2 Objek Wisata Di Western Desert Egypt Yang Penuh Misteri

Western Desert of Egypt atau gurun di Egypt ini terletak di bagian barat Egypt, antara Lembah Nile dan pinggiran Gurun Afrika. Situs alam ini memang sudah lama menarik perhatian turis manca negara, terlebih lagi ketika pemerintah ingin membuat jalur yang menghubungkan Cairo dengan oasis di daerah barat ini. Pada objek wisata di Western Desert Egypt terdapat tiga situs utama, yaitu White Dessert, Crystal Moutain, dan Black Dessert.

Ketika berada di Western Desert of Egypt, pemandangan yang kita lihat mungkin hanyalah pasir berwarna kekuningan dengan langit biru. Namun pada sejumlah titik kita akan melihat sebuah bentuk dengan warna putih es di antara pasir dan langit biru tersebut yang membuat para turis penikmat wisata di Western Desert Egypt sangat terkagum-kagum. Persis seperti lukisan. Sebuah bentuk dengan warna putih es itulah yang disebut White Dessert. Salah satu panorama alam yang menjadi tujuan 10% turis yang terdapat di Egypt ini diperkirakan terbentuk akibat adanya erosi yang kemudian mengubah batuan kapur pada zaman Pliocene jutaan tahun yang lalu menjadi bentuk-bentuk White Dessert seperti sekarang ini.

Bentuk dari White Desseert bermacam-macam, dari bentuk seperti jamur, bintang, hewan, benda, hingga manusia. Dari semua White Dessert di Egypt ini, White Dessert yang terkenal yaitu Mushroom Area dan Finger of God. Mushroom Area memiliki bentuk yang sangat mirip dengan cendawan, sedangkan Finger of God memiliki bentuk yang mirip dengan sebuah telapak tangan yang sedang menunjuk ke langit.

 

1. Crystal Mountain

crystal mountain - wisata di western desert egypt

crystal mountain – wisata di western desert egypt

Crystal Mountain merupakan bukit yang terlihat bersinar atau berkilau akibat terkena cahaya matahari. Terdapat dua teori yang menceritakan terjadinya Crystal Mountain ini. Teori pertama mengatakan bahwa bahwa Cystal Mountain ini dulunya merupakan sebuah gua yang tersusun atas batu kapur, stalaktit, dan stalakmit. Kemudian, gempa bumi menyebabkan gua tersebut hancur dan membentuk bentuk bukit seperti yang kita lihat seperti sekarang.

Teori lainnya mengatakan bahwa Crystal Mountain terbentuk dari gunung vulkanik. Hal tersebut disebabkan batu yang ditemukan di area Crystal Mountain ini merupakan batuan vulkanik. Batuan Crystal Moutain sendiripun ternyata merupakan batuan vulkanik dari zaman Oligocene.

 

2. The Black Dessert

the black desert - wisata di western desert egypt

the black desert – wisata di western desert egypt

The Black Dessert terletak di akhir jalan antara Oasis Farafira dan Oasis Bahariya. Black Dessert terbentuk akibat adanya bukit vulkanik berwarna hitam yang kemudian meledak menghasilkan substansi yang disebut Jasper. Jasper kemudian berubah menjadi batu yang berada di Black Dessert sekarang ini. Seiring dengan waktu, pemandangan yang ada di Black Dessert ini menjadi pasir berwarna kuning keputihan dengan gunung yang memiliki batu berwarna hitam menyebar di atasnya. Uniknya warna gunung di Black Dessert ini memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna hitam akibat mengandung Doloret dan ada juga yang berwarna putih seperti warna di White Dessert.

Di balik perpaduan warna di Black Dessert yang indah, Black Dessert ternyata pernah digunakan tentara Inggris untuk memantau keadaan saat Perang Dunia II. Hal tersebut disebabkan gunung di Black Dessert ini merupakan titik tertinggi di daerah Western Egypt sehingga para tertara dapat melihat atau memantau seluruh daerah oasis dari gunung tersebut. Saat ini gunung tersebut disebut sebagai the English Mountain.

Tahun 2010, Ahmed Nazif, mengumumkan bahwa Black Dessert, the English Mountain, dan Dest (tempat ditemukanya dinosaurus tertua ditemukan) ditetapkan menjadi area terlindungi. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga nilai keilmuwan karena banyaknya fosil yang ditemukan, termasuk fosil Dinosaurus tertua. Tak hanya Black Dessert, pemerintah mesir pun juga menetapkan White Dessert sebagai area yang dilindungi. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa pergi ke Western Dessert Egypt ini lho. Pemerintah Mesir dibantu dengan Pemerintah Italia bahkan membuat jalur agar memudahkan transportasi, membangun museum untuk menyimpan fosil yang ditemukan di Western Desert Egypt, bahkan merapikan infrastruktur.

 

Berikut artikel Kompas Wisata yang menerangkan dari 2 Objek Wisata Di Western Desert Egypt Yang Penuh Misteri. So, tunggu apa lagi? Pack your stuffs and go go go !!

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!