10 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Menggugah Selera

Kalimantan Selatan merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang menyimpan banyak sekali keunikan. Begitu juga dengan wisata kulinernya yang sangat khas. Berbagai makanan khas Kalimantan Selatan bahkan sudah menjadi menu makanan tradisional yang di kenal luas di seluruh penjuru Negeri. Kurang lengkap rasanya liburan ke Kalimantan Selatan jika tidak mencicipi aneka masakan Banjar dan daerah lainnya yang punya citarasa yang unik juga nikmat.

Setiap makanan yang ada di Kalimantan Selatan hingga kini masih mempertahankan resep tradisional yang telah di wariskan secara turun temurun dari generasi terdahulu. Karena itulah berbagai makanan yang akan kamu cicipi merupakan ciri khas Kalimantan yang tidak akan di temukan di daerah lain. Penasaran apa saja makanan khas Kalimantan Selatan yang bisa kamu cicipi? Simak ulasannya Kompas Wisata berikut ini.

 

10 Macam Makanan Khas Kalimantan Selatan

 

1. Soto Banjar

Soto Banjar - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Soto Banjar – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib untuk di cicipi jika kamu sedang liburan ke sana adalah Soto Banjar. Soto yang memiliki citarasa rempah yang kuat pada kuahnya ini tidak hanya terkenal di daerah asalnya saja, tapi hampir di seluruh daerah di Indonesia kamu bisa menemukan soto banjar. Hal ini karena rasa gurih dan nikmat dari masakan khas Banjar yang satu ini memang sangat enak. Di dalamnya terdapat campuran wortel, perkedel, irisan ayam yang telah di bumbui dan sambal khas Banjar yang pedas dan manis. Soto Banjar biasanya di sajikan bersama ketupat dengan menu tambahan sate ayam kampung.

 

2. Sop Banjar

Sop Banjar - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Sop Banjar – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Makanan khas Kalimantan Selatan yang kaya rempah lainnya yaitu Sop Banjar. Sop Banjar ini hampir mirip dengan Soto Banjar, hanya saja dalam penyajiannya biasanya menggunakan nasi sebagai makanan utamanya. Sop Banjar di buat dengan campuran berbagai rempah seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, pekak, merica dan pala. Nah ada satu bumbu rempah yang menjadi kunci dari citarasa Sop Banjar yang sangat khas ini yaitu bumbu rempah yang bernama kas-kas. Kas-kas berbentuk seperti butiran yang biasanya menjadi bahan campuran bumbu rempah lainnya dalam membuat Sop Banjar.

 

3. Nasi Kuning Banjar

Nasi Kuning Banjar - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Nasi Kuning Banjar – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Nasi Kuning Banjar sekilas memang tampak serupa dengan nasi kuning dari daerah lainnya, namun ketika kamu mencicipinya maka akan ada citarasa yang sangat khas dari saos sambalnya yang tidak kamu temukan pada nasi kuning daerah lain. Rasa khas ini berasal dari salah satu bumbu khas Banjar yang bernama habang. Nasi Kuning Banjar juga biasanya di sajikan bersama lauk yang berasal dari ayam, itik, dan telur ikan gabus. Inilah yang membuat nasi kuning Banjar ini lebih istimewa. Nasi kuning Banjar juga menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang tidak boleh kamu lewatkan.

 

4. Gangan Paliat

Gangan Paliat - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Gangan Paliat – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Gangan Paliat adalah salah satu makanan khas suku Banjar yang wajib kamu cicipi. Masakan khas Kalimantan Selatan yang satu ini berasal dari daerah bernama Desa Paliat yang ada di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Gangan Paliat terbuat dari bahan utama ikan baung, namun bisa juga digantikan dengan ikan gabus atau udang. Rasa yang khas dari Gangan Paliat berasal dari rempah-rempah yang di tumis menggunakan sedikit minyak sehingga menghasilkan aroma yang sangat menggoda sekali. Gangan Paliat biasanya di santap bersama nasi dengan sayur daun singkong sebagai pelengkapnya.

 

5. Mandai

Mandai - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Mandai – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Jika kamu berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kalimantan Selatan yang bernama Mandai. Makanan ini biasa di santap sebagai menu makan sehari-hari oleh warga setempat. Bahan yang di gunakan juga cukup unik yaitu kulit buah cempedak yang di fermentasi. Mandai bisa di masak dengan cara di gulai, di pepes, atau di sambal dengan menggunakan cabe rawit. Citarasa asam dan pedas dari Mandai ini bisa membangkitkan selera makan kamu, di jamin saat mencicipinya kamu akan ketagihan. Mandai juga bisa bertahan hingga berhari-hari sehingga bisa di gunakan sebagai oleh oleh makanan khas Banjarmasin untuk di bawa pulang.

