10 Kuliner Khas Sumatera Barat Yang Membuat Ketagihan

  Berwisata ke Sumatera Barat memang rasanya tak lengkap bila tak mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Seperti halnya dengan bagian lain di Pulau Sumatera, makanan khas Sumatera Barat pun memiliki rasa yang khas. Beberapa jenis makanan dari Sumatera Barat ini bahkan sudah begitu dikenal, tak hanya di dalam negeri namun hingga ke luar negeri.

Sumatera Barat salah satu provinsi terbesar di pulau Sumatera ini menyimpan banyak sekali keindahan alam, sekaligus aneka ragam makanan yang menjadi daya tarik wisata kuliner. Untuk kuliner sendiri, Sumatera Barat sudah sangat dikenal dengan ragam masakan Minangkabau serta restoran Padang, yang saat ini sudah bisa ditemukan nyaris diseluruh daerah Indonesia serta beberapa negara lain. Namun, Sumatera Barat tak hanya memiliki masakan Padang yang sudah Anda kenal. Lebih dari itu, Sumatera Barat memiliki berbagai jenis ragam makanan lain. Makanan khas sumatera barat ini mungkin tak bisa ditemukan bila tak berada di provinsi tersebut.

Nah, bila Anda saat ini tengah berkunjung ke Sumatera Barat, 10 makanan khas dibawah ini rasanya wajib untuk dicoba atau bahkan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Yuk simak 10 daftar Kuliner khas Sumatera Barat dibawah ini :

 

1. Rendang

Rendang - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Rendang – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Rendang merupakan salah satu jenis makanan yang paling dikenal dari Sumatera Barat. Masakan olahan daging ini bahkan masuk dalam daftar 10 makanan terenak dari seluruh dunia. Selain di Sumatera Barat, rendang memang sudah bisa ditemukan di banyak daerah lain. Namun rendang dengan rasa otentik bisa ditemukan di Pariaman, Bukittinggi, Batu Sangkar, Nagari Pariangan, Padang, Padang Panjang, Pasaman Sumatera Barat.

Kalio - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Kalio – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Untuk mendapatkan rasa super lezat dari rendang diperlukan proses memasak yang panjang. Selain juga banyak rempah-rempah dan bumbu tradisional yang tak hanya membuat rendang memiliki cita rasa yang enak, namun juga membuat rendang mampu bertahan lama. Rendang menggunakan bahan dasar daging has dalam Sapi. Setelah daging dicuci bersih, dibumbui dengan cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah serta banyak rempah lain yang disebut dengan pemasak. Daging dan pemasak lantas dimasak dengan santan kelapa (karambia) hingga 4 jam, atau hingga santan menjadi berminyak dan berwarna coklat gelap. Jenis lain rendang dengan santan yang lebih kental dan dimasak lebih cepat adalah kalio.

 

2. Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman

Sate Padang - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Sate Padang – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Tiga jenis makanan diatas rasanya sudah tak asing lagi, terutama sate padang yang mulai mendapat penggemar sendiri. Ketiga jenis sate tersebut merupakan makanan khas Sumatera Barat dan bisa ditemukan nyaris di masing-masing daerah. Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman terbuat dari daging sapi atau jeroan sapi seperti usus dan jantung yang dibakar dengan rempah-rempah khusus. Setelah matang, ketiganya disantap dengan bumbu kuah kacang yang kental dengan campuran cabe.

Meski terlihat sama, ketiga Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman memiliki perbedaan masing-masing. Misalnya saja Sate Pariaman dengan bumbu berwarna merah dan rasa lebih pedas, sedangkan Sate Padang Panjang berwarna lebih kuning. Nah, sate padang merupakan percampuran yang pas dari kedua sate tersebut.

 

3. Dendeng balado dan Dendeng batokok

Dendeng Balado - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Dendeng Balado – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Seperti juga jenis masakan lain dari Padang, Dendeng balado dan Dendeng batokok pun sudah tak asing lagi. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis kemudian dikeringkan dan digoreng hingga garing. Setelahnya, daging garing ini dibumbui dengan bumbu balado. Dendeng Batokok nyaris sama dengan dendeng balado, hanya saja dendeng batokok terbuat dari cabe hijau bukannya cabe merah untuk bumbu baladonya.

 

4. Sala Lauak

Makanan khas berikutnya dari Sumatera Barat satu ini biasa ditemukan di daerah Pariaman dan biasanya dinikmati sebagai menu sarapan dengan ketupat gulai. Sala Lauak atau Sala Bulek merupakan jenis gorengan yang dibuat dari bahan baku ikan asin dengan tepung beras, dan dibumbui dengan bawang putih. Perpaduan bumbu dan bahan utama tersebut menghasilkan gorengan dengan rasa yang gurih, dengan tekstur bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut.

 

5. Gulai Toco

Gulai Toco - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Gulai Toco – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Toco yang dimaksud pada masakan ini adalah tauco, yang dimasak bersama dengan sayuran buncis, tahu, tempe, udang, ataupun ayam. Semua bahan tersebut dimasak hingga mengental selama beberapa jam. Masakan khas daerah Minang ini memiliki rasa yang khas dengan aroma tauco atau toco yang mendominasi.

 

6. Katan Durian

Katan Durian - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Katan Durian – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Nah, ini dia makanan yang paling khas dan paling disukai oleh masyarakat Sumatera Barat. Seperti namanya, katan durian merupakan perpaduan dari katan atau ketan dengan buah durian. Buah durian sendiri cukup mudah ditemukan di pulau Sumatera sehingga katan durian merupakan jajanan yang sudah tak asing lagi di provinsi ini.

Katan Durian disajikan dengan katan atau ketan yang ditaburi dengan kelapa parut dan garam halus, serta buah durian yang sudah matang. Cocok sekali dinikmati ketika tengah bersantai sore-sore.

 

7. Lamang

Lamang - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Lamang – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Rasanya tak mungkin menemukan jajanan pasar satu ini bila tidak di Sumatera Barat. Dan sama seperti katan durian, lamang pun menjadi jajanan favorit warga Sumatera Barat. Lamang berbahan baku beras ketan putih, santan, pandan, dan garam. Dibuatnya dengan memasukan semua bahan ke dalam ruas bambu muda, dan kemudian bambu dibakar hingga matang. Lamang terdapat beberapa jenis seperti lamang katan dan lamang pisang. Biasanya lamang disantap sore-sore dengan tapai, yang adalah fermentasi ketan beras hitam dan ragi. Lamang bisa ditemukan nyaris di semua wilayah Sumatera Barat terutama di pasar-pasar tradisional.

 

8. Galamai

Galamai - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Galamai – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Galamai merupakan jajanan dengan bentuk, tekstur dan cita rasa yang nyaris mirip dengan dodol atau jenang, yang banyak ditemukan di daerah lain. Di Sumatera Barat, Galamai yang paling dikenal adalah yang berasal dari Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Meskipun daerah lain seperti Solok, Pariaman, dan Pasaman juga memiliki jajanan yang serupa dengan nama yang berbeda, yakni galamai, kalamai, calamai dan gelamai.

Jajanan lengket ini dibuat dengan tepung beras ketan (pulut) yang dimasak bersama santan, gula merah, dan gula aren. Bahan tersebut dimasak selama empat jam dalam kuali besar dari tanah liat. Selama proses pemasakan, galamai harus terus diaduk hingga lengket dan berwarna gelap.

 

9. Palai Rinuak

Dalam bahasa Minang, palai berarti pepes. Sedangkan rinuak adalah jenis ikan sebesar korek api yang hanya ditemukan di Minangkabau. Masakan ini terbungkus daun pisang, dan rinuak dibumbui dengan kelapa parut dan banyak rempah lain. Untuk menyajikannya bisa dibakar atau dikukus.

 

10. Teh Talua

Teh Talua - Wisata Kuliner Sumatera Barat

Teh Talua – Wisata Kuliner Sumatera Barat

Teh satu ini menjadi salah satu kebanggaan warga Sumatera Barat. Teh Talua sendiri terbuat dari teh yang diseduh kental bersama dengan gula dan telur serta sedikit perasan jeruk nipis. Tak sembarang telur, teh talua baru mantap bila menggunakan telur ayam kampung atau juga bisa telur bebek.

 

Bagaimana anda tertarik? Jangan lupa mencicipi makanan khas sumatera barat diatas ya bila berkunjung ke Padang dan sekitarnya !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!