5 Makanan enak di Semarang Ini Bikin Wisatawan Merem Melek

Makanan enak di SemarangSemarang adalah kota yang kaya akan potensi wisata. Semarang sendiri punya beberapa tempat wisata yang baik untuk dikunjungi. Ragam dan jenis wisata di Semarang pun beraneka ragam, mulai dari yang berbau alam seperti Taman Tabanas sampai yang berbau sejarah seperti Lawang Sewu. Di samping memiliki tempat wisata, Semarang juga kaya akan panganan lezat. Lumpia salah satunya. Tak hanya disukai oleh masyarakat Semarang, panganan yang terbuat dari tepung ini juga sudah berkembang dan banyak dijual di hampir seluruh kota di Indonesia.

Tapi makanan enak di Semarang bukan hanya lumpia. Sebab kota yang jadi pusat pemerintahan Jawa Tengah ini punya banyak kuliner sedap yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kuliner-kuliner tersebut umumnya dijual dan dijajakan oleh beragam kalangan, dari mulai pedagang kaki lima, pertokoan, sampai restoran.

Untuk masalah rasa, Anda tak usah khawatir, apalagi risau dengan sajian yang akan Anda coba. Karena kami berani jamin, semua makanan yang kami paparkan ini punya cita rasa yang khas, unik dan tak dimiliki di tempat lain.

Nah, untuk Anda yang penasaran dan berniat mencoba makanan yang dimaksud, yuk simak bahasan Kompas Wisata berikut ini.

 

Daftar Makanan Enak Di Semarang

 

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng - Makanan enak di Semarang

Bakmi Jawa Pak Gareng – Makanan enak di Semarang

Bagi Anda yang suka dengan bakmi Jawa, kuliner yang satu ini mungkin cocok untuk menggoyang lidah Anda. Sebab, bukan hanya lezat, kuliner ini juga punya cita rasa khas yang tak dimiliki makanan lain. Paduan kol, sawi, ayam suwir, telur dan mie membuat sajian ini terasa amat sedap. Belum lagi pengolahannya yang masih tradisional membuat sajian ini jadi satu dari sakian banyak makanan enak di Semarang yang wajib Anda coba.

Bakmi Jawa Pak Gareng sendiri dijual di Jalan Gandul Dalam no. 177, Gabaha dengan harga Rp 8.000,- per porsi (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Di warung tersebut Anda bisa mendapati bakwi jawa goreng dan rebus (Godhog). Untuk urusan rasa, Anda tak usah khawatir, semua rasa bakmi di sini dijamin enak dan lezat.

 

2. Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Goreng Pak Thori - Makanan enak di Semarang

Bebek Goreng Pak Thori – Makanan enak di Semarang

Bebek Goreng Pak Thori mungkin jadi satu dari sekian banyak makanan enak di Semarang. Bebek Goreng Pak Thori sendiri punya tekstur yang lebih empuk dari olahan bebek pada umumnya. Di samping itu, rasa gurih yang berasal dri rempah-rempah tradisional membuat bebek ini makin sukses dalam menggoyang lidah konsumen. Bau amis bebek ini juga tak ada, sehingga menghilangkan kesegenan pengunjung dalam mengonsumsi olahan unggas yang satu ini.

Penjual makanan enak di Semarang ini ada di Jalan Gunung Pati KM 15, Semarang. Di samping sajian bebek goreng, penjual juga menyajikan aneka menu lain seperti nasi goreng, ayam goreng dan aneka masakan nusantara lainnya.

Oh ya, di samping mencoba bebek goreng, Anda juga harus mencoba sambal salah satu olahan sambal yang ada di sini. Sebab, menurut penuturan para konsumen, sambal milik Pak Thori ini terbilang lezat dan pedasnya pas. Di samping itu sambal-sambal Pak Thori juga punya level tertentu. Hal itu memungkinkan konsumen untuk memilih sambal yang sesuai dengan kemampuan konsumen.

Satu lagi; selain rasanya yang nikmat, makanan enak di Semarang ini juga terbilang murah. Sebab, menurut penuturan beberapa konsumen dan sumber yang kami dapat, pengunjung cukup menghabiskan Rp 30 ribuan untuk bisa menikmati sajian bebek goreng lengkap.

 

3. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar - Makanan enak di Semarang

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar – Makanan enak di Semarang

Sekilas makanan enak di Semarang ini mungkin sama dengan olahan pada umumnya. Tapi jika Anda teliti lebih jauh, olahan gulai ini tidak menggunakan santan dalam bahan masakannya.

Ya, gulai kamping milik Pak Sabar tidak menggunakan santan, melainkan minyak dari penumbukan serundeng.

Soal rasa, Anda tak usah khawatir. Karena sebagaimana makanan enak di Semarang pada umumnya, gulai ini juga punya cita rasa khas yang tak dimiliki oleh banyak tempat lain. Tidak adanya santan juga tak begitu berpengaruh pada derajat kelezatan masakan. Sebab, walaupun tanpa santan, makanan ini masih tetap lezat dan punya cita rasa yang khas.

Peniadaan santan juga memiliki perbedaan dalam tampilan masakan. Akibat peniadaan itu, gulai jadi masakan yang berkuah benih dan sedikit kecoklatan. Selain itu kuah juga cenderung cair dan jauh dari kata kental.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba makanan enak di Semarang ini, Anda bisa datang ke warung Pak Sabar yang terletak di belakang Gereja Blenduk, Kota Lama Semarang.

 

4. Tahu Gimbal Pak Edi

Tahu Gimbal Pak Edi - Makanan enak di Semarang

Tahu Gimbal Pak Edi – Makanan enak di Semarang

Makanan lezat yang ini nampaknya cocok untuk sarapan. Komposisi seperti lontong, tahu iris, gimbal udang, kol, telur, kerupuk dan bumbu kacang dirasa pas untuk mengisi perut yang lapar di pagi hari. Di samping itu, porsi yang tak terlalu besar juga diyakini cocok untuk keperluan sarapan.

Sekilas makanan enak di Semarang ini mirip dengan beberapa makanan seperti tahu pong, ketoprak dan sejenisnya. Tapi jika dilihat lebih jauh, panganan ini punya komposisi unik, yaitu gimbal udang.

Gimbal udang sendiri adalah olahan udang yang digoreng dengan tepung dan disajikan sebagai tambahan tahu gimbal. Olahan udang ini punya bentuk yang mirip dengan bakwan. Walau demikian, baik bakwan atau gimbal udang punya komposisi dan bahan pembuat yang berbeda-beda. Pun dengan cita rasanya. Kedua makanan ini punya cita rasa yang berbeda dan tak bisa disamakan satu dengan yang lain.

Nah, bagi yang tertarik dengan makanan enak di Semarang ini, silahkan datang ke Jalan Mentri Supeno, Semarang Selatan. Di sana ada Pak Edi yang siap menjajakan tahu gimbal dengan harga Rp 12.000,- per porsi (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

5. Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo - Makanan enak di Semarang

Kue Leker Paimo – Makanan enak di Semarang

Kue Leker Paimo adalah jajanan kaki lima yang punya kelas di Semarang. Bagaimana tidak, sejak zaman penjajahan dulu kue ini telah dikenal dan banyak digemari oleh masyarakat Semarang. Rasanya yang khas dan unik membuat siapa pun yang memakannya jadi tergila-gila. Keragaman rasa kue ini juga melecutkan niat konsumen untuk kembali membeli kue yang satu ini.

Bentuk kue leker sendiri mirip dengan martabak, hanya saja lebih tebal dan bertekstur sedikit lembek.

Makanan enak di Semarang ini punya aneka rasa yang lezat, mulai dari telur sosis, tuna keju, jagung manis, keju abon, telur sosis keju,  telur sosis tuna, telur sosis keju tuna, sosis mozarella dan masih banyak lagi. Tapi dari semua varian yang tertera di atas, kompaswisata.com menyarankan Anda untuk mencoba leker sosis mozarella. Paduan sosis dan keju mozarella yang lumer membuat Anda seakan-akan makan pizza.

Adapun harga makanan enak di Semarang ini berkisar antara Rp 4.000,- hingga Rp 15.000,- per porsi (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Untuk lokasi penjualan, kue leker paimo ini biasa dijual di dekat SMA Kolose Loyola, Semarang.

 

Nah, itulah beberapa makanan enak di Semarang. Tak hanya lezat, beberapa makanan di atas juga memiliki cita rasa yang unik dan khas. Jika Anda penggemar kuliner, khususnya kuliner unik dan enak, Anda wajib mencoba kelima kuliner di atas. Selamat mencoba. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!