12 Makanan Khas Jawa Barat Yang Unik Dengan Rasa Menarik

  Jawa Barat, provinsi yang tepat berada di sisi barat pulau Jawa ini memang menyimpan berbagai hal menarik yang harus lebih banyak digali lagi. Mulai dari pariwistaa Jawa Barat yang memiliki banyak keunggulan, hingga berbagai hiburan yang ditawarkan oleh daerah ini. Salah satu yang menarik dari Jawa barat adalah meski letaknya yang berdekatan dengan kota besar seperti Jakarta, namun masih memiliki keindahan pemandangan yang sepertinya akan sulit ditemukan di daerah-daerah lain. Selain keindahan pemandangan dan objek wisata yang ditawarkan, keunggulan lain yang membuat ingin terus mengunjungi Jawa Barat adalah makanan khas jawa barat dengan cita rasanya yang unik.

Untuk Anda yang berlibur ke Jawa Barat, rasanya tak akan lengkap bila tidak menikmati makanan khas dari daerah ini. Daerah jawa barat memiliki area yang begitu luas, dan terdapat banyak daerah, yang masing-masing memiliki makanan khas masing-masing. Walau begitu, masing-masing daerah di Jawa Barat memiliki karakter tersendiri untuk makanan yang dihadirkan, yakni rasa yang pedas dengan perpaduan rasanya yang begitu manis. Selain itu, makanan khas jawa barat pun sangat khas dengan banyaknya sayuran yang digunakan, serta tentunya jenis makanan gorengan! Ya, berbeda dengan daerah-daerah lain, Jawa Barat pun memiliki jenis-jenis masakan yang berbeda, namun tetap memiliki sebuah ciri khas yang bisa ditemukan. Makanan khas dari Jawa Barat memang saat ini tak hanya bisa ditemukan di daerah Priangan saja, namun juga di daerah-daerah lain. Bahkan beberapa jenis masakan khas dari daerah ini bisa ditemukan hingga ke luar negeri loh!

Penasaran ingin mencicipi cita rasa makanan khas dari Jawa Barat ini? Intip dulu 12 daftarnya dibawah ini.

 

1. Tapai Singkong

Tapai Singkong merupakan jenis makanan yang sangat populer di pulau Jawa. Tapai sebenarnya adalah singkong yang difermentasi secara khusus hingga menjadi lembut. Singkong yang sudah matang, dan dikupas, kemudian difermentasi dengan ragi tape (Saccharomyces cerevisiae) dan dibiarkan hingga beberapa hari. Nantinya, hasil fermentasi singkong dan ragi ini akan menjadi lembut dan memiliki rasa yang begitu manis. Ada beberapa jenis tapai singkong di Jawa Barat, yakno tape kering dan tapai basah. Bukan hanya menjadi makanan pokok untuk daerah tersebut saja, daerah Priangan Utara seperti Purwakarta dan Subang peyeum atau tapai singkong pun menjadi oleh-oleh.

Peyeum atau tapai singkong di daerah periangan utara dikenal dengan nama peyeum gantung, dan berkarakter kering. Nama peyeum gantung didapat karena biasanya dijual dengan cara digantung.

 

2. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang - Wisata Kuliner Jawa Barat

Tahu Sumedang – Wisata Kuliner Jawa Barat

Tahu sumedang berbeda dengan tahu produksi dari daerah lain. Bahan utama dari tahu sumedang adalah kedele kuning, yang memiliki nutrisi dan vitamin lebih banyak dari kedele putih. Selain itu, kedelai kuning juga membuat karakter tahu lebih lembut dengan lapisan luar yang garing dan renyah.

 

3. Asinan Cianjur

Asinan Cianjur - Wisata Kuliner Jawa Barat

Asinan Cianjur – Wisata Kuliner Jawa Barat

Asinan merupakan makanan yang nyaris sama dengan rujak. Rasa asinan yang adalah percampuran asam, pedas, asin, serta manis membuat makanan khas jenis ini terasa begitu spesial. Rasa manis dan asam pada asinan datang dari pilihan buah seperti mangga, kedondong, hingga nanas. Sedangkan rasa garam dan pedasnya karena tambahan garam dan cabe. Asinan Cianjur bukan hanya tepat dimakan di kota Cianjur saja, namun untuk dibawa oleh-oleh juga. Cianjur merupakan salah satu lokasi penghasil asinan yang paling terkenal.

 

4. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom - Wisata Kuliner Jawa Barat

Nasi Tutug Oncom – Wisata Kuliner Jawa Barat

Makanan satu ini merupakan khas dari Tasikmalaya, dan sangat terkenal di daerah ini. Nasi tutug oncom terbuat dari bahan bakar oncom yang dihancurkan bersama dnegan bumbum-bumbu seperti jahe, cabai, garam dan banyak lain. Nantinya oncom akan dimakan dengan nasi panas serta lalapan khas Jawa Barat. Tak ketinggalan adanya berbagai jenis sambal, namun yang terkenal adalah nasi tutug oncom dengan sambal mangga muda!

