Menjelajahi Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Jalur Selo

Jalur Pendakian Gunung Merbabu – Mendaki Gunung Merbabu memang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pendakinya. Dari sekian banyak gunung yang ada di Jawa Tengah, Gunung Merbabu ini termasuk salah satu gunung yang difavoritkan oleh para pendaki khususnya mereka para pendaki pemula. Hal ini karena jalur pendakian Gunung Merbabu terkenal cukup ringan dan ada banyak pilihan jalur yang bisa dipilih.

Menjelajahi Pesona Gunung Merbabu

Menjelajahi Pesona Gunung Merbabu

Beberapa jalur pendakian yang ada di Gunung Merbabu hingga saat ini sudah ada 5 jalur. Di antaranya yaitu Jalur Selo lewat Boyolali, dan empat lainnya yang berada di Magelang yaitu Jalur Cunthel, Jalur Swanting, Jalur Thekelan, dan Jalur Wekas. Jalur yang paling digemari oleh para pendaki adalah Jalur Selo melewati Kabupaten Boyolali, pada kesempatan kali ini kita akan bahas Jalur Pendakian Gunung Merbabu yang melewati jalur selo di Kab. Boyolali tersebut.

 

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Jalur Selo

Jalur Selo merupakan jalur yang paling ringan dan bersahabat, selain itu di tengah perjalanan Anda akan menemui banyak sekali pemandangan alam yang indah jika melewati jalur ini. Karena itulah Jalur Selo menjadi favorit banyak pendaki.

Jalur Pendakian Selo

Jalur Pendakian Selo

Untuk bisa masuk ke jalur selo, Anda terlebih dahulu harus menuju ke Boyolali. Jika dari Magelang Anda bisa menaiki bus menuju ke daerah Selo di Boyolali, Anda bisa turun di Polres Selo. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Basecamp Pendakian Gunung Merbabu.

 

Basecamp Pendakian Gunung Merbabu

Jalur pendakian Gunung Merbabu diawali dari Basecamp Pendakian pertama. Di sini lah Anda melakukan registrasi. Anda akan dikenakan biaya registrasi sebesar Rp. 15.000 per orang. Jika Anda membawa kendaraan sendiri maka harus dititipkan dan dikenakan biaya penitipan sebesar Rp. 5.000 per motor. Jangan lupa untuk membawa kartu Identitas KTP atau SIM untuk keperluan registrasi.

Pos Pertama

Dari basecamp Anda akan memulai perjalanan menuju ke Pos Pertama. Jalur pendakian Gunung Merbabu menuju ke pos pertama ini akan melewati hutan pinus yang cukup rimbun, tempat ini biasanya digunakan sebagai area camping ground para siswa sekolah. Setelah melakukan pendakian selama 1 jam Anda akan tiba di Pos pertama. Di sini Anda bisa istirahat sejenak melepas haus dan lelah sebelum melanjutkan pendakian.

Pos Kedua

Perjalanan menuju ke Pos Kedua ini terbilang cukup berat, Anda akan menemui beberapa tanjakan terjal yang licin dan berbatu. Tetapi kelebihan perjalanan menuju ke pos kedua ini yaitu pemandangan alam hutan tropis di kiri dan kanan yang cukup rindang dan sejuk. Perjalanan menuju ke pos kedua ini juga memakan waktu selama 1 jam.

Pos Ketiga

Setelah sampai di pos kedua Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke pos ketiga. Di sini Anda akan menemukan jalur pendakian yang sudah lebih terbuka. Anda sudah bisa melihat hamparan pemandangan lembah yang ada di bawah kaki gunung. Di sini juga Anda akan mulai menemukan bunga edelweiss yang tumbuh di tebing-tebing dan lereng-lereng sepanjang jalur pendakian. Setibanya di pos ketiga ini, Anda akan menemukan pemandangan Gunung Merapi.

Pos Keempat

Jalur pendakian Gunung Merbabu yang selanjutnya Pos Keempat. Perjalanan dari pos ketiga menuju ke pos keempat memakan waktu 1 jam. Ini merupakan jalur yang paling berat di antara semua pos yang ada. Sebagian besar jalur yang dilewati berupa tanah merah yang akan sangat licin ketika ada hujan, namun ketika kemarau akan penuh dengan debu. Pos keempat terletak di sebuah sabana yang amat luas, di sini angin sudah mulai bertiup dengan sangat kencang.

Pos Kelima

Pendakian selanjutnya menuju pos kelima. Ini merupakan pos terakhir di jalur pendakian Gunung Merbabu. Pos kelima ini sering disebut juga dengan nama sabana 2, karena letak pos yang juga terletak di sebuah padang sabana yang luas. Perjalanan menuju ke pos kelima ini memakan waktu sekitar setengah jam. Setelah tiba Anda akan menemukan padang sabana yang luas, mirip seperti yang ada di pos keempat. Di sinilah Anda akan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke puncak.

Puncak

Jalur pendakian Gunung Merbabu selanjutnya setelah Anda berkemah di pos kelima yaitu perjalanan menuju puncak. Ini adalah perjalanan yang paling menyenangkan. Di sepanjang jalur pendakian Anda akan menemukan pemandangan indah bunga edelweiss yang tumbuh subur di ketinggian menuju ke puncak ini. Jalur pendakian menuju ke puncak berada di tempat yang lebih terbuka, sehingga angin akan terasa sangat kencang. Perjalanan menuju ke puncak ini memakan waktu kurang lebih selama 1 jam.

Puncak Gunung Merbabu

Puncak Gunung Merbabu

 

Dibalik semua keindahan dan kecantikan Gunung Merbabu, Anda wajib untuk mempersiapkan alat-alat mendaki dengan lengkap serta menjaga fisik dan mental yang kuat. Patuhilah segala peraturan yang ada dan selalu mengikuti jalur pendakian Gunung Merbabu yang diperbolehkan. Selamat mendaki dan tetap menjaga kebersihan. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!