5 Wisata Kuliner Batu Malang Ini Selalu Bikin Nagih, Mau Coba?

Kuliner Batu MalangKota Batu dan Malang, siapa yang tak  kenal dengan kota yang satu ini. Selain terkenal akan lingkungannya yang segar, kedua kota ini juga kaya akan tempat wisata alam yang keren, seperti Coban Rondo, Omah Kayu, Paralayang Batu dan beberapa wisata alam lain yang ada di kedua kota ini. Fasilitas penunjang wisata di sini juga terbilang baik, mulai dari akomodasi, jalan hingga terminal dan stasiun, semuanya ada di sini ini.

Tak Cuma itu, untuk menunjang kebutuhan perut wisatawan, beberapa orang juga membangun tempat kuliner. Tempat Kuliner Batu Malang sendiri bisa Anda temui di sepanjang jalan Kota Batu dan Malang. Bukan hanya menyajikan kuliner nan sedap, hampir semua tempat kuliner di sana juga memiliki konsep yang unik, penyajian yang baik juga rasa yang mantab.

Ya, wisata kuliner memang jadi bagian penting dari sebuah daerah, khususnya daerah wisata. Di samping jadi daya tarik wisata, kuliner yang disajikan pun tak pelak jadi identitas daerah yang tak dimiliki daerah lain.

Pun dengan Batu dan Malang. Keduanya memiliki wisata kuliner yang tak bisa disamakan dengan daerah lain. Baik itu rasa, penyajian, bentuk atau pun kesan saat menyantap kuliner Batu Malang hanya akan Anda dapat dari tempat asalnya, yaitu Kota Batu dan Malang. Walau ada beberapa cabang kuliner yang berdiri di daerah lain, tetap saja, mencicipi kuliner khas daerah hanya nikmat jika Anda datang langsung ke daerah tersebut.

Kota Batu dan Malang sendiri punya aneka wisata kuliner yang cukup menantang. Beberapa di antaranya bahkan terbilang lezat dan jadi primadona wisatawan. Untuk tahu lebih dalam tentang kuliner yang dimaksud, berikut Kompas Wisata paparkan beberapa di antaranya:

 

Daftar Wisata Kuliner Batu Malang

 

1. Jungle Fast Food Batu

Jungle Fast Food - Kuliner Batu Malang

Jungle Fast Food – Kuliner Batu Malang

Berbeda dengan tempat kuliner Batu Malang yang lain. Tempat kuliner ini menyajikan kesan unik dan khas karena menyajikan konsep hutan rimba, lengkap dengan hewan buas seperti cheetah dan macan. Untuk mendapat kesan alami dan unik, pengelola pun menempatkan kandang cheetah dan macan tadi di sebelah meja pengunjung. Tapi tenang, kandang-kandang tersebut sudah dilapisi kaca tebal, sehingga memunculkan kesan aman bagi pengunjung.

Adapun kuliner yang ditawarkan di sini cukup beragam. Tapi, di antara banyak kuliner yang ada, mulai dari hidangan tradisional, chinnese, hingga western.

Oh ya, tempat kuliner Batu Malang ini juga punya banyak koleksi binatang. Pada jam-jam tertentu, koleksi-koleksi tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk pertunjukan. Adapun jam pertujunkan yang berlaku di Jungle Fast Food adalah jam 12.00, 14.00, 18.00 dan 20.00 malam.

Nah, untuk Anda yang ingin ke lokasi, baik itu untuk menyantap makanan atau melihat pertunjukkan hewan, Anda bisa datang langsung ke alamat Jungle Fast Food yang terletak di Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur.

 

2. Kuliner Malam Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967 - Kuliner Batu Malang

Pos Ketan Legenda 1967 – Kuliner Batu Malang

Apa Anda penggemar ketan? Doyan dengan ragam olahan ketan? Nah, jika Anda adalah orang yang suka dengan ketan, mengunjungi tempat ini adalah hal yang wajib Anda lakukan. Kenapa? Karena di samping menjual aneka olahan ketan, tempat ini juga dicap sebagai tempat makan yang terkenal menawarkan olahan ketan yang lezat dan sayang untuk dilewatkan.

Bukan Cuma itu, tempat kuliner Batu Malang ini juga dibentuk mirip dengan tempat nongkrong, sehingga memunculkan kesan nyaman pada pengunjung.

Pos Ketan Legenda 1967 sendiri adalah warung makan yang menyajikan aneka olahan ketan. Di samping olahan tersebut, pengunjung juga bisa menikmati kuliner lain, seperti aneka minuman dan sejenisnya. Untuk olahan ketannya sendiri, Pos Ketan Legenda ini menawarkan olahan ketan hitam dengan aneka toping, mulai dari ayam suwir, susu keju, susu coklat hingga bubuk kacang.

Wisata kuliner Batu Malang ini sendiri berada di Jalan Kyai H. Agus Salim, Batu (Kawasan alun-alun Batu) dengan jam operasional dari pukul 3 sore hingga 3 dini. Namun perlu diingat; tempat kuliner Batu Malang ini super duper terkenal, serta banyak dikunjungi pengunjung. Jadi, jika Anda ingin ke lokasi, pastikan untuk datang lebih awal atau sebelum jam 8 malam. Sebab, setelah jam tersebut, pengunjung akan berbondong-bondong datang ke lokasi untuk mencicipi sajian ketan yang nikmat di tempat kuliner Batu Malang yang satu ini.

 

3. Depot Pecel Kawi Malang

Depot Pecel Kawi Malang - Kuliner Batu Malang

Depot Pecel Kawi Malang – Kuliner Batu Malang

Pecel memang bukan makanan khas Malang. Namun pengolahan pecel yang dilakukan oleh warga Malang memunculkan cita yang berbeda dengan biasanya. Pecel di Malang memiliki bumbu kacang yang jauh lebih kental dan gurih. Perpaduan rasa asin, manis dan gurih pada bumbu kacang memunculkan kesan lezat yang tiada tara. Adapun tempat kuliner Batu Malang yang menyajikan pecel seperti ini adalah Depot Pecel Kawi, Malang.

Depot Pecel Kawi sendiri adalah rumah makan yang terletak di Jalan Kawi Atas No. 43B, Malang. Konon pecel di sini terkenal sejak tahun 1979. Di samping pecel, tempat ini juga menyajikan aneka kuliner lain seperti lodeh, nasi campur, soto dan rawon. Untuk Anda yang tergila-gila dengan bumbu pecel, Anda bisa mencoba sajian peyek yang guyur bumbu pecel.

 

4. Soto Geprak Mbah Djo

Soto Geprak Mbah Djo - Kuliner Batu Malang

Soto Geprak Mbah Djo – Kuliner Batu Malang

Untuk Anda yang punya penyakit jantung atau latah, baiknya pakai earphone saat mengunjung tempat kuliner Batu Malang yang satu ini. Kenapa? Karena Anda akan kaget dan terkejut jika tak biasa mengunjungi tempat ini.

Ya, wisata kuliner Batu Malang ini memang akan membuat Anda terkejut. Juru masak yang selalu menggebrak meja saat memasak menimbulkan suara yang amat keras dan dapat mengejutkan orang. Gebrakkan di meja sendiri dilakukan dalam upaya menghanjurkan daging yang akan diolah. Konon kebiasaan tersebut sudah diterapkan sejak awal berdirinya tempat ini.

Soto Geprak Mbah Djo sendiri sudah terkenal sejak 1935 silam. Penggunaan bumbu tradisional dan pengolahan daging yang baik konon jadi kunci kelezatan soto ini.

Warung soto Mbah Djo sendiri berada di Jalan Letjen S. Parman No. 77-79, Malang. Di sana Anda bisa mendapati aneka kuliner nan lezat seperti bebek goreng, ayam goreng, bakso, pecel dan aneka hidangan lain. Soal rasa, Anda tak usah khawatir, sebab tempat kuliner Batu Malang ini sudah terkenal hingga puluhan tahun silam. Jadi rasa dan kelezatannya pasti terjamin.

 

5. Toko Oen

Toko Oen - Kuliner Batu Malang

Toko Oen – Kuliner Batu Malang

Toko Oen sendiri terkenal sejak tahun 1930. Konon, pada kolonial, tempat ini dijadikan sebagai tempat nongkrongnya orang-orang Belanda. Karena menjadi tempat nongkrong orang-orang kulit putih, Toko Oen sendiri menyajikan hidangan yang identik dengan orang kulit putih pada saat itu, seperti Ice Cream, Steak dan beberapa hidangan lain.

Ice Cream di tempat kuliner Batu Malang ini cukup terkenal, bahkan dijadikan favorit oleh beberapa wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Pada perkembangannya, Toko Oen berkembang jadi tempat makan yang ramah untuk pribumi. Walhasil, di sini pun disediakan aneka hidangan lokal seperti nasi goreng, aneka kue dan beragam kuliner nasional. Tapi tetap saja, walau memiliki hidangan nasional, hidangan barat seperti ice cream dan steak tetap jadi primadona sampai sekarang.

Oh ya, tempat wisata kuliner Batu Malang ini juga memiliki desain retro yang identik dengan zaman kolonial. Untuk Anda yang suka fotografi, Anda bisa mengabadikan nuansa retro tersebut ke dalam bentuk foto.

Nah, untuk Anda yang ingin ke lokasi, Anda bisa datang ke alamat Toko Oen yang terletak di Jalan Basuki Rahmad, Malang.

 

Nah, itulah aneka tempat wisata kuliner Batu Malang yang bisa dikunjungi. Tak hanya menawarkan makanan lezat, tempat-tempat di atas juga menawarkan aneka konsep unik, fotogenik dan lain daripada yang lain. Bagaimana? Tertarik kah Anda untuk ke sana? Selamat mencoba. Be Happy !!

 

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!