Aneka Macam Makanan Khas Betawi Yang Enak Dan Nikmat

Makanan khas Betawi dapat dengan mudah anda temukan pada saat acara-acara tertentu seperti acara pernikahan atau pada saat hari raya Idul Fitri. Tetapi ada juga warung-warung tertentu yang memang menyajikan makanan khas dari suku Betawi ini. Suku Betawi sendiri merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan mayoritas masyarakat suku Betawi tinggal di Ibu Kota Jakarta. Sebagian berpendapat bahwa suku ini berasal dari hasil perkawinan antar etnis dan bangsa di masa lalu. Walaupun bahasa formal di daerah Jakarta adalah menggunakan bahasa Indonesia, tetapi orang-orang Betawi yang tinggal di Jakarta menggunakan bahasa dialek Betawi sebagai bahasa sehari-hari. Bahasanya terbagi menjadi 2 jenis yaitu dialek Betawi tengah dan dialek Betawi pinggir. Jika dialek Betawi tengah berbunyi “e” maka pada dialek Betawi pinggir berbunyi “a” dengan nada keras.

Betawi memang memiliki keunikannya tersendiri, termasuk dalam hal kulinernya. Ciri dari makanan khas Betawi adalah cita rasanya yang gurih dan sedap, namun beberapa diantaranya hampir mirip dengan makanan khas dari daerah lain. Contohnya yaitu asinan khas Betawi hampir sama dengan asinan Bogor, yang membedakan hanya pada campuran bumbunya saja. Sebenarnya makanan Betawi sangat lezat namun seiring perkembangan zaman dan kota Jakarta menjadi kota Metropolitan, makanan-makanan Betawi mulai tergeser. Tetapi anda tidak perlu khawatir tidak dapat merasakan kelezatan dari makanan khas suku Betawi ini. Karena pada tanggal 22 Juni kota Jakarta merayakan ulang tahunnya maka anda dapat dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman khas dari Betawi. Bagi anda yang belum tahu mengenai makanan apa saja yang merupakan khas dari suku Betawi, berikut Kompas Wisata berikan ulasannya.

 

Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah

Kerak telor - Makanan Khas Betawi

Kerak telor – Makanan Khas Betawi

Makanan khas Betawi yang pertama dan paling populer yaitu kerak telor. Mungkin bagi sebagian orang khususnya yang tinggal di kota Jakarta sudah mengenal masakan Betawi ini. Penampilannya cukup sederhana, hampir sama dengan martabak namun berbeda pada bahan dan cara membuatnya. Untuk resep makanan khas betawi ini dibutuhkan beberapa bahan, seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi atau udang kering yang sudah disangrai, bawang goreng, dan bumbu halus. Bumbu-bumbu halusnya yaitu berupa kelapa yang disangrai, cabe merah, jahe, kencur, merica, garam dan juga gula.

Cara memasak kerak telor sangat unik yaitu dimasak di atas tungku arang. Tidak hanya bagian pantat kualinya saja yang dipanaskan, tetapi bagian atasnya juga sehingga makanannya menghadap ke bara. Setelah kerak telor matang maka nantinya akan ditaburi serundeng (kelapa parut yang disangrai) dan bawang goreng. Jika anda penasaran dan ingin mencicipi kerak telor anda bisa datang pada acara Pekan Raya Jakarta, di sana banyak sekali yang menjual makanan khas ini.

 

Aneka Lauk Pauk Khas Orang Betawi

Ikan gabus pucung - Makanan Khas Betawi

Ikan gabus pucung – Makanan Khas Betawi

Tidak hanya pandai dalam berbalas pantun, orang Betawi juga pandai dalam mengolah makanan. Jadi tidak heran jika banyak orang yang gemar dengan makanan khas Betawi. Untuk lauk pauk khas Betawi yang paling terkenal dan banyak penggemarnya yaitu ikan gabus pucung. Makanan ini hampir sama dengan rawon (makanan khas Jawa Timur) karena salah satu bahan untuk membuatnya yaitu kluwek sehingga kuahnya berwarna hitam.

Makanan lain yang menjadi ciri khas Betawi yaitu ketoprak yang terbuat dari ketupat, tauge, bihun dan tahu lalu disiram dengan bumbu kacang. Jika anda ingin mencoba yang segar anda bisa mencicipi soto Betawi ataupun soto tangkar. Resep soto betawi enak disajikan dengan kuah santan dan isiannya berupa daging, tomat dan kentang. Sedangkan soto tangkar berisi daging dan jeroan dengan kuah santan.

Ada juga babanci yang merupakan masakan khas orang Betawi namun sudah sulit untuk menemukannya. Makanan ini hampir serupa dengan soto namun kuah babanci lebih kental dengan tambahan kelapa sangrai dan kelapa muda di dalamnya. Makanan babanci menjadi langka karena ada beberapa bahan yang sulit ditemukan seperti temu mangga, bangle, kedaung adas dan juga lempuyang.

Semur Jengkol Khas Betawi

Masakan Betawi yang tidak kalah nikmatnya yaitu semur jengkol, makanan khas Betawi ini patut anda coba. Bagi sebagian orang mungkin masih aneh mendengar makanan ini. Namun semur jengkol yang terkenal di Betawi ini tidak lagi memiliki rasa yang pahit dan aromanya yang bau. Jika diolah dengan benar dan menambahkan berbagai bumbu rempah maka jengkol tidak lagi memiliki rasa yang pahit. Makanan ini sangat cocok jika disantap dengan nasi putih ataupun nasi uduk hangat.

Selain semur jengkol, ada lagi masakan lain yang memiliki rasa yang lezat yaitu sayur besan. Jika anda ingin membuat sayuran khas Betawi ini anda harus menyediakan beberapa bahan. Seperti kentang, wortel, buncis, pete, ebi, daun salam, daun sereh, daun bawang, lengkuas, minyak goreng dan juga santan. Sedangkan untuk bumbu halusnya yaitu bawang merah dan putih, kemiri, cabe keriting, jahe, garam dan penyedap rasa. Cara memasaknya yaitu dengan menumis bumbu halus dan ebi lalu masukkan bahan-bahan lainnya dan tunggu hingga matang. Sayur besan ini mempunyai rasa yang lezat dengan teksturnya yang halus dan lembut.

 

Kue Khas Betawi yang Menggugah Selera

Roti buaya - Makanan Khas Betawi

Roti buaya – Makanan Khas Betawi

Tidak hanya terkenal dengan lauk pauk dan sayurannya saja, Betawi juga dikenal dengan aneka kuenya yang enak dan unik. Ada kue rangi yang merupakan kue basah khas Betawi dan terbuat dari tepung sagu. Kue rangi masih mudah dijumpai di pasar atau tempat lainnya di kota Jakarta. Makanan khas Betawi ini memiliki tekstur kenyal dan gurih serta rasanya manis. Karena di dalam kue rangi juga terdapat campuran kelapa parut dan garam. Rasa manisnya didapat ketika kue rangi dimakan bersama dengan gula merah yang telah dicairkan.

Selain kue rangi, kue betawi lainnya yang enak adalah kue talam. Kue talam berbahan dasar tepung beras ketan yang dicampur dengan gula dan santan lalu dimasak dengan cara dikukus. Kemudian ada juga kue cente manis yang juga tidak kalah dengan kue rangi maupun kue talam. Kue ini terbuat dari tepung hunkwe, gula, santan dan juga sagu mutiara atau cente manis. Sama dengan kue talam, kue cente manis juga dimasak dengan cara dikukus namun kue cente manis dibungkus menggunakan plastik.

Roti Buaya Khas Betawi

Ada lagi makanan khas Betawi lainnya yang bisa anda coba yaitu roti buaya. Roti buaya adalah roti manis yang dibentuk atau dibuat menyerupai buaya. Roti buaya ini hanya disajikan ketika upacara pernikahan dan juga kenduri tradisional Betawi. Orang Betawi percaya bahwa hewan buaya kawin hanya satu kali dengan pasangannya. Bentuk roti manis unik ini melambangkan kesetiaan dalam sebuah pernikahan. Pada saat acara pernikahan roti buaya diletakkan di samping mempelai wanita dan para tamu. Selain melambangkan kesetiaan, roti ini juga melambangkan kemapanan ekonomi sehingga diharapkan kelak pasangan yang menikah akan memiliki masa depan yang lebih baik dan juga mapan.

 

Nah, itulan ulasan lengkap tentang makanan khas Betawi yang patut anda coba. Kuliner dengan citarasa nusantara ini sudah sangat tak asing lagi bagi masyarakat ibukota dan sekitarnya. Kita beruntung masih bisa merasakan kenikmatan dan kelezatan dari berbagai macam kuliner khas betawi diatas. Karena jika tidak ada lagi yang melestarikannya, maka tidak dapat dipungkiri bila warisan nusantara ini akan punah dimakan zaman. Baiklah sampai disini dulu pembahasan kita mengenai semur jengkol, ketoprak dan kawan-kawannya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat mengingatkan para pewaris kuliner, bahwa Indonesia pernah memiliki beragam jenis kuliner nikmat termasuk makanan tradisional Betawi yang bercitarasa nusantara. Selamat mencicipinya. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!