10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pantai Sawarna Sukabumi

Bila mendengar tentang kota Sukabumi yang berada di Jawa Barat, rasanya akan sulit membayangkan sebuah pantai berada di kota yang didominasi oleh perbukitan dan berada di sekitar gunung tersebut. Padahal, terdapat sebuah pantai sawarna Sukabumi yang menawarkan keindahan yang rasanya akan sulit didapati di pantai-pantai daerah lain di Jawa Barat.

pantai sawarna sukabumi

Wisata Pantai Sawarna

Pantai Sawarna Sukabumi menawarkan keindahan pantai yang berbeda di sisi barat Pulau Jawa, dimana kebanyakan pantai yang berada di daerah tersebut memiliki pemandangan laut dengan ombak besar, dan pantai berpasir kecoklatan. Namun tidak dengan Pantai Sawarna. Pantai ini justru menawarkan perairan dengan laut biru kehijauan, serta pasir putih yang membentang hingga sepanjang 65 km. Pantai yang mengikuti bentangan laut Pantai Sawarna menawarkan keindahan tersendiri. Terlebih lagi nampak beberapa batu karang besar yang timbul mencolok dari dasar lautan. Batu karang yang bertebaran di sekitar Pantai Sawarna ini pun menjadi satu daya tarik tersendiri, dimana pengunjung kerap kali dapat memanjat naik hingga ke atas batu karang ketika laut sedang dalam keadaan surut.

Wisata pantai sawarna sukabumi

Wisata Pantai Sawarna

Nah bila ingin berwisata ke Pantai Sawarna ini, ada beberapa cara yang ditempuh. Namun sebelumnya, dibawah ini kami memiliki 10 hal tentang Pantai Sawarna Sukabumi yang harus diketahui.

 

1. Rute Serang dan Pandeglang

Rute Serang dan Pandeglang ke Sawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Rute Serang dan Pandeglang ke Sawarna – Wisata Pantai Sawarna

Seperti sedikit disinggung diatas, ada beberapa cara untuk menuju Pantai Sawarna Sukabumi ini. Yang pertama adalah rute dari Serang dan Pandeglang, dan cara kedua adalah melewati Bogor, yang kerap kali dilalui bila pengunjung datang dari Jakarta.

Rute Serang dan Pandeglang ke Sawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Rute Serang dan Pandeglang ke Sawarna – Wisata Pantai Sawarna

Perjalanan dari Serang dan Pandeglang menunju Pantai Sawarna Sukabumi bisa dikatakan sebagai jalur terpendek menuju Sukabumi. Jalur dari Serang dan Pandeglang ini pun merupakan jalur bebas macet, terutama bila dibandingkan dengan jalur yang berasal dari Bogor, yang jauh lebih macet. Hanya saja, jalur dari Serang dan Pandeglang ini pada beberapa bagian jalan masih begitu jelek dan belum diaspal. Ini tentunya nanti akan membahayakan, dan karena itu pengunjung dianjurkan untuk menggunakan kendaraan tinggi bila melewati lajur ini.

Rute Serang dan Pandeglang ke Sawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Rute Serang dan Pandeglang ke Sawarna – Wisata Pantai Sawarna

Menuju Pantai Sawarna Sukabumi dari jalur ini cukup mudah. Cukup menuju Pandeglang dari Serang, dan dari sini langsung mengikuti jalan yang searah dengan Labuan atau Saketi. Setelah tiba disini baru mengambil jalur yang menuju ke arah Malingping. Jalanan di daerah Malingping inilah yang begitu rusak namun menjadi jalur paling cepat menuju ke Pantai Sawarna.

 

2. Rute Bogor

Rute Bogor ke Sawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Rute Bogor ke Sawarna – Wisata Pantai Sawarna

Rute dari Bogor menuju Sawarna menjadi jalur paling mudah untuk dilewati. Namun karena harus melewati Tol Jogorawi dan kota Bogor, maka perjalanan dengan jalur ini menjadi yang paling macet.

Pertigaan Bayah - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Pertigaan Bayah – Wisata Pantai Sawarna

Dari Bogor, perjalanan diteruskan menuju Pelabuhan Ratu, yang kemudian meneruskan ke Bayah. Di sini akan ada pertigaan Bayah – Sawarna yang menjadikan perjalanan sudah semakin dekat.

3. Penginapan

Home Stay di Sawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Home Stay di Sawarna – Wisata Pantai Sawarna

 

Penginapan - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Penginapan – Wisata Pantai Sawarna

Meski bukan salah satu tujuan wisata unggulan, di Sawarna sudah banyak masyarakat yang berbisnis homestay dengan tempat tinggal mereka. Fasilitas penginapan atau homestay di Pantai Sawarna Sukabumi biasanya dihargai antaar Rp 100,000 hingga Rp 200,000 per kamar, dengan kapasitas 2 hingga 3 orang. Cukup terjangkau terlebih dengan harga tersebut juga akan mendapat makan 3 kali sehari.

 

4. Makanan

Makanan di Pantai Sawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Makanan di Pantai Sawarna – Wisata Pantai Sawarna

Mencari makanan di Pantai Sawarna Sukabumi sebenarnya tidaklah mudah. Terutama bila tak suka atau alergi dengan makanan laut, pasalnya kebanyakan makanan yang tersedia di Pantai Sawarna adalah hasil laut yang dibakar atau dimasak dengan bumbu tradisional. Hal yang sama juga berlaku bila menyewa homestay, yang kebanyakan juga termasuk menu makan. Menu yang disuguhkan mayoritas adalah makanan laut.

 

5. Fasilitas pendukung

Desa Sawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Desa Sawarna – Wisata Pantai Sawarna

Pantai Sawarna Sukabumi yang bukan merupakan objek wisata unggulan membuat fasilitas di daerah ini belum memadai. Bukan hanya jalanan menuju dan berada di sekitar Sawarna yang nampak tidak terurus. Disini pun jangan terlalu berharap bertemu dengan toko kelontong, atau bahkan mesin ATM. Karena itu, sebelum menuju Sawarna sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu untuk segala kebutuhan selama berada di pantai tersebut. Mulai dari makanan kecil, obat-obatan, uang tunai, hingga kebutuhan kamar mandi.

 

6. Waktu berkunjung

Liburan Panjang - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Liburan Panjang – Wisata Pantai Sawarna

Pantai Sawarna lebih cocok bila digunakan untuk liburan panjang. Pasalnya perjalanan jauh menunju daerah pantai ini rasanya tak akan mungkin ditempuh dengan perjalanan pulang pergi dalam satu hari. Biasanya pengunjung menghabiskan waktu tiga hingga lima hari di Pantai Sawarna Sukabumi, demi lebih mengeksplorasi wisata lain di daerah tersebut pula.

 

7. Jembatan Gantung Sungai Cisawarna

Jembatan Gantung Sungai Cisawarna - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Jembatan Gantung Sungai Cisawarna – Wisata Pantai Sawarna

Jembatan Gantung Sungai Cisawarna menjadi salah satu objek wisata di sekitar Pantai Sawarna Sukabumi. Jembatan gantung ini dilewati tepat sebelum menuju pantai. Dan menjadi begitu menarik karena banyak pengunjung yang merasa seru berayun di jembatan gantung yang melintas di atas sungai Cisawarna ini.

 

8. Pantai Teluk Legon Pari

Pantai Teluk Legon Pari - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Pantai Teluk Legon Pari – Wisata Pantai Sawarna

Pantai ini menjadi objek wisata lain di Sawarna. Jaraknya sekitar 1,5 Km dan memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai utama di Pantai Sawarna Sukabumi. Pantai Legon menarik perhatian karena suasananya yang begitu tenang dan sepi. Pasir kecoklatan yang begitu lembut dengan ombak yang tinggi membuat pengunjung semakin betah bermain-main di Pantai Teluk Legon Pari. Selain itu lokasi pantai ini pun begitu cantik  bila diabadikan menjadi foto, berkat garis pantainya yang melengkung indah dan deretan pohon kelapa di sekitar pantai.

 

9. Bukit Cariang

Bukit Cariang - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Bukit Cariang – Wisata Pantai Sawarna

Bukit Cariang menjadi salah satu area yang paling menarik untuk disaksikan. Tak itu saja, area ini pun kerap kali menjadi lokasi yang banyak digunakan untuk berfoto. Tak hanya keindahan Bukit Cariang saja yang akan menjadi latar belakang, namun berfoto dari atas sini bisa langsung menyaksikan keindahan Pantai Pasir Putih Sawarna dari ketinggian sekaligus pantai Tanjung Layar.

Tangga Bukit Cariang - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Tangga Bukit Cariang – Wisata Pantai Sawarna

Untuk menujunya memang cukup jauh, pengunjung paling tidak harus mendaki 200 anak tangga. Namun ketika tiba di puncak, keindahannya tak akan membuat menyesal. Selain bukit Cariang, masih ada bukit lain seperti Bukit Tanjung Layar Pantai Sawarna Sukabumi, Bukit Pasir Kadal Sawarna di sekitar Sawarna.

 

10. Goa Lalay

Goa Lalay - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Goa Lalay – Wisata Pantai Sawarna

Wisata satu ini harus dilakukan dengan hati-hati. Goa yang begitu gelap dan sempit membuat pengunjung harus berjalan satu persatu untuk menujunya. Selain itu goa ini pun begitu llicin karena terdapat aliran sungai deras yang melintas tepat di dalam goa. Nama Lalay di goa ini sendiri didapat karena banyaknya kelelawar di dalam goa.

Goa Lalay - Wisata Pantai Sawarna Sukabumi

Goa Lalay – Wisata Pantai Sawarna

Untuk masuk ke dalam goa, pengunjung hanya akan dikenakan biaya 2 ribu rupiah saja dan diberikan pada penjaga saung di depan goa. Pengunjung pun harus membawa peralatannya sendiri seperti head lamp, jaket pelindung, dan sepatu khusus mendaki. Di dalam goa, pengunjung diharapkan untuk berlaku sopan karena masih adanya kepercayaan mistis mengenai Goa Lalay.

 

Inilah 10 Hal Tentang Pantai Sawarna Sukabumi yang Perlu Anda Tahu,¬†Bagaimana? Siap berwisata ke Pantai Sawarna Sukabumi? jangan lupa untuk selalu berbahagia ya… see you !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!