Mengenal Keunikan Objek Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Objek wisata Danau Singkarak adalah destinasi wisata alam yang paling populer di Sumatera Barat. Danau yang memiliki luas mencapai 108 km² dan merupakan danau terbesar kedua yang ada di Pulau Sumatera setelah Danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Keindahan Danau Singkarak menjadi daya tarik terbesar bagi para wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal saja Anda juga akan menemukan banyak turis asing yang berkunjung ke danau ini.

Selain sebagai objek wisata alam Danau Singkarak juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Air yang ada di danau sebagian dialirkan sebagai penggerak PLTA yang berada di Lubuk Alung, Padang Pariaman. Selain itu banyak juga warga sekitar yang menggantungkan mata pencaharian mereka di danau ini. Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas lebih jauh mengenai objek wisata Danau Singkarak yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Padang.

Keindahan Objek Wisata Danau Singkarak

Keindahan Objek Wisata Danau Singkarak

Lokasi Danau Singkarak

Secara administratifnya Danau Singkarak terletak dalam dua wilayah yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten tanah Datar yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Jika Anda berangkat dari Kota Padang maka perlu menempuh perjalanan sekitar 70-75 Km untuk bisa mencapai ke lokasi.

Untuk bisa sampai di lokasi objek wisata Danau Singkarak Anda bisa berangkat dari Kota Padang melewati rute Padang – Solok – Danau Singkarak. Jarak tempuh yang harus dilewati yaitu sekitar 75 km. Jika sebelumnya Anda ingin mampir dahulu ke Padang Panjang, maka Anda bisa menggunakan rute Padang – Padang Panjang – Kubu Karambie – Ombilin – Danau Singkarak, namun rute ini sedikit lebih panjang yakni sekitar 100 km perjalanan darat. Jika Anda berangkat dari daerah Bukit Tinggi maka bisa langsung menggunakan rute Bukit Tinggi – Padang Panjang – Ombilin – Danau Singkarak dengan jarak tempuh sekitar 48 km.

 

Keindahan Objek Wisata Danau Singkarak

Setelah sampai di lokasi Anda akan disuguhkan dengan pemandangan danau yang terhampar sejauh mata memandang. Danau Singkarak terkenal memiliki air yang jernih dan tampak tenang, Anda pasti akan kagum sejak pertama kali melihat pemandangan ini.

Ada banyak sekali spot berfoto yang cantik bagi Anda yang ingin mengabadikan momen liburan Anda di Danau Singkarak. Untuk Anda yang lebih memilih untuk berenang, tepian danau ini juga cocok untuk dijadikan tempat berenang karena airnya yang tenang dan jernih. Selain itu Anda juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang bisa Anda sewa di sekitar lokasi.

Keunikan Danau Singkarak

Keunikan Danau Singkarak

Keunikan Danau Singkarak

Danau Singkarak memiliki beragam macam keunikan yang jarang ditemui di danau lainnya. Mulai dari sejarah, spesies ikan hingga event yang pernah di selenggarai di sini. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sejarah Danau Singkarak

Danau Singkarak pertama kali menjadi terkenal ke berbagai penjuru dunia pada tahun 1905 berkat seorang peneliti asal Jerman bernama Ernst Haeckel yang melakukan penelitian mengenai ekosistem Danau Singkarak. Jurnal yang dibuatnya tentang danau ini membuat Danau Singkarak mendunia. Selain itu, karena sang peneliti sangat mengagumi keindahan yang ada di Danau Singkarak ini, ia lalu menuangkan rasa takjubnya itu ke dalam sebuah lukisan yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya secara langsung.

2. Luas Danau Singkarak

Objek wisata Danau Singkarak berada pada ketinggian 363,5 mdpl dengan luas yang mencapai 1000 ha dan kedalaman lebih dari 270 m. Karena letaknya yang cukup tinggi, udara yang ada di sekitar danau terkenal cukup dingin. Menurut para peneliti dan pakar geologi danau ini pada awalnya memiliki panjang awal sekitar 3 km dan terus bertambah panjang hingga saat ini mencapai 23 km, hal ini disebabkan karena adanya aktivitas pergeseran lempeng bumi.

3. Penghuni Spesial Danau Singkarak

Danau Singkarak memiliki ekosistem air tawar yang sangat unik, tidak banyak jenis ikan yang bisa hidup di perairan danau ini. Sejauh ini hanya ada 19 jenis ikan air tawar yang mampu hidup di perairan Danau Singkarak. Namun uniknya, ada beberapa spesies ikan endemik (spesies yang hanya bisa hidup di satu tempat) yang ada di danau ini. Salah satu yang paling terkenal adalah spesies ikan Mystacoleucus padangensis atau yang dalam bahasa lokal di sebut ikan bilih. Ikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para ilmuan dari berbagai penjuru dunia, karena satu-satunya spesies hanya terdapat di danau ini.

4. Tour de Singkarak

Danau Singkarak juga menjadi lokasi salah satu event olahraga tahunan berskala Internasional yang bernama Tour de Singkarak. Tour de Singkarak adalah event balap sepeda yang melibatkan banyak negara. Kegiatan ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Amaury Sport Organisation. Selain sebagai event olahraga, acara ini juga ditujukan untuk memperkenalkan keindahan alam dan kebudayaan yang ada di Sumatera Barat kepada seluruh dunia.

 

Sudah siap untuk mengunjungi Sumatera Barat? Jangan lupa singgah di objek wisata Danau Singkarak sembari membuktikan semua ulasan Kompas Wisata di atas. Sempatkan juga untuk mencicipi nikmatnya ikan bilih khas Danau Singkarak. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!