuknya air.

 

7. Curug Luhur

Curug Luhur - Air terjun di bogor

Curug Luhur – Air terjun di bogor

Air terjun di Bogor ini memiliki keindahan yang tak kalah menarik dibanding Curug Bidadari. Keduanya sama-sama kehilangan kesan alami dari sebuah air terjun. Walau demikian, keindahan dan daya tarik keduanya masih terasa hingga sekarang.

Curug Luhur sendiri adalah air terjun yang terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Ciomas, Bogor. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di kaki Gunung Salak.

Curug Luhur sendiri adalah air terjun yang cukup tinggi. Di bawahnya Anda bisa melihat kolam dengan kedalaman yang tak begitu dalam. Pengunjung umumnya berendam, bermain air dan berenang di kolam tersebut.

 

Nah, itulah artikel dari Kompas Wisata mengenai beberapa air terjun di Bogor yang bisa Anda kunjungi. Beberapa dari air terjun ini memiliki keindahan yang lain dan unik sehingga sayang untuk dilewatkan. Bagaimana? Anda tertarik untuk ke salah satu diantaranya? Semoga liburan anda bermakna dan menjadi kenangan terindah, Be Happy !!

One Response

  1. Defi Purnama Desember 21, 2016 Reply

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!