Menikmati Objek Wisata Alam Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu

Objek wisata alam Pulau Pramuka adalah bagian dari kawasan wisata Kepulauan Seribu yang cukup populer. Pulau ini tepat berada di tengah-tengah gugusan pulau kecil yang ada di perairan Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka termasuk pulau kecil yang hanya memiliki luas daratannya sekitar 9 hektar, namun di dalamnya dihuni oleh lebih dari 1.000 jiwa yang berasal dari berbagai suku.

Sebagai salah satu objek wisata alam di sekitar Jakarta, kondisi Pulau Pramuka terbilang masih sangat terjaga. Panorama laut dan berbagai potensi wisata bahari yang ada di Pulau Pramuka cukup menarik untuk dijadikan salah satu destinasi di kala waktu liburan datang. Letaknya juga cukup strategis, bagi Anda yang tinggal di ibukota tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh-jauh, cukup arahkan perjalanan Anda menuju Pulau Pramuka dan Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan.

Fasilitas Pulau Pramuka

Fasilitas Pulau Pramuka

Lokasi Pulau Pramuka

Secara administratif, Pulau Pramuka termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu. Untuk bisa mencapai lokasi Pulau Pramuka, Anda harus menempuh perjalanan laut selama 3 jam dengan menaiki perahu motor dari pelabuhan yang ada di Muara Angke. Perahu ini biasanya melakukan penyeberangan 2 kali sehari pada pagi hari sekitar jam 7 pagi dan siang hari sekitar jam 1. Sekali menyeberang Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000 per orang. Agar tidak ketinggalan perahu usahakan untuk datang lebih awal dari jadwal penyeberangan di atas. Pastikan juga Anda berangkat pada saat cuaca sedang cerah, karena pada cuaca yang buruk biasanya tidak ada kapal yang melakukan penyeberangan.

Bagi Anda yang memiliki budget lebih juga bisa melakukan penyeberangan dari Pantai Marina Ancol dengan menaiki speed boat. Tarif yang dikenakan berkisar antara Rp. 40.000 – 150.000 sekali menyeberang. Memang lebih mahal namun waktu tempuh yang dibutuhkan menjadi lebih singkat. Anda bisa sampai di Pulau Pramuka hanya dalam waktu 1,5 jam saja.

Petugas Menunjukkan Penyu Sisik Di Konservasi Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta

Petugas Menunjukkan Penyu Sisik Di Konservasi Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta

Objek Wisata Alam Pulau Pramuka Yang Paling Menarik

Pulau Pramuka menawarkan banyak sekali pilihan objek wisata yang sangat menarik. Anda bisa melihat penangkaran penyu sisik, berjalan-jalan di habitat hutan bakau, menikmati pemandangan bawah laut, atau sekedar menikmati momen sunset di sore hari. Berikut ini beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pulau Pramuka.

1. Melihat Penangkaran Penyu Sisik

Salah satu yang cukup terkenal di Pulau Pramuka adalah adanya penangkaran Penyu Sisik dari jenis Eretmochelys imbricata. Penyu jenis ini termasuk salah satu jenis penyu langka yang keberadaannya hanya tinggal sedikit sehingga dilindungi oleh undang-undang.

Para pengunjung yang datang dapat mengunjungi penangkaran penyu sisik untuk melihat bahkan menyentuh secara langsung anak-anak penyu yang sedang dalam masa pembesaran. Nantinya setelah anak-anak penyu ini sudah cukup besar dan siap untuk dilepas ke alam bebas mereka akan dilepas di tepi pantai.

2. Menikmati Keindahan Bawah Laut

Objek wisata Alam Pulau Pramuka lainnya yang bisa Anda jelajahi adalah keindahan bawah laut yang bisa Anda nikmati dengan snorkeling ataupun scuba diving. Perairan Pulau Pramuka merupakan habitat alami beragam spesies terumbu karang dan ratusan jenis ikan tropis. Untuk bisa melakukan aktivitas menyelam ini Anda harus menyewa peralatan menyelam dengan harga sekitar Rp. 5.000 untuk peralatan snorkeling dan Rp. 350.000 untuk peralatan scuba diving. Jika Anda memilih untuk melakukan scuba diving, pastikan Anda memang sudah benar-benar berpengalaman. Jika belum Anda bisa menyewa pemandu yang akan memastikan Anda tetap aman selama menyelam.

3. Menikmati Pemandangan Sunset

Pulau Pramuka juga terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang indah. Sunset inilah yang dijadikan salah satu momen paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan yang datang ke pulau ini. Jika ingin menikmati momen sunset di Pulau Pramuka sebelumnya Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Ada banyak penginapan yang bisa Anda sewa dengan harga beragam mulai dari Rp. 350.000 –  500.000 rupiah. Setelah itu Anda bisa sepuasnya menikmati sunset sambil mengabadikannya dengan kamera terbaik Anda.

4. Memancing

Selain menikmati berbagai Objek wisata Alam Pulau Pramuka dari sisi keindahan alamnya, bagi Anda yang memiliki hobi memancing juga bisa melakukan aktivitas memancing untuk memuaskan hobi Anda. Salah satu spot memancing yang paling favorit adalah di dermaga yang terletak di bagian depan pulau. Jika masih kurang puas Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mencari spot memancing yang besar ikannya. Harga sewa perahu ini bervariatif dengan kisaran sekitar Rp. 300.000 – 450.000 untuk sekali perjalanan.

 

Nah itulah pengenalan singkat tentang cara menikmati objek wisata alam Pulau Pramuka yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Jangan takut untuk ketinggalan momen indah di sini, karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan memadai. Semoga ulasan ini dapat sedikit membantu Anda sebelum berlayar ke Pulau Pramuka. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!