Oleh-oleh Khas Bogor Yang Paling Terkenal

Oleh-oleh khas BogorBogor merupakan kota yang sering dijadikan tujuan berlibur oleh para wisatawan karena keindahan dan keunikannya entah itu suasana alamnya yang khas maupun kulinernya yang membuat ketagihan. Kota yang terkenal dengan julukan kota hujannya ini dahulu bernama Buitenzorg pada masa penjajahan. Tempat-tempat wisata alam yang ada di Bogor ini sayang jika tidak anda kunjungi begitupun dengan kuliner khas Bogor yang sangat bervariasi.

Tempat-tempat wisata terkenal di Bogor antara lain kebun raya Bogor yang terletak di pusat kota dan mudah dijangkau jika anda pergi ke sana menggunakan kereta, karena letaknya yang tidak jauh dari stasiun. Apabila anda ingin menikmati suasana pegunungan yang asri anda bisa berkendara agak jauh dari pusat kota dan menuju ke Puncak dimana anda bisa menemukan aneka taman bunga dan juga kebun binatang yang sangat luas. Tak cukup jika berwisata tanpa membawa oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga tercinta. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Bogor yang paling terkenal.

 

5 Oleh-oleh Khas Bogor Yang Paling Terkenal

 

1. Talas Bogor

Talas Bogor - Oleh-oleh Khas Bogor

Oleh-oleh khas Bogor yang pertama adalah talas Bogor. Umbi yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi ini cukup terkenal dijajakan di kota Bogor entah itu yang masih mentah ataupun sudah diolah. Talas ini berbeda dengan talas daerah lainnya karena ukurannya yang lebih besar serta teksturnya yang sangat empuk. Anda bisa menemukan penjual yang menjajakan talas Bogor di pinggiran kota pada saat pagi hari.

 

2. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang - Oleh-oleh Khas Bogor

 

Sebelumnya yang telah dibahas adalah talas Bogor yang masih belum diolah, bolu lapis ini adalah hasil olahan dari talas Bogor yang terkenal itu. Bolu Lapis Sangkuriang merupakan salah satu merk yang menciptakan inovasi talas Bogor untuk bahan dasar membuat kue bolu yang legit dan bertekstur empuk. Untuk membeli oleh-oleh ini pergilah ke jalan raya Sholeh Iskandar dan anda bisa membeli berkotak-kotak bolu lapis Sangkuriang yang bisa awet hingga 4 hari diluar lemari es.

 

3. Asinan Gedung Dalam

Asinan Gedung Dalam - Oleh-oleh Khas Bogor

Oleh-oleh khas Bogor berikutnya adalah Asinan Gedung Dalam. Asinan merupakan kuliner yang harus anda coba setiap kali mengunjungi kota Bogor. Disini ada asinan yang cukup terkenal dan memiliki banyak pelanggan setia yaitu Asinan Gedung Dalam yang berada di Jalan Siliwangi No.27C atau cabang lainnya di Jalan Pajajaran No.1 Komplek Ruko V. Anda bisa membawa asinan ini untuk keluarga yang menunggu oleh-oleh anda di rumah dijamin mereka akan senang.

 

4. Papapia

Papapia - Oleh-oleh Khas Bogor

Papapia merupakan kue yang tercipta akibat insiden kecelakaan oleh pemiliknya. Istrinya harus menciptakan kue pia dari resep turun temurun keluarganya untuk dijual sebagai cara untuk mencukupi kebutuhan finansial setiap harinya. Ternyata bisnis ini sukses dan laris, bahkan orang-orang yang berkunjung ke Bogor menjadikannya sebagai oleh-oleh yang harus mereka beli karena rasanya yang khas dan enak.

 

5. Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor Istana - Oleh-oleh Khas Bogor

Oleh-oleh khas Bogor yang terakhir adalah Kacang Bogor IstanaSelain terkenal dengan talasnya, Bogor juga khas dengan kacangnya. Kacang Bogor berbeda dengan jenis kacang lainnya dimana kacang ini berbentuk bulat dan berwarna ungu. Biasanya pada bulan Februari hingga April anda bisa menemukan kacang Bogor rebus disepanjang jalan.

 

Nah, demikianlah ulasan dari Kompas Wisata mengenai beberapa oleh-oleh khas kota Bogor yang dapat anda jadikan buah tangan untuk orang terdekat. Semoga bermanfaat. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: