10 Makanan Khas Lombok yang Bikin Kamu Nagih

Indonesia memang sangat kaya dengan objek wisata kulinernya yang sangat beragam. Kemana saja kamu traveling ke seluruh pelosok daerah di Indonesia pasti akan menemukan berbagai makanan khas dengan citarasa yang nikmat dan unik. Begitu juga jika kamu berlibur ke Lombok, ada banyak sekali makanan khas Lombok yang bisa memanjakan lidah kamu. Lombok memang bisa menjadi destinasi wisata yang sempurna jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan panjang, selain ada banyak pilihan tempat wisata menarik di sana, wisata kuliner di Lombok juga tidak kalah menariknya.

Berbagai kuliner khas Lombok telah menunggu untuk segera di cicipi, siapkan saja budget yang lebih agar kamu bisa puas menikmati liburan kamu di Lombok sambil mencicipi berbagai kuliner yang kamu temui di sana. Berikut ini Kompas Wisata akan berikan rekomendasi 10 makanan khas Lombok yang wajib kamu cicipi.

 

Daftar Makanan Khas Lombok Terfavorit

 

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang - Makanan Khas Lombok

Ayam Taliwang – Makanan Khas Lombok

Berkunjung ke Lombok belum lengkap jika tidak mencicipi ayam taliwang yang sangat terkenal itu. Ayam taliwang sudah menjadi salah satu makanan khas Lombok yang sangat terkenal, mungkin ketika datang ke Lombok satu-satunya kuliner yang ingin di cicipi pertama kali oleh para wisatawan adalah ayam taliwang ini.

Ayam taliwang adalah makanan khas NTB yang berbahan dasar daging ayam. Rahasia kelezatan ayam taliwang ini terletak pada pemilihan jenis ayam kampung yang di gunakan sebagai bahan dasar. Ayam kampung tidak di pilih sembarangan, namun di pilih yang usianya masih muda agar dagingnya empuk dan manis. Rahasia resep ayam taliwang terletak pada penggunaan bumbu rempah pada saat membakarnya. Jika di lihat sekilas ayam taliwang memang tampak seperti ayam bakar biasa, namun begitu kamu mencicipinya di jamin pasti akan ketagihan.

 

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung - Makanan Khas Lombok

Plecing Kangkung – Makanan Khas Lombok

Makanan khas Lombok selanjutnya yang wajib kamu cicipi adalah Plecing Kangkung. Persis seperti namanya, kuliner lombok yang satu ini terbuat dari bahan dasar kangkung Lombok yang di masak dengan cara di rebus. Sekilas bentuknya amat mirip dengan brambang asem asal Jawa Tengah namun memiliki citarasa yang jauh lebih gurih. Plecing kangkung biasanya di sajikan dalam keadaan dingin bersama dengan sambal khas Lombok. Nah plecing kangkung ini cocok sekali jika di santap bersama dengan ayam taliwang.

Plecing kangkung memiliki rasa pedas yang sangat gurih. Rahasia resep plecing kangkung khas Lombok ini terletak pada sambal terasi yang di campurkan ke dalamnya. Jika kamu sedang mampir ke daerah Sumbawa maka ayam taliwang plecing kangkung adalah sepasang kuliner khas Lombok yang sangat di rekomendasikan.

 

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak - Makanan Khas Lombok

Sate Bulayak – Makanan Khas Lombok

Sate Bulayak adalah sate khas Lombok yang sangat digemari oleh para wisatawan. Sate yang berbahan dasar dari daging sapi ini memiliki citarasa yang sangat nikmat. Penampilannya mirip dengan sate Madura yang di atasnya di siram dengan kuah sambal kacang yang telah di bumbui dengan berbagai macam rempah. Hanya saja perbedaannya pada teknik pembuatan sambal kacang untuk sate bulayak ini kacangnya di sangrai terlebih dahulu kemudian di rebus bersama santan. Inilah rahasia kegurihan dari bumbu kacang pada makanan khas Lombok Barat yang satu ini. Sate bulayak biasanya di sajikan bersama dengan lontong, satu porsi saja cukup untuk mengenyangkan perut kamu pada saat waktu makan siang telah tiba.

 

4. Sate Rembiga

Sate Rembiga - Makanan Khas Lombok

Sate Rembiga – Makanan Khas Lombok

Berbicara seputar sate khas Lombok Barat, ada satu kuliner sate yang wajib kamu cicipi yaitu Sate Rembiga. Sate ini merupakan makanan khas Lombok yang sangat terkenal dengan dagingnya yang sangat empuk dan beraroma sedap. Meskipun sama-sama terbuat dari bahan dasar daging sapi, namun rahasia keempukan daging sapi pada sate rembiga ini terletak pada cara memasaknya yang berbeda dari sate pada umumnya. Sebelum di bakar, daging sapi akan di rendam selama kurang lebih 3 jam di dalam air yang berisi berbagai macam bumbu rempah dan cabe rawit. Hal ini yang membuat aroma rempah dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Pada saat di bakar daging yang telah di rendam dengan bumbu rempah tadi akan mengeluarkan aroma sedap yang sangat menggugah selera. Sate rembiga khas Lombok ini jamin akan membuat kamu ketagihan.

 

5. Nasi Puyung

Nasi Puyung - Makanan Khas Lombok

Nasi Puyung – Makanan Khas Lombok

Makanan khas Lombok berikutnya yang wajib kamu cicipi adalah Nasi Puyung. Nasi puyung merupakan makanan khas Lombok Tengah yang memiliki rasa yang sangat pedas. Rasa pedas pada nasi puyung ini berasa dari sambal asli suku Sasak yang resepnya telah dijaga sejak ratusan tahun lalu. Ini merupakan ciri khas dari nasi puyung yang tidak akan kamu temui dari kuliner lainnya di Lombok. Nasi puyung biasanya di sajikan bersama dengan daging sambal, kacang kedelai yang di goreng dan kentang goreng yang di iris tipis-tipis. Nasi puyung bisa kamu temukan di warung-warung tradisional yang ada di dekat pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Mataram.

 

6. Nasi Campur Sukaraja

Nasi Campur Sukaraja - Makanan Khas Lombok

Nasi Campur Sukaraja – Makanan Khas Lombok

Nasi Campur Sukaraja adalah makanan khas Lombok yang memiliki tampilan paling ramai dan terlihat sangat meriah. Nasi yang digunakan adalah nasi putih biasa, namun lauk yang ada di atasnya sangat lengkap dan beragam mulai dari sate, abon, tempe, ayam goreng, telur, perkedel dan sambal. Rasanya memang sangat nikmat namun mungkin akan membuat kamu sedikit bingung harus mulai memakannya dari mana. Nasi campur ini bisa kamu temukan di daerah Sukaraja, Kecamatan Ampenan Mataram. Di daerah ini juga banyak menjual berbagai kue khas lombok yang bisa kamu beli sebagai oleh oleh khas Lombok untuk di bawa pulang.

 

7. Kelaq Kelor

Kelaq Kelor - Makanan Khas Lombok

Kelaq Kelor – Makanan Khas Lombok

Kelak kelor adalah makanan khas NTT yang sangat unik. Bahan dasar untuk membuatnya berasal dari sayur kelor yang banyak sekali di temukan di wilayah Lombok Timur. Meskipun daun kelor ini banyak juga terdapat di daerah lain namun sepertinya masih jarang yang menggunakannya sebagai sayuran untuk dimakan. Tapi bagi masyarakat Lombok sayur kelor ini sudah menjadi menu makan sehari-hari yang sering mereka makan bersama nasi putih dan sambal terasi. Makanan khas Lombok Timur yang satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung makan tradisional. Harganya juga sangat bersahabat, satu porsinya bisa kamu dapatkan seharga Rp. 10.000 rupiah saja.

 

8. Beberuk Terong

Beberuk Terong - Makanan Khas Lombok

Beberuk Terong – Makanan Khas Lombok

Beberuk terong adalah makanan khas Lombok yang menggunakan bahan utama dari terong. Rahasia resep beberuk terong terletak pada cara memasaknya yang cukup unik, jika biasanya terong di masak dengan ditumis atau digulai maka pada masakan ini terong yang digunakan dimasak dengan cara dibakar. Terong yang telah matang dibakar kemudian dipotong-potong dan disajikan bersama dengan sambal terasi

 

9. Kelaq Sebie

Kelaq Sebie - Makanan Khas Lombok

Kelaq Sebie – Makanan Khas Lombok

Kelaq sebie adalah makanan khas Lombok yang berasal dari daerah Sasak. Sebie dalam bahasa Sasak artinya adalah cabe, cabe rawit hijau yang digunakan cukup banyak dan dipotong-potong agar rasa pedasnya keluar. Kelaq sebie di masak dalam kuah santan dan bumbu rempah. Yang membuat kelaq sebie semakin sedap adalah adanya campuran daging ikan tongkol dan terong bakar yang di masukkan ke dalamnya.

 

10. Sate Tanjung

Sate Tanjung - Makanan Khas Lombok

Sate Tanjung – Makanan Khas Lombok

Satu lagi sate yang menjadi makanan khas Lombok yang wajib kamu cicipi yaitu Sate Tanjung. Berbeda dengan sate bulayak dan sate rembiga yang menggunakan bahan daging sapi, sate tanjung ini menggunakan ikan cakalang atau ikan langoan sebagai bahan dasarnya. Sate ini lebih unik dari sate lain pada umumnya karena tidak dimakan bersama bumbu saus melainkan ikan langsung di bakar bersama dengan bumbunya. Setelah masak kemudian di sajikan di atas kerupuk opak. Sate tanjung bisa kamu temukan di sekitar Kecamatan Tanjung, Mataram.

 

Begitulah ulasan singkat kita tentang 10 makanan khas Lombok yang bisa kalian santap saat berlibur ke pulau Lombok atau sekitarnya. Selain 10 makanan diatas, Lombok juga masih punya kuliner khas lainnya seperti ares dan ebatan yang tak kalah unik dengan masakan lainnya. Semoga daftar makanan diatas sudah dapat memenuhi jadwal wisata kuliner kamu selama liburan nanti. Selamat mencoba. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: