Makanan Khas Yogyakarta Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Makanan khas Yogyakarta – Berlibur ke Yogyakarta memang menarik, banyak sekali objek wisata yang dapat Anda kunjungi. Kota Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu kota wisata di Indonesia yang tak bisa Anda lewatkan. Pesona kota ini tidak hanya dapat dilihat dari berbagai tempat wisata dan pemandangannya yang indah. Selain berlibur, Anda dapat mencicipi berbagai macam kuliner khas Yogyakarta dengan rasanya yang khas dan enak di lidah.

Kota Yogyakarta memiliki beragam kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan mulai dari jajanan khas Yogyakarta hingga tempat nongkrong di Jogja yang menyediakan makanan dan minuman dari yang mahal hingga yang hemat di kantong Anda. Bahkan terdapat pula beragam kue kering yang tidak boleh Anda lewatkan. Nah bagi Anda yang penasaran berikut ini Kompas Wisata berikan beberapa makanan khas Yogyakarta yang patut Anda coba.

 

Daftar Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Dicoba

 

1. Gudeg

Gudeg - Makanan khas Yogyakarta

Gudeg – Makanan khas Yogyakarta

Salah satu makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal adalah gudeg. Kuliner ini menjadi ciri khas dari kota jogja. Salah satu gudeg yang cukup terkenal adalah gudeg pawon. Tempat ini sudah berdiri dari tahun 1958 dan memiliki banyak penggemarnya. Gudeg merupakan sajian yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan dalam waktu yang cukup lama. Gudeg biasanya dikonsumsi dengan nasi serta ditambahkan kuah santan, telur, tahu, ayam goreng kampung serta sambal goreng krecek sebagai pelengkap. Selain gudeg pawon, Anda juga dapat mencicipi kuliner gudeg di gudeg wilijan yang adadi kampung wilijan dekat dengan keraton Yogyakarta. Sepanjang jalan dari kampung ini terdapat warung-warung yang menjual gudeg wilijan. Bahkan Anda dapat membawa gudeg sebagai oleh-oleh dengan memilih gudeg kering yang dapat bertahan hingga 3 hari.

 

2. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng Mercon - Makanan khas Yogyakarta

Oseng-oseng Mercon – Makanan khas Yogyakarta

Selain gudeg, kuliner lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah oseng-oseng mercon. Kuliner ini memiliki rasa yang cukup pedas sehingga sangat cocok bagi Anda yang memang menyukai pedas. Di dalam kuliner ini terdapat beberapa bahan seperti gajih, kikil, hingga kulit yang dibalut dengan sambal yang cukup pedas. Terdapat pula menu lainnya yaitu bebek, burung dara, babat, dan lainnya. Salah stu oseng-oseng mercon yang terkenal di Yogyakarta adalah oseng mercon Bu Narti. Oseng mercon Bu Narti ini sudah memiliki banyak penggemar di kalangan pecinta kuliner Jogja.

 

3. Angkringan Jogja

Angkringan - Makanan khas Yogyakarta

Angkringan – Makanan khas Yogyakarta

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati makanan khas Yogyakarta murah seperti angkringan. Hanya berbekal 10 ribu rupiah saja Anda dapat menikmati beragam kuliner angkringan yang sangat enak. Anda dapat menemukan beberapa angkringan di pinggiran kota Jogja. Biasanya di angkringan akan menjual menu andalan berupa nasi kucing serta berbagai sate tusuk seperti usus, telur puyuh, dan masih banyak lainnya.

 

4. Sate Klatak

Sate Klatak - Makanan khas Yogyakarta

Sate Klatak – Makanan khas Yogyakarta

Anda juga dapat mencicipi sate klatak yang merupakan kuliner khas Jogja. Makanan khas Yogyakarta ini termasuk unik karena daging sate ditusuk dengan menggunakan jeruji sepeda dan hanya menggunakan garam sebagai bumbu dalam membakarnya sehingga terdapat bunyi gemeletak pada saat pembakaran sate. Hal inilah yang membuat sate ini dinamakan sate klatak.

 

5. Tiwul

Tiwul - Makanan khas Yogyakarta

Tiwul – Makanan khas Yogyakarta

Bagi Anda yang menyukai jajanan, banyak sekali jajanan khas Jogja yang dapat Anda coba seperti tiwul. Makanan ini berasal dari ketela singkong. Warga di daerah pegunungan kidul menggunakan makanan ini sebagai pengganti makanan pokok. Tiwul juga sigunakan sebagai pengganti beras pada saat jaman penjajahan jepang. Rasa yang dimiliki tiwul adalah gurih dan manis yang did apatkan dari gula merah yang dikombinasikan dengan parutan kelapa.

 

6. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok - Makanan khas Yogyakarta

Bakpia Pathok – Makanan khas Yogyakarta

Bila Anda ingin membawakan oleh-oleh khas Jogja untuk teman dan keluarga di rumah, Anda dapat membeli kue kering khas Jogja yaitu bakpia pathok. Kuliner ini merupakan jajanan yang paling terkenal di Yogyakarta. Bakpia merupakan jenis kue kering yang terbuat dari adonan tepung yang memiliki isian kacang hijau dan dipanggang. Pada jaman dahulu bakpia berkaitan erat dengan budaya tionghoa. Dulunya isi bakpia biasanya menggunakan daging babi. Namun seiring dengan perkembangan islam di Jawa, isi bakpia digantikan oleh cincangan kacang hijau. Namun saat ini varian bakpia tidak hanya kacang hijau saja, ada keju, coklat, ketan hitam dan masih banyak lainnya.

 

7. Yangko

Yangko - Makanan khas Yogyakarta

Yangko – Makanan khas Yogyakarta

Jajanan lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh adalah yangko. Jajanan ini mirip dengan kue moci yang terbuat dari tepung ketan dengan memiliki tekstur yang kenyal. Yangko memiliki tampilan yang begitu menarik berbentuk kotak dengan warna-warna yang cerah. Biasanya yangko dijual per kotak dengan isi nya sekitar 30 biji. Salah satu penghasil yangko yang cukup terkenal adalah Yangko Pak Prapto yang sudah ada sejak tahun 1921. Anda juga dapat menemukan kuliner yangko ini di tempat lainnya yang tersebar di berbagai sudut di kota Jogja.

 

8. Wedang Ronde

Wedang ronde - Makanan khas Yogyakarta

Wedang ronde – Makanan khas Yogyakarta

Berlibur ke Yogyakarta tidak lengkap bila Anda tidak mencicipi berbagai macam makanan dan minuman Yogyakarta. Salah satu minuman khas yang patut Anda coba adalah wedang ronde? Minuman hangat ini siap menemani malam Anda berlibur di Yogyakarta . Sebenarnya minuman ini bukan khas asli Yogyakarta melainkan perpaduan dari kuliner tionghoa dengan Indonesia. Namun kemudian diracik kembali agar rasanya sesuai dengan lidah warga kota Jogja. Biasanya wedang ronde berisikan sari jahe dan ronde yang dikombinasikan dengan gula lalu dilengkapi dengan kacang tanah.

 

9. Bir Pletok

Bir Pletok - Makanan khas Yogyakarta

Bir Pletok – Makanan khas Yogyakarta

Minuman khas Yogyakarta lainnya ada bir pletok. Meskipun bernama bir, namun minuman ini bukan bir yang memiliki kandungan alcohol di dalamnya. Minuman ini sudah dikenal dari masa Sultan Hamengkubuwono VII. Pembuatan minuman ini dipergunakan untuk menghangatkan tubuh. Terdapat beberapa rempah-rempah khas Indonesia yang ada di dalam minuman ini mulai dari cengkeh, kapulaga, kayu secang, serta pandan.

 

10. Wedang Uwuh

Wedang uwuh - Makanan khas Yogyakarta

Wedang uwuh – Makanan khas Yogyakarta

Meskipun wedang uwuh memiliki arti sampah (uwuh) namun rasa dari minuman ini tidak dapat dihindari. Memiliki nama uwuh dikarenakan tampilan minumannya seperti sampah yang disebabkan oleh dedaunan yang ada di dalamnya memang berserakan seperti di tempat sampah. Dedaunan yang ada di dalam minuman ini adalah rempah-rempah yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

 

11. Rujak Es Krim

Rujak Es Krim - Makanan khas Yogyakarta

Rujak Es Krim – Makanan khas Yogyakarta

Tidak hanya minuman hangat saja, Anda juga dapat menemukan berbagai es khas Yogyakarta yang dapat Anda nikmati di siang hari yang panas seperti rujak es krim. Minuman dingin ini memang bukan es krim yang biasa Anda temui. Disebut es krim rujak karena minuman ini merupakan kombinasi dari berbagai bahan seperti kedondong, papaya muda, nanas, bengkuang yang dibentuk ke dalam es krim lalu disiram dengan gula jawa yang berasa pedas. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan unik yang tak boleh Anda lewati. Biasanya kuliner ini dapat Anda cicipi di pinggiran kota Jogja, namun yang paling terkenal berada di lapangan Pakualaman. Di tempat ini rujak es krim sudah dikenal dari tahun 1990.

 

12. Es Semlo

Es Semlo - Makanan khas Yogyakarta

Es Semlo – Makanan khas Yogyakarta

Minuman dingin lainnya yang dapat Anda coba adalah es semlo. Meskipun es ini sangat jarang ditemukan di pinggiran jalan Yogyakarta, namun es semlo ini merupakan salah satu minuman favorit dari Sultan Hamengkubuwono IX dan menjadi ciri khas dari kuliner keraton Yogyakarta. Meskipun minuman ini dingin, namun bahan-bahan yang ada didalamnya banyak mengandung rempah yang biasanya terdapat pada wedang dan juga potongan buah pisang. Minuman ini sudah menjadi minuman wajib pada bulan ramadhan.

 

Nah itulah beberapa minuman dan makanan khas Yogyakarta yang harus Anda cicipi. Sebagian orang pasti pernah merasakan citarasa nusantara yang ada di Jogja ini, bahkan tidak sedikit yang menjadikan makanan favoritnya. Setelah Anda puas mencicipi kuliner yang ada di Yogyakarta, maka Anda pun akan siap kembali untuk menjelajah tempat wisata di Jogja dan sekitarnya. Selamat mencoba. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!