10 Macam Kuliner Pedas Khas Lombok yang Membuat Ketagihan

Kuliner LombokLombok terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan juga kulinernya yang kaya akan cita rasa rempah-rempah khas Indonesia. Kuliner pedas khas Lombok sudah jadi barang wajib yang harus dicicipi oleh setiap traveler yang berlibur ke Lombok. Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Lombok tanpa sempat mencicipi berbagai makanan khas tradisional Lombok yang melihatnya saja sudah pasti menggugah selera Anda.

Berbagai kuliner khas Lombok memang identik dengan penggunaan cabai rawit yang banyak, sehingga tak heran rasanya akan membuat air mata meleleh karena pedas. Karena itu pula banyak orang yang salah kaprah kalau kuliner pedas ini ada hubungannya dengan nama Lombok itu sendiri. Padahal, Lombok dalam bahasa sasak artinya lurus, jadi bukan cabai yang dimaksud dengan nama Lombok di sini. Baiklah pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan beberapa rekomendasi Kuliner pedas khas Lombok yang wajib Anda cicipi ketika sedang berlibur ke sana.

 

Aneka Kuliner Pedas Khas Lombok

 

1. Beberuk Terong

Beberuk Terong Kuliner Pedas Khas Lombok

Beberuk Terong – Kuliner Pedas Khas Lombok

Kuliner khas Lombok yang pertama dengan rasa pedas yang menggoda yaitu beberuk terong. Makanan ini menggunakan terong bulat sebagai bahan utamanya. Beberuk terong terbagi menjadi dua jenis, satu menggunakan terong mentah segar dan satu lagi menggunakan terong yang dibakar. Keduanya sama-sama enak dan masing-masingnya harus Anda cicipi karena memiliki rasa yang relatif berbeda.

Beberuk terong yang menggunakan terong mentah segar disajikan dengan cara di iris-iris setelah itu disiram dengan sambal tomat pedas khas Lombok. Sedangkan beberuk terong yang menggunakan terong bakar disajikan dengan cara disuwir seperti ayam. Bumbu yang digunakan untuk membuat sambal pedas beberuk terong ini mirip dengan bumbu plecing, tapi rasanya relatif lebih gurih dan jauh lebih pedas.

 

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung Kuliner Pedas Khas Lombok

Plecing Kangkung – Kuliner Pedas Khas Lombok

Selanjutnya ada plecing kangkung khas Lombok yang juga harus Anda cicipi. Plecing kangkung ini khusus dibuat dengan menggunakan kangkung lombok yang memiliki ukuran lebih besar dan teksturnya yang lebih keras dari kangkung biasa, sehingga sebelum diolah menjadi plecing kangkung harus direbus terlebih dahulu.

Setelah kangkung direbus kemudian dipotong atau diiris dengan ukuran yang panjang-panjang, kemudian disiram dengan kuah sambal pedas yang telah diracik dengan bumbu khas plecing. Salah satu yang membuat rasa plecing kangkung ini sangat gurih yaitu campuran terasi lombok dan siraman perasan jeruk purut di atasnya. Kangkung Lombok juga memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan kangkung biasanya. Plecing kangkung ini biasa disantap bersama nasi dan lauk lainnya.

 

3. Kelaq Lebui

Kelaq Lebui Kuliner Pedas Khas Lombok

Kelaq Lebui – Kuliner Pedas Khas Lombok

Kuliner pedas khas Lombok yang ketiga yaitu kelaq lebui atau ada juga yang menyebutnya lebui kelaq pangkes atau kelaq sebie. Bahan dasar untuk membuat kuliner yang satu ini adalah biji kedelai hitam yang dimasak dengan kuah asam yang telah diberi dengan bumbu khusus. Kelaq lebui memiliki cita rasa kombinasi antara asam dan pedas yang gurih, biasanya dimakan sebagai sayur bersama nasi putih. Kelaq lebui ini mudah didapatkan karena hampir setiap rumah makan di Lombok menyajikan menu kelaq lebui.

 

4. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang Kuliner Pedas Khas Lombok

Ayam Taliwang – Kuliner Pedas Khas Lombok

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Lombok tanpa mencicipi masakan ayam taliwang, salah satu kuliner paling terkenal di Lombok. Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar atau bahkan mencicipinya. Ayam taliwang adalah kuliner khas Lombok yang dibuat dari bahan dasar ayam utuh yang dibakar kemudian dibumbui dengan bumbu khas Lombok. Untuk rasa pedasnya relatif berbeda-beda sesuai selera, tergantung dari penggunaan cabai rawit dalam campuran bumbunya. Jika ingin yang ekstra pedas Anda bisa menambahkan lebih banyak cabai ke dalam campuran bumbu ayam taliwang Anda.

 

5. Sate Bulayak

Sate Bulayak Kuliner Pedas Khas Lombok

Sate Bulayak – Kuliner Pedas Khas Lombok

Kuliner Pedas khas Lombok yang selanjutnya yaitu Sate Bulayak. Berbeda dengan sate madura yang menggunakan saus kacang dengan rasa yang manis, sate bulayak ini dimakan dengan siraman bumbu khas Sasak dengan rasa yang gurih dan pedas

Cara penyajiannya juga cukup unik, sate bulayak disajikan bersama dengan lontong yang dibungkus menggunakan daun aren dengan bentuk panjang-panjang seperti spiral. Membukanya juga bukan dengan cara dipotong, tetapi diputar mengikuti alur dari bungkus lontong tersebut. Sate bulayak biasanya disajikan dalam porsi yang cukup mengenyangkan sehingga cocok untuk dijadikan menu makan siang atau makan malam.

Baca Juga : Mengenal Pantai Pink Lombok yang Begitu Unik

 

6. Sate Rembiga

Sate Rembiga Kuliner Pedas Khas Lombok

Sate Rembiga – Kuliner Pedas Khas Lombok

Selanjutnya ada sate rembiga khas Lombok yang juga harus Anda cicipi. Sate rembiga merupakan sate yang terbuat dari daging sapi, nama kuliner yang satu ini berasal dari daerah Rembiga yang merupakan daerah asal dari sate rembiga. Sate rembiga memiliki rasa yang gurih, perpaduan antara rasa manis dan pedas. Bumbu yang digunakan adalah kunci kelezatan dari sate ini.

Sate rembiga cukup mudah ditemukan di Lombok, ada banyak sekali warung sate rembiga yang bisa Anda temukan di pinggir-pinggir jalan. Namun jika ingin mencicipi sate rembiga di warung yang sudah terkenal, Anda bisa menuju ke Warung Rembiga yang berada di daerah Jl. Dakota No. 2 Rembiga, Selaparang, Kota Mataram.

 

7. Sate Tanjung

Sate Tanjung Kuliner Pedas Khas Lombok

Sate Tanjung – Kuliner Pedas Khas Lombok

Selain sate bulayak dan sate rembiga, masih ada satu lagi kuliner pedas khas Lombok yang tidak kalah lezatnya yaitu sate tanjung. Berbeda dengan sate bulayak yang terbuat dari bahan dasar daging sapi, sate tanjung justru terbuat dari ikan. Ikan yang dipakai yaitu ikan langoan atau ikan cakalang yang memiliki daging tebal. Biasanya disantap bersama dengan lontong, atau di beberapa tempat juga memakan sate tanjung sebagai lauk nasi tergantung selera Anda.

Sebelum dibakar, ikan terlebih dahulu diberi bumbu rempah-rempah. Inilah salah satu rahasia kelezatan rasa sate tanjung, bumbu yang digunakan amat banyak. Mencium aromanya saja sudah sangat terasa sekali. Rasa sate tanjung ini sangat gurih, perpaduan antara ikan bakar dan bumbu rempah di atasnya membuat Anda pasti akan ketagihan. Sate tanjung ini banyak ditemukan di Desa Tanjung dan juga di sekitar terminal dan pasar Tanjung.

Baca Juga : Pantai Gili Trawangan Destinasi Wajib di Pulau Lombok

 

8. Bebalung

Bebalung Kuliner Pedas Khas Lombok

Bebalung – Kuliner Pedas Khas Lombok

Dari namanya saja sudah terbayang kalau kuliner yang satu ini pasti ada hubungannya dengan tulang. Bebalung memang salah satu kuliner khas asal Lombok yang cukup unik karena bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah tulang. Biasanya yang digunakan adalah tulang iga kerbau atau sapi yang kemudian dimasak dengan berbagai bumbu seperti bawang, lengkuas, kunyit, jahe, cabai rawit, dan racikan bumbu rempah lainnya.

Bebalung biasanya dijadikan teman makan nasi. Penyajiannya mirip dengan sop, disajikan dalam mangkok kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng. Rasa bebalung memang sangat lezat, daging yang dimasak dengan berbagai bumbu ini menjadi sangat lunak, gurih, dan pedas. Dijamin Anda pasti akan ketagihan.

 

9. Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja Kuliner Pedas Khas Lombok

Nasi Kotaraja – Kuliner Pedas Khas Lombok

Selanjutnya ada lagi nasi kotaraja yang cukup terkenal di Lombok. Untuk menemukan kuliner pedas khas Lombok yang satu ini Anda bisa langsung menuju ke tempat asalnya di desa Kotaraja yang berada di wilayah Lombok Timur. Salah satu yang spesial dari kuliner nasi ini yaitu lauknya yang bernama jangan rarit dan sambal sebie. Jangan rarit adalah daging sapi yang sudah dikeringkan dan dibumbui, setelah itu lalu dipipihkan dan digoreng. Sedangkan sambal sebie adalah sambal cabai rawit yang telah diracik dengan bumbu. Sambal sebie ini biasanya memiliki rasa yang super pedas. Perpaduan jangan rarit dan sambal sebie inilah yang membuat cita rasa nasi kotaraja menjadi sangat enak.

Baca Juga : 10 Makanan Khas Lombok yang Bikin Kamu Nagih

 

10. Ayam Rarang

Ayam Rarang Kuliner Pedas Khas Lombok

Ayam Rarang – Kuliner Pedas Khas Lombok

Kuliner pedas khas Lombok yang terakhir yaitu ayam rarang. Ayam rarang terbuat dari ayam muda yang dimasak dengan cara dibakar, kemudian dagingnya di suwir-suwir. Setelah itu disiram dengan kuah sambal plecing yang terbuat dari campuran cabai dan bumbu rempah. Dari warnanya yang merah menyala saja sudah terlihat kalau kuliner yang satu ini memiliki rasa yang super pedas. Bagi Anda pencinta kuliner pedas, Anda harus mencicipi kuliner khas Lombok yang satu ini.

 

Dari 10 jenis kuliner pedas khas Lombok di atas, manakah yang paling membuat Anda ingin segera mencicipinya? Liburan di Lombok serasa lengkap jika sudah menikmati keindahan alamnya dan juga mencicipi makanan khasnya secara langsung di sana. Lombok juga masih punya minuman khas yang harus Anda cicipi seperti es sarang burung, es wedang Lombok dan tuak manis. Semoga tulisan ini dapat memberikan referensi untuk Anda yang ingin atau sedang berada di Lombok agar tidak kebingungan selama mencari kuliner pilihan di sana. Selamat liburan. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!