5 Makanan Khas Riau yang Digilai Wisatawan Dalam dan Luar Negeri

Makanan khas Riau – Ada beberapa hal yang dicari wisatawan saat melakoni kunjungan ke Provinsi Riau. Yang pertama tentu tempat wisata. Sedang setelahnya adalah oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Soal tempat wisata, Riau sendiri punya banyak objek wisata yang mungkin bisa dicoba, mulai dari Riau Fantasi, Taman Rekreasi Alam Mayang dan masih banyak lagi. Sedang untuk oleh-oleh, Riau sendiri kaya akan kerajinan kain seperti tenun dan batik. Tenun dan batik di Riau sendiri berbeda dengan daerah lain. Ia memiliki corak dan warna yang khas. Serta motif melayu yang unik dan banyak dicari wisatawan.

Nah, selain kedua hal tadi, wisatawan yang berkunjung ke Riau juga kerap mencari makanan khas. Sebagai daerah yang kaya akan budaya, Riau memiliki banyak makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Ragam makanan khas Riau sendiri bisa Anda temui saat berkunjung ke daerah yang kaya akan perkebunan sawit ini.

Tapi, jika Anda tak bisa datang langsung ke Riau, berikut Kompas Wisata paparkan ragam makanan khas Riau selengkapnya.

 

Daftar Makanan Khas Riau

 

1. Sop Tunjang

Sop tunjang- Makanan khas Riau

Sop tunjang- Makanan khas Riau

Makanan khas Riau ini mungkin menduduki peringkat nomor satu. Penggunaan tulang sapi yang berbalut daging jadi daya tarik utama dari sop yang satu ini. Pengunjung diharuskan melepaskan sendiri daging-daging yang membalut tulang sapi yang terbilang besar. Memang, dari beberapa sisi, mengonsumsi makanan khas Riau ini membutuhkan perjuangan yang amat tinggi. Tapi usah khawatir, saat Anda makan dagingnya, Anda akan mendapati rasa yang sangat nikmat.

Nah, untuk Anda yang sudah ‘sepuh’, penjual sop tunjang juga menyediakan olahan sop daging. Soal rasa, baik sop tunjang atau daging punya cita rasa yang serupa, hanya tampilan dan cara makannya saja yang berbeda. Jika sop tunjang mengharuskan Anda melepas daging secara mandiri, di sop daging Anda hanya cukup memakan daging saja, tanpa harus melepaskannya dari tulang.

Makanan khas Riau ini sendiri menggunakan daging yang sangat lembut nan empuk. Walau Anda harus melepaskannya dari daging, proses pelepasannya terbilang mudah, sehingga tak memerlukan usaha lebih atau semacamnya. Pun saat Anda memakan daging dari olahan makanan yang satu ini. Ia akan hancur saat pertama kali Anda kunyah. Selain lembut dan empuk, olahan daging di sini juga punya cita rasa yang nikmat. Penggunaan rempah dan bumu tradisional yang ditekankan membuat olahan daging ini punya cita rasa yang gurih dan sedap.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan olahan sop yang satu ini, segeralah datang ke Jalan Pinang Pekanbaru. Di sana Anda bisa menikmati makanan khas Riau ini dengan harga bersahabat dan rasa yang terjamin nikmat.

 

2. Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin - Makanan khas Riau

Gulai ikan patin – Makanan khas Riau

Di dataran Sumatera, ikan patin adalah komoditi yang banyak ditemui. Ikan ini dicari karena dagingnya yang lembut dan enak untuk disantap. Warga Riau dan sekitarnya pun kerap menjadikan ikan ini sebagai menu olahan keluarga, salah satunya adalah gulai ikan patin.

Gulai ikan patin sendiri adalah olahan gulai yang menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Jika pada umumnya gulai menggunakan daging kambing dan sapi, di Riau warga biasa mengolah gulai dengan daging ikan patin. Soal rasa, Anda tak usah cemas, sebab olahan ini terbilang enak. Rasa empuk patin yang berkolaborasi dengan gurihnya santan membuat lidah konsumen bergoyang.

Tak cukup sampai di situ. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daging ikan patin yang lengkap juga menambah kebaikan dari makanan khas Riau ini.

Menurut banyak sumber, daging ikan patin sendiri kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan anak. Dengan keunggulan tersebut, maka lengkaplah sudah kebaikan dari makanan khas Riau ini.

 

3. Ikan selais asap

Ikan Selais Asap- Makanan khas Riau

Ikan Selais Asap- Makanan khas Riau

Ikan salais asap adalah olahan ikan selais yang diolah dengan cara diasap. Pengasapan ikan ini sendiri berguna untuk mengawetkan dan memberi kesan renyah saat Anda memakannya. Ikan salais asap ini umumnya disajikan dengan sambal merah nan pedas dan nasi putih hangat. Rasa pedas dari sambal dan paduan gurih dari ikan akan menciptakan kelezatan yang tak terkira.

Ikan selais asap sendiri biasa disajikan pada acara-acara besar. Selain menjadi olahan rumah, makanan khas Riau ini juga banyak dijual di beberapa toko oleh-oleh. Harganya pun cukup murah dan terjangkau.

Pokoknya, saat Anda berkunjung ke Riau, Anda wajib mencoba makanan khas Riau yang satu ini. Karena menurut orang-orang, tak ke Riau jika tak coba ikan selais asapnya.

 

4. Asam pedas baung

Asam pedas baung- Makanan khas Riau

Asam pedas baung- Makanan khas Riau

Makanan khas Riau yang satu ini cocok untuk acara-acara penting bersama keluarga. Daging ikannya yang empuk dan lembut, serta dipadu dengan kuah santan yang khas menciptakan kelezatan yang unik dan tak tertandingi.

Asam pedas baung sendiri adalah olahan ikan baung yang menggunakan bumbu tradisional. Ikan baung sendiri adalah ikan air tawar yang punya citarasa lezat. Dagingnya yang empuk dan gurih dirasa cukup untuk menjadikannya olahanan menu makanan yang digilai masyarakat.

Di samping ikan baung, makanan khas Riau ini juga menggunakan bumbu dan rempah tradisional yang mencipta cita rasa nikmat. Sebut saja sere, jahe, kemiri, lengkuas, daun kunyit, cabai merah dan aneka rempah lain bisa Anda rasakan di makanan yang satu ini. Adanya rempah dan bumbu tradisional tentu jadi daya tarik tersendiri. Karena tak Cuma membuat nikmat, bumbu dan rempah tersebut juga membuat makanan ini meng-Indonesia.

Pada pelaksanaannya makanan khas Riau ini hanya muncul di acara-acara penting dalam tradisi Riau. Tapi jika Anda tertarik dan ingin mencobanya, Anda bisa datang ke beberapa resto yang menyajikan makanan ini, salah satunya adalah resto yang terletak di seberang Rumah Sakit Awal Bros.

 

5. Mie lendir

Mie Lendir- Makanan khas Riau

Mie Lendir- Makanan khas Riau

Nah, siapa yang mau mencoba olahan mie yang satu ini? Kuahnya kental dan lain dari kebanyakan olahan mie. Walau kental, kuah mie ini punya cita rasa yang gurih. Mienya sendiri cukup kenyal dan punya cita rasa yang nikmat.

Sekilas makanan khas Riau ini mirip dengan olahan mie serupa di Jawa. Yang jadi pembeda antara mie lendir dan mie olahan mie sejenis di Jawa adalah kuahnya. Mie lendir di Riau punya kuah kuning dan terbuat dari kacang tanah, ubi dan beberapa olahan lain sehingga menghasilkan kuah kuning nan kental. Sedang mie sejenis di Jawa kuahnya putih dengan bahan baku berupa santan.

Pada olahan mie lindir sendiri terdiri dari beberapa bahan, seperti kuah kental, mie, telur, tauge, aneka rempah dan daun bawang.

Umumnya makanan khas Riau ini disajikan saat masih hangat dan biasa dikonsumsi sebagai menu sarapan. Kuantitas mienya yang terbilang dirasa cukup untuk menggantikan sepiring nasi. Juga telur dan aneka sayur yang ada di olahan mie ini dirasa cukup sebagai penyuplai gizi konsumen.

Untuk Anda yang tertarik, mie ini biasa dijual di beberapa tempat makan Riau, salah satunya di Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru. Di sana Anda bisa mendapati olahan mie lendir yang 100% nikmat dan sedap.

 

Itulah beberapa makanan khas Riau yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa makanan di atas merupakanan olahan rumahan yang biasa disantap saat acara-acara penting. Sedang sisanya adalah kreasi rumah makan yang biasa disajikan untuk memuaskan pengunjung. Baik itu menu olahan maupun kreasi resto, kesemuanya punya rasa yang nikmat juga mewakili lidah orang Riau. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!