10 Hal yang Perlu Diketahui Dari Pantai Tanjung Lesung Banten

Pantai Tanjung Lesung BantenPantai tanjung lesung merupakan salah satu pantai yang berada di Provinsi Banten. Wisata pantai di Banten ini mempunyai pasir yang putih bersih dan cukup tekenal di kalangan masyarakat Banten dan Jakarta. Pantai ini mempunyai paronama yang indah serta dilengkapi pepohonan di tepi pantainya. Bahkan dalam perjalanan menuju pantai ini kalian bisa menikmati pemandangan yang menyejukan mata. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa keindahan wisata Tanjung Lesung ini tidak kalah dengan keindahan pantai di bali. Apalagi pantai ini mempunyai panjang garis pantai mencapai 15 km. Bahkan kalian bisa melakukan berbagai jenis kegiatan di air karena pantai ini termasuk pantai yang landai. Jika kalian berangkat dari Jakarta, kalian bisa mengambil rute pantai Tanjung Lesung dari tol Tanggerang- Merak. Tapi kalian juga bisa mengambil rute Jakarta – Merak lalu memilih jalan keluar melewati tol Cilegon.

 

Pesona Pantai Tanjung Lesung Banten

 

1. Lokasi Pantai Tanjung Lesung Banten

Lokasi Pantai Tanjung Lesung

Lokasi Pantai Tanjung Lesung

Lokasi pantai Tanjung Lesung ternyata berada di ujung barat Pulau Jawa. Lebih tepatnya berlokasi di Tanjung Jata, yang termasuk ke dalam  wilayah Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten. Pantai yang berada di sebelah barat kab. Pandeglang ini memiliki luas sekitar 150 hektar. Jika kalian pergi dari Jakarta kalian hanya perlu melewati perjalan sejauh 160 Km. Dengan kata lain, kalian cuma perlu menghabiskan waktu perjalanan selama 2,5 sampau 3 jam jika memakai kendaraan pribadi. Jika kalian ingin berpergian memakai transportasi umum, kalian bisa naik bus dengan tujuan Terminal Labuan. Setibanya di terminal, kalian bisa naik ojek menuju pantai Tanjung Lesung.

 

2. Asal-Usul Pantai Tanjung Lesung

Asal-Usul Pantai Tanjung Lesung

Asal-Usul Pantai Tanjung Lesung

Nama pantai Tanjung Lesung Banten ternyata diambil dari nama lokasi pantai ini. Bentuk daratan di pantai ini juga menjorok ke dalam laut dan mirip dengan ujung lesung. Seperti yang kalian tahu, bahwa lesung merupakan alat tradisional buat menumbuk padi. Objek wisata di Banten ini tergolong masih sangat alami serta sangat bersih. Buat kalian yang menginginkan suasana tenang nan romantis, kalian bisa mencoba berjalan menyusuri pantai bersama pasangan dengan ditemani semilir angin serta deburan ombak laut. Jika kalian datang bersama keluarga kalian bisa menggelar tikar, serta memakan bekal yang telah kalian persiapkan dari rumah.

 

3. Wisata Air Ski Tanjung Lesung

Wisata Air Ski Tanjung LesungWisata Air Ski Tanjung Lesung

Wisata Air Ski Tanjung LesungWisata Air Ski Tanjung Lesung

Selain itu, kalian juga bisa berenang serta bermain pasir bersama anak-anak kalian di pinggir pantai. Bagi kalian yang senang fotografi, banyak spot yang bisa kalian jadikan objek foto. Selain itu kalian bersama teman atau keluarga buat mencoba naik banana boat maupun jet ski di tempat wisata di pandeglang ini. Jika kalian senang kegiatan bersantai sambil menikmati pantai kalian diperbolehkan buat memancing disekitar pantai. Apalagi pantai disini biasa dijadikan rumah buat berbagai macam ikan. Mengingat posisi pantai Tanjung Lesung Banten tidak langsung berhadapan dengan laut ini membuat gelombang ombak tidak besar, Hembusan angin dipantai ini juga tergolong tidak terlalu kencang. Sehingga ini membuat pantai Tanjung Lesung Indonesia menjadi lokasi terbaik bagi kalian yang hobi memancing.

 

4. Menikmati Keindahan Bawah Laut

Menikmati Keindahan Bawah Laut

Menikmati Keindahan Bawah Laut

Tak hanya itu, pantai Tanjung Lesung ini mempunyai daya tarik lainnya yaitu keindahan pemandangan bawah lautnya. Buat kalian para pecinta  keragaman biota laut, wajib berkunjung ke pulau ini. Tidak ada salahnya kalian coba menyelam di pantai ini. Kalian bisa menyelam sambil menikmati pesona ubur-ubur, binatang laut serta terumbu karang. Selain itu, kalian bisa menikmati beragam jenis ikan yang tampak seperti sedang bermain petak umpat di antara terumbu karang. Selain itu kalian juga bisa melihat siput yang berenang kesana-kemari di dalam air. Tetapi jika kalian tidak mempunyai keberanian buat menyelam, kalian bisa mencoba snorkling. Kalian tidak perlu berenang, kalian bisa melakukan snorkling dengan menggunakan peralatan yang telah disediakan. Peralatan ini banyak disewakan disekitar pantai atau sudah menjadi bagian dari paket wisata yang kalian ambil.

 

5. Bersantai di Pondok Pinggir Pantai

Bersantai di Pondok Pinggir Pantai

Bersantai di Pondok Pinggir Pantai

Jika kalian lebih senang untuk bersantai-santai di tepi pantai Tanjung Lesung Banten, kalian bisa duduk di pondok wisata. Pondok ini banyak berdiri di tepi pantai, sehingga kalian bisa duduk sambil berjemur serta menikmati secangkir kopi. Sembari bersantai dan berjemur, kalian akan melihat pemandangan burung-burung terbang rendah yang sedang mencoba menangkap ikan hasil tangkapan para nelayan.

 

6. Konservasi Terumbu Karang

Konservasi Terumbu Karang

Konservasi Terumbu Karang

Di pantai ini kalian bisa menemukan konservasi terumbu karang. Lokasi konservasi ini berada di Karang Gundul, Tanjung Lesung serta Pulau Liwungan. Tak hanya itu, kalian juga bisa berkunjung ke desa wisata di sekitar pantai tanjung. Selain itu kalian juga bisa belajar bagaimana caranya mentransplantasi terumbu karang di lokasi konservasi ini. Salah satunya adalah kampung Cipanon, kampong ini merupakan desa wisata yang kebanyakan penduduknya adalah pengrajin patung badak bercula satu. Pengalaman baru bisa kalian dapatkan adalah mengunjungi Pulau Liwung. Pulau ini berada tidak jauh dari pantai Tanjung Lesung Banten.

 

7. Wisata Kampung Nelayan

Wisata Kampung Nelayan

Wisata Kampung Nelayan

Selain itu kalian juga bisa mengunjungi perkampungan nelayan yang berada disekitar pantai. Kampung nelayan ini juga menyediakan paket outbond yang unik yaitu wisata budaya nelayan,  memberi makan burung camar, konservasi terumbu