10 Aneka Makanan Khas Jambi Yang Sukar Ditemui

  Jambi merupakan salah satu provinsi yang berada tepat di bagian pesisir timur, tengah pulau Sumatera. Provinsi dengan wilayah seluas 50.058 Km2 ini memang lebih dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan dan salah satu wilayah di Sumatera dengan pertumbuhan tercepat. Sedangkan sisi wisata dari provinsi ini belum begitu banyak mendapat eksploitasi baik itu oleh wisatawan dalam negeri maupun turis dari luar negeri. Padahal Jambi sendiri memiliki segudang pesona yang menarik. Salah satunya, makanan khas Jambi.

Kemajuan teknologi dan perkembangan tren sosial media memang akhirnya tak hanya memberi kemajuan pada seluruh dunia. Namun pada masing-masing elemennya. Salah satunya juga pada dunia pariwisata. Saat ini pariwisata bukan hanya mengenai mengunjungi lokasi-lokasi unik di suatu daerah. Wisata juga dapat berarti mencicipi beraneka ragam masakan khas dari daerah tersebut. Wisata jenis ini biasanya disebut dengan wisata kuliner.

Dan Jambi, merupakan lokasi yang tepat untuk berwisata kuliner. Terlebih mengingat banyaknya jenis makanan khas jambi, baik itu tradisional atau jenis-jenis makanan yang sudah mengalami perkembangan jaman pula.

Nah, untuk yang saat ini tengah atau berencana untuk berlibur ke Jambi, sepertinya harus mencoba 10 makanan khas jambi yang ada dibawah ini. Beberapa diantaranya ada yang sukar ditemui dan ada sebagian yang cocok dijadikan oleh-oleh loh. Yuk di simak !!

 

1. Tempoyak

Tempoyak bisa dikatakan sebagai makanan khas Jambi yang akan sulit ditemukan di daerah lain. Makanan ini merupakan jenis makanan fermentasi dari buah durian, yang nantinya bisa dinikmati dengan ikan serta nasi hangat. Enak sekali ya sepertinya. Buah durian memang lebih dikenal diolah sebagai jenis udapan dan nyaris tak pernah dimasak menjadi makanan pokok atau lauk. Namun tidak dengan Tempoyak. Aroma fermentasi buah durian yang kuat berpadu dengan nasi hangat dan masakan ikan yang gurih dan lezat dijamin membuat ingin tambah dua kali!

 

2. Gulai Tepek Ikan

Gulai Ikan Tepek - Makanan Khas Jambi

Gulai Ikan Tepek – Makanan Khas Jambi

Pernah mendengar atau mencoba Gulai Tepek Ikan dari Jambi? Bila tak pernah, jangan khawatir. Makanan satu ini memang bukanlah jenis makanan yang akan disajikan setiap hari. Bahkan penduduk lokal Jambi pun mungkin hanya beberapa kali saja mencoba makanan gurih pedas satu ini.

Gulai Tepek Ikan merupakan salah satu makanan tradisional dengan banyak makna, terutama untuk warga Jambi. Tak heran bila makanan ini hanya disajikan pada saat-saat khusus saja. Terutama ketika pernikahan. Bahan utama yang digunakan adalah ikan gabus. Dan meski nampak seperti gulai kebanyakan, gulai tepek ikan memiliki cita rasa khusus nan unik, yang bikin ketagihan!

 

3. Daging masak itam

Daging Masak Hitam / Malbi - Makanan Khas Jambi

Daging Masak Hitam / Malbi – Makanan Khas Jambi

Dari namanya saja, makanan ini seperti sudah begitu menggoda. Daging masak itam atau juga sering dibilang Malbi merupakan menu favoris masyarakat Jambi yang biasa dinikmati dengan nasi hangat. Bahannya sendiri dari daging sapi has dalam yang dimasak dengan rempah-rempah seperti pala bubuk, kayu manis, jintan, kecap, dan adas manis.

 

4. Sup Tulang

Sup Tulang - Makanan Khas Jambi

Sup Tulang – Makanan Khas Jambi

Secara sekilas, penampilan sup tulang memang mirip dengan sup iga sapi. Mulai dari kuah kaldu bening dengan banyak taburan bawang, hingga adanya tulang sapi yang menjadi bahan utamanya. Namun sup tulang dari Jambi memiliki rasa khas yang hadir dari bumbu rempah-rempah rahasia yang diberikan pada kaldunya. Selain itu, sup tulang dari Jambi ini pun sudah dimatangkan sedemikian rupa sehingga daging yang melekat pada tulang menjadi begitu lembut dan sedap.

 

5. Nasi gemuk

Nasi Gemuk - Makanan Khas Jambi

Nasi Gemuk – Makanan Khas Jambi

Nasi gemuk memiliki karakter yang nyaris sama dengan nasi uduk dari Betawi atau nasi lemak dari Malaysia. Beras untuk nasi gemuk dimasak dengan santan, daun pandan, daun jeruk, dan daun salam yang menjadikan aroma nasi gemuk begitu menggoda. Untuk menikmatinya bisa dengan berbagai lauk pauk.

 

6. Dodol Nanas

Dodol Nanas - Makanan Khas Jambi

Dodol Nanas – Makanan Khas Jambi

Buah nanas merupakan salah satu komoditi unggulan di Jambi. Sistem geografis Jambi memang cocok sekali untuk perkebunan, dan salah satunya adalah nanas. Bahkan sebuah wilayah di Jambi, tepatnya di Tangkit, Kabupaten Mauarojambi sudah seakan dikhususkan sebagai daerah utama penghasil buah nanas. Bila berkunjung di daerah ini, banyak sekali olahan buah nanas yang perjual belikan.

Salah satu olahan buah nanas yang terkenal dari Jambi adalah dodol nanas. Dodol nanas sebenarnya tak jauh berbeda dengan dodol dari daerah lain. Namun tentu yang menjadi menarik adalah bahan baku utama yang digunakan untuk dodol khas Jambi ini adalah nanas dengan rasa buah nanas yang begitu kuat pula. Dodol nanas kerap kali menjadi oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke Jambi, terutama ke daerah Tangkit.

 

7. Kue Srikaya

Kue Srikaya - Makanan Khas Jambi

Kue Srikaya – Makanan Khas Jambi

Meski namanya Kue Srikaya, kue ini tak memiliki hubungan atau kandungan buah srikaya sama sekali. Justru kue Srikaya terbuat dari tape atau ubi yang difermentasi, dan dimasak dengan santan. Yang membuat Kue Srikaya begitu menggoda adalah warna hijau yang datang dari daun pandan. Tak heran, bukan hanya rasanya yang begitu lezat menggoda, aroma kue Srikaya pun pasti membuat ngiler.

Kue Srikaya - Makanan Khas Jambi

Kue Srikaya – Makanan Khas Jambi

Kue Srikaya bisa bertahan selama 3 hingga 7 hari dibila dibekukan. Karena itu kue ini menjadi salah satu oleh-oleh andalan dari Jambi.

 

8. Jus Pinang

Jus Pinang - Makanan Khas Jambi

Jus Pinang – Makanan Khas Jambi

Jambi merupakan daerah dengan banyak hasil bumi yang menarik. Salah satunya adlaah pinang. Buah pinang di Jambi diolah menjadi jus yang tak hanya segar, namun juga memiliki banyak khasiat. Jus pinang ini dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjadi obat tradisional menyembuhkan pilek, flu, demam, dan masuk angin.

Pinang Muda - Makanan Khas Jambi

Pinang Muda – Makanan Khas Jambi

Khasiat dari jus pinang bukan hanya datang dari buah pinang yang memiliki banyak khasiat. Namun juga bahan lain yang menjadi campuran bagi jus ini seperti jahe merah, cengkeh, gula merah, pandan, serai dan madu.

 

9. Dodol Kentang Kerinci

Kreatifitas rupanya menjadi salah satu keunggulan lain dari warga Jambi. Setelah sebelumnya warga Jambi mengolah durian atau duren menjadi hidangan pokok bersama ikan, sekarang kentang yang diolah menjadi dodol! Gunung Kerinci yang berada di Jambi terdaftar sebagai gunung tertinggi di Sumatera. Nah di kaki gunung ini terdapat perkebunan kentang, yang hasil olahan utamanya adalah dodol kentang. Dodol kentang dari Jambi hadir dalam berbagai rasa, mulai dari durian, strawberri, cokelat, dan pandan. Dodol kentang pun menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari Jambi loh.

 

10. Gandus

Gandus - Makanan Khas Jambi

Gandus – Makanan Khas Jambi

Gandus merupakan makanan dengan rasa gurih yang bisa ditemukan di Padang atau Jambi. Kue berbentuk bulat berwarna putih ini terbuat dari sagu, tepung beras, santan, dan bawang putih. Rasa gandus semakin lezat dengan adanya taburan bawang goreng, bersama dengan suwiran ayam atau ikan di atasnya. Rasa gandus yang gurih, sedikit pedas, dan memiliki rasa khas dari udang atau berbagai jenis taburan lain di atasnya menjadikan makanan ini populer sebagai menu sarapan khas Jambi.

Mau tau rasanya? silahkan anda membuktikan kelezatan makanan khas Jambi yang ada di atas dan jangan lupa untuk selalu berbahagia.. !!

2 Comments

  1. Eddy Latumahina November 19, 2016 Reply
    • Peki putra November 20, 2016 Reply

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!