 

6. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Nasi Itik Gambut – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Masakan khas Kalimantan Selatan selanjutnya adalah nasi itik Gambut. Tidak tahu kapan makanan ini mulai tenar. Mungkin semenjak puluhan tahun lalu. Bila kamu dari bandar udara Syamsudin Noor dan menuju ke Kota Banjarmasin, maka kamu akan melalui sebuah daerah yang bernama Gambut. Tempat ini memiliki kuliner khas yakni nasi itik Gambut. Nasi putih dengan tambahan itik bumbu habang atau merah khas Banjar yang amat istimewa di sini. Perporsi nasi itik Gambut sudah dikemas dalam bungkus daun pisang, jadi kamu tinggal memilih salah satu bungkusan tersebut dan bisa langsung dikonsumsi.

 

7. Bingka

Bingka - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Bingka – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Bingka atau sering di sebut juga dengan nama bingka barandam merupakan salah satu varian dari wadai banjar yang cukup populer. Resep bingka barandam khas banjar ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, santan dan gula pasir. Rasanya sangat manis dan legit sekali. Terdapat beberapa varian rasa dari bingka yang bisa kamu pilih yaitu rasa pandan, labu, tapai, dan kentang. Makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini biasanya banyak di jajakan pada saat bulan puasa. Namun anda juga bisa membelinya di toko-toko yang menjual oleh-oleh aneka kuliner khas Kalimantan Selatan.

 

8. Apam Barabai

Apam Barabai - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Apam Barabai – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Kue khas banjar lainnya yang juga punya rasa tak kalah enaknya yaitu apam barabai. Apam Barabai adalah jajanan khas Kalimantan Selatan atau wadai Banjar yang banyak di jajakan di sekitar daerah Hulu Sungai Tengah. Kue ini berbentuk bulat pipih dan berwarna kecokelatan atau putih tergantung dari gula yang di pakai. Teksturnya sangat lembut karena terbuat dari campuran tepung beras, gula merah atau putih, santan, dan tapai. Apam Barabai cocok untuk di jadikan oleh-oleh karena citarasanya yang unik dan hanya bisa di temukan di daerah Banjar.

 

9. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Ketupat Kandangan – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Setelah puas mencicipi berbagai kue khas Banjar selanjutnya kamu bisa mengisi perut dengan Ketupat Kandangan. Makanan khas Kalimantan Selatan yang berasal dari daerah Kandangan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini cukup terkenal dengan rasanya yang gurih. Ketupat kandangan biasanya di santap bersama ikan gabus sebagai lauknya, kemudian diatasnya di siram dengan kuah santan gulai dan taburan bawang goreng. Salah satu ciri khas yang ada pada ketupat kandangan ini adalah cara memakannya yang tidak menggunakan sendok, biasanya para pengunjung menyantap ketupat kandangan menggunakan tangan. Sangat unik mengingat biasanya orang-orang menyantap lontong atau ketupat menggunakan sendok, namun menurut mereka jika di santap menggunakan tangan rasanya akan menjadi lebih nikmat. Kamu harus membuktikannya sendiri nanti.

 

10. Lontong Orari

Lontong Orari - Makanan Khas Kalimantan Selatan

Lontong Orari – Makanan Khas Kalimantan Selatan

Makanan khas Kalimantan Selatan terakhir yang harus kamu cicipi yaitu lontong orari. Nama Orari merupakan singkatan dari Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia, diberi nama demikian karena dulunya lontong khas Banjar ini selalu menjadi santapan setiap kali ada pertemuan atau acara-acara yang di adakan oleh Orari. Keunikan lontong orari terletak pada lauk utamanya yang menggunakan ikan gabus atau ayam serta bumbu merah (bumbu habang) yang memberikan citarasa pedas yang sangat khas.

 

Bagaimana? Sudah dapat jenis makanan khas Kalimantan Selatan yang akan jadi incaran kamu. Selain 10 makanan diatas, Kalimantan Selatan juga masih punya aneka macam makanan lainnya seperti patin baubar dan iwak pakasam. Semoga dengan sedikit referensi diatas sudah dapat membantu kamu dalam menemukan makanan yang akan dicoba selama berada di KalSel. Selamat mencoba. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!