10 Makanan Khas Sukabumi yang Dijamin Enak

Sukabumi tidak hanya terkenal dengan berbagai destinasi wisata alamnya yang mempesona saja, tapi wisata kuliner di Sukabumi juga tidak boleh kamu lewatkan. Ada banyak sekali makanan khas Sukabumi yang bisa kamu cicipi. Beberapa kuliner Sukabumi yang terkenal sangat cocok kamu jadikan oleh oleh khas Sukabumi untuk kamu bawa pulang ke rumah.

Berikut ini Kompas Wisata berikan beberapa makanan khas Sukabumi yang paling terkenal dan wajib kamu coba.

 

Daftar Makanan Khas Sukabumi

 

1. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu - Makanan Khas Sukabumi

Nasi Uduk Ungu – Makanan Khas Sukabumi

Nasi Uduk Ungu adalah makanan khas Sukabumi yang sangat populer karena keunikannya di bandingkan dengan nasi uduk pada umumnya. Jika biasanya nasi uduk terbuat dari beras sehingga berwarna putih, maka nasi uduk ungu ini benar-benar memiliki warna ungu yang berasal dari buah bit dan ubi ungu sebagai bahan pewarna alaminya. Rasanya juga sangat khas dan gurih. Seperti nasi uduk pada umumnya nasi uduk ungu ini juga di lengkapi dengan berbagai lauk seperti tempe dan tahu goreng, ayam, telur dadar, sayur lalapan dan sambal. Nasi uduk ungu cocok untuk di jadikan menu makan malam di Sukabumi.

 

2. Bubur Bunut

Bubur Bunut - Makanan Khas Sukabumi

Bubur Bunut – Makanan Khas Sukabumi

Khusus untuk sarapan di pagi hari biasanya orang pasti lebih menyukai makanan yang pas untuk mengisi perut namun tidak membuat terlalu kenyang. Nah salah satu kuliner khas Sukabumi yang sangat cocok untuk di jadikan menu sarapan adalah bubur bunut. Bubur khas Sukabumi ini bisa kamu temukan di Jl. Siliwangi Kecamatan Sukabumi. Selain bubur bunut di sekitar Jl. Siliwangi ini juga banyak pedagang yang menjual makanan khas Sukabumi lainnya yang cocok untuk menu sarapan. Biasanya kedai yang menjual bubur bunut ini hanya buka di pagi hari. Kamu tidak boleh melewatkan sarapan bubur bunut jika sedang jalan-jalan di Sukabumi.

 

3. Bubur Ayam

Bubur Ayam - Makanan Khas Sukabumi

Bubur Ayam – Makanan Khas Sukabumi

Bubur ayam Sukabumi juga wajib kamu cicipi jika sedang liburan ke Sukabumi. Kamu bisa menemukannya dengan mudah karena banyak sekali pedagang yang menjajakannya. Salah satu ciri khas dari bubur ayam Sukabumi ini adalah penggunaan ati dan ampela ayam yang telah di bumbui rempah sehingga menciptakan citarasa pedas yang sangat gurih. Bubur ayam ini biasanya di makan bersama dengan taburan bawang goreng dan emping di atasnya, kemudian di siram dengan kuah kaldu. Porsinya cukup untuk mengenyangkan perut saat sarapan di pagi hari. Makanan khas Sukabumi yang satu ini bisa kamu cicipi dengan harga Rp. 10.000 per porsinya.

 

4. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi - Makanan Khas Sukabumi

Surabi Sukabumi – Makanan Khas Sukabumi

Surabi adalah kue khas Jawa Barat yang sudah sangat terkenal terutama di daerah Bandung. Tapi ternyata surabi tidak hanya ada di Bandung saja, di Sukabumi juga ada surabi yang memiliki rasa yang tidak kalah enaknya. Makanan khas Sukabumi yang satu ini berbeda dari surabi yang berasal dari daerah lainnya karena salah satu bahan untuk membuatnya adalah durian. Rasa durian yang sangat enak menjadi ciri khas surabi asli Sukabumi ini. Untuk bisa mendapatkan surabi durian Sukabumi kamu bisa menuju ke daerah Jl. Jenderal Sudirman, disepanjang jalan ada banyak pedagang yang menjajakannya.

 

5. Bandros Ata

Bandros Ata - Makanan Khas Sukabumi

Bandros Ata – Makanan Khas Sukabumi

Jika kamu mencari makanan enak di Sukabumi sebagai camilan di malam hari maka kamu harus mencicipi yang  namanya Bandros Ata. Kue ini merupakan makanan khas Sukabumi yang sudah sangat terkenal sejak dulu. Jangan terkecoh dengan penjajanya yang biasa menjual Bandros di lapak kaki lima di pinggir-pinggir jalan karena rasa Bandros Ata ini sudah tidak di ragukan lagi kelezatannya. Bandros Ata bisa kamu temukan di daerah j. Gudang Sukabumi, biasanya para pedagang Bandros mulai berjualan mulai dari jam 7 hingga malam. Kamu juga harus  mengantre karena biasanya jajanan Bandros Ata selalu ramai di serbu oleh pembeli. Satu porsi Bandros Ata bisa kamu nikmati dengan harga Rp. 8000 hingga 10.000 per porsinya.

 

6. Kue Mochi

Kue Mochi - Makanan Khas Sukabumi

Kue Mochi – Makanan Khas Sukabumi

Makanan khas Sukabumi selanjutnya yang harus kamu cicipi adalah kue mochi. Kue mochi Sukabumi berisi kacang hijau dengan rasa yang manis dan legit. Kue mochi yang asli bisa kamu temukan di daerah Gang Kaswari, Kecamatan Sukabumi. Kue mochi Sukabumi terdiri dari berbagai varian rasa dan warna, salah satu yang paling terkenal adalah kue mochi lampion khas Sukabumi. Cara membuat kue mochi Sukabumi ini juga masih menggunakan cara yang sangat tradisional sehingga bebas dari penggunaan bahan-bahan pengawet. Meskipun demikian, kue mochi asli bisa bertahan hingga 3 hari. Jadi kamu bisa membeli kue mochi ketika hendak pulang agar bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Kue mochi Sukabumi ini sudah ada sejak tahun 1983, hingga sekarang resep yang sama masih di pertahankan. Yang bertambah adalah varian warna dan rasanya saja.

 

7. Bolu Pisang

Bolu Pisang - Makanan Khas Sukabumi

Bolu Pisang – Makanan Khas Sukabumi

Setelah sarapan kue mochi kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah Jl. Sukaraja untuk mencicipi bolu pisang Sukabumi yang memiliki rasa yang sangat legit. Bolu Pisang Sukabumi yang banyak di jual di sekitar Jl. Sukaraja ini sangat terkenal dengan rasanya yang sangat enak. Kamu juga bisa membeli bolu pisang Sukabumi ini sebagai oleh-oleh karena jika di simpan dengan baik makanan khas Sukabumi yang satu ini bisa bertahan hingga satu minggu. Rasa dari kue bolu pisang inipun sudah beragam, ada yang ditambahkan keju, coklat hingga kacang. Salah satu penjual bolu pisang khas Sukabumi yang sangat terkenal adalah warung Bu Onih yang berada di Gang Mesjid dekat Jl. Sukaraja.

 

8. Mie Goreng Sukabumi

Mie Goreng Sukabumi - Makanan Khas Sukabumi

Mie Goreng Sukabumi – Makanan Khas Sukabumi

Buat kamu yang menyukai kuliner berbahan dasar mie, maka Sukabumi adalah destinasi yang sangat pas untuk menikmati berbagai olahan mie dengan ciri khas rasa yang cukup unik. Di Sukabumi terdapat banyak sekali kedai yang menjual mie Sukabumi yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menemukan kedai yang menjual mie Sukabumi ini di sekitar daerah Jalan Jenderal Ahmad Yani. Salah satu kedai mie Sukabumi yang sangat populer adalah Kedai Mang Udin yang beralamat di Jl. Arif Rahman Hakim. Satu porsi makanan khas Sukabumi yang satu ini bisa kamu nikmati dengan harga 13.000 per porsinya.

 

9. Roti Priangan

Roti Priangan - Makanan Khas Sukabumi

Roti Priangan – Makanan Khas Sukabumi

Makanan khas Sukabumi terakhir yang harus kamu cicipi adalah Roti Priangan Oey Tjiang Lie yang telah di buat sejak tahun 1943 silam. Hingga sekarang Roti Priangan ini masih menjadi salah satu kuliner legendaris di Sukabumi yang tetap eksis dan selalu menjadi buruan para wisatawan. Kamu bisa membelinya langsung di rumah produksinya yang berada di Jl. Parigi Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi.

 

10. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore - Makanan Khas Sukabumi

Sekoteng Singapore – Makanan Khas Sukabumi

Tidak hanya makanan saja kuliner minuman di Sukabumi juga tidak kalah uniknya. Pada malam hari di daerah sekitar Jl. Ahmad Yani biasanya banyak para pedagang yang menjual minuman sekuteng khas Sukabumi yang bernama sekuteng Singapore. Secara umum rasa sekuteng Singapore ini hampir sama dengan rasa sekuteng pada umumnya, namun sisi uniknya ada pada kue jahe cokelat yang di masukkan ke dalam sekuteng sehingga memberikan citarasa yang sangat unik.

 

Selain 10 makanan khas Sukabumi diatas, masih banyak lagi kuliner enak yang bisa kamu temui di daerah ini. Kue sagon bakar atau kue jahe juga bisa kamu temui saat berkunjung ke kabupaten Sukabumi. Nah jika perut kamu sudah terisi, sudah saatnya untuk melanjutkan perjalanan menyusuri tempat wisata di Sukabumi yang dapat membuat liburan kamu menjadi lebih berwarna. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: