12 Masakan Khas Sunda Nan Unik, Berani Coba?

  Daerah yang disebut Sunda umumnya adalah daerah yang berada di wilayah Jawa Barat dan Pariangan. Suku Sunda sendiri merupakan suku terbesar kedua di pulau jawa, setelah suku jawa itu sendiri, dan suku betawi. Ada banyak sekali keunikan dari suku Sunda, yang membuat banyak wisatawan berniat untuk mengunjungi provinsi Jawa Barat demi mengeksplorasi lebih jauh. Selain fakta bahwa suku sunda memiliki karakteristik tersendiri, yang membuat mereka tampil begitu unik seperti penampilan fisik yang jauh lebih halus ketimbang suku lain, perawakan dan wajah yang lebih cantik atau ganteng, hingga sifat dan karakter seperti gemar melucu, dan tutur kata yang halus. Sederet keunggulan tersebut rasanya tak akan membuat Anda enggan berwisata ke Jawa Barat, bukan? Namun selain semua hal tersebut, daya tarik lain pada suku sunda adalah masakan khas sunda yang unik.

Masakan khas sunda, sebenarnya sudah tak asing lagi untuk warga Indonesia. Banyak jenis masakan khas sunda yang sudah bisa dengan mudah ditemukan di daerah-daerah lain. Bahkan saking terkenalnya, makanan khas dari tanah sunda ini sudah banyak yang dipopulerkan ke seluruh dunia. Ada sebuah karakter khusus dari makanan khas dari daerah Jawa Barat, salah satunya banyak menggunakan bahan-bahan seperti sayur mayur, bumbu-bumbu bercita rasa manis, gorengan, hingga penamaan makanan yang biasanya adalah singkatan. Ya, tanah sunda yang penuh dengan orang-orang kreatif membuat penamaan makanan daerah ini pun menjadi begitu kreatif.

Penasaran? Dibawah ini adalah makanan-makanan khas dari daerah Sunda yang mungkin belum pernah Anda coba.

 

1. Kupat Tahu

Kupat tahu - Wisata khas sunda

Kupat tahu – Wisata khas sunda

Masakan khas Sunda yang pertama adala Kupat Tahu. Di Jawa Barat, banyak varian kupat tahu yang berbeda, tergantung dari daerah asal dan daerah pembuatannya. Namun yang pasti, kupat tahu terbuat dari bahan utama kupat atau ketupat, tahu, dan tauge. Perbedaan dari setiap daerah itu adaah bumbu saus yang digunakan. Misalnya saja kupat tahu padalarang, dengan sausnya yang manis dan gurih, sedangkan kupat tahu Bandung memiliki bumbu saus kacang yang kental dan rasa kecap yang dominan.

Di Bandung sendiri, banyak sekali penjual kupat tahu yang terkenal, namun yang paling terkenal adalah kupat tahu di pasar Gempol, karena rasa lontongnya yang kenyal.

 

2. Tahu Lembang

Tahu Lembang - Wisata khas sunda

Tahu Lembang – Wisata khas sunda

Selain kupat tahu, masakan khas Sunda yang berbahan daara tahu adalah Tahu Sumedang. Lembang merupakan sebuah daerah yang saat ini diutamakan untuk produksi susu sapi. Di daerah ini bahkan sudah terdapat daerah wisata dimana pengunjung bisa datang dan melihat langsung produksi dan pemerahan susu sapi. Salah satu olahan dari susu sapi di lembang, selain susu segar, yoghurt, hingga keju adalah tahu. Ya, tahu lembang bukan terbuat dari kacang kedelai seperti umunya melainkan dari susu sapi. Tak heran rasa dari tahu lembang begitu gurih dengan karakter rasa yang lembut di lidah.

 

3. Gehu

Gehu - Wisata khas sunda

Gehu – Wisata khas sunda

Olahan tahu yang sering disebut Gehu ini, juga salah satu masakan khas Sunda yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Gehu merupakan sebuah jajanan unik yang masih terus dicari di Bandung. Nama Gehu sendiri merupakan singkatan dari toge tahu! unik ya? Namun tak hanya namanya yang unik, gehu pun memiliki karakter yang begitu unik yakni tahu goreng yang diisi dengan toge dan bumbu pedas. Setelahnya, tahu dan toge digoreng dengan tepung krispi. Rasa gehu yang panas, pedas, dan renyah dijamin membuat ketagihan deh.

 

4. Basreng

Basreng - Wisata khas sunda

Basreng – Wisata khas sunda

Satu lagi jenis jajanan dengan nama yang unik dari Bandung, basreng. Basreng merupakan singkatan dari baso goreng. Dan memang, makanan ini merupakan olahan dari baso sapi atau baso ayam yang diiris tipis kemudian digoreng. Basreng biasanya diberi bumbu bubuk yang pedas dan menjadi cemilan yang populer. Saat ini, banyak penjual yang memasarkan basreng dengan tingakatan rasa pedas yang gila! Berani coba?

 

5. Seblak

Seblak merupakan sebuah makanan unik yang merupakan olahan dari kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak. Kerupuk rambak direbus kemudian diberi bumbu dengan cabai, kencur, garam, dan bawang putih. Ada dua piihan seblak yakni seblak goreng atau seblak kuah, yang mana dua-duanya sama enaknya!

 

6. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca - Wisata khas sunda

Ulukutek Leunca – Wisata khas sunda

Ulukutek adalah nama lain dari oncom dalam bahasa Sunda, jadi Ulukutek Leunca adalah makanan yang merupakan perpaduan dari leunca dan oncom yang ditumis dengan rempah-rempah bercita rasa pedas. Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi hangat serta diberi tambahan sedikit ikan asin. Enak!

 

7. Tutut

Tutut - Wisata khas sunda

Tutut – Wisata khas sunda

Masakan khas Sunda selanjutnya adalah Tutut. Tutut merupakan nama dari hidangan olahan bekicot atau keong. Keong yang sudah dibersihkan dimasak dengan bumbu-bumbu pedas serta daun sere dan daun salam. Meski terdengar ekstrim, tutut merupakan makanan terkenal di Bandung dan banyak dicari oleh para wisatawan loh.

 

8. Es Goyobod

Es Goyobod - Wisata kuliner khas sunda

Es Goyobod – Wisata kuliner khas sunda

Es goyobod sebenarnya begitu terkenal sebagai jajanan di tahun 90-an, meskipun saat ini jenis minuman dingin nan segar ini masih dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Es goyobod terbuat dari olahan tepung sagu aren yang dibuat hingga menyerupai agar-agar. Nantinya goyobod akan dinikmati dengan es serut, susu kental manis, dan berbagai tambahan isian seperti kacang merah, kelapa muda yang disisir, hingga jelly dan agar-agar. Rasanya? Dingin, segar, dan mengenyangkan.

 

9. Es lilin

Es lilin - Wisata kuliner sunda

Es lilin – Wisata kuliner sunda

Es lilin sih sebenarnya sudah terkenal di banyak daerah, namun justru es lilin asli dari Bandung sudah banyak yang terkikis jaman. Es lilin asli dari Sunda hanya terbuat dari campuran santan, gula, dan susu sehingga rasanya pun tak hanya menyegarkan namun juga sehat. Di beberpaa daerah di Jawa Barat, es lilin pun hadir dalam beberapa versi berbeda, semisal saja dengan rasa kacang hijau, kacang hitam, hingga es lilin rasa tape. Tradisional, namun tetap saja begitu enak dan menggoda.

 

10. Bajigur

Bajigur - Wisata kuliner sunda

Bajigur – Wisata kuliner sunda

Meski sudah terkenal, namun daerah-daerah lain belum bisa membuat bajigur dengan cita rasa khas seperti di tanah sunda. Minuman hangat ini memang begitu cocok dengan karakter udara Jawa Barat yang dingin dan memiliki curah hujan tinggi. Bajigur terbuar dari santan, gula aren, garam, jahe, serta kelapa. Kelapa untuk Bajigur pun dipilih yang muda agar mudah disisir.

 

11. Bandrek

Bandrek - Wisata kuliner khas sunda

Bandrek – Wisata kuliner khas sunda

Bandrek merupakan jenis minuman khas dengan rasa yang menghangatkan. Bahan utama bandrek adalah jahe dan gula merah, meskipun bandrek juga banyak yang menggunakan bahan rempah-rempah lain seperti merica, serai, pandan, hingga susu. Bandrek semakin nikmat bila ditambahkan taburan kacang goreng diatasnya. Untuk warga masyarakat Sunda, bandrek bukan hanya sekedar minuman untuk menghangatkan tubuh, namun juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit mulai dari flu, demam, hingga sakit tenggorokan.

 

12. Cilok

Cilok bakar - Wisata khas sunda

Cilok bakar – Wisata khas sunda

Cilok, atau aci dicolok merupakan jajanan yang mudah sekali didapatkan di Bandung, Jawa Barat. Aci atau tepung kanji dibentuk bulat-bulat dan direbus hingga menjadi kenyal sebelum ditusuk dengan lidi sate. Yang menarik dari cilok adalah penggunaan sausnya yang beraneka ragam. Bila dulu cilok dibuat dari saus kacang, dengan sedikit cabai dan kecap, maka saat ini pilihan saus untuk cilok pun sudah beraneka ragam, mulai dari saus mayonaise hingga saus barbecue.

 

Jadi bagaimana? tertarik untuk mencoba 12 masakan khas sunda nan unik diatas ini? Semoga artikel ini dapat memberikan kalian referensi untuk wisata kuliner di daerah sunda, dan jangan lupa untuk selalu berbahagia !!

4 Comments

  1. Daida November 19, 2016 Reply
    • Peki putra November 20, 2016 Reply
  2. Ahuihui November 20, 2016 Reply
    • Peki putra November 20, 2016 Reply

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!