12 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Pasti Belum Pernah Kamu Coba

  Sulawesi Selatan, dengan ibu kotanya Makassar memang sudah tak asing lagi bagi warga Indonesia. Makassar atau Sulawesi Selatan memang bukan hanya dikenal dengan sederet keindahan pemandangan, objek wisata, serta banyaknya aktifitas menarik yang bisa dilakukan di daerah ini ketika mengisi liburan. Makassar memiliki sesuatu yang lebih lagi, yang dijamin akan membuat Anda ingin terus dan terus datang berkunjung ke sisi selatan dari pulau Sulawesi tersebut. Salah satu daya tarik dari Makassar adalah banyaknya pilihan wisata kuliner yang bisa dilakukan dan dipilih. Tak sembarang wisata kuliner, Makassar pun penuh dengan makanan khas sulawesi selatan yang memiliki cita rasa unik.

Bagi para penggemar kuliner, beberapa nama di makanan khas sulawesi selatan mungkin sudah begitu dikenal. Sebut saja seperti Pallu Butung, Pisang Ijo, Sop Saudara, hingga Coto Makasar. Saking terkenalnya, jenis-jenis makanan khas tersebut bahkan sudah bisa didapatkan di luar daerah Makassar maupun Sulawesi Selatan. Namun bila saat ini Anda tengah berada di Makassar atau bahkan berencana untuk belribur akhir tahun di Sulawesi Selatan, jangan khawatir karena masih banyak jenis makanan-makanan khas lain yang dijamin belum pernah Anda coba sebelumnya. Pasalnya, Makassar dan Sulawesi Selatan masih banyak menyimpan rahasia kelezatan kuliner yang menggugah selera.

Penasaran? Kami punya daftar 12 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang belum pernah anda coba sebelumnya.

 

1. Nasu Palekko

Penggemar makanan olahan dari bahan dasar daging sepertinya akan menemukan surga tersendiri ketika berwisata kuliner di Makassar. Disini, tak hanya bisa dinikmati kelezatan olahan daging sapi berbumbu santan yang kaya rasa seperti Coto atau Konro, namun juga ada Nasu Palekko. Nasu Palekko berbahan dasar daging sapi, meskipun yang lebih populer adalah Nasu Palekko dengan bahan dasar daging bebek. Daging bebek yang digunakan pun bukan sembarangan, melainkan daging bebek muda yang masih lembut. Selain daging bebek, kuah Nasu Palekko yang bercita rasa kuat pun enak dinikmati dengan bagian leher bebek atau bahkan jeroan.

 

2. Kapurung

Katanya sih, tak lengkap bila berkunjung ke Makassar dan tak menikmati Kapurung. Kapurung merupakan makanan dari olahan sagu, tepatnya dari sari atau tepung sagu. Teksturnya yang kental dan kenyal disajikan dengan sop campuran dari daging ayam, daging bebek, hingga daging sapi. Perpaduan kapurung yang seperti lendir dengan kuah sop hangat dan gurih menjadikan menu makanan ini andalan di Makassar.

 

3. Sop Kikil

Sop kikil Makasar - Wisata Kuliner Khas Sulawesi Selatan

Sop kikil Makasar – Wisata Kuliner Khas Sulawesi Selatan

Sop kikil secara selintas memiliki rasa yang nyaris mirip dengan sop saudara. Namun bila sop saudara menggunakan bahan dasar daging sapi, maka sop kikil menggunakan bahan dasar kikil atau kaki sapi. Cara memakannya pun sama, dengan campuran perkedel kentang, bihun, dan telor rebus yang digoreng. Perpaduan yang begitu lezat terutama untuk musim penghujan nih.

 

4. Pallu Basa

Pallu Basa - Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Pallu Basa – Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Nah bila sop kikil nyaris mirip dengan sop saudara, maka Pallu basa justru memiliki karakter dan rasa yang nyaris mirip dengan coto makassar. Namun bila Coto Makassar menggunakan bahan daging sapi yang dimasak dalam kuah berbumbu hingga empuk, maka pallu basa menggunakan bahan-bahan seperti jeroan sapi, tulang, hati, usus, hingga jantung. Pallu Basa pun memiliki kuah santan yang lebih kental bila dibandingkan dengan Coto Makassar, meskipun keduanya memiliki satu kesamaan : pedas!

 

5. Sop Lidah

Sop Lidah - Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Sop Lidah – Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Setelah sop saudara dan sop kikil, giliran sop lidah yang unjuk suara. Sama seperti sop saudara dan sop kikil, sop lidah pun nikmat dimakan dengan bahan pelengkap seperti bihun dan perkedel kentang. Bahan utamanya? lidah! Sayangnya bila sop kikil dan sop saudara begitu terkenal, maka belum banyak orang yang suka dengan sop lidah. Mungkin karena rasanya yang lebih kuat dan sedikit amis, dan mungkin karena bahan bakunya yang terbuat dari lidah sapi ya. Padahal rasanya jauh lebih enak dari sop kikil loh!

 

6. Songkolo

songkolo - wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

songkolo – wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Selain dikenal dengan nama Songkolo, makanan ini pun dikenal dengan nama Sokko’. Terbuat dari beras ketan putih dan ketan hitam yang dikukus hingga matang dan diberi taburan kelapa parut asin, songkolo biasanya dinikmati dengan ikan asin kering atau telur bebek yang sudah diasinkan. Makanan ini menjadi salah satu menu sarapan favorite bagi warga Makassar loh!

 

7. Barobbo

Barobbo - Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Barobbo – Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Nah, satu ini adalah jenis makanan tradisional yang hampir punah. Jadi di zaman dahulu, padi dan beras adalah bahan pokok yang masih asing di Sulawesi Selatan. Masyarakat pun lebih familiar dengan sagu serta jagung sebagai bahan makanan pokok. Bila sagu diolah menjadi kapurung, maka jagung biasanya dimasak menjadi barobbo. Untuk barobbo, jagung disisir dan dicuci bersih sebelum dikukus bersama dengan tepung dan santan hingga kental.

Tampilan barobbo nyaris mirip dengan tampilan bubur, namun bila bubur terbuat dari nasa maka barrobo terbuat dari jagung. Disantapnya pun dengan taburan bawang goreng, tampurung bambu muda, serta lauk berbagai olahan makanan laut. Paling sering, barobbo dimakan dengan ikan gabus goreng kering atau ikan asin.

 

8. Pa’piong

Pa'piong - Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Pa’piong – Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Pa’piong pun menjadi salah satu menu makanan yang nyaris punah di Sulawesi. Dulunya, makanan ini hanya bisa dinikmati ketika ada acara-acara penting saja. Jenis makanan ini dibakar dengan sebilah bambu panjang, yang isinya adalah beras, berbagai rempah-rempah, dan daging babi. Meskipun saat ini, daging babi pun diganti dengan daging ayam dan daging sapi. Nantinya pa’piong biasa dinikmati dengan kapurung yang masih hangat.

 

9. Pallu Mara

Pallu Mara - Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Pallu Mara – Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Pallu mara memiliki karakter yang sama dengan pallu basa dan coto makassar. Namun bila kedua makanan tersebut terbuat dari daging sapi, dan daging bebek, maka Pallu Mara justru terbuat dari kepala ikan. Kepala ikan yang digunakan untuk bahan baku Pallu Mara harus yang berukuran besar dan memiliki banyak daging. Selain itu, Pallu Mara pun berwarna lebih kuning berkat banyaknya kunyit yang digunakan. Meski menggunakan bahan baku kepala ikan, rasa pallu mara sama sekalli tak amis kok!

 

10. Pallu Koala

Pallu Koala - Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Pallu Koala – Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Pallu Koala pun menggunakan bahan baku kepala ikan yang sama dengan pallu mara. Hanya saja untuk pallu koala terdapat tambahan kluwek dan santan yang membuat warnanya menjadi hitam.

 

11. Cawiwi

Cawiwi adalah belibis goreng dan hanya bisa ditemukan di kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Belibis digoreng kering dan dimakan dengan nasi hangat serta sambal tomat. Rasanya? Jangan ditanya lagi, sedap!

 

12. Mie Awa

Mie awa - Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Mie awa – Wisata kuliner khas Sulawesi Selatan

Mie awa menggunakan bahan dasar mie bertekstur kenyal, serta banyak sayur dan daging ayam. Makanan ini termasuk jenis mie kering, namun memiliki kuah atau saus kental khas berbumbu spesial.

 

Tergiur untuk menikmatinya? Jangan lupa mencicipi 12 makanan khas sulawesi selatan diatas ya bila berkunjung ke sana dan ingat untuk selalu berbahagia !!

6 Comments

  1. Fery Nisar November 19, 2016 Reply
    • Peki putra November 20, 2016 Reply
  2. nanas November 23, 2016 Reply
    • Peki putra November 24, 2016 Reply
  3. kaka Desember 14, 2016 Reply
    • Peki putra Desember 14, 2016 Reply

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!