12 Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Wajib Dicicipi

  Tak seru rasanya bila beriwisata ke sebuah daerah baru tanpa mencoba makanan khas dari daerah tersebut. Apalagi, berwisata ke Borneo atau Pulau Kalimantan. Mencoba makanan khas dari daerah Kalimantan tentunya menjadi sebuah keharusan khusus. Nah untuk Anda yang berencana untuk berlibur ke Kalimantan Timur, daerah ini pun memiliki sederet makanan khasnya sendiri, yang tak kalah menarik dengan makanan-makanan khas dari daerah lain. Meskipun makanan khas kalimantan timur belum begitu diekspos dan tidak begitu dikenal seperti halnya makanan khas Banjarmasin, atau beberapa daerah lain di Kalimantan. Namun bukan berarti makanan khas dari daerah ini tak memiliki cita rasa yang sanggup membuat Anda ketagihan.

Kuliner dari Kalimantan Timur sebenarnya memiliki satu kekhasan tersendiri. Rasa yang pedas, serta banyaknya olahan dari ikan atau hasil laut lain menjadi salah satu karakteristik makanan khas kalimantan timur. Selain itu, tentunya penggunaan bumbu-bumbu yang begitu kuat, meskipun berbeda dengan masakan dari daerah Sumatera yang kaya akan santan dan berlemak, makanan di Kalimantan Timur justru hanya mengandalkan cita rasa dari perpaduan rempah-rempah dan bumbu rahasia lain. Nah bila Anda tengah berwisata atau berencana berwisata di Kalimantan Timur, tak ada salahnya untuk mencoba 12 makanan khas kalimantan timur seperti yang kami rangkum dalam daftar dibawah ini. Jangan lupa bawa oleh-oleh ya!

 

1. Nasi kuning khas Samarinda

Nasi Kuning Khas Samarinda - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Nasi Kuning Khas Samarinda – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Nasi Kuning sebenarnya adalah makanan khas Indonesia, mengingat banyaknya daerah yang memiliki nasi kuning sebagai makanan khas. Nasi kuning paling sering ditemui di Pulau Jawa, meskipun di Kalimantan Timur sendiri terdapat menu nasi kuning khas Samarinda.

Nasi Kuning Khas Samarinda - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Nasi Kuning Khas Samarinda – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Seperti halnya nasi kuning dari daerah lain, nasi kuning khas Samarinda pun menggunakan bahan dasar kunyit untuk mengubah nasi menjadi kuning. Yang khas adalah perpaduan lauk ikan gabus, serundeng, telur bumbu bali, serta banyak bawang merah yang menjadikan nasi kuning khas Samarinda terasa spesial. Bahkan di Samarinda sendiri sejak tahun 2013 telah didirikan tempat khusus bagi para penjual nasi kuning yang dinamakan oleh pemerintah setempat sebagai Kampung Nasi Kuning.

 

2. Ayam Cincane

Ayam Cincane - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Ayam Cincane – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Jenis masakan ini adalah favorite para masyarakat Kalimantan Timur. Ayam Cincane biasanya menggunakan ayam kampung yang dagingnya lebih lembut. Setelah dimasak dengan banyak bumbu-bumbu istimewa, ayam kemudian dibakar. Citarasa jahe, kemiri, dan lengkuas terasa sekali pada masakan jenis ini, terlebih ketika dinikmati dengan nasi putih hangat dan sambal tomat.

 

3. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Nasi Bekepor – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Nah, nasi ini mudah ditemukan saat sarapan. Nasi putih hangat dicampur dengan ikan laut yang sudah diasinkan bersama dengan rempah-rempah dan minyak sayur. Rasanya? lezat! Nasi bekepor merupakan favorit pada warga Kalimantan Timur dan selain untuk sarapan, nasi bekepor pun biasanya dinikmati dengan menu lauk lain seperti daging masak bumi hangus untuk menu makan malam.

 

4. Daging Masak Bumi Hangus

Daging Masak Bumi Hangus - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Daging Masak Bumi Hangus – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Tunggu, jangan kaget dengan nama dari masakan satu ini. Makanan satu ini termasuk mudah ditemukan di warung-warung makan di Banjarmasin. Jenis masakan ini sebenarnya adalah daging yang dimasak dengan bumbu kecap. Istimewanya, daging masak bumi hangus ini? Daging dimasak dalam waktu yang lama hingga daging menjadi hitam! Inilah mengapa nama masakan ini adalah Daging masak bumi hangus. Daging masak bumi hangus dinikmati dengan nasi bekepor, dan biasanya menjadi menu makan malam.

 

5. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting - Wisata Kuliner kalimantan Timur

Pepes Kepiting – Wisata Kuliner kalimantan Timur

Pepes tentunya bukan menu yang asing bagi banyak orang Indonesia. Namun bila biasanya pepes menggunakan bahan utama ikan atau ayam, maka di Kalimantan Timur pepes menggunakan daging kepiting! Kepiting soka yang digunakan dimasak dengan berbagai bumbu, yang dominan dengan cabe merah sebelum dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

 

6. Sate Payau

Sate Payau - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Sate Payau – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Sate Payau dari Kalimantan Timur sudah menjadi perbincangan selama bertahun-tahun, namun saat ini sate payau sudah begitu sulit ditemukan. Tapi apa sih sate payau? Sate payau adalah sate yang menggunakan daging rusa sebagai bahan utama! Rasanya? Katanya sih gurih, dengan daging yang begitu lembut dan berpadu dengan bumbu kecap yang manis.

 

7. Sambal Raja

Sambal Raja - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Sambal Raja – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Dinamakan sambal raja karena di jaman dahulu, makanan ini hanya bisa dinikmati oleh para Raja dari Kerajaan Kutai. Namun hingga akhirnya makanan ini bisa dinikmati oleh para anggota kerajaan, hingga akhirnya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat seperti saat ini. makanan khas kalimantan timur satu ini merupakan perpaduan berbagai sayuran, seperto kacang panjang, irisan bawang merah, hingga terong yang disiram dengan bumbu pedas khusus. Biasanya, sambal raja dinikmati bersama nasi hangat serta pepes kepiting, atau bahkan sate payau.

 

8. Bubur pedas

Bubur Pedas - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Bubur Pedas – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Bubur pedas merupakan satu lagi menu makanan favorite di Kalimantan Timur. Bubur pedas adalah bubur yang dimasak sedemikian rupa hingga memberikan rasa yang begitu unik dan khas. Awalnya bubur pedas adalah makanan khas Suku Sambas dari Kalimantan Barat, yang akhirnya menjadi makanan khas untuk Kalimantan Timur pula.

Seperti namanya bubur pedas memiliki rasa pedas yang dominan. Namun selain itu, bubur yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti ketumbar, lengkuas, jahe, lada hitam, dan tentu saja cabe membuat cita rasa yang dihadirkan begitu unik. Bubur pedas biasanya dimakan dengan berbagai lauk sebagai toping, namun yang umum adalah ikan asin dan kacang goreng garing, serta kerupuk dan bawang goreng. Yum!

 

9. Gence Ruan

Kalimantan Timur memiliki banyak sekali hidangan dengan bahan dasar ikan, atau hasil laut lain. Namun salah satu hidangan yang paling digemari adalah Gence Ruan. Nama Ruan pada gence ruan didapat dari ikan haruan atau ikan gabus yang menjadi menu utama. Sedangkan gence adalah nama bumbu spesial yang menemani ikan gabus.

Ikan gabus atau haruan untuk gence ruan biasanya digoreng kering, meskipun saat ini pun sudah banyak yang menyajikan dengan dibakar. Bumbu gence memiliki rasa khas pedas dan manis berkat adanya tambahan air asam jawa.

 

10. Amplang

Kerupuk Amplang - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Kerupuk Amplang – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Jenis kerupuk Amplang dari Kalimantan Timur ini sudah tersedia nyaris di seluruh daerah di Jawa. Biasanya dikenal dengan nama kerupuk ikan dan memiliki bentuk persegi yang unik. Seperti namanya kerupuk ikan terbuat dari bahan baku ikan, yang diolah menjadi kerupuk dengan rasa gurih, dan sangat terasa ikan.

 

11. Pisang Gapit

Pisang gapit menjadi jajanan yang terkenal di Kalimantan Timur. Yang membuat pisang gapit spesial adalah cara pembuatannya yang dibakar dengan digapit atau dijepit, serta saus durian! Menikmati pisang gapit dengan saus durian bersama dengan teh hangat, hm lezatnya!

Baca Juga :

 

12. Lempok Durian

Lempok - Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Lempok – Wisata Kuliner Kalimantan Timur

Kalimantan merupakan salah satu daerah penghasil durian, karena itu tak heran bila banyak hasil olahan durian dari daerah ini. Salah satunya adalah oleh-oleh terkenal satu ini : lempok durian atau dodol durian. Lempok durian juga bisa kita nikmati bersama kopi atau teh dan sangat enak di nikmati selagi bersantai. Selain sebagai jajanan khas, Lempok durian dapat kita jadikan buah tangan karena lempok durian merupakan makanan yang tahan lama. Belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Kalimantan Timur dan tak mencicipi makanan khas Kalimantan Timur satu ini.

 

Nah, itulah review dari saya tentang Makanan Khas Kalimantan Timur.. semoga kalian mendapatkan referensi kuliner terbaik saat berkunjung ke sana dan jangan lupa untuk selalu berbahagia !!

2 Comments

  1. my explore April 5, 2017 Reply
    • Kompas Wisata April 7, 2017 Reply

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!