10 Makanan Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera

Makanan Khas Bangka Belitung – Liburan ke Pulau Bangka Belitung kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi masakan khas Bangka Belitung yang terkenal dengan keunikan dan rasanya yang lezat. Berbagai kuliner Bangka memang punya keunikan bila dibandingkan dengan makanan khas daerah lainnya, hal ini di karenakan adanya perpaduan budaya pribumi dan budaya dari Tiongkok dalam pada berbagai menu makanan khas yang ada di Bangka Belitung. Anda bisa mencicipinya ketika sampai di sana nanti.

Berbagai kuliner unik yang ada di sini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh Bangka untuk di berikan kepada teman-teman dan keluarga di rumah. Ingin tahu apa saja makanan khas Bangka Belitung yang paling enak dan unik? simak ulasan Kompas Wisata berikut ini :

 

Aneka Makanan Khas Bangka Belitung

 

1. Lempah Kuning

Lempah Kuning - Makanan Khas Bangka Belitung

Lempah Kuning – Makanan Khas Bangka Belitung

Jika sudah puas mencicipi berbagai makanan khas Bangka Belitung yang pada umumnya terbuat dari bahan yang berasal dari laut. Selanjutnya kamu wajib mencicipi salah satu sayuran khas Bangka Belitung yang punya citarasa segar dan nikmat. Namanya adalah Lempah Kuning. Lempah kuning terbuat dari bahan dasar irisan nanas dan ikan laut yang dimasak dalam kuah yang telah di bumbui rempah-rempah khas Bangka. Rasa asam pada nanas berpadu dengan bumbu rempah akan  meresap ke dalam daging ikan sehingga membuat rasanya sangat khas sekali. Lempah kuning cocok di makan bersama nasi sebagai menu makan siang. Selain irisan nanas, resep lempah kuning lainnya juga bisa di buat dengan menggunakan campuran sayuran, jamur, dan kacang-kacangan.

 

2. Balacan

Sambal Balacan - Makanan Khas Bangka Belitung

Sambal Balacan – Makanan Khas Bangka Belitung

Balacan adalah  makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan dan udang yang di olah dengan teknik fermentasi. Balacan memiliki aroma yang sangat kuat, biasanya di jadikan bahan untuk membuat sambal atau campuran pada masakan yang di tumis. Ketika sudah menjadi sambal, rasa balacan akan menjadi sangat gurih dengan aroma yang akan membuat air liur kamu menetes. Sambal balacan sering di jadikan menu pelengkap untuk makan nasi di rumah-rumah makan tradisional yang ada di Bangka Belitung.

 

3. Sambalingkung

Sambalingkung - Makanan Khas Bangka Belitung

Sambalingkung – Makanan Khas Bangka Belitung

Sambalingkung adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri. Sambalingkung ini merupakan abon hasil olahan daging ikan tenggiri yang telah di bumbui dengan racikan khas dari Bangka Belitung. Jika di lihat sekilas bentuknya memang mirip dengan abon pada umumnya, namun Sambalingkung memiliki serat yang lebih pendek dan kasar. Sambalingkung ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih, kamu tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini. Sambalingkung biasanya di jual dengan kisaran harga Rp. 250.000 perkilonya.

 

4. Pantiaw

Pantiaw - Makanan Khas Bangka Belitung

Pantiaw – Makanan Khas Bangka Belitung

Pantiaw adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar daging ikan yang dibumbui dengan berbagai macam rempah pilihan. Daging ikan di sajikan dalam bentuk suwiran tipis-tipis atau dicincang halus sehingga rasanya menjadi sangat gurih. Pantiaw biasanya di sajikan bersama kuah santan dengan campuran rasa pedas manis dengan taburan bawang goreng di atasnya. Pantiaw ini bisa kamu dapatkan di sekitar kawasan Kota Pangkal Pinang. Para wisatawan biasanya memakan pantiaw sebagai menu makan siang. Harganya juga cukup terjangkau, satu porsi pantiaw bisa kamu nikmati dengan harga Rp. 15.000-20.000 saja.

 

5. Lakso Bangka

Lakso Bangka - Makanan Khas Bangka Belitung

Lakso Bangka – Makanan Khas Bangka Belitung

Lakso merupakan masakan khas Bangka yang cukup terkenal. Tampilannya mirip dengan mie bakso namun lakso terbuat dari bahan tepung beras sehingga teksturnya menjadi lebih kenyal. Resep lakso Bangka yang membuatnya menjadi unik adalah penyajiannya bersama kuah santan yang kaya akan bumbu rempah. Hal inilah yang membuat cita rasa lakso sangat khas dan nikmat sekali. Cocok untuk dijadikan menu sarapan di pagi hari. Kamu bisa membeli lakso di restoran-restoran yang ada di Bangka Belitung dengan harga sekitar Rp. 15.000 per porsinya.

 

6. Kemplang Bangka

Kemplang Bangka - Makanan Khas Bangka Belitung

Kemplang Bangka – Makanan Khas Bangka Belitung

Kemplang adalah makanan khas Pangkal Pinang yang paling banyak di cari untuk di jadikan oleh-oleh. Cara membuat kerupuk kemplang juga terbilang masih sangat tradisional, kerupuk ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan daging ikan tenggiri yang telah di haluskan. Biasanya kerupuk kemplang di produksi oleh industri rumahan yang di kerjakan oleh masyarakat setempat. Rasa gurih dan aroma ikan tenggiri yang sangat sedap membuat kerupuk ini di sukai oleh banyak orang. Jika ingin membeli kemplang sebagai oleh-oleh, kamu bisa pergi ke pusat perbelanjaan di Kota Pangkal Pinang, di sana kamu bisa menemukan kerupuk kemplang dengan harga yang lebih murah.

Kemplang sudah menjadi makanan khas Bangka Belitung yang paling banyak di cari oleh mereka yang gemar jajan. Salah satu yang menjadi favorit adalah kemplang panggang dengan siraman sambal balacan di atasnya. Rasa nikmat dan gurihnya di jamin akan  membuat kamu ketagihan. Kemplang ini wajib di cicipi jika kamu sedang traveling ke Bangka Belitung.

 

7. Kericu

Kericu - Makanan Khas Bangka Belitung

Kericu – Makanan Khas Bangka Belitung

Kericu merupakan kerupuk yang terbuat dari bahan dasar telur cumi-cumi dan sagu. Kericu terkenal dengan rasanya yang sangat gurih, ketika kamu mencobanya sekali pasti akan tergoda untuk mencobanya sekali lagi. Rasa gurih kerupuk dengan citarasa telur cumi-cumi di dalamnya membuat kericu cocok sekali untuk di jadikan teman saat makan siang. Kericu juga sering di jadikan sebagai oleh-oleh khas Bangka untuk di bawa pulang. Kamu tidak perlu khawatir jika harus membelinya di hari pertama kamu datang ke Bangka Belitung karena kericu ini tidak akan basi jika di simpan dalam waktu yang lama.

 

8. Kue Jongkong Bangka

Kue Jongkong Bangka - Makanan Khas Bangka Belitung

Kue Jongkong Bangka – Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kue Jongkong. Kue asal khas Pulau Bangka ini menjadi salah satu kuliner yang menambah daftar kekayaan kuliner unik di Indonesia. Kue Jongkong memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan aroma pandan yang sangat wangi, cocok untuk di jadikan camilan saat anda sedang bersantai. Resep kue jongkong juga terbuat dari bahan-bahan yang mudah di dapat sehingga kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri nanti di rumah. Kue Jongkong biasanya banyak di jual pada saat bulan puasa sebagai salah satu menu berbuka favorit masyarakat Bangka Belitung.

 

9. Getas Bangka

Getas - Makanan Khas Bangka Belitung

Getas – Makanan Khas Bangka Belitung

Kuliner Bangka Belitung yang juga tak kalah enaknya adalah getas atau keretek. Getas adalah camilan yang berbentuk silinder, terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka. Getas sering di jadikan pelengkap makanan berkuah seperti lakso dan pantiaw. Kamu juga bisa menjadikan getas sebagai oleh-oleh khas Bangka Belitung untuk di bawa pulang.

 

10. Bong Li Piang

Bong Li Piang - Makanan Khas Bangka Belitung

Bong Li Piang – Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung terakhir yang wajib kamu cicipi adalah Bong Li Piang. Dari namanya saja sudah ketahuan dari mana asal usul kuliner Bangka yang satu ini. Bong Li Piang adalah salah satu kuliner di Bangka Belitung hasil dari perpaduan resep lokal dengan resep dari Tiongkok. Kue Bong Li Piang ini pada awalnya di masak oleh Suku Hakka asal Tiongkok yang bermigrasi ke Pulau Bangka Belitung. Dalam membuat Bong Li Piang Mereka menggunakan berbagai bahan lokal seperti tepung terigu, nanas, gula aren, dan santan. Saat ini Bong Li Piang telah menjadi salah satu jajanan favorit di Bangka Belitung. Para wisatawan biasanya membeli kue ini sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang.

 

Begitulah ulasan kita tentang makanan khas Bangka Belitung yang dapat menggugah selera makan saat mencicipinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kuliner nusantara yang Anda miliki. Selamat mencoba. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!