5 Pantai Raja Ampat yang Telah Dicintai 99% Wisatawan Lokal dan Dunia

Pantai Raja AmpatRaja Ampat adalah sebuah daerah di barat Papua. Pada masa sebelum dan sesudah kemerdekaan, daerah ini pernah jadi perebutan antara pihak barat dan Indonesia. Tapi dengan kuasa Tuhan, serta perjuangan yang tak kenal lelah para pejuang, Raja Ampat dan sekitarnya pun jatuh ke tangan Indonesia dan diakui sebagai salah satu daerah potensial di timur Indonesia.

Ya, Papua Barat, khususnya Raja Ampat memang memiliki pesona yang amat luar biasa. Pantai Raja Ampat pun terkenal eksotis.

Bukan hanya itu, destinasi wisata di sana juga tergolong lengkap dan terkelola dengan baik. Anda bisa menikmati rangkaian wisata dengan kelengkapan fasilitas dan wahana yang terbilang komplit. Tak berhenti sampai di situ. Untuk Anda yang suka fotografi, beberapa spot di Raja Ampat juga terbilang bagus dan kerap digunakan sebagai latar foto, baik itu selfie, wefie atau pun komersil.

Oh ya, akomodasi di Pantai Raja Ampat juga terbilang lengkap dan nyaman. Walau tergolong mahal dan dihargai tinggi, namun dengan fasilitas dan kelengkapan yang dimilikinya, hotel-hotel di sini terbilang ideal dan cukup untuk menjawab semua keresahan Anda. Bagaimana tidak, dengan fasilitas kamarnya yang lengkap dan terawat, serta ditambah dengan pemandangan alam yang eksots dan instagramable, mayoritas pengunjung akan puas dan nyaman dengan semua fasilitas yang ditawarkan.

Bagaimana? Tertarik untuk datang dan mencoba pantai-pantai di Raja Ampat? Nah, jika demikian, yuk simak bahasan pantai Raja Ampat secara lengkap dan mendalam sebagai berikut:

 

Pantai Raja Ampat yang Mendunia

 

1. Pantai Waisai Torang Cinta (WTC)

Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) - Pantai raja ampat

Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) – Pantai raja ampat

Pantai Waisai Torang Cinta adalah tempat diadakannya Sail Raja Ampat pada beberapa tahun yang lalu. Jika ditinjau dari tata letak dan konsepnya, pantai ini mirip dengan Ancol di Jakarta dan Losari di Makassar. Tapi tentu saja, karena pantai ini terletak di Raja Ampat, pemandangan sekitar pantai terbilang indah dan masih sangat asri. Walau demikian, dibanding pantai lain, pantai ini dinilai lebih modern dan mengadopsi konsep-konsep teranyar dari sebuah destinasi wisata bahari.

Konsep-konsep modern tadi bisa Anda lihat dari tata letak dan wahana yang tersedia di sini. Jika biasanya pantai di Raja Ampat masih asri dan belum banyak dikelola, pantai ini justru memiliki taman, jembatan kayu dan fasilitas pendukung.

Taman di Pantai WTC ini tergolong asri dan tertata dengan baik. Kebersihannya pun terbilang terjaga. Hal itu terlihat dari minimnya sampah yang berserakan. Entah itu sampah bekas makan pengunjung atau sampai alam seperti daun-daun yang telah gugur berjatuhan.

Tak berhenti sampai di situ. Untuk Anda yang suka fotografi, Anda bisa mengabadikan gambar diri dengan kamera. Berlatar pemandangan Pantai WTC, hasil gambar yang Anda dapat akan terlihat bagus dan eksotis.

Nah, untuk Anda yang ingin ke lokasi, lokasi Pantai Raja Ampat yang satu ini tak begitu jauh karena berada di pusat pemerintahan Raja Ampat, yaitu Waisai.

Akses ke lokasi pun terbilang mudah dan gampang. Anda bisa melakukan perjalanan via laut menggunakan atau kapal nelayan. Cukup bayar pemilik perahu, Anda akan diantar sampai ke lokasi. Itu untuk Anda yang sudah berada di Kepulauan Raja Ampat. Sedang untuk Anda yang ada di luar Raja Ampat, Anda bisa menggunakan pesawat yang menderat di bandara terdekat. Setelah itu Anda teruskan perjalanan menggunakan perahu dari dermaga Sorong, Papua Barat.

 

2. Pantai Waiwo

Pantai Waiwo - Pantai raja ampat

Pantai Waiwo – Pantai raja ampat

Pantai Waiwo sendiri terletak tak jauh dari Waisai. Akses ke Pantai Raja Ampat ini pun terbilang mudah dan lengkap, mulai dari darat hingga laut. Namun perlu dicatat; Papua sendiri terkenal dengan medannya yang berat dan sulit ditaklukkan. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda bisa pakai akses laut sebagai jalur transportasi terbaik. Sebab, jika Anda menggunakan jalur laut, Anda hanya membutuhkan waktu sekurang-kurangnya 7 menit dari Waisai.

Pantai Waiwo sendiri punya konsep yang berbeda dengan WTC. Jika WTC punya konsep modern dan ramah untuk festival, Waiwo justru terkesan alami, sejuk, dan sangat alami. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan laut dan pulau lain yang berada tak jauh dari Pantai Raja Ampat ini. Di samping itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan di sekitar lokasi.

Perlu Anda tahu; Pantai Waiwo sendiri adalah destinasi yang jarang dikunjungi wisatawan. Jadi, jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menikmati pantai secara leluasa, bebas dan tak perlu berdesakan dengan orang lain.

Oh ya, di samping pemandangan dan pasirnya yang lembut, Pantai Waiwo juga memiliki spot foto yang bisa Anda manfaatkan. Sedang jika Anda ingin bermalam, Anda bisa menyewa salah satu kamar di Waiwo Dive Resort yang terletak tak jauh dari Pantai Raja Ampat yang satu ini. Bagaimana? Tertarik untuk datang ke sana?

 

3. Pantai Cemara

Pantai Cemara - Pantai raja ampat

Pantai Cemara – Pantai raja ampat

Pantai Cemara sendiri adalah satu dari sekian pantai yang eksotisnya kebangetan. Bagaimana tidak, dengan pasir putihnya yang lembut, serta letaknya yang cukup tersembunyi, keeksotisan dan keindahannya benar-benar dijaga. Di samping itu, ombak di pantai ini juga sangat tenang, cocok untuk mereka yang ingin bermain-main di pantai tanpa takut terseret ombak. Pantai Cemara juga terbilang landai, sehingga nyaman untuk pengunjung yang ingin berjemur, bermain pasir dan menikmati hangatnya matahari di sana.

Oh ya, Lokasi Pantai Raja Ampat ini terbilang dekat dengan Pantai Waiwo, sehingga bisa diakses dengan mudah menggunakan perahu atau kapal.

Di dekat Pantai cemara juga ada penginapan dan resort yang terbuat dari gubuk kayu. Pantai Cemara sendiri sejatinya bagian dari resort tersebut. Wisatawan yang ke sini pun sebagian besar adalah pengunjung resort. Walau demikian, pengunjung luar juga boleh masuk dan mendekati tempat ini.

 

4. Pantai Yeben

Pantai Yeben - Pantai raja ampat

Pantai Yeben – Pantai raja ampat

Pantai Yeben adalah satu dari sekian banyak Pantai Raja Ampat yang punya pemandangan keren. Tak Cuma itu, jika Anda beruntung, Anda juga bisa mendapati gerombolan ikan tanpa perlu menyelam atau snorkling. Sebab, sebagaimana laut Raja Ampat pada umumnya, laut di Pantai Yeben sendiri amat bening dan nyaman untuk berenang.

Pantai Yeben juga terkenal akan pasirnya yang putih dan lembut. Saking lembutnya, hampir mayoritas pengunjung yang datang adalah mereka yang ingin bermain pasir dan menikmati indahnya laut Pantai Yeben.

Pantai Raja Ampat ini terletak di Pulau Yeben, yaitu pulau yang letaknya timur Pulau Mansuar. Walau ukurannya terbilang kecil, namun keindahan dan kecantikannya mampu menyedot anime wisatawan. Itu sebabnya itu sebabnya banyak pengunjung yang datang dan berwisata ke sini.

 

5. Pantai Arborek

Pantai Arborek - Pantai raja ampat

Pantai Arborek – Pantai raja ampat

Sama halnya dengan Pantai Yeben, Pantai Arborek juga terletak di pulau dengan nama yang sama, yaitu Arborek. Ukuran dan kondisi pulau ini pun tak beda jauh dengan Pulau Yeben, sama-sama kecil dan punya romantisme wisata yang tak bisa didapat di daerah lain.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Raja Ampat ini, Anda akan mendapat sensasi wisata yang luar biasa. Pasalnya tak hanya pemandangannya saja yang keren, tapi pantai, pasir dan fasilitas di sini pun terbilang baik. Ya, walau tak selengkap fasilitas di tempat wisata lain, setidaknya beberapa fasilitas di lokasi mampu memberi kenyamanan untuk pengunjung yang lelah bermain pasir dan air.

Oh ya, ombak di Pantai Arborek sendiri terbilang tenang, sehingga pas untuk Anda yang gemar bermain ombak dan berenang-renang ringan di pantai.

 

Nah, itulah ulasan dari Kompas Wisata mengenai 5 Pantai Raja Ampat yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Pantai-pantai itu sendiri adalah destinasi wisata yang paling favorit dan banyak dikunjungi di Raja Ampat. Bagaimana? Tertarik untuk datang dan menikmati sensasi berlibur di salah satu pantai di atas. Selamat bersenang-senang. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!