 

5. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu - Wisata Kuliner Jawa Barat

Mangga Gedong Gincu – Wisata Kuliner Jawa Barat

Satu ini memang bukan makanan khas jawa barat, namun lebih pada buah-buahan khas dari Majalengka. Mangga satu ini dinamakan gedong gincu karena ukurannya yang besar dan terdapat warna merah pada buahnya seperti pada gincu atau lipstik. Sedangkan nama gedong, karena buah mangga ini memiliki ukuran yang besar, setidaknya bila dibandingkan dengan buah-buah mangga dari daerah lain. Mangga Gedong Gincu sangat diminati dan disukai baik oleh masyarakat lokal atau wisatawan karena rasanya yang manis dengan tekstur buah yang renyah. Enak sekali!

 

6. Hucap Kuningan

Hucap Kuningan - Wisata Kuliner Jawa Barat

Hucap Kuningan – Wisata Kuliner Jawa Barat

Kuningan memiliki makanan khas tersendiri, yakni hucap. Hucap sebenarnya nyaris sama dengan makanan khas jawa barat yang lain yakni kupat tahu. Hanya saja, hucap menggunakan bumbu kecap bukannya bumbu kacang. Selain itu pada hucap, tahu digoreng hingga benar-benar kering sebelum dicampur dengan kupat atau ketupat atau lontong, dengan taoge.

 

7. Dodol Garut

Dodol garut - Wisata Kuliner Jawa Barat

Dodol garut – Wisata Kuliner Jawa Barat

Rasanya tak akan lengkap bila berwisata ke Jawa Barat tanpa merasakan dodol garut. Dodol Garut merupakan jajanan oleh-oleh khas Garut yang tak hanya bisa didapat di daerah Garut juga, namun juga di Bandung dan banyak daerah lain di Jawa Barat. Dodol garut umumnya memiliki rasa seperti nanas, durian, wijen, namun saat ini dodol garut juga memiliki berbagai varian seperti rasa cokelat, strawberry, hingga dodol tomat. Dodol garut cocok sebagai oleh-oleh karena bisa bertahan hingga satu bulan bila disimpan di dalam ruangan serta sampai tiga bulan bila disimpan di dalam lemari pendingin.

 

8. Empal Gentong

Empal Gentong - Wisata Kuliner Jawa Barat

Empal Gentong – Wisata Kuliner Jawa Barat

Empal gentong. Nah ini dia jenis masakan khas Cirebon yang sudah begitu dikenal, tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Empal gentong terbuat dari bahan daging sapi, dan juga dari bahan-bahan lain seperti babat dan usus. Cara masak empal gentong ini begitu unik, yakni dengan mengunakan arang kayu bakar, daging di masak dengan bumbu gule di dalam kuali atau gentong. Daging dimasak hingga menjadi empuk dan bumbu merasuk sepenuhnya.

 

9. Soto mie

Soto Mie - Wisata Kuliner Jawa Barat

Soto Mie – Wisata Kuliner Jawa Barat

Soto mie merupakan khas dari Bogor, dan seperti namanya adalah hidangan mie yang dimakan dengan kuah soto. Kuah soto yang digunakan pun bisa terbuat dari soto daging sapi maupun soto ayam.

 

10. Mochi

Kue Mochi Khas Sukabumi - Wisata Kuliner Jawa Barat

Kue Mochi Khas Sukabumi – Wisata Kuliner Jawa Barat

Mochi merupakan sebuah jajanan khas yang juga menjadi oleh-oleh dari Sukabumi. Mochi dari Sukabumi memiliki karakter yang nyaris sama dengan mochi dari Jepang, mulai dari rasa hingga karakternya.

 

11. Batagor

Batagor - Wisata Kuliner Jawa Barat

Batagor – Wisata Kuliner Jawa Barat

Batagor pun merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng dan dimakan dengan bumbu kacang. Namun pada perkembangannya, batagor banyak disajikan dengan pangsit goreng berisi adonan yang sama. Begitu juga ikan yang digunakan tidak hanya ikan tenggiri.

 

12. Siomay

Siomay - Wisata Kuliner Jawa Barat

Siomay – Wisata Kuliner Jawa Barat

Siomay merupakan hidangan yang juga begitu mudah ditemukan di Bandung. Siomay terbuat dari daging ikan dan dimakan dengan bumbu kacang serta telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, pare dan kubis. Bumbu untuk saus kacang ini antara lain cabai merah, bawang putih, gula pasir, asam jawa, garam dapur, dan cuka. Sewaktu disajikan, siomay bisa ditambahkan kecap manis, saus sambal dan perasan jeruk nipis.

 

Tertarik untuk mencoba? yuk berkunjung ke Jawa barat dan nikmati Makanan Khas Jawa Barat diatas agar kalian selalu berbahagia !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!