6 Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Coba

Makanan khas SurabayaSurabaya memiliki sejarah yang panjang dalam perjuangan merebut kemerdekaan, maka nya Surabaya disebut juga sebagai kota pahlawan. Berada di Provinsi Jawa Timur dan termasuk kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya memiliki pesona tersendiri yang wajib untuk ditelusuri, salah satunya makanan khas Surabaya.

Berbicara mengenai makanan, Indonesia juga terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner yang beraneka ragam. Beberapa masakan bahkan sudah terkenal di seluruh dunia dan menjadi makanan favorit di beberapa negara. Kembali ke Surabaya, kota ini juga terkenal dengan kulinernya yang enak dan beragam. Sebagai bahan referensi untuk kamu saat berwisata ke kota ini, berikut daftar makanan khas Surabaya yang wajib untuk dicoba.

 

Makanan Khas Surabaya Yang Murah Meriah

 

1. Lontong balap

Lontong balap - Makanan khas Surabaya

Lontong balap – Makanan khas Surabaya

Makanan khas Surabaya yang juga menjadi ciri khas Indonesia adalah lontong balap. Dengan citra rasa yang unik kuliner ini merupakan kombinasi yang pas dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Dulu makanan ini biasanya diijual menggunakan kemaron besar semacam gerabah dari tanah liat yang dibakar.

Nama ‘balap’ sendiri diambil dari kisah para penjual lontong ini yang berebutan pembeli dijalan, dimana pembelinya berjalan buru-buru menuju pos di pasar Wonokromo, sehingga terlihat seperti sedang balapan. Maka jadilah nama nya lontong balap.

 

2. Rujak cingur

Rujak cingur - Makanan khas Surabaya

Rujak cingur – Makanan khas Surabaya

Rujak cingur sendiri sebenarnya bisa sobat jumpai tidak hanya di Surabaya, tapi di wilayah Jawa Timur. Meskipun demikian Rujak cingur sudah menjadi ciri khas dan simbol dari kota Surabaya. Kuliner ini terdiri dari buah-buahan segar yang dikombinasikan dengan hijaunya sayuran yang sudah direbus ditambah dengan lontong, tempe, tahu dan bumbu rujak petis termasulk cingur atau hidung sapi.

Hampir mirip dengan salad buah kalau di luar negeri, yang membedakan rujak cingur dengan rujak daerah lain adalah penggunaan cingur atau hidung sapi, sehingga memberikan sensasi rasa yang enak dan nikmat.

 

3. Rawon setan

Rawon setan - Makanan khas Surabaya

Rawon setan – Makanan khas Surabaya

Kalau di lihat dari nama masakan yang satu ini terdengar menakutkan, bukan. Tapi jangan sampai tertipu kalau sobat sudah mencicipinya pasti akan ketagihan ingin makan lagi, lagi dan lagi. Nama rawon setan sebenarnya diambil dari rasa nya yang sangat kuat, hasil dari perpaduan semua komponen bahan serta bumbu keluak, yang merupakan bahan utama dari munculnya warna dan rasa yang khas.

Isi dari rawon setan sendiri selain tauge juga ada potongan daging sapi dengan kuah yang gurih manis berwarna pekat.

 

4. Tahu campur

Tahu campur - Makanan khas Surabaya

Tahu campur – Makanan khas Surabaya

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah tahu campur. Kalau di Jawa Barat terkenal dengan tahu gejrot nya, nah makanan yang terkenal di Surabaya dengan bahan dasar tahu salah satunya adalah tahu campur.

Terdiri dari campuran lontong, kikil,  daging sapi, lentho, tauge, tahu, selada dan mie kuning yang disiram dengan kuah khas dengan rasa gurih manis membuat makanan ini susah untuk dilewati.

 

5. Tahu tek-tek

Tahu tek-tek - Makanan khas Surabaya

Tahu tek-tek – Makanan khas Surabaya

Makanan favorit berikutnya dengan bahan dasar tahu adalah tahu tek-tek. Jika kamu ada di Surabaya tapi tidak mencoba makanan ini, sobat akan rugi. Diberi nama tahu tek-tek karena si penjual terus membunyikan gunting pemotong lontong dan bahan yang lain, walau saat itu si pedagang tidak sedang mempersiapkan pesanan pelanggan.

Makanan khas Surabaya ini terdiri dari campuran tahu goreng setengah matang serta lontong yang dipotong, kentang goreng, tauge, acar, kemudian disiram dengan kuah bumbu diatasnya ditambah kerupuk udang. Membuat lidah bergoyang karena rasamya yang sederhana tapi nikmat.

 

5. Sate klopo

Sate klopo - Makanan khas Surabaya

Sate klopo – Makanan khas Surabaya

Sate kelapa atau sate Klopo khas Surabaya memiliki citra rasa yang  berbeda dari sate kebanyakan. Sate yang berbahan dasar daging sapi ini dilumuri oleh parutan kelapa berbumbu. Sate klopo saat ini sudah berkembang dan bervariasi tidak hanya daging sapi, sekarang sudah ada sate klopo ayam, usus, sumsum bahkan udang. Jadi bagi yang tidak suka daging sapi, bisa mengganti dengan bahan yang lain.

Mengenai rasa nya, sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, sobat harus mencobanya sendiri. Kami jamin pasti ketagihan.

 

Bagaimana? sudah tertarik untuk mencicipinya. Semoga artikel Kompas Wisata diatas dapat menambah wawasan kamu mengenai makanan khas Surabaya yang bercitarasa nusantara. Selamat mencoba. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!