Mengenal Keindahan Curug Cigamea Bogor Jawa Barat

Keindahan Curug Cigamea adalah salah satu potensi pariwisata di Kabupaten Bogor yang hari ini semakin dikenal luas. Seperti yang kita ketahui jika Bogor memang memiliki banyak sekali wisata alam berupa curug atau air terjun yang tersebar di sepanjang wilayah Kabupaten Bogor. Hal ini dikarenakan keadaan geografis Bogor yang dikelilingi oleh pegunungan.

Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan ulasan mengenai salah satu curug terindah di Bogor yang wajib Anda kunjungi yaitu Curug Cigamea.

 

Keindahan Curug Cigamea

 

Sekilas Tentang Keindahan Curug Cigamea

Lokasi Curug Cigamea

Curug Cigema terkenal dengan ciri khas suara airnya yang bergemuruh dengan deras. Hal ini disebabkan karena air yang mengalir dari atas cukup deras menghempas ke bawah. Total tinggi curug ini mencapai 50 meter.

Ada dua tingkatan curug, yang masing-masingnya berjarak 20-30 meter. Air yang mengalir dengan deras ini terkadang membiaskan cahaya matahari sehingga akan terlihat pelangi ketika cuaca sedang cerah. Keadaan alam di sekitar curug juga masih rimbun dan asri, sehingga nuansa yang akan Anda rasakan ketika sampai di lokasi curug ini cukup tenang dan sejuk.

 

Lokasi Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak di area Wisata Gunung Salak Endah yang merupakan salah satu kawan yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Secara administratif, Lokasi Curug Cigamea termasuk ke dalam daerah Pamijahan, tepatnya berada di sebuah desa bernama Desa Gunung Sari, Kabupaten Bogor. Jika Anda berangkat dari pusat kota Bogor kira-kira akan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga bisa sampai di lokasi Curug Cigamea.

 

Rute Menuju Lokasi Curug Cigamea

Rute Menuju Lokasi Curug Cigamea

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Curug Cigamea namun datang dari luar Bogor dan masih bingung mengenai bagaimana cara menuju ke Curug Cigamea kami akan coba berikan panduan dengan rute yang termudah menuju ke lokasi Curug Cigamea.

Jika Anda berangkat menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor, Anda bisa melewati jalur Cemplang – Cibungbulang – Pamijahan – Salak Endah.  Alternatif kedua Anda juga bisa melewati jalur dari Cikampak langsung menuju ke daerah Salak Endah. Bagi Anda yang berangkat dari arah Tamansari, Anda bisa menggunakan jalur Tamansari – Gunung Bunder – Salak Endah.

Jika Anda berangkat menuju ke Curug Cigamea dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menaiki angkutan umum yang ada di Terminal Baranangsiang yang ada di Kota Bogor. Usahakan untuk berangkat pada pagi hari untuk bisa mendapatkan angkot yang bisa membawa Anda ke lokasi Curug.

Setelah sampai di terminal, Anda harus naik angkot jurusan Bubulak. Angkot ini memiliki nomor 03, biasanya banyak mangkal di terminal mulai dari pagi hari. Setelah sampai di daerah Bubulak Anda harus menyambung naik angkot lagi yang menuju ke daerah Leuwiliang, kemudian Anda harus turun di daerah Cibatok. Dari pertigaan Cibatok Anda harus menyambung perjalanan lagi dengan bertukar angkot, kali ini naiklah angkot yang mengarah ke daerah Gunung Picung kemudian berhenti di daerah Salak Endah. Dari sana Anda bisa berjalan kaki (cukup jauh) atau bisa langsung ke lokasi dengan naik ojek.

 

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke area wisata Curug Cigamea ini terbilang sangat murah, Anda hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 3.500 per orang, namun sebelumnya Anda juga harus membayar retribusi sebesar Rp. 7.000 per orang saat memasuki wanawisata Gunung Salak Endah. Biaya yang Anda bayarkan tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan roda dua.

Setelah melewati pintu masuk, Anda masih harus berjalan menurun sekitar 200 meter. Ketika memasuki kawasan ini Anda sudah akan mendengar suara gemuruh air terjunnya dari kejauhan. Udaranya juga akan terasa lebih lembab. Setelah sampai di lokasi Anda akan langsung disuguhkan dengan keindahan Curug Cigamea di hadapan Anda.

 

Nah itulah sedikit ulasan tentang keindahan Curug Cigamea yang banyak dikunjungi para wisatawan. Dari sini, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Seribu atau Curug Nangka yang tidak kalah cantik dari Curug Cigamea ini. Semoga bermanfaat dan selamat berpetualang. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!