11 Makanan Adat Bali yang Bercitarasa Nusantara

Bali merupakan primadona wisata Indonesia yang namanya sudah sangat terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Bali tidak hanya punya tempat-tempat wisata yang indah, namun di sini juga kamu bisa menemukan berbagai makanan adat Bali yang unik-unik dengan rasa yang tidak kalah lezatnya. Jika kamu sedang liburan ke Bali, jangan lupa untuk berburu berbagai masakan  khas Bali yang di jamin hanya bisa kamu temukan di sini saja. Penasaran ingin tahu apa saja kuliner paling favorit di Bali? Berikut ini Kompas Wisata berikan beberapa kuliner yang melambangkan ciri khas Bali yang wajib kamu cicipi.

 

11 Macam Makanan Adat Bali

 

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu - Makanan Adat Bali

Ayam Betutu – Makanan Adat Bali

Pergi ke Bali belum lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi makanan adat Bali yang bernama ayam betutu. Masakan ini terbuat dari bahan daging ayam atau bebek yang kaya akan bumbu dan rempah. Cara memasaknya juga sangat tradisional sekali, biasanya di masak dengan cara di panggang di dalam api sekam.

Pada awalnya ayam betutu ini hanya di sajikan pada upacara-upacara adat di Bali saja, namun karena semakin berkembangnya sektor pariwisata di Bali maka ayam betutu sudah di banyak di jajakan sebagai kuliner khas Bali yang punya citarasa yang lezat. Kamu bisa menemukan ayam betutu ini di daerah desa Melinggih, kecamatam Payangan Kabupaten Gianyar.

 

2. Serombotan

Serombotan - Makanan Adat Bali

Serombotan – Makanan Adat Bali

Makanan adat bali yang wajib anda cicipi selanjutnya adalah Serombotan. Makanan tradisional yang berbahan dasar tanaman paku, toge, dan kubis ini memiliki citarasa yang cukup unik. Sayuran yang menjadi bahan dasar serombotan hanya di masak setengah matang kemudian di siram dengan kuah santan kental yang telah di campur berbagai macam bumbu rempah atau disebut juga bumbu kalas. Serombotan biasanya di makan bersama kacang goreng dan ubi jalar sebagai pengganti nasinya.

 

3. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo - Makanan Adat Bali

Nasi Jinggo – Makanan Adat Bali

Jalan lagi ke arah selatan kamu akan menemukan makanan enak di Kuta Bali yang cukup terkenal. Namanya adalah Nasi Jinggo. Kalau kamu pernah makan nasi kucing pasti akan melihat sekilas porsinya sangat mirip, namun dari segi rasanya Nasi Jinggo masih juara. Di dalam porsi kecil Nasi Jinggo tersebut bersisi lauk yang cukup komplit mulai dari ayam pedas yang di suwir-suwir, mie goreng, sambal manis, serundeng, telur, tempe, dan tahu. Harganya pun sangat murah, satu bungkus hanya di jual dengan harga Rp. 5000. Namun sepertinya kamu harus membeli beberapa bungkus makanan adat Bali yang satu ini agar perut bisa kenyang.

 

4. Sate Lilit

Sate Lilit - Makanan Adat Bali

Sate Lilit – Makanan Adat Bali

Kamu juga tidak boleh melewatkan wisata kuliner Bali yang bernama Sate Lilit. Sate ini punya citarasa yang sangat khas karena terbuat dari daging ikan tenggiri, agak berbeda dengan sate lain pada umumnya. Karena keunikan rasanya Sate Lilit ini menjadi salah satu makanan favorit turis asing yang datang dari berbagai Negara. Harganya pun cukup murah, satu porsi Sate Lilit bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 20.000 saja.

 

5. Lawar

Lawar - Makanan Adat Bali

Lawar – Makanan Adat Bali

Khusus buat kamu yang muslim mungkin memang sering bertanya-tanya apakah kuliner Bali halal? Jawabannya adalah tidak semuanya halal karena beberapa makanan adat bali menggunakan bahan daging babi dan campuran arak. Tapi tenang saja, karena masih banyak pilihan kulineran yang terjamin kehalalanya. Salah satunya adalah Lawar Bali.

Lawar adalah makanan khas asal Bali yang terbuat dari sayur-sayuran dengan toping kelapa parut dan daging cincang yang telah di beri bumbu. Makanan ini punya rasa yang sangat enak juga menyehatkan. Sangat cocok untuk kamu jadikan menu makan siang saat sedang traveling ke Bali.

 

6. Loloh

Loloh - Makanan Adat Bali

Loloh – Makanan Adat Bali

Loloh adalah minuman khas bali yang wajib kamu cicipi. Loloh biasanya di minum sebagai pendamping cemilan kue khas bali di siang hari. Rasa yang di tawarkan minuman ini sangat unik, karena sebenarnya loloh merupakan jamu yang di campur dengan es sehingga menyerupai minuman segar. Bahan-bahan yang di gunakan juga sebagian besar berasal dari tanaman akar-akaran, tanaman obat dan sedikit rempah. Sehingga rasa yang di hasilkan terdiri dari campuran manis, asam, asin dan sedikit pedas. Tapi jangan salah, di balik citarasanya yang unik Loloh juga menyimpan banyak sekali khasiat untuk kesehatan seperti melancarkan peredaran darah dan mengobati pegal-pegal. Ajib kan?

 

7. Tambring

Tambring - Makanan Adat Bali

Tambring – Makanan Adat Bali

Tambring adalah salah satu minuman yang sering di jadikan pelengkap untuk menikmati berbagai makanan adat Bali. Tambring adalah  minuman segar yang berbahan dasar kelapa muda. Yang membuat unik rasa kelapa muda pada Tambring ini adalah adanya campuran asam Jawa dan putih telur yang memberikan sensasi asam yang sangat khas. Tambring sudah menjadi salah satu kuliner di Ubud yang paling di cari oleh para wisatawan, terutama pada siang hari ketika cuaca sedang terik.

 

8. Timbungan

Timbungan - Makanan Adat Bali

Timbungan – Makanan Adat Bali

Timbungan bukanlah nama dari makanan adat Bali, melainkan sebuah teknik yang sering di gunakan untuk memasak makanan di Bali. Cara masak Bali dengan teknik timbungan ini bertujuan untuk menjaga makanan agar bisa awet jauh lebih lama. Cara memasaknya adalah dengan memasukkan bahan makanan ke dalam potongan bambu kemudian di panaskan di dekat perapian.

 

9. Tum

Tum - Makanan Adat Bali

Tum – Makanan Adat Bali

JIka kamu sedang mencari kuliner yang enak untuk sarapan pagi di Bali maka Tum sangat di rekomendasikan buat kamu. Tum merupakan salah satu makanan adat bali yang terbuat dari daging ayam, penyu, itik, ikan atau babi dengan bumbu rempah yang sangat banyak. Cara memasaknya pun sangat tradisional sekali, biasanya tum di bungkus dengan daun pisang sehingga aromanya sangat sedap dan khas. Khusus untuk sarapan kamu bisa memakannya bersama lontong atau nasi.

 

10. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung - Makanan Adat Bali

Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung – Makanan Adat Bali

Kuliner khas Bali yang satu ini sangat unik sekali. Jika biasanya rujak di nikmati dengan kuah kacang yang memiliki citarasa asam manis dan pedas maka Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung justru memakai kuah ikan tuna sebagai bumbunya. Buah  yang di gunakan sebagai bahan rujak biasanya terdiri dari campuran mangga, pepaya muda, dan nanas sedangkan Rujak Bulung lebih dominan menggunakan rumput laut. Rasanya yang segar dan pedas bakal membuat kamu ketagihan. Rujak kuah pindang dan rujak bulung ini bisa kamu temukan di warung-warung kecil yang ada di bali. Harganya pun cukup terjangkau, satu porsi bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 10.000.

 

11. Tipat Blayag

Tipat Blayag - Makanan Adat Bali

Tipat Blayag – Makanan Adat Bali

Makanan adat Bali terakhir yang wajib kamu cicipi adalah Tipat Blayag. Dari namanya saja sudah ketahuan jika kuliner yang satu ini adalah makanan tradisional yang telah di wariskan secara turun temurun di Bali. Tipat Blayag terbuat dari olahan tepung beras yang di campur dengan berbagai bumbu khas Bali. Cara memasaknya mirip dengan cara memasak ketupat yaitu dengan di bungkus menggunakan janur muda, hanya saja bentuknya tidak persegi seperti ketupat melainkan lonjong seperti lontong. Tipat Blayag biasanya di makan bersama lawar dengan taburan kacang kedelai goreng kemudian di siram dengan kuah santan. Rasanya sangat gurih sekali, kamu tidak boleh melewatkan kuliner Bali yang satu ini.

 

Itulah 11 jenis makanan ada Bali yg bisa kami ulas saat ini, selain 11 makanan diatas masih ada makanan lain yang menjadi favorit wisatawan seperti bubur mengguh dan nasi tepeng. Semoga dengan beberapa jenis makanan diatas sudah dapat memuaskan hasrat kuliner kamu dan memudahkan kamu dalam menentukan jenis makanan mana saja yang akan kamu coba nanti. Selamat mencoba. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!