10 Macam Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang

Semarang – Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, bukan hal asing lagi jika Semarang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Semarang yang memiliki julukan The Port of Java ini memiliki banyak sekali potensi di bidang pariwisatanya sehingga tak heran jika Semarang seolah tak pernah sepi. Tapi berbicara soal berwisata ke Semarang, rasanya ada yang kurang jika kita tidak membahas oleh-oleh apa saja yang bisa dibawa setelah puas berlibur di Semarang. Padahal ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Semarang yang unik dan menarik untuk di bawa pulang.

Berikut ini Kompas Wisata berikan 10 rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang wajib Anda bawa saat pulang dari liburan di Semarang.

 

Aneka Oleh-Oleh Khas Semarang

 

1. Lumpia Semarang

Lumpia Oleh Oleh Khas Semarang

Lumpia – Oleh-Oleh Khas Semarang

Ke Semarang belum lengkap rasanya jika belum mencicipi Lumpia Semarang. Bahkan Semarang sendiri sering juga dijuluki dengan Kota Lumpia. Jadi jika Anda sedang berlibur ke Semarang, jangan lupa untuk membawa Lumpia sebagai oleh-oleh khas Semarang untuk kerabat dan keluarga di rumah.

Lumpia Semarang terkenal dengan rasanya yang renyah dengan isiannya yang sangat lezat. Bagian luarnya terbuat dari adonan tepung yang di adon khusus sehingga menimbulkan citarasa yang gurih dan renyah. Bagian dalamnya berisi rebung, ayam, udang, dan telur yang memiliki citarasa yang agak manis dan gurih. Lumpia bisa Anda temukan dengan sangat mudah di sudut-sudut kota. Untuk mendapatkan 1 porsi Lumpia Semarang Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000.

 

2. Kaos Khas Semarang

Kaos Khas Semarang Oleh Oleh Khas Semarang

Kaos Khas Semarang – Oleh-Oleh Khas Semarang

Kaos Khas Semarang juga bisa di jadikan pilihan oleh-oleh yang unik. Oleh-oleh kaos ini lebih cocok untuk di berikan kepada teman-teman Anda. Salah satu kaos khas Semarang yang sangat terkenal bernama Kaos Costa Brava van Java. Kaos ini adalah produk asli buatan anak muda Semarang.

Costa Brava ini bukanlah nama tanpa arti, ada sejarah yang cukup menarik di balik pemberian nama ini. Nama Costa Brava berasal dari kata Costa Brave, yaitu sebuah pantai indah yang ada di benua Eropa. Nama ini di berikan oleh orang Belanda di zaman kolonial untuk Semarang karena mengingatkannya akan keindahan pantai tersebut.

Untuk bisa mendapatkan kaos Costa Brava van Java ini Anda bisa langsung datang ke kiosnya yang berada di daerah Jl. Tlogosari III No. 32A, Tembalang. Untuk mendapatkan 1 pcs kaos Anda harus merogoh kocek muldai dari Rp. 90.000 – 120.000.

 

3. Tahu Bakso Ungaran Semarang

Tahu Bakso Bu Pudji Oleh Oleh Khas Semarang

Tahu Bakso Bu Pudji – Oleh-Oleh Khas Semarang

Oleh-oleh khas Semarang yang selanjutnya adalah Tahu Bakso Ungaran. Dari namanya saja sudah bisa di tebak jika jajanan yang satu ini adalah bakso tahu khas Semarang yang memiliki citarasa yang khas dan sangat enak. Jajanan yang mulai populer di awal tahun 2000 ini sekarang sudah menjadi salah satu jajanan khas Semarang yang banyak peminatnya.

Untuk mendapatkan tahu bakso khas Semarang ini Anda bisa menuju ke daerah Langensari Ungaran, di sinilah pusat penjaja tahu bakso yang terkenal memiliki rasa yang enak. Salah satu yang sudah sangat terkenal yaitu Tahu Bakso Bu Pudji yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 156. Tahu Bakso khas Ungaran ini di jual dalam kotak yang berisi 10 buah tahu bakso. Harganya di banderol mulai dari Rp. 18.000 –  20.000 per kotaknya.

 

4. Moaci Gemini

Moaci Gemini Oleh Oleh Khas Semarang

Moaci Gemini – Oleh-Oleh Khas Semarang

Jika Anda lebih suka dengan jajanan yang memiliki citarasa yang manis maka Moaci Gemini wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh dari Semarang. Moaci Gemini merupakan salah satu penganan khas Semarang yang banyak di gemari oleh para wisatawan. Jajanan ini terbuat dari bahan utama tepung ketan yang di isi dengan kacang dan gula dan di atasnya di taburi dengan biji wijen. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk di jadikan camilan di kala bersantai.

Untuk mendapatkan Moaci Gemini Anda bisa pergi ke daerah Jalan Kentangan Barat 101 Semarang, di sini ada beberapa penjaja Moaci Gemini yang cukup terkenal. Untuk urusan harga Moaci Gemini termasuk jajanan yang murah meriah, 1 dus moaci gemini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp. 45.000.

 

5. Bandeng Juwana

Bandeng Juwana Oleh Oleh Khas Semarang

Bandeng Juwana – Oleh-Oleh Khas Semarang

Jika ingin mencari oleh-oleh khas Semarang yang bernilai gizi tinggi maka Bandeng Juwana adalah pilihan yang paling tepat. Bandeng Juwana adalah nama dari olahan ikan bandeng duri lunak yang di sajikan sebagai salah satu kuliner favorit di Semarang. Khusus untuk di bawa sebagai oleh-oleh pihak pengelola juga sudah menyiapkan ikan Bandeng Juwana dalam kemasan yang siap di bawa pulang. Bandeng Juwana yang sudah di olah dan di kemas ini bisa awet bertahan berhari-hari meskipun di buat tanpa bahan pengawet, jadi sangat cocok untuk Anda yang akan melakukan perjalanan pulang yang jauh.

Bandeng Juwana bisa Anda dapatkan di daerah Jl. Pangandaran No. 57 Semarang. Satu bungkus bandeng juwana ukuran besar dalam kemasan di banderol dengan harga Rp. 97.000 –  Rp. 148.000.

 

6. Wingko Babat

Wingko Babat Oleh Oleh Khas Semarang

Wingko Babat – Oleh-Oleh Khas Semarang

Wingko Babat adalah salah satu jajanan yang sudah ada sejak jaman dulu. Kue yang terbuat dari bahan kelapa muda ini termasuk salah satu kuliner tradisional yang di wariskan turun temurun hingga sekarang. Wingko babat memiliki rasa manis legit yang khas, dengan bentuk bulat berwarna kecokelatan. Meskipun bisa di bilang sebagai salah satu jajanan jadul, tapi Wingko Babat ini tetap di gemari banyak orang.

Untuk bisa menemukan kue wingko babat yang legendaris ini Anda bisa pergi ke jalan Pandaranan, Semarang. Di kawasan oleh-oleh ini Anda dapat dengan mudah memilih wingko babat yang akan dijadikan buah tangan nantinya. Namun, salah satu penjual yang menjadi favorit wisatawan adalah Wingko Babat Dyriana. Di sini wingko babat berisi 20 potong dijual dengan harga kisaran Rp. 45.000 hingga Rp. 65.000 tergantung varian rasa yang Anda pilih.

 

7. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel Oleh Oleh Khas Semarang

Roti Ganjel Rel – Oleh-Oleh Khas Semarang

Oleh-oleh khas Semarang yang cukup unik selanjutnya adalah Roti Ganjel Rel. Pemberian nama roti ini berasal dari teksturnya yang sangat kenyal, yang dalam bahasa Jawa disebut dengan ngganjel atau alot, ada juga yang menyebutkan nama ganjel berasal dari bentuknya yang seperti rel kereta api. Roti ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka yang di campur dengan santan dan gula nira. Rasanya manis dengan aroma yang sangat khas.

Roti Ganjel Rel biasanya menjadi sajian khas dalam acara pawai untuk menyambut datangnya bulan puasa yang di sebut dengan dugderan. Roti Ganjel ini cukup menarik untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan roti ganjel di daerah Jl. Pandanaran dengan harga yang cukup murah, hanya Rp. 20.000 per kotaknya.

 

8. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu Oleh Oleh Khas Semarang

Kue Sarang Madu – Oleh-Oleh Khas Semarang

Spesial buat Anda penggemar jajanan manis, ada satu lagi oleh-oleh asal Semarang yang bisa Anda coba yaitu Kue Sarang Madu. Sebenarnya kue ini lebih cocok di sebut sebagai Kue Sarang Burung karena bentuknya yang mirip dengan sarang burung. Akan tetapi karena rasanya yang manis dan legit maka masyarakat Semarang menamainya dengan Kue Sarang Madu.

Kue Sarang Madu terbuat dari bahan dasar tepung beras yang di adon dengan campuran santan dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gampang hancur jika tertindih barang yang berat. Jadi Anda harus hati-hati pada saat packing barang. Kue Sarang Madu bisa Anda dapatkan di kios-kios penjaja camilan tradisional di pusat Kota Semarang.

 

9. Tumpi

Tumpi Oleh Oleh Khas Semarang

Tumpi – Oleh-Oleh Khas Semarang

Tumpi merupakan peyek khas Semarang yang terbuat dari adonan tepung dengan taburan kacang atau ikan teri di atasnya. Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini cocok untuk Anda yang suka dengan makanan yang asin-asin. Peyek Tumpi biasanya di jadikan teman makan nasi sama seperti kerupuk. Untuk mendapatkannya juga tidaklah sulit, ada banyak sekali kios yang menjajakan tumpi ini di seputaran Kota Semarang. Harganya juga cukup murah, hanya Rp. 20.000 – 30.000 per kilogramnya.

 

10. Batik Semarang

Batik Semarang Oleh Oleh Khas Semarang

Batik Semarang – Oleh-Oleh Khas Semarang

Oleh-oleh khas Semarang yang terakhir yang wajib Anda bawa pulang adalah Batik Semarang. Jangan kira hanya Pekalongan yang punya berbagai batik khas yang unik, Semarang juga punya beragam batik yang tidak kalah cantiknya. Batik Semarang memiliki ciri khas dari motifnya yang menggambarkan berbagai tempat bersejarah di Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu dan Blenduk. Untuk mendapatkan batik semarang Anda bisa datang langsung ke sentra pengrajinnya yang berada di Kampung Batik Semarang di daerah Jl. Batik Semarang.

 

Nah itulah beberapa oleh-oleh khas Semarang yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk orang terdekat atau sahabat. Selama di Semarang, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya seperti soto bangkong atau nasi ayam yang buka hingga tengah malam. Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat dan memudahkan Anda dalam menikmati kota Semarang. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!