Aneka Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba

Kota Malang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota wisata yang cukup banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan akhir pekannya bersama orang terdekat. Dengan berwisata di kota Malang sayang rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Malang yang memiliki cita rasa nusantara. Lalu apa saja sih kuliner khas Malang yang bisa kita masukan ke daftar kuliner selama di malang? Beberapa makanan khas daerah Malang memiliki keunikan dan campuran bahan yang digunakan, dimana hal ini akan menghasilkan cita rasa yang unik dan khas masyarakat Jawa.

Berwisata sekaligus mencicipi kuliner khas Malang jangan sampai anda lewatkan jika sedang berkunjung ke Jawa Timur. Selain ‘arek’ Malang yang terkenal ramah, di kota ini juga banyak terdapat tempat makan di Malang yang menjajakan menu masakan khas Malang. Mulai dari jenis masakan warga Malang hingga jajanan khas Malang yang dapat memanjakan lidah Anda. Nah kali ini Kompas Wisata akan membahas makanan khas Malang yang cukup populer dan bisa menjadi referensi kuliner Anda selama berada di Malang. Simak ya !

 

Nikmatnya Makanan Khas Malang

 

1. Rawon

Rawon - Makanan Khas Malang

Rawon – Makanan Khas Malang

Makanan khas Malang yang bisa dijadikan rekomendasi pertama Anda adalah rawon. Rawon memang juga merupakan makanan favorit yang cukup populer di indonesia. Tapi apa yang menjadi istimewa dalam masakan khas malang yang satu ini? Dari kuah hitam yang merupakan kluwek adalah bumbu khasnya. Terlebih kaldu pada kuahnya yang membuat lidah bergoyang. Kuah rawon ini memiliki rasa khas yang sangat sedap, sehingga sangat cocok sekali jika disabtap dengan tambahan nasi putih hangat. Hampir seluruh tempat makan di Malang menyediakan menu khas ini, baik yang memakai daging sapi ataupun daging ayam. Silahkan sobat rasakan dan nikmati kelezatan nasi rawon kuliner asli Malang ini.

 

2. Bakso Malang

Bakso Malang - Makanan Khas Malang

Bakso Malang – Makanan Khas Malang

Sesuai dengan namanya kuliner bakso malang memang sudah tak asing lagi di dengar. Memang bakso di semua daerah ada, namun coba dulu bakso Malang yang satu ini. Kuliner bakso Malang memiliki khas sendiri sehingga ia memiliki makanan khas Malang. Penyajian bakso malang berbeda dengan bakso lainnya. Biasanya bakso Malang disajikan bersama dengan mie kuning, siomay, tahu, pangsit goreng serta kuah yang kaldunya cukup banyak. Uniknya ada salah satu warung bakso malang yang sering dikunjungi oleh presiden RI sehingga ia diberi nama bakso Presiden. Bakso Presiden Malang ini sudah ada sejak tahun 1972. Nah, jika ingin berkuliner bakso presiden Malang silahkan mengunjungi lokasinya di Jalan Batanghari No. 5 Malang.

 

3. Cwie mie

Cwie Mie - Makanan Khas Malang

Cwie Mie – Makanan Khas Malang

Cwie mie adalah makanan khas Malang yang berbahan dasar mie. Sajiannya pun hampir sama dengan mie ayam. Lalu apa yang membedakan? Bedanya adalah sayuran yang digunakan dan tekstur ayamnya. Kalau mie ayam menggunakan sayur sawi dan ayamnya lebih kasar dan tebal, namun kalau cwie mie Malang menggunakan sayur selada dan daging ayamnya dicincang halus. Selain itu, daging ayamnya sedikit asin dan berwarna polos berbeda dengan mie ayam yang berwarna coklat dan rasanya lebih manis. Nah, pasti penasaran kan dengan kuliner khas Malang ini? Untuk mencoba cwie mie Malang tidak lah sulit, karena selain di kota Malang, makanan ini juga sudah banyak terdapat di kota-kota besar lainnya. Jadi silahkan Anda buktikan cita rasa khas Kota Malang ini.

 

4. Mie gajah mada

Mie gajah mada - Makanan Khas Malang

Mie gajah mada – Makanan Khas Malang

Mie gajah mada ini menyajikan menu andalan yakni pangsit mie ayam jamur. Makanan khas Malang ini dihidangkan dengan campuran ayam suwir, daun selada, topping jamur kancing, serta wonton (siomay basah) dan tak lupa taburan bawang goreng serta daun bawang. Anda juga dapat memesan kuahnya dalam mangkuk yang terpisah.

 

5. Soto geprak mbah Djo

Soto Geprak Mbah Djo - Makanan Khas Malang

Soto Geprak Mbah Djo – Makanan Khas Malang

Soto geprak mbah Djo merupakan makanan khas Malang yang sudah populer sejak tahun 1935. Soto geprak mbah Djo ini menjadi khas karena menggunakan bumbu-bumbu dari bahan tradisional, hal ini membuat soto geprak Mbah Djo mempunyai citarasa yang kuat. Dinamakan soto geprak karena berawal dari kebiasaan mbah Djo menggeprak daging dengan cara memukul-mukul hingga empuk.

 

6. Nasi goreng mawut

Nasi Goreng Mawut - Makanan Khas Malang

Nasi Goreng Mawut – Makanan Khas Malang

Nasi goreng mawut khas Malang ini memiliki keistimewaan sensasi yang berbeda dengan makanan khas lainnya. Anda bisa merasakan sensasi makanan khas Malang nasi goreng mawut ini perpaduan antara nasi goreng dan mie. Jenis masakan ini juga terdapat di daerah Sumatera yang dikenal dengan nama minas atau mie nasi goreng. Cara membuat masakan ini cukup mudah, cukup tumis bumbu yang dihaluskan, masukan kol, daun bawang, seledri, nasi putih, dan mie, aduk rata. Kemudian masukan bubuk kaldu ayam dan kecap manis, aduk rata hingga bumbu meresap. Selanjutnya tinggal hidangkan nasi goreng mawut bersama suwiran daging ayam, irisan tomat dan kerupuk .

 

7. Orem-orem

Orem-orem - Makanan Khas Malang

Orem-orem – Makanan Khas Malang

Makanan khas Malang yang satu ini cuma ada di daerah Malang dan sekitarnya. Bahan utama dalam membuat orem-orem adalah ketupat, tempe, dan ayam. Untuk memasak ayamnya pun sudah terlebih dahulu bersama dengan kuah yang bersantan kental. Kemudian orem-orem dimakan bersama dengan irisan ketupat atau kupat, tauge, dan tempe. Selanjutnya disiram dengan kuah orem=orem tempe yang bercita rasa khas. Ciri khas lain dari orem-orem adalah rasanya yang pedas dengan kuah kental dengan rasa rempah-rempah tradisional.

 

8. Bakso bakar

Bakso Bakar Pak Man - Makanan Khas Malang

Bakso Bakar Pak Man – Makanan Khas Malang

Kalau anda sedang berada di kota Malang, camilan favorit yang dijual dipinggir jalan adalah bakso bakar. Bakso bakar Malang ini memiliki cita rasa yang berbeda. Jika di bakar aromanya akan sangat harum, memiliki citarasa nikmat dan pedas. Penasaran ingin mencicipi lezatnya Bakso Bakar khas Malang? Anda dapat pergi ke Warung Bakso Bakar Pak Man di Jln. Diponegoro No. 19 A Kota Malang. Warung bakso bakar Pak Man ini menyediakan bakso bakar dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Selain itu, di warung ini juga menyediakan menu tambahan berupa bihun yang bisa dinikmati sesuka hati.

 

9. Menjes

Menjes - Makanan Khas Malang

Menjes – Makanan Khas Malang

Camilan khas Malang yang cukup populer adalah Menjes. Menjes merupakan hasil olahan dari sisa tahu, jadi ampas tahu pun dapat dimanfaatkan menjadi makanan enak. Bentuk olahannya pun hampir sama seperti tempe. Anda bisa makan selagi masih hangat dengan cabe rawit hijau atau saos sambal.

 

10. Mendol tempe

Mendol tempe - Makanan Khas Malang

Mendol tempe – Makanan Khas Malang

Malang memang terkenal dengan hasil olahan tempenya. Seperti mendol tempe ini juga merupakan salah satu makanan khas Malang. Cara membuat makanan ini adalah dengan menghaluskan tempe terlebih dahulu baru kemudian dibentuk bulat dan dilonjongkan. Baru setelah itu dibumbui dan digoreng. Bentuk dari mendol tempe ini lonjong mirip seperti comro.

 

11. Putu lanang

Putu lanang celaket - Makanan Khas Malang

Putu lanang celaket – Makanan Khas Malang

Salah satu tempat jajanan legendaris di Malang adalah Putu Lanang yang berada di Jl Jaksa Agung Suprapto atau yang lebih dikenal dengan nama Celaket. Proses memasak tradisional dengan memakai batang bambu sebagai cetakan yang kemudian kemudian di kukus, membuat kue putu ini memiliki aroma wangi saat dikeluarkan dari cetakan bambu tersebut. Selain putu disini anda juga bisa memilih jajanan lain seperti kelepon, cenil, gemblong dan lupis. Di tempat jajanan ini Anda bisa memesan menu porsi satuan atau porsi campuran yang dibandrol dengan harga yang sangat bersahabat. Jadi tidak ada salahnya untuk mencicipi kue putu yang sudah melegenda di kota Malang.

 

12. Bakpao boldy

Bakpao boldy - Makanan Khas Malang

Bakpao boldy – Makanan Khas Malang

Bakpao boldy juga merupakan jajanan kuliner khas Malang yang sudah ada sejak tahun 1950. Yang membuat bakpao ini menjadi makanan khas Malang adalah variasi yang disajikan oleh bakpaonya. Ada yang isi daging ayam cincang, ayam kecap, babi kecap, kacang hijau, hingga tausa dan kacang tanah. Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

 

13. Es Durian Dempo

Es Durian Dempo - Makanan Khas Malang

Es Durian Dempo – Makanan Khas Malang

Yang manis-manis pun ada di Malang. Kali ini anda bisa mencicipi sajian khas Malang yaitu, Es Durian Dempo. Kuliner yang satu ini terbuat dari campuran buah durian dengan es serut, kemudian disiram dengan susu kental manis dan ditambahkan sedikit sirup. Es Durian yang ada di kawasan Dempo ini serupa tapi tak sama, jadi Anda harus pandai memilih supaya dapat durian yang enak sesuai dengan harapan.

 

Hmm, sangat menggoda bukan semua makanan khas Malang yang ada di atas tadi. Selain menikmati tempat wisata di Malang, Anda juga wajib untuk mencoba kuliner khas yang ada di Kota Malang ini. Semua referensi kuliner diatas tergolong sangat ramah lingkungan dan juga ramah pada kantong. Tunggu apalagi? Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!