Mengenal Lokasi dan Jalur Pendakian Gunung Andong Jawa Tengah

Jalur Pendakian Gunung Andong – Mendaki gunung dapat memberikan kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Mereka yang suka dengan aktivitas mendaki akan dengan senang hati mencari lokasi pendakian yang baru dan menantang meskipun harus pergi jauh ke seberang pulau. Nah khusus untuk Anda para pendaki pemula, Gunung Andong yang ada di Kabupaten Magelang bisa menjadi step pertama untuk mengasah kemampuan mendaki Anda.

Jalur pendakian Gunung Andong terkenal cukup ramah untuk para pendaki pemula. Ketinggian puncaknya hanya sekitar 1.726 mdpl dengan trek pendakian yang tidak terlalu ekstrim bila dibandingkan dengan gunung lain di Indonesia yang rata-rata memiliki ketinggian di atas 2000 mdpl.

 

Lokasi Gunung Andong

Gunung Andong berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bersebelahan dengan Gunung Telomoyo yang ada di perbatasan antara Salatiga, Semarang, dan Magelang. Gunung Andong juga dijadikan spot favorit untuk melihat keindahan sunrise dan sunset. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik bagi para pendaki yang memang sangat senang berburu keindahan alam.

Pemandangan Gunung Andong

Pemandangan Gunung Andong

Letaknya yang berada di sebelah barat Gunung Merbabu, membuat pemandangan yang ada di gunung ini sangat menakjubkan. Dari puncak Gunung Andong, Anda bisa menikmati keindahan landscape kota Salatiga dan Solo.

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan pendakian, berikut ini kami berikan panduan jalur pendakian yang ada di Gunung Andong.

 

Jalur Pendakian Gunung Andong

Sebelum memulai pendakian pastikan terlebih dahulu barang-barang dan persiapan Anda sudah sudah dipacking dengan rapi. Anda juga harus memastikan kondisi fisik pada saat melakukan pendakian sedang prima, karena meskipun ketinggian puncak Gunung Andong terbilang rendah, namun jalur yang akan dilewati cukup menguras tenaga terutama untuk para pemula.

Basecamp Gunung Andong

Basecamp Gunung Andong

Saat ini sudah ada beberapa jalur pendakian Gunung Andong yang bisa Anda pilih. Selain itu sudah banyak petunjuk yang dibuat oleh para komunitas pecinta alam yang akan memudahkan pendakian Anda.

Base camp pendakian

Sebelum memulai pendakian pertama Anda harus menuju ke base camp pendakian Gunung Andong yang berada di daerah Kec. Ngablak, Magelang. Di sini Anda bisa mengecek kembali semua persiapan Anda sebelum mulai mendaki.

Harga tiket masuk (retribusi)

Selanjutnya di Base Camp Pendakian ini Anda juga akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 per orang. Setelah membayar retribusi Anda akan diberikan peta jalur pendakian yang akan Anda gunakan sebagai pegangan, sangat membantu untuk lebih mengenal track yang akan Anda lalui. Setelah semua persiapan Anda sudah matang, maka Anda bisa mulai mendaki melalui jalur pendakian pertama.

Pos pertama

Anda akan memulai pendakian melewati track tanah liat dan hutan pinus. Di sekeliling Anda ada hamparan hutan pinus yang akan berakhir di wilayah Watu Pocong. Kemiringan di track pertama ini berada pada 45 derajat, cukup menguras tenaga namun Anda harus tetap fokus karena di beberapa titik jalan yang basah akan menjadi sangat licin. Anda harus berhati-hari melewati track yang pertama ini.

Setelah sekitar 30 menit melewati jalur pendakian Gunung Andong dari pintu masuk ini, Anda akan bertemu dengan pos pendakian pertama yang bernama Gili Cino. Di sini Anda bisa istirahat sejenak melepas lelah dan haus sebelum melanjutkan pendakian menuju ke Pos kedua.

Pos kedua

Dari pos pertama Anda akan melanjutkan perjalanan lagi menuju ke pos pendakian kedua. Jalan yang akan Anda lewati lebih menantang dari jalan sebelumnya. Di sini Anda akan melewati beberapa sumber air dan melintasi jalur pipa. Di beberapa titik pipa-pipa tersebut mengeluarkan air yang mengalir menggenangi jalan sehingga keadaan jalan menjadi lebih licin. Anda harus ekstra hari-hari ketika melewati jalur ini. Setelah melewati jalur pipa ini Anda akan bertemu dengan pos pendakian kedua yaitu Watu Mayang.

Pendakian menuju puncak

Dari pos kedua, Anda bisa langsung meneruskan perjalanan menuju ke Puncak Gunung Andong. Trek menuju ke puncak ini lebih ringan dari trek sebelumnya. Pemandangan yang disuguhkan juga jauh lebih menarik. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan Kota Magelang yang terlihat jauh di bawah. Pada malam hari pemandangan akan tampak lebih indah karena adanya kelipan lampu-lampu di sepanjang Kota Magelang.

Trek pendakian dari pos kedua menuju ke puncak cukup panjang, bisa memakan waktu sekitar 2 jam pendakian. Jadi Anda harus pandai-pandai mengatur stamina saat melewati trek pendakian ke puncak. Tidak perlu terburu-buru, Anda bisa sedikit santai karena trek yang ringan dan pemandangan di sekitar juga cukup bagus untuk Anda jadikan tempat berfoto.

Puncak Gunung Andong

Meskipun melelahkan mendaki selama 2 jam,semua akan terbayar ketika Anda tiba di puncak Gunung Andong. Dari puncak, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat memukau. Di sebelah barat Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu yang berdiri dengan kokoh, dan di sebelah timur Anda bisa melihat barisan pegunungan Ungaran, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, Gunung Slamet dan Gunung Sindoro. Meskipun ketinggian Gunung Andong terbilang cukup rendah, namun panorama alam yang ditawarkan tidak kalah dengan gunung-gunung lainnya.

 

Nah itulah pengenalan dasar tentang lokasi dan jalur pendakian Gunung Andong yang bisa Anda ketahui. Jadikan perjalanan Anda lebih berkesan dengan mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Semoga bermanfaat dan selamat mendaki. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!