Danau Ranu Kumbolo Percikan Surga Di Gunung Semeru

  Danau Ranu Kumbolo berada di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur, yang mana biasanya digunakan sebagai salah satu tempat transit para pendaki sebelum mencapai puncak semeru. Danau yang berada di ketinggian 2.400 mdpl ini, merupakan salah satu kawasan yang menjadi favorit para pendaki. Kawasan danau Ranu Kumbolo ini memiliki suhu yang terbilang cukup ekstrim. Ketika malam hari, suhunya, bisa mencapai hingga 5 derajat celcius. Selain itu, untuk debit airnya sendiri pun sangat berlimpah, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai salah satu percikan surga di Gunung Semeru.

Namun, yang menjadi perhatian anda adalah ketika sedang berkemah atau bermalam di Ranu Kumbolo ini, anda tidak diperkankan untuk buang air, hingga mandi dan berenang diarea danau ini. Hal ini dikarenakan, untuk airnya sendiri memang sangat bersih, sehingga biasanya digunakan untuk minum. Dan para pendaki wajib menjaga kebersihan yang ada disekitar kawasan danau ini. Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan perjalanan hingga gambaran dari Danau Ranu Kumbolo, yang bisa anda ketahui dibawah ini.

 

Mengenal Danau Ranu Kumbolo

 

1. Akses Ke Danau Ranu Kumbolo

Akses Ke Ranu Kumbolo - Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo ini, berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang mana berada diantara Kabupaten Malang, dan juga Kabupaten Lumajang. Anda bisa menggunakan jalur darat. Dan ketika anda sampai di Malang, maka bisa langsung menuju angkutan umum kearah Desa Tumpang. Anda pun bisa langsung menyewa mobil jeep dan bergegas ke arah Ranu Pani untuk start perjalanan ke Ranu Kumbolo.

 

2. Hamparan Pemandangan Alam Yang Memukau

Hamparan pemandangan alam yang memukau - Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo juga merupakan salah satu destinasi yang kerap digunakan sebagai tempat bermalam para pendaki Gunung Semeru. Ketika malam menjelang, anda akan menemukan berbagai macam gugusan bintang yang terhampar indah menyelimuti langit di Ranu Kumbolo. Selain itu, pada pagi harinya, anda akan dibuat kagum dengan panorama matahari terbit yang menyapa daerah Ranu Kumbolo, dengan hamparan perbukitan hijau, dan juga air yang bening yang terhampar luas di danau Ranu Kumbolo ini.

 

3. Pesona Perjalanan Watu Rejeng

Pesona Perjalanan Watu Rejeng - Danau Ranu Kumbolo

 

Watu Rejeng ini sendiri, merupakan salah satu spot yang memiliki hamparan bebatuan terjal, yang akan memberikan anda hamparan pemandangan yang indah dan memukau. Selain itu, pemandangan yang terjadi ketika anda melanjutkan perjalanan, akan dihiasi oleh lembah serta bukit dengan aneka pohon cemara serta pinus yang berjejer. Kepulan asap dari Gunung Semeru, akan bisa anda lihat. Perjalanan ini memang memakan waktu yang cukup lama, antara lima hingga tujuh jam.

 

4. Perjalanan Melewati Bukit Edelweis

Perjalanan Melewati Bukit Edelweis - Danau Ranu Kumbolo

Dalam menapaki perjalanan menuju Danau Ranu Kumbolo ini, anda bisa melakukan perjalanan dengan alternatif jalur yaitu Watu Rejeng atau biasanya disebut sebagai Bukit Eyek-Eyek. Anda akan menyusuri bukit yang banyak ditumbuhi oleh Bunga Edelweis yang indah. Namun yang perlu untuk anda perhatikan adalah, jangan sampai memetik bunga Edelweis ini, karena bunga ini merupakan bunga yang langka dan tentu saja wajib dilestarikan.

 

Itulah sekilas mengenai Danau Ranu Kumbolo, serta perjalanan yang bisa anda tempuh ketika hendak berkunjung dan mendaki ke kawasan Gunung Semeru. Selamat menjelajahi indahnya alam Indonesia. Semoga bermanfaat. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: