10 Aneka Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Cenderamata Bali – Berlibur ke Bali tidak lengkap rasanya jika pulang dengan tangan kosong. Minimal harus ada oleh-oleh khas Bali yang Anda bawa pulang untuk diberikan kepada orang-orang terdekat dan kerabat. Berbicara tentang oleh-oleh khas Bali, Anda akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan mulai dari berbagai aksesoris unik, baju kaos, hingga oleh-oleh berupa jajanan dan kuliner khas Bali lainnya.

Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan 10 rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang cocok untuk Anda bawa pulang dan diberikan kepada orang-orang tercinta.

 

Aneka Oleh-Oleh Khas Bali

 

1. Pia Legong

Pia Legong Oleh Oleh Khas Bali

Pia Legong – Oleh Oleh Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali yang pertama adalah Pia Legong. Dari sekian banyak camilan khas tradisional Bali, Pia Legong adalah yang paling unik.  Cara pembuatannya pun masih sangat tradisional tanpa bantuan mesin sedikitpun. Karena itulah Pia Legong jumlahnya terbatas.

Terdapat 3 macam varian rasa Pia Legong yang bisa Anda pilih sesuai selera yaitu rasa cokelat, keju dan kacang hijau. Untuk bisa mendapatkan Pia Legong Anda bisa membelinya di toko-toko yang menjual oleh-oleh tradisional di sekitar daerah Kuta, tapi jangan heran jika tiba-tiba Anda datang tapi Pia Legong sudah habis karena memang Pia Legong ini paling banyak diburu oleh para turis. Bakpia dengan rasa yang legit ini dibanderol dengan harga Rp. 100.000 – 150.000 per kotaknya.

 

2. Kacang Disco

Kacang Disco Oleh Oleh Khas Bali

Kacang Disco – Oleh Oleh Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali yang selanjutnya yang juga cukup unik adalah Kacang Disco. Dari namanya saja pasti sudah bikin Anda penasaran. Kacang Disco adalah camilan khas Bali yang dibuat dari bahan dasar kacang tanah yang bagian luarnya dilapisi adonan tepung berbumbu. Kacang Disco bisa menjadi camilan yang gurih, cocok untuk dimakan dikala santai bersama keluarga di rumah.

Ada beberapa pilihan rasa dari Kacang Disco yang bisa kamu pilih diantaranya rasa pedas manis, rasa udang, barbeque, dan rasa manis. Harga kacang disco ini berkisar antara Rp. 25.000 – 50.000 per kilogramnya. Biasanya banyak dijual di outlet-outlet pinggir jalan.

 

3. Pia Tata

Pia Tata Oleh Oleh Khas Bali

Pia Tata – Oleh Oleh Khas Bali

Pia atau Bakpia adalah salah satu camilan ala Bali yang cukup populer dan banyak ragamnya. Selain Pia Legong ada satu lagi Pia yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang sehabis liburan di Bali yaitu Pia Tata.

Pia Tata memiliki citarasa yang legit dengan lapisan kulit yang renyah. Berbagai varian rasa yang bisa Anda pilih diantaranya rasa cokelat, kacang hijau, kacang merah, keju, dan rasa durian. Meskipun terbilang masih baru, namun Pia Tata sudah cukup banyak peminatnya. Untuk bisa mendapatkan sekotak Pia Tata Anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 100.000an.

 

4. Pie Susu Dhian

Pie Susu Dhian Oleh Oleh Khas Bali

Pie Susu Dhian – Oleh Oleh Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali yang selanjutnya adalah Pie Susu Dhian. Seperti kue pie pada umumnya Pie Susu khas Bali ini juga memiliki bentuk yang pipih dan lebar. Rasanya yang manis dan legit menjadikan Pie Susu laris manis terjual sebagai salah satu oleh-oleh favorit khas Bali.

Ada banyak varian toping yang bisa Anda pilih sesuai selera mulai dari toping kismis, kacang almon, choco chips, cokelat, hingga keju. Harga 1 kotak Pie Susu khas Bali ini dibanderol Rp. 2.500/pcs dengan paketan isi 10, 30 dan 50 pie.

Baca Juga : Lokasi Foto Prewedding di Bali yang Terbaik dan Terindah

 

5. Kaos Joger Khas Bali

Kaos Joger Oleh Oleh Khas Bali

Kaos Joger – Oleh Oleh Khas Bali

Selain berbagai camilan dan makanan, para wisatawan juga biasanya membeli kaos sebagai oleh-oleh khas Bali untuk rekan dan kerabat di rumah. Salah satu kaos yang cukup unik dan terkenal adalah kaos Joger khas Bali. Kaos ini banyak dijual di distro-distro seputaran Kota Bali. Saat ini kaos Joger sudah menjadi salah satu ikon oleh-oleh dari Bali yang wajib Anda bawa pulang. Ada banyak pilihan tema kaos yang bisa Anda pilih dengan berbagai desain yang unik-unik. Untuk mendapatkan 1 pcs kaos Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 – 70.000 saja.

 

6. Baju Barong

Baju Barong Oleh Oleh Khas Bali

Baju Barong – Oleh Oleh Khas Bali

Masih seputar kaos, ada satu lagi oleh-oleh khas Bali dalam bentuk kaos yang cukup unik untuk di jadikan oleh-oleh yaitu Baju Barong. Baju Barong atau Kaos Barong merupakan kaos khas dari Bali yang bertemakan Barong. Kaos ini bisa Anda dapatkan di daerah Pasar Sukawati. Ciri khas kaos barong adalah warna-warnanya yang mencolok dan dasarnya yang tipis. Kaos ini cocok untuk dipakai kala bersantai. Kaos Barong bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 20.000 – 50.000 per pcs nya.

Baca Juga : 6 Objek Wisata Paling Memikat di Bali Dengan Nuansa yang Berbeda

 

7. Kacang Rahayu

Kacang Rahayu Oleh Oleh Khas Bali

Kacang Rahayu – Oleh Oleh Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali yang selanjutnya yaitu Kacang Rahayu yang merupakan camilan asal Denpasar. Kacang ini juga termasuk salah satu camilan yang banyak digemari di Bali. Kacang Rahayu memiliki rasa yang sedikit asin tapi sangat gurih, kacang ini bisa dijadikan camilan dikala bersantai atau bisa juga dijadikan teman untuk makan nasi.

Untuk mendapatkan Kacang Rahayu khas Bali ini Anda bisa langsung datang ke lokasi asalnya di Jl. Gatot Subroto No. 59, Denpasar, Bali. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.30 s.d pukul 21.00. Untuk urusan harganya Kacang Rahayu dibanderol dengan harga Rp. 100.000 per kemasan besar.

 

8. Salak Bali

Salak Gula Pasir Oleh Oleh Khas Bali

Salak Gula Pasir – Oleh Oleh Khas Bali

Pastinya Anda sudah pernah mendengar salak Bali yang terkenal dengan rasa manis dan teksturnya yang lembut itu. Jika sebelumnya kita berbicara oleh-oleh berupa camilan dan kaos, maka sebagai pilihan yang tak kalah unik Anda juga bisa membawa pulang salak Bali sebagai buah tangan. Salak Bali yang paling banyak diminati adalah salak bernama Salak Gula Pasir yang memiliki daging buah tebal dan bijinya yang sangat kecil.

Salak Bali banyak dijual di sekitar Bandara Ngurah Rai dan di pasar-pasar tradisional Denpasar seperti pasar Sindhu dan pasar Sanur. Untuk mendapatkan 1 kg salak Bali ini Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000 –  25.000.

 

9. Kerajinan Perak Bali

Kerajinan Perak Oleh Oleh Khas Bali

Kerajinan Perak – Oleh Oleh Khas Bali

Selain makanan dan pakaian Bali juga terkenal memiliki berbagai kerajinan perak unik yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Salah satu sentra kerajinan perak di Bali yang cukup ternama berada di Desa Celuk. Anda bisa berkunjung ke desa ini untuk berburu berbagai kerajinan perak yang cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Di sentra kerajinan perak di Desa Celuk Bali ini Anda bisa menemukan berbagai produk kerajinan dari perak mulai dari sendok dan garpu, berbagai benda seni pahat, patung, hingga aksesoris untuk wanita seperti bros, gelang, dan kalung lengkap ada di sini. Untuk urusan harga para pengrajin ini membandrol hasil kerajinannya dengan harga yang bisa dibilang cukup terjangkau, tergantung dari berat dan kerumitan dari kerajinan yang dibuat. Anda bisa mendapatkan kerajinan perak di Desa Celuk ini dengan merogoh kocek mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

 

10. Pie Pisang Andini

Pie Pisang Andini Oleh Oleh Khas Bali

Pie Pisang Andini – Oleh Oleh Khas Bali

Yang terakhir ada Pie Pisang Andini yang rasanya tidak kalah legit dengan pie susu dan pia tata. Pie pisang andini ini adalah kue pie yang terbuat dari bahan dasar pisang yang baru-baru ini muncul ke permukaan sebagai salah satu oleh-oleh yang unik di Bali. Kue pie pisang andini terkenal dengan rasanya yang legit dan aromanya yang sangat wangi. Pie pisang ini juga mampu bertahan hingga 1 minggu meskipun di buat tanpa bahan pengawet, jadi cocok untuk dibawa oleh Anda yang akan melakukan perjalanan pulang yang jauh. 1 kotak pie pisang andini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 35.000 per kotak.

 

Nah, itulah 10 macam oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat di kampung halaman. Jangan lupa untuk mengabadikan liburan selama di Bali agar dapat menambah wawasan bagi orang lain yang belum pernah kesana. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!