7 Oleh-Oleh Khas Lampung yang Bisa Bikin Wisatawan Ngiler

Oleh-oleh khas Lampung – Berkunjung ke Lampung tanpa membawa oleh-oleh adalah tindakan yang kurang tepat. Sebab, dengan semua makanan khas dan oleh-oleh yang dimilikinya, Lampung telah diplot sebagai daerah yang kaya akan makanan khas dan oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan. Oleh sebab itu, jika Anda berkunjung ke Lampung, usahakan untuk membeli salah satu dari sekian banyak oleh-oleh yang ada di sana.

Nah, berbicara mengenai oleh-oleh khas Lampung, bentuk dan ragamnya sendiri amat melimpah. Jadi, jika Anda tidak suka dengan salah satu di antaranya, Anda bisa pilih oleh-oleh yang lain.

Soal rasa dan kualitas, anda tidak usah khawatir, sebab oleh-oleh khas Lampung ini terkenal nikmat dan mampu menggoyang lidah Anda. Tidak percaya? Yuk simak pembahasan dari Kompas Wisata pada materi berikut.

 

Daftar Oleh-Oleh Khas Lampung Yang Sayang Dilewatkan

 

1.Kopi Lampung

Kopi Lampung - Oleh-oleh khas Lampung

Kopi Lampung – Oleh-oleh khas Lampung

Kalau Anda pikir kopi luwak adalah kopi paling nikmat dan banyak digandrungi, presepsi Anda salah. Karena masih banyak kopi daerah yang jauh lebih nikmat dan banyak digandrungi, salah satunya adalah kopi Lampung.

Tak Cuma sedap dan punya rasa yang khas, kopi Lampung juga terkenal memiliki efek yang sangat baik untuk menahan kantuk. Dan perlu Anda tahu; menurut penuturan orang yang sudah mencicipinya, oleh-oleh khas Lampung ini mampu membuat orang terjaga seharian hanya dengan mengonsumsi kopi.

Nah, bagaimana? Jika Anda penyuka kopi, pastikan untuk membeli dan membawa barang ini sebagai oleh-oleh.

Soal harga, Anda tak usah khawatir, sebab kopi ini dibanderol Rp 50.000,- per 500 gram (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Jika Anda ingin yang lebih murah, Anda bisa menikmati kopi Lampung langsung di kedai kopinya. Jika Anda beruntung, Anda bisa menikmati oleh-oleh khas Lampung ini dengan banderol Rp 10.000,- sampai Rp 30.000,- per cangkir (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

2. Kemplang

Kemplang - Oleh-oleh khas Lampung

Kemplang – Oleh-oleh khas Lampung

Kemplang adalah makanan khas Sumatera yang seperti dimiliki oleh berbagai daerah di Sumatera Selatan. Sebab, menurut penelusuran kami, Kemplang bukan hanya ada di Lampung, tapi juga di Palembang dan daerah sekitarnya.

Terlepas daripada itu, Kemplang sendiri adalah oleh-oleh khas Lampung yang sayang untuk dilewatkan. Kenapa? Karena di samping lezat, makanan ini juga amat terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan. Selain itu makanan ini juga bisa padukan dengan makanan lain, bahkan bisa dijadikan pendamping lauk sebagaimana kerupuk.

Tekstur Kemplang yang renyah membuatnya nikmat disantap bersama lauk dan nasi. Di samping itu, rasanya yang gurih dan kental dengan ikan membuatnya jadi oleh-oleh nikmat yang sayang untuk dilewatkan.

Kemplang sendiri adalah olahan ikan yang dibalut dengan tepung dan dijadikan kudapan seperti kerupuk. Tapi jika dibandingkan dengan kerupuk, oleh-oleh khas Lampung ini memiliki cita rasa yang sangat berbeda. Aroma dan cita rasa ikan dalam olahan ini jauh lebih terasa, bahkan jika dibandingkan dengan kerupuk ikan yang dijual di pasaran.

Bukan Cuma cita rasa yang lebih kental, pengolahan Kemplang juga amat berbeda dengan kerupuk. Jika biasanya kerupuk diolah dengan digoreng menggunakan minyak, Kemplang juga disangrai menggunakan pasir bersih.

Harga Kemplang Lampung sendiri terbilang terjangkau, karna hanya dibanderol dengan harga Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,- per bungkus (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

3. Lempok Durian

Lempok Durian - Oleh-oleh khas Lampung

Lempok Durian – Oleh-oleh khas Lampung

Lempok Durian adalah satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Lampung yang wajib untuk Anda bawa pulang. Kenapa? Karena di samping sedap, panganan ini juga tergolong cemilan yang ramah terhadap pelaku diet. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, makanan ini tak akan buat Anda gendut.

Lempok Durian sendiri adalah kudapan yang mirip dengan dodol. Teksturnya yang kenyal cenderung lunak membuatnya mudah digigit. Karena terbuat dari durian, panganan ini juga memiliki bau durian yang khas.

Soal rasa, oleh-oleh khas Lampung ini juaranya. Karena di samping nikmat, panganan ini juga kaya akan energi yang baik untuk tubuh.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Jika demikian, silahkan datang ke Lampung dan bawalah Lampuk Durian sebagai oleh-oleh. Untuk urusan harga, Anda jangan khawatir, karena harga Lampuk Durian sendiri tak lebih dari Rp 50.000,- untuk satu bungkusnya (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

4. Manisan Lampung

Manisan Lampung - Oleh-oleh khas Lampung

Manisan Lampung – Oleh-oleh khas Lampung

Di samping memiliki Lampuk Durian dan Kemplang sebagai oleh-oleh khasnya, Lampung juga memiliki manisan yang juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Selain rasanya yang nikmat, oleh-oleh khas Lampung ini juga dibanderol dengan harga yang murah.

Bukan hanya murah, jenis manisan di sini juga terbilang banyak. Jika Anda ke sini, Anda akan mendapati manisan seperti; manisan salak, pepaya, loba-lobi dan masih banyak lagi.

Manisan di Lampung sendiri biasa santap sebagai hidangan pembuka dalam acara keluarga dan hari raya. Di luar itu, manisan Lampung biasa dikonsumsi sebagai cemilan. Tapi terlepas daripada itu, manisan Lampung sendiri merupakan oleh-oleh khas Lampung yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan.

Rasa manis dari oleh-oleh ini terbilang pas, tak lebih maupun kurang sehingga memberi kesan nikmat untuk mereka yang mencobanya.

 

5. Keripik Nangka

Keripik Nangka - Oleh-oleh khas Lampung

Keripik Nangka – Oleh-oleh khas Lampung

Anda mungkin sering menikmati keripik nangka di berbagai daerah di Indonesia. Pengolahan yang mudah membuat keripik ini mudah diproduksi. Bahannya pun mudah karena bisa ditemui di beragam pasar di Indonesia. Dengan semua hal, wajar kalau keripik nangka adalah cemilan yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Tapi, walau Anda sudah menikmati keripik nangka dari banyak daerah di Indonesia, Anda wajib mencoba keripik nangka dari Lampung.

Di samping lezat, oleh-oleh khas Lampung ini juga memiliki cita rasa yang khas, yang membedakannya dari keripik nangka pada umumnya. Selain itu teksturnya juga sangat pas. Sehingga sekali digigit, keripik ini bakal menggoyang lidah Anda.

Soal harga, kudapan nikmat ini terbilang murah, karena hanya dibanderol dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkus (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

6. Keripik Pisang

Keripik Pisang - Oleh-oleh khas Lampung

Keripik Pisang – Oleh-oleh khas Lampung

Sama halnya dengan keripik nangka, oleh-oleh khas Lampung ini juga memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Kalau tidak demikian, mana mungkin kudapan ini dijadikan oleh-oleh di sebuah daerah, iya kan?

Ya, karena di samping lezat, oleh-oleh khas Lampung ini juga memiliki cita rasa dan tekstur yang tak dimiliki keripik pisang di daerah lain. Tak percaya? Jika demikian, cobalah untuk datang dan nikmati keripik pisang ini. Soal harga, Anda tak usah khawatir, karena keripik pisang di sini hanya dibanderol sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- per bungkus (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Bahkan, jika Anda beruntung, Anda bisa mendapati oleh-oleh khas Lampung ini dengan harga yang lebih murah.

Untuk mendapatkan keripik ini, Anda bisa datang ke toko oleh-oleh yang ada di Lampung. Jika tidak, Anda bisa sambangi tempat-tempat wisata di Lampung, siapa tahu Anda menemukan penjual panganan ini.

 

7. Kain Tapis

Kain Tapis - Oleh-oleh khas Lampung

Kain Tapis – Oleh-oleh khas Lampung

Siapa yang tak kenal dengan kain tenun khas Indonesia? Di samping indah, kain ini juga memiliki ciri khas masing-masing tiap daerahnya. Salah satunya adalah kain Tapis, yang merupakan kain tenun khas Lampung.

Jika Anda berkunjung ke Lampung, tak lengkap rasanya jika tidak melihat dan membeli oleh-oleh khas Lampung yang satu ini. Karena selain indah, perpaduan motif yang keren membuat kain ini sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya itu, kain ini juga menggunakan benang biasa dan emas. Hasilnya, kain ini pun punya motif yang bersinar sebagaimana emas.

Nah, untuk Anda yang tertarik dan berniat memilikinya, bersiaplah untuk merogoh kocek yang dalam. Sebab, untuk satu lembar kain, biaya yang harus Anda keluarkan di atas Rp 200.000,- (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

 

Itulah beberapa oleh-oleh khas Lampung yang bisa Anda beli saat berkunjung di sana. Selain khas, beberapa dari oleh-oleh di atas juga sangat bernilai. Salah satunya Kain Tapis. Di samping bisa dibuat jadi busana, kain ini juga bisa dijadikan sebagai pajangan dan warisan untuk anak cucu nanti. Semoga bermanfaat. Be Happy !!

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!