10 Referensi Objek Wisata di Aceh Paling Populer

Objek Wisata di AcehNanggroe Aceh Darussalam atau yang lebih dikenal dengan Aceh ini merupakan sebuah provinsi di ujung Pulau Sumatera. Provinsi tersebut mempunyai keindahan alam luar biasa, mulai dari pantai hingga pegunungannya. Setelah alami kerusakan akibat tsunami di tahun 2004 lalu, Aceh kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan sangat baik. Ini dibuktikan dari banyaknya objek wisata yang ada di Aceh yang menarik untuk Anda kunjungi. Mulai dari tempat wisata di Aceh Utara hingga tempat wisata di Aceh Selatan.

Anda berencana liburan ke Aceh? Sudah tahu belum akan menghabiskan waktu Anda dimana? Supaya nggak bingung mau ke mana, simak dulu yuk pilihan objek wisata di Aceh yang paling populer dan layak Anda kunjungi di bawah ini.

 

10 Objek Wisata di Aceh Terpopuler

 

1. Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom Objek Wisata Di Aceh

Air Terjun Suhom Objek Wisata Di Aceh

Air terjun ini ada di sebuah Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Menjadi salah satu tempat wisata alam Aceh Besar, Air Terjun Suhom ini menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang sangat mempesona. Untuk bisa mencapai objek wisata di Aceh ini Anda harus melewati jalan naik turun dengan pemandangan pegunungan indah Paro dan Kulu. Memiliki tinggi sekitar 50 meter, air terjun tersebut dibagi jadi tiga tingkat, akan tetapi Anda tak diperbolehkan naik menuju tingkat yang ke-2 dan ke-3, demi alasan keselamatan sebab digunakan untuk pembangkit listrik bertegangan tinggi.

 

2. Kuala Merisi

Kuala Merisi Objek Wisata Di Aceh

Kuala Merisi Objek Wisata Di Aceh

Kuala Merisi adalah salah satu objek wisata di Aceh yang tepat untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi dan menenangkan. Tempat wisata ini ada di sebuah Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, dan memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan ombak kecil, cocok sekali untuk bermain air di tepian. Silakan Anda duduk santai di atas tikar dan menikmati deburan ombak serta hembusan angin pantainya. Selain hal itu, pantai ini juga mempunyai fasilitas pendukung lain, seperti kamar mandi dan deretan warung makan.

 

3. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah Objek Wisata Di Aceh

Pulau Rubiah Objek Wisata Di Aceh

Pulau Rubiah ini adalah salah satu objek wisata di Sabang, Aceh, tepatnya ada di sebelah barat laut Pulau Weh. Objek wisata di Sabang Indonesia ini terkenal akan keindahan alam bawah lautnya yang sangat mempesona. Sedikitnya ada 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia ada di pulau tersebut. Siapkan saja alat menyelam dan snorkeling Anda untuk menjelajah wisata bawah air di Aceh ini. Menariknya lagi, hal tersebut jadi bukti keindahan Sabang yang mengundang decak kagum para wisatawan. Selain itu, buat Anda yang ingin bermalam di kawasan Wisata Pulau Rubiah ini juga tak perlu khawatir, sebab sekarang sudah banyak penginapan di Sabang, Aceh yang bisa Anda sewa dengan harga yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

 

4. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam Objek Wisata Di Aceh

Air Terjun Blang Kolam Objek Wisata Di Aceh

Objek wisata di Aceh satu ini memang sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja. Air Terjun Blang Kolam berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari Lhokseumawe. Menjadi tempat wisata Lhokseumawe yang paling terkenal, di sini Anda dapat menyaksikan air terjun kembar dengan tinggi 75 meter, yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Selain itu, di sekitar objek wisata alam di Lhokseumawe ini juga ada banyak orang yang bermain air, berendam di kolam tampungan air terjun, atau pun sekadar bersantai di tepiannya. Di Air Terjun Blang Kolam ini Anda bisa berkemah dan menikmati alam yang indah dengan tarif Rp 5 ribu rupiah per orang.

 

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk Objek Wisata Di Aceh

Pantai Lampuuk Objek Wisata Di Aceh

Warga Aceh sepertinya tak perlu lagi merasa iri dengan Bali yang mempunyai banyak pantai indah dan romantis, sebab di Aceh juga banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan. Salah satu objek wisata di Aceh yang bisa diandalkan adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang mulai dari Selatan ke Utara dengan pasir yang lembut dan tebing karang yang menjulang di bagian ujung pantai. Karena Aceh juga jadi tempat terkenal kota romantis, sehingga tak heran jika di tempat wisata satu ini juga banyak ditemukan pasangan muda mudi yang lagi bersantai menikmati indahnya pemandangan alam berdua, apalagi saat menjelang senja.

 

6. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue Objek Wisata Di Aceh

Pantai Ulee Lheue Objek Wisata Di Aceh

Objek wisata di Aceh satu ini hanya berjarak sekitar 3 km saja dari pusat kota, tepatnya ada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan paling populer di objek wisata di Aceh ini adalah memancing. Bila Anda lupa bawa alat pancing, tak usah khawatir, sebab ada yang menjualnya di sekitar pantai. Anda tidak suka memancing? Anda juga bisa sewa perahu nelayan untuk berlayar di laut atau duduk santai di pesisir pantai menikmati jagung bakar. Dari pantai ini Anda dapat menyaksikan barisan pegunungan di seberang yang semakin menambah indah Pantai Ulee Lheue.

 

7. Museum Tsunami

Museum Tsunami Objek Wisata Di Aceh

Museum Tsunami Objek Wisata Di Aceh

Di dalam museum satu ini ada sebuah lorong panjang dengan suara gemuruh ombak serta kucuran air yang akan ingatkan Anda pada bencana besar tsunami tahun 2004 lalu. Objek wisata Aceh ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin lihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami. Ada banyak benda-benda sisa bencana yang dipajang seperti halnya sepeda milik para korban, foto korban meninggal, dan lain-lain. Museum ini dibangun sebagai tempat perlindungan bila tsunami datang kembali dan sebagai pusat pendidikan. Museum dibuka setiap harinya, kecuali di hari Jumat mulai pukul 10 pagi-5 sore.

 

8. Air Terjun Tujuh

Air Terjun Tujuh Objek Wisata Di Aceh

Air Terjun Tujuh Objek Wisata Di Aceh

Objek wisata di Aceh yaitu Air Terjun Tujuh ini memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan air terjun lain di Aceh. Bagaimana tidak, kondisi air terjun yang ada di desa Selamat, Kecamatan Tenggulun ini memiliki air terjun 7 tingkat Aceh Tamiang yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Berada di tempat yang masih sangat alami, tempat wisata di Aceh Tamiang tersebut menyuguhkan pemandangan pepohonan hijau yang indah, asri, dan hawa udara yang menyejukan.

Baca Juga :

 

9. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai Pasir Putih Lhok MeeObjek Wisata Di Aceh

Pantai Pasir Putih Lhok MeeObjek Wisata Di Aceh

Objek wisata yang ada di Aceh ini adalah sebuah pantai yang sangat eksotis. Pantai tersebut memiliki pasir putih yang bersih dan lembut yang dipadukan dengan pepohonan hijau serta air lautnya yang jernih, sehingga menjadikan pantai ini bisa dinikmati dengan nyaman bagi para pengunjungnya. Pantai ini hanya berjarak 2 km dari Pelabuhan Malahayati yang merupakan satu dari beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati di Jantho. Walaupun terbilang minim fasilitas, di tempat wisata di Jantho ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan serta ikan bakar yang super lezat. Tempat yang layak untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin melihat pesona pantai luar biasa.

 

10. Air Terjun Samalanga

Air Terjun Samalanga Objek Wisata Di Aceh

Air Terjun Samalanga Objek Wisata Di Aceh

Salah satu air terjun indah yang ada di Bireuen, Aceh adalah Air Terjun Samalanga. Sebuah air terjun tersembunyi yang menyuguhkan pemandangan alam indah ini berada di sebuah Desa Alue, Kecamatan Samalanga. Untuk bisa mencapai objek wisata di Aceh ini Anda harus trekking melewati hutan yang berbukit. Butuh waktu sekitar 1 jam lebih 30 menit untuk bisa mencapai lokasi air terjun tersebut. Namun perjalanan yang panjang dan melelahkan ke tempat wisata di Bireuen akan terbayar lunas saat Anda sampai ke air terjun ini.

 

Selain mengunjungi objek wisata di Aceh ini, Anda juga wajib mencicipi makanan khas Aceh seperti manisan pala, rujak Aceh Samalanga atau keumamah. Dengan begitu, lengkap sudah penjelajahan Anda di Provinsi Aceh baik dari alam maupun kulinernya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!