10 Macam Objek Wisata Terpopuler di Jepara untuk Mengisi Liburan Anda

Objek Wisata Terpopuler di Jepara – The Beauty of Java adalah gelar yang disandang Jepara bukan tanpa alasan. Keindahan yang di miliki oleh salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini memang sudah tidak diragukan lagi. Lokasinya yang sangat strategis di antara perbatasan laut dan pegunungan menjadikan Jepara memiliki banyak sekali objek wisata yang lengkap mulai dari wisata pegunungan, pantai, bahari, hingga wisata budaya yang selalu jadi magnet bagi para turis dari dalam dan luar negeri.

Ada banyak sekali objek wisata terpopuler di Jepara yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke daerah yang berkali-kali mendapatkan penghargaan Adipura ini. Alamnya yang indah dan masyarakatnya yang ramah dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama liburan di Jepara. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan 10 rekomendasi objek wisata terpopuler di Jepara yang wajib Anda kunjungi.

 

10 Objek Wisata Terpopuler di Jepara

 

1. Pantai Gua Manik

Pantai Gua Manik Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Pantai Gua Manik – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Objek wisata terpopuler di Jepara yang pertama yaitu Pantai Gua Manik atau Pantai Pecatu yang berlokasi di desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo Jepara. Pantai ini termasuk salah satu pantai terindah di Jepara yang lokasinya cukup tersembunyi. Belakangan ini Pantai Gua Manik menjadi naik daun karena banyaknya pengunjung yang secara sukarela mempromosikan pantai cantik ini melalui foto-foto yang mereka upload di instagram. Salah satu keunikan yang di miliki pantai ini selain keadaan alamnya yang masih sangat asri dan terjaga adalah sunset dan sunrisenya yang sangat memukau. Dari pantai ini Anda hanya butuh berjalan sedikit lagi untuk mengunjungi salah satu objek wisata sejarah yang paling terkenal di Jepara yaitu Benteng Portugis.

 

2. Benteng Portugis

Benteng Portugis Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Benteng Portugis – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Selain kaya akan keindahan alam, Jepara juga menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang bisa Anda kunjungi. Salah satu yang cukup terkenal yaitu Benteng Portugis yang terletak di Desa Banyumanis, Donorejo ini. Lokasinya berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya seperti Pulau Mandalika dan Pantai Benteng Portugis.

Benteng Portugis merupakan bangunan bersejarah yang sudah berusia berabad-abad. Benteng ini dibangun pada zaman pendudukan kolonial Belanda dan masih berdiri dengan kokoh hingga hari ini. Di sini Anda akan menemukan banyak sekali keunikan baik dari segi arsitektur bangunannya maupun barang-barang bersejarah yang masih tersisa. Salah satunya yaitu meriam kuno yang konon digunakan sebagai senjata untuk mempertahankan benteng ini dari serangan para pejuang. Untuk bisa masuk ke objek wisata Benteng Portugis Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 3.500 per orang. Tempat ini dibuka untuk umum mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

 

3. Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Kepulauan Karimunjawa – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Objek wisata terpopuler di Jepara yang selanjutnya adalah Kepulauan Karimunjawa. Sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang cukup terkenal, Kepulauan Karimun Jawa menyimpan lebih dari 90 jenis terumbu karang yang masih terawat dengan baik. Ada banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan mulai dari diving, snorkeling, hingga menjelajah pulau-pulau cantik yang tak berpenghuni di kepulauan ini.

Di Kepulauan Karimun Jawa terdapat sebuah taman nasional yang menyimpan banyak kekayaan bawah laut yang bisa Anda eksplore. Di dalamnya terdapat lebih dari 243 jenis ikan tropis beraneka warna yang bisa Anda lihat dari atas boat. Jika menyelam lebih dalam Anda akan disuguhkan dengan pemandangan terumbu karang lengkap dengan berbagai biota laut yang ada di sekitarnya. Dijamin perjalanan wisata Anda ke Kepulauan Karimun Jawa akan menjadi pengalaman liburan yang sangat menyenangkan.

 

4. Pulau Mandalika

Pulau Mandalika Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Pulau Mandalika – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Jepara memang terkenal dengan objek wisata baharinya yang sangat beragam, salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan ada di seberang Pulau Mandalika. Pulau ini terletak di seberang Desa Ujung Watu, untuk bisa mencapai lokasi Anda harus menyeberang menggunakan kapal motor selama 30 menit. Pemandangan yang paling memukau di pulau ini adalah hamparan batu karang yang tersebar di sepanjang bibir pantainya, selain itu perairan di sekitar Pulau Mandalika juga terkenal cukup tenang dan jernih sehingga cocok untuk melakuakn diving dan snorkeling.

 

5. Pantai Ombak Mati Jepara

Pantai Ombak Mati Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Pantai Ombak Mati – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Masih seputar wisata bahari ada satu lagi objek wisata terpopuler di Jepara yang wajib Anda kunjungi yaitu Pantai Ombak Mati yang berlokasi di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri Jepara. Pantai ini cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersantai sambil menikmati keindahan alam laut Jepara yang indah. Suasana di pantai ini cukup tenang, dengan bibir pantai yang luas dan ombaknya yang kecil.

 

6. Pulau Panjang

Pulau Panjang Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Pulau Panjang – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Objek wisata terpopuler di Jepara yang selanjutnya yaitu Pulau Panjang yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Kartini, untuk bisa sampai di lokasi Pulau Panjang Anda hanya perlu menyeberang sejauh 2,5 km saja dengan menyewa perahu mesin yang sudah tersedia di dermaga Pantai Kartini.

Pulau Panjang termasuk pulau kecil yang hanya memiliki total luas 19 hektar dengan kondisi alam yang masih sangat asri. Perairan dangkal yang ada di sekitar pulau ini juga menjadi habitat ratusan biota laut yang bisa Anda nikmati. Perairan jernihnya sangat mendukung untuk Anda yang ingin snorkeling dan diving atau sekedar berenang di tepian pulau. Untuk masuk ke area wisata Pulau Panjang Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000/orang.

 

7. Air terjun Grinjingan Dowo

Air Terjun Grinjingan Dowo Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Air Terjun Grinjingan Dowo – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Selain berbagai objek wisata bahari air terjun juga merupakan kekayaan alam yang dimiliki oleh Jepara. Salah satu objek wisata terpopuler di Jepara yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Air Terjun Grinjingan Dowo. Tempat wisata alam cantik ini berlokasi di Desa Dudukawu, Kecamatan Kembang, Jepara.

Lokasinya cukup tersembunyi, namun untuk menemukannya tidaklah sulit, Anda hanya harus berkendara menuju ke Desa Dudukawu kemudian treking melewati jalan yang agak terjal hingga sampai di lokasi. Nuansa alam di Air Terjun Grinjingan Dowo ini sangat tenang dan sepi namun udaranya sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

 

8. Kura Kura Ocean Park

Kura Kura Ocean Park Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Kura Kura Ocean Park -Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Bagi Anda yang berlibur ke Jepara bersama keluarga dan anak-anak maka Anda wajib untuk mengunjungi Kura-kura Ocean Park yang berada di kawasan wisata Pantai Kartini Jepara. Di sini Anda bisa menikmati berbagai wahana yang seru, selain itu Kura-kura Ocean Park juga memiliki berbagai wahan yang memiliki nilai edukatif bagi anak-anak Anda.

Berbagai wahana yang bisa anda mainkan di Kura-kura Ocean Park ini antara lain seperti Catur raksasa, Tugu kartini, Spoor mini, Panggung hiburan, Kolam kecek, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke arena wisata Kura-kura Ocean Park terlebih dahulu anda harus masuk ke kawasan Pantai Kartini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Setelah itu masuk lagi ke Kura-kura Ocean Park dengan membayar tiket Rp. 18.000 per orang.

 

9. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Pantai Bandengan – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Satu lagi objek wisata terpopuler di Jepara berupa wisata pantai yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Bandengan yang berlokasi di Desa Bandengan, Jepara. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Tirta Samudera, yang merupakan salah satu objek wisata pantai andalan di Kabupaten Jepara. Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih dan perairan dangkal yang cukup jernih. Anda juga bisa berkeliling melihat-lihat perairan di sekitar dengan menyewa perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Untuk masuk ke wana wisata Pantai Bandengan ini Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000

 

10. Museum R.A Kartini

Museum R.A Kartini Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Museum R.A Kartini – Objek Wisata Terpopuler Di Jepara

Objek wisata terpopuler di Jepara yang terakhir adalah Museum R.A Kartini yang berlokasi di Jl. Alun-alun No.1, Panggang Jepara. Di museum inilah Anda bisa melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah peninggalan Raden Ajeng Kartini. Anda juga bisa melihat berbagai koleksi bersejarah peninggalan kebudayaan Jawa dari masa ke masa. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati wisata edukasi bertema sejarah di Jepara.

Museum R. A Kartini ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 -16.00. Harga tiket masuk pada hari Senin-Jum’at adalah Rp. 2.000/orang. Sedangkan pada akhir pekan Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000/orang.

 

Nah begitulah ulasan singkat tentang beberapa objek wisata terpopuler di Jepara yang wajib kalian kunjungi. Selain objek wisatanya yang bagus, Jepara juga memiliki aneka kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan, seperti pindang serani, horok-horok dan adon-adon coro. Dengan melakukan ini semua maka Anda sudah resmi menjelajah sebagian besar kekayaan dari Kabupaten Jepara. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!