10 Gunung Terindah di Jawa Barat yang Membuat Backpacker Jatuh Hati

Gunung Terindah di Jawa Barat – Jika berbicara tentang gunung-gunung terindah yang ada di Indonesia, maka Provinsi Jawa Barat adalah tempatnya. Gunung di Jawa Barat memang sudah sangat terkenal sebagai destinasi pilihan para pecinta alam dan pendaki dari seluruh negeri, bahkan tidak sedikit pendaki dari negara lain yang datang untuk menjelajah gunung-gunung indah yang ada di Jawa Barat.

Belakangan ini, aktivitas mendaki gunung bukan lagi hanya dimiliki oleh para pendaki profesional saja, para traveler yang ingin mencari tempat-tempat wisata baru di alam juga mulai banyak yang menggemarinya. Baiklah pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan 10 rekomendasi Gunung Terindah di Jawa Barat yang bisa kalian pilih sebagai destinasi pendakian nantinya.

 

Daftar Gunung Terindah di Jawa Barat

 

1. Gunung Salak

Gunung Salak - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Salak – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Untuk mengawali deretan gunung terindah di Jawa Barat, nampaknya Gunung Salak cukup layak untuk dijadikan daftar pertama. Gunung yang memiliki ketinggian 2.221 mdpl pada puncaknya ini memang memiliki sejuta pesona yang hingga hari ini masih menarik minat banyak orang. Terlepas dari banyaknya kisah misteri yang beredar di masyarakat, Gunung Salak menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Topografi Gunung Salak yang dikelilingi oleh deretan air terjun menjadikan keindahan alamnya sudah terlihat meskipun Anda belum sampai ke puncak.

Gunung Salak juga merupakan gunung api yang masih aktif, jika Anda berhasil mendaki ke puncak, Anda bisa akan menemukan pemandangan kawah ratu yang merupakan kawah aktif terbesar di Gunung Salak, sebuah pemandangan yang akan membuat Anda terkagum-kagum. Namun untuk bisa mendaki hingga ke puncak bukanlah hal yang mudah, jalur yang cukup terjal di tengah belantara akan menjadikan perjalanan Anda mendaki menjadi cukup berat. Pastikan Anda dalam keadaan yang benar-benar siap dan fit sebelum memutuskan untuk mendaki ke puncak Gunung Salak.

 

2. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Papandayan – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Selanjutnya ada Gunung Papandayan yang berlokasi di Kabupaten Garut. Gunung Papandayan memiliki ketinggian yang sedikit lebih tinggi dari Gunung Salak yaitu berada pada 2.665 mdpl. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung api yang masih aktif, di puncaknya terdapat beberapa kawah yang cukup terkenal yaitu Kawah Ngaklak, Kawah Manu, Kawah Mas, dan Kawah Baru.

Spot paling indah yang banyak diburu oleh para pendaki adalah sebuah padang rumput yang luas di puncak Gunung Gede bernama Tegal Alun. Di sini Anda bisa menyaksikan keindahan bunga edelweis yang langka secara langsung.

 

3. Gunung Gede

Gunung Gede - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Gede – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Gede juga termasuk ke dalam daftar Gunung Terindah di Jawa Barat yang tidak boleh Anda lewatkan. Gunung Gede berlokasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung ini memiliki ketinggian 2.2750 mdpl, cukup menantang untuk pendaki pemula. Untuk mendaki ke puncak, Anda bisa melalui jalur yang paling mudah melewati jalur Cibodas.

Keindahan Gunung Gede terletak pada suguhan pemandangan yang akan Anda dapatkan ketika sampai di Puncak. Pemandangan di puncak Gunung Gede memang sudah sangat tersohor, dari sini Anda bisa melihat pemandangan sebagian besar wilayah Jawa Barat lengkap dengan barisan lereng-lereng dan deretan pegunungannya. Di Gunung Gede juga terdapat sebuah spot yang cukup menarik dan unik bernama Alun-alun Suryakencana, di sinilah Anda bisa menemukan keindahan bunga edelweis yang sedang mekar.

 

4. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Pangrango – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Pangrango letaknya berdekatan dengan Gunung Gede, masih termasuk ke dalam area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang ada di Jawa Barat. Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl dan merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Gunung Pangrango memiliki banyak kesamaan dengan Gunung Gede, mulai dari keadaan vegetasinya maupun padang rumput luas yang ada di puncaknya. Gunung ini merupakan habitat alami bagi ratusan spesies tanaman langka yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, salah satunya yang tumbuh dengan subur di sini adalah bunga edelweis.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Salah satu padang rumput yang terkenal di puncak Gunung Pangrango adalah Lembah Mandalawangi, puncak inilah yang biasanya menjadi tujuan para pendaki dan komunitas pecinta alam yang datang. Karena keindahannya bahkan salah satu puisi karya aktivis terkenal So Hok Gie mengangkat Lembah Mandalawangi sebagai inspirasi dari puisi karyanya.

 

5. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Ciremai – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung terindah di Jawa Barat yang selanjutnya yaitu Gunung Ciremai, gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 3.078 mdpl. Para pendaki menemukan tantangan tersendiri untuk bisa menaklukkan puncak Gunung Ciremai, selain karena ketinggiannya yang di atas rata-rata, trek pendakian ke puncak Gunung Ciremai juga terkenal cukup terjal.

Gunung Ciremai berlokasi di perbatasan antara Cirebon, Majalengka, dan Kuningan. Untuk bisa mendaki ke puncak Gunung Ciremai, Anda bisa memilih beberapa jalur yang sudah dirintis sebelumnya oleh para pendaki. Anda bisa memilih melewati jalur di wilayah selatan di daerah Palutungan, atau di jalur sebelah utara di daerah Linggarjati.

Keindahan Gunung Ciremai terletak pada puncaknya yang memiliki trek yang sangat panjang, dari trek ini Anda bisa menyaksikan pemandangan kawah-kawah yang ada di bawahnya. Selain itu ketinggiannya yang lebih dari 3000 mdpl menjadikan pemandangan di puncak Gunung Ciremai membuat Anda seolah-olah sedang berada di atas awan.

 

6. Gunung Guntur

Gunung Guntur - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Guntur – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Guntur termasuk gunung yang ketinggiannya cukup rendah diantara gunung-gunung lain yang ada di Jawa Barat. Gunung Guntur hanya memiliki ketinggian 2.249 mdpl, namun demikian Gunung Guntur tetap memiliki pesona keindahan yang tidak kalah indahnya dari gunung lainnya. Tak heran jika Gunung Guntur selalu dijadikan salah satu destinasi yang patut di perhitungkan oleh para traveler dan pendaki. Selain itu juga trek pendakian ke puncak Gunung Guntur terkenal esktrim dan berat, sehingga mendaki ke puncak Gunung Guntur akan memberikan tantangan tersendiri bagi Anda.

 

7. Gunung Malabar

Gunung Malabar - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Malabar – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Malabar juga termasuk ke dalam deretan gunung terindah di Jawa Barat yang wajib Anda jelajahi. Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi pendaki pemula. Lokasinya berada di daerah selatan Bandung dengan ketinggian mencapai 2.343 pada puncaknya. Gunung ini terletak diantara barisan gunung yang membentang di sepanjang wilayah Bandung seperti Gunung Haruman dan Gunung Putang. Jika beruntung mendapati cuaca yang cukup cerah ketika sampai di puncak, Anda bisa melihat pemandangan seluruh kota Bandung, Tangkuban Perahu, dan Bukit Tunggul dari sini.

 

8. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Cikuray – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Cikuray bisa Anda pilih sebagai destinasi pertama jika pengalaman mendaki masih minim. Trek mendaki ke Puncak Gunung Cikuray sedikit lebih ringan jika dibandingkan dengan gunung lainnya di Jawa Barat. Gunung ini terletak di Kabupaten Garut, untuk memulai pendakian Anda bisa masuk melewati jalur termudah yaitu jalur Cikajang yang berada di daerah Cikajang. Dari puncak Gunung Cikuray Anda akan mendapati pemandangan yang sangat indah, dari sini Anda bisa melihat pemandangan barisan Gunung Papandayan dan gunung lainnya yang ada di Jawa Barat.

 

9. Gunung Patuha

Gunung Patuha - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Patuha – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Patuha adalah salah satu gunung yang berperan penting dalam terbentuknya kawah-kawah eksotis yang ada di Tangkuban Perahu. Letusan Gunung Patuha berabad-abad silam adalah penyebab terbentuknya kawah putih yang ada di Tangkuban Perahu. Gunung Patuha secara administratif termasuk ke dalam wilayah Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.386 mdpl pada puncaknya. Salah satu keunikan dari Gunung Patuha ini adalah warna kawahnya yang selalu berubah-ubah, terkadang pengunjung akan menemui kawahnya berwarna putih, hijau, atau kecokelatan.

 

10. Gunung Puntang – Gunung Terindah di Jawa Barat

Gunung Puntang - Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung Puntang – Gunung Terindah Di Jawa Barat

Gunung terindah di Jawa Barat yang terakhir adalah Gunung Puntang. Gunung ini sudah sangat terkenal dikalangan para pendaki yang ada di Jawa Barat. Gunung Puntang berlokasi di wilayah Pangalengan dengan ketinggian mencapai 2.224. Kondisi alamnya masih sangat terjaga dengan jalur pendakian yang cukup ringan. Sehingga alam sekitar Gunung Puntang sering dijadikan tempat mengadakan berbagai acara perkemahan, hiking dan outbond. Jalur trekkingnya yang terbilang cukup ramah menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung yang paling banyak dikunjungi di Bandung.

 

Nah itulah beberapa referensi gunung terindah di Jawa Barat yang bisa kalian jadikan acuan untuk didaki. Kenikmatan yang dirasakan setelah berhasil mendaki hingga ke puncak gunung sangat berbeda dengan kenikmatan bagi penyelam yang melihat terumbu karang yang indah. Namun itu semua kembali lagi kepada selera masing-masing pribadi. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi banyak orang. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!