5 Jenis Makanan Khas Bengkulu Yang Menggugah Selera Anda

Makanan khas Bengkulu – Jika kita jalan-jalan ke pulau Sumatera maka kita akan menemukan sebuah provinsi yang sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia, yaitu provinsi Bengkulu. Provinsi ini terletak di pesisir pulau Sumatera dan cukup terpencil sehingga meskipun terkenal tapi masih banyak orang Indonesia yang belum mengunjungi daerah yang satu ini. Meskipun letaknya yang cukup jauh, yaitu di sekitar barat daya pulau Sumatera, tapi Bengkulu adalah salah satu kota yang terkenal dengan wisata pantainya. Bagi orang yang datang mengunjungi daerah ini, maka mereka tidak lupa untuk mencoba berbagai makanan khas kota Bengkulu.

Nah, bagi Anda yang saat ini memiliki rencana untuk pergi berlibur ke pulau Sumatera, maka sebaiknya mampir ke provinsi Bengkulu. Mengapa? karena di provinsi yang satu ini terdapat banyak sekali wisata alam dan kuliner yang bisa Anda coba. Khusus untuk kuliner, provinsi Bengkulu memiliki makanan-makanan khas yang sangat enak yang membuat orang menjadi ketagihan untuk mencobanya lagi. Bahkan ada jenis makanan tertentu yang dibuat dari daging ikan hiu. Seru kan? Bagi Anda yang belum pernah mengkonsumsi ikan hiu maka Anda bisa mencobanya karena untuk mendapatkan daging ikan hiu ini tidak mudah. Di tempat lain Anda belum tentu akan bisa menemukannya dengan mudah. Tapi di Bengkulu Anda bisa dengan mudah menemukan masakan daging ikan hiu ini karena sudah menjadi salah satu jenis makanan khas dari provinsi Bengkulu. Penasaran? Berikut ini Kompas Wisata sajikan ulasan mengenai berbagai macam makanan khas Bengkulu yang bisa Anda coba.

 

Aneka Ragam Makanan Khas Bengkulu

 

1. Bagar hiu

Bagar hiu - Makanan khas Bengkulu

Bagar hiu – Makanan khas Bengkulu

Yang pertama adalah bagar hiu. Dari namanya saja sudah jelas bahwa ini adalah makanan yang dibuat dari daging apa. Seperti yang tadi sudah dijelaskan di awal bahwa di Bengkulu ada makanan yang dibuat dari daging ikan hiu, yaitu bagar. Ini adalah masakan yang dibuat dari bahan dasar ikan hiu. Tapi ikan hiu yang digunakannya bukan sembarangan ikan hiu. Mereka hanya mau menggunakan daging dari hiu jenis punai. Mengapa? karena katanya jenis hiu yang satu ini dagingnya tidak terlalu amis jika dibandingkan dengan hiu jenis lainnya yang dagingnya lebih amis. Dengan menggunakan daging yang tidak terlalu amis membuat daging ikan ini sangat pas jika dimasak dengan kuah santan.

Bagar ini adalah menjadi salah satu jenis makanan khas Bengkulu yang sangat terkenal. Selain karena bahan dasarnya yang langka yaitu dengan daging ikan hiu, bagar hiu juga katanya menjadi makanan soekarno atau makanan yang menjadi salah satu kesukaan presiden soekarno saat pengasingan dulu. Biasanya beliau menyantap hidangan ini ditemani dengan minuman kesukaan soekarno yang merakyat yaitu kopi tubruk. Mungkin karena sejarah bagar hiu inilah dapat menjadi salah satu jenis makanan yang terkenal di provinsi Bengkulu.

 

2. Gulai kemba’ang

Gulai kemba'ang - Makanan khas Bengkulu

Gulai kemba’ang – Makanan khas Bengkulu

Makanan khas Bengkulu berikutnya adalah gulai kemba’ang. Gulai ini tidak kalah terkenalnya seperti bagar di atas, tapi jenis dan cara memasaknya yang berbeda. Apa itu gulai kemba’ang? Yaitu sebuah masakan yang dibuat dari bahan utamanya adalah daging iga sapi. Seperti yang kita tahu, daging sapi yang rasanya enak dan menjadi salah satu daging favorit orang Indonesia memiliki rasa yang sangat lezat. Apa lagi ditambah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah di dalamnya, tentu membuat gulai yang satu ini menjadi makanan wajib Anda coba saat datang ke kota Bengkulu. Biasanya makanan ini menjadi makanan khas yang disantap saat berbuka puasa.

Meskipun begitu, bagi Anda yang datang pada saat diluar bulan puasa maka Anda tidak perlu hawatir. Karena Anda tetap masih bisa mendapatkan makanan ini di tempat-tempat keramaian yang ada di kota Bengkulu. Jika Anda ingin lebih mudah untuk mendapatkan makanan ini, Anda bisa datang ke Medan Jaya Ipuh Kabupaten Muko-Muko. Disana ada banyak orang yang menjual makanan yang satu ini.

 

3. Tempoyak ikan patin

Tempoyak ikan patin - Makanan khas Bengkulu

Tempoyak ikan patin – Makanan khas Bengkulu

Jika Anda masih ingin mencoba kuliner lainnya yang ada di Bengkulu, maka Anda bisa mencoba tempoyak ikan patin. Siapa yang tidak kenal dengan ikan patin? Ikan yang memiliki rasa gurih dan lezat ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Untuk itu bisa Anda kira-kira bagaimana rasanya makanan yang satu ini. Sebelum Anda tahu bagaimana rasanya makanan khas Bengkulu yang satu ini, maka Anda harus tahu lebih dulu apa itu tempoyak. Tempoyak adalah buah durian yang difermentasi sehingga bisa digunakan sebagai campuran memasak. jadi tempoyak ikan patin adalah masakan ikan patin yang dicampur dengan tempoyak ini.

Bagi Anda yang memang tidak terlalu suka dengan buah durian, mungkin harus fikir-fikir dulu sebelum mencoba makanan yang satu ini. Karena masakan khas Bengkulu yang satu ini memiliki rasa dan juga aroma durian yang cukup menyengat yang bisa membuat Anda orang yang tidak suka dengan durian akan kurang berselera makan. Tapi bagi Anda para penggemar durian maka masakan ini bisa dicoba. Rasanya yang enak dan lezat membuat Anda ketagihan untuk mengkonsumsinya lagi. Sedangkan bagi Anda yang memang bukan penggemar durian atau orang yang tidak suka dengan buah durian, Anda juga bisa ikutan mencobanya. Siapa tahu setelah Anda mencoba makanan khas Bengkulu yang satu ini Anda akan tertarik dan menjadi suka dengan buah durian.

 

4. Kue tart khas Bengkulu

Kue tart - Makanan khas Bengkulu

Kue tart – Makanan khas Bengkulu

Jenis makanan khas Bengkulu yang selanjutnya adalah kue tart. Ini adalah salah satu kue khas lebaran atau idul fitri bagi orang Bengkulu. Sebenarnya kue ini masih mirip seperti kue bolu tapi dibuat dengan lebih teliti dan lebih lama. Untuk membuat kue ini menjadi lebih enak, maka ditambahkan juga berbagai campuran seperti nanas, kelapa, beras, bahkan beberapa orang ada yang masih menambahkan gula agar rasanya menjadi lebih manis dan juga lebih lezat.

 

5. Lepek binti

Lepek binti - Makanan khas Bengkulu

Lepek binti – Makanan khas Bengkulu

Jika Anda adalah orang yang masih ingin mencoba makanan khas Bengkulu, maka Anda perlu mencoba makanan yang satu ini. Lepek binti adalah salah satu jenis makanan tradisional khas dari Bengkulu. Pada awalnya masyarakat Bengkulu menggunakan makanan yang satu ini sebagai salah satu makanan menu dalam berbuka puasa. Tapi karena makanan ini dianggap semakin banyak peminatnya termasuk juga peminat yang berasal dari luar kota, maka sekarang makanan yang satu ini mulai banyak diproduksi oleh masyarakat Bengkulu.

Lepek binti ini adalah sebuah makanan yang dibuat dari tepung ketan. Tepung ketan ini diberi santan dan berbagai bumbu. Kemudian di dalam tepung ketan ini diberi daging sapi giling. Setelah itu dimasukan ke dalam daun pisang lalu direbus. Jadi bentuknya hampir mirip kue lemper yang sering kita makan di sekitar kita. Perbedaan makanan ini dengan kue lemper adalah daging yang digunakan untuk mengisinya adalah daging sapi sedangkan kue lemper tidak harus menggunakan daging sapi.

 

Itulah ulasan lengkap mengenai beberapa jenis makanan khas Bengkulu yang sangat menggugah selera makan Anda. Namun masih ada lagi makanan khas di Bengkulu yang sangat terkenal lainnya yaitu pendap. Pendap sangat khas dengan baunya yang berasal dari daun talas, dimana daun ini digunakan sebagai pembungkus pendap. Beberapa diantaranya juga bisa ditemukan pada daerah-daerah lain yang ada di pulau Sumatera. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang ragam kuliner yang ada di Indonesia. Selamat mencoba. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!