10 Objek Wisata di Purwakarta yang Populer dan Instagramable

Wisata Purwakarta – Berbagai objek wisata di Purwakarta yang sangat beragam mulai dari wisata alam, wisata tematik, kuliner, hingga wisata yang bernilai edukatif menjadikan kota di Jawa Barat ini sebagai salah satu tempat wisata yang layak diperhitungkan. Jika waktu liburan tiba, mungkin sesekali Anda bisa menjadikan Purwakarta sebagai destinasi liburan Anda bersama pasangan dan keluarga.

Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan beberapa rekomendasi objek wisata di Purwakarta yang wajib untuk dikunjungi.

 

10 Objek Wisata di Purwakarta

 

1. Kampung Panenjoan

Kampung Panenjoan Objek Wisata Di Purwakarta

Kampung Panenjoan – Objek Wisata di Purwakarta

Sebagai destinasi pertama liburan Anda di Purwakarta, Anda bisa mengunjungi wisata Kampung Panenjoan yang berada di daerah Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Lokasi tempat wisata ini dari pusat Kota Purwakarta tidak terlalu jauh, sekitar 17 Km, kira-kira 15-20 menit jika ditempuh dengan menggunakan sepeda motor.

Kampung Panenjoan ini terkenal dengan pemandangannya yang indah. Bahkan para pengunjung banyak yang melabeli Kampung Panenjoan sebagai salah satu objek wisata di Purwakarta yang paling instagramable. Hal ini dikarenakan letak Kampung Panenjoan yang berada di atas daerah perbukitan sehingga pemandangannya menjadi sangat menawan. Selain itu juga kearifan lokal masyarakat setempat juga masih sangat baik sehingga keadaan kampung ini masih terbilang sangat asri. Tak heran jika banyak pengunjung yang rela datang jauh-jauh demi memuaskan keinginan mereka untuk bisa hunting foto di tempat ini.

 

2. Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta Batu Objek Wisata Di Purwakarta

Desa Sajuta Batu – Objek Wisata di Purwakarta

Selanjutnya ada Desa Sajuta Batu yang berlokasi di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Desa wisata ini juga merupakan objek wisata alam yang cukup terkenal di Purwakarta. Nama sajuta batu berasal dari banyaknya jumlah gundukan batu alam yang bisa Anda temukan di tempat ini. Selain menikmati keindahan alamnya, di sini para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti panjat tebing, offroad, camping atau sekedar hiking menjelajah alam di sekitar Desa Sajuta Batu. Beberapa pengunjung juga biasanya melakukan sesi prewed yang mengambil latar belakang keindahan alam Desa Sajuta Batu ini.

 

3. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan Objek Wisata Di Purwakarta

Giri Tirta Kahuripan – Objek Wisata di Purwakarta

Objek wisata di Purwakarta yang selanjutnya adalah Giri Tirta Kahuripan yang berlokasi di Jl. Raya Wanayasa, Taringgul Tonggoh, Kabupaten Purwakarta. Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata dengan konsep resort yang dilengkapi dengan berbagai wahana mulai dari skypool, ATV, sepeda air, hingga berbagai fasilitas olahraga seperti futsal dan kolam renang.

Lokasinya yang terletak di daerah perbukitan membuat pemandangan di sekitar resort ini menjadi sangat mempesona. Giri Tirta Kahuripan ini cocok untuk Anda yang sedang berbulan madu, atau ingin mengajak keluarga Anda untuk menghabiskan waktu bersama sambil menikmati keindahan alam dan fasilitas mewah yang disediakan oleh pihak Giri Tirta Kahuripan.

 

4. Curug Cipurut

Curug Cipurut Objek Wisata Di Purwakarta

Curug Cipurut – Objek Wisata di Purwakarta

Purwakarta juga terkenal memiliki beberapa objek wisata curug, salah satunya yang cukup terkenal yaitu Curug Cipurut yang berada di Desa Wanayasa, Babakan, Purwakarta. Curug ini berada di kaki Gunung Burangrang dan masih termasuk ke dalam wilayah Cagar Alam Gunung Burangrang. Ketika sampai di lokasi Anda akan disuguhkan dengan pemandangan 3 buah curug yang indah. Masing-masingnya memiliki ketinggian yang berbeda, dan yang paling tinggi memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Curug ini memiliki aliran air yang cukup deras sehingga dari kejahuan suara gemuruh deburan airnya sudah bisa di dengar. Pemandangan alam di sekitar curug ini juga masih terbilang cukup terjaga. Perpaduan alam dan 3 buah air terjun ini bisa menjadi lokasi sempurna bagi Anda yang ingin berburu foto-foto cantik untuk diupload ke sosial media kesayangan Anda.

 

5. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa Objek Wisata di Purwakarta

Situ Wanayasa – Objek Wisata di Purwakarta

Situ Wanayasa juga menjadi objek wisata di Purwakarta yang tidak boleh Anda lewatkan. Danau eksotik yang berada di Kecamatan Wanayasa ini menyimpan banyak sekali potensi keindahan alam yang sayang untuk disia-siakan. Situ Wanayasa berlokasi sekitar 23 Km dari pusat Kota Purwakarta, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik kendaraan umum untuk bisa sampai di lokasi danau yang cantik ini.

Situ Wanayasa memiliki luas mencapai 7 ha. Di sini Anda tidak hanya bisa bersantai menikmati udara sejuka dan pemandangan danau saja. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Berbagai wahana yang bisa Anda mainkan diantaranya seperti berkeliling danau dengan sepeda air atau perahu bebek kayuh hingga memancing bagi Anda yang hobi memancing.

 

6. Goa Jepang

Goa Jepang Objek Wisata Di Purwakarta

Goa Jepang – Objek Wisata di Purwakarta

Jika ingin mengunjungi objek wisata di Purwakarta yang memiliki nilai sejarah maka Anda bisa mengunjungi Goa Jepang yang berada di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Goa yang berada di wilayah Bukit Pinus Panyawangan ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dari zaman pendudukan Jepang di masa lalu.

Goa yang dibangun pada tahun 1942 ini merupakan saksi bisu zaman penjajahan Jepang yang pernah terjadi di Bumi Pertiwi. Dulunya goa ini berfungsi sebagai benteng penyimpanan senjata sekaligus sebagai tempat berlindung serdadu Jepang. Dengan luasnya yang mencapai 200 meter persegi goa jepang memiliki satu aula pertemuan yang mampu menampung 50 orang. Hingga kini saksi bisu sejarah ini masih bisa Anda lihat secara langsung di Purwakarta, namun harap berhati-hati saat mengunjungi objek ini karena tempat ini kurang terawat.

 

7. Goa Belanda

Goa Belanda Objek Wisata Di Purwakarta

Goa Belanda – Objek Wisata di Purwakarta

Selain Goa Jepang ada satu lagi objek wisata bersejarah yang ada di Purwakarta yaitu Goa Belanda. Letaknya tidak terlalu jauh dari Goa Jepang, hanya sekitar 800 meter. Pembangunan Goa Belanda ini jauh dilakukan sebelum Jepang masuk ke Indonesia. Fungsi kedua Goa ini hampir sama, Goa Belanda juga dijadikan sebagai gudang senjata dan tempat para tentara Belanda melakukan komunikasi.

Hingga kini Goa Belanda masih dirawat dengan baik sebagai salah satu wisata sejarah yang ada di Purwakarta. Kondisi alam yang ada di sekitarnya juga cukup bagus, sehingga tak heran jika lokasi Goa Belanda ini sering juga dijadikan sebagai tempat melakukan sesi pemotretan prewed.

 

8. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur Objek Wisata Di Purwakarta

Waduk Jatiluhur – Objek Wisata di Purwakarta

Objek wisata di Purwakarta yang selanjutnya yaitu Waduk Jatiluhur yang berada di daerah Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Waduk Jatiluhur merupakan sebuah destinasi wisata yang cukup populer dan sudah menjadi salah satu ikon di Purwakarta. Pada awalnya waduk ini merupakan sebuah bendungan yang digunakan untuk mengairi irigasi sawah, tempat budidaya ikan, juga sebagai pembangkit listrik tenaga air. Namun karena panorama alamnya yang sangat indah menjadikan tempat ini berubah menjadi salah satu destinasi wisata paling diburu di Purwakarta.

Selain menikmati keindahan pemandangan yang ada di Waduk Jatiluhur ini, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Tempat wisata yang satu ini sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai wahana dan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari sepeda air, perahu, beragam wahana watersport yang memacu adrenalin, hingga spot untuk para pemancing.

 

9. Waduk Cirata

Waduk Cirata Objek Wisata Di Purwakarta

Waduk Cirata – Objek Wisata di Purwakarta

Satu lagi objek wisata waduk yang cukup terkenal di Purwakarta adalah Waduk Cirata yang berlokasi di Desa Tegal Waru, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Waduk ini digunakan sebagai sumber tenaga utama PLTA Cirata yang merupakan PLTA terbesar di Asia Tenggara. Selain itu waduk ini juga berperan sebagai sumber air bagi warga di daerah sepanjang Kabupaten Purwakarta hingga Bandng. Selain dari fungsi vitalnya tersebut, waduk cirata juga memiliki keindahan pemandangannya yang cukup menawan, sehingga tak heran banyak yang datang berkunjung ke waduk ini setiap harinya.

 

10. Taman Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud

Taman Air Mancur Sri Baduga Objek Wisata Di Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga – Objek Wisata di Purwakarta

Objek wisata di Purwakarta yang terakhir yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di kawasan wisata Situ Buleud, Kabupaten Purwakarta. Danau ini memiliki luas lebih dari 4 ha dengan pemandangan yang cukup alami dan menyejukkan mata. Tempat ini cocok untuk dijadikan destinasi penutup jalan-jalan Anda di Purwakarta sebelum pulang kembali ke rumah. Jika Anda datang pada Sabtu malam, Anda bisa menemukan salah satu pemandangan yang paling menarik di tempat ini yaitu atraksi air yang diberi sentuhan pencahayaan yang berwarna-warni sehingga menghasilkan pemandangan yang sangat memukau. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan menggunakan kamera andalan Anda.

 

Itulah beberapa objek wisata di Purwakarta yang sangat digemari para wisatawan yang mengunjungi Purwakarta dan sekitarnya. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Purwakarta, ada baiknya juga untuk mencicipi wisata kuliner khasnya seperti pepes sambal, soto tangkar dan sate maranggi Cibungur. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan jangan lupauntuk membagikannya kepada teman-teman lainnya. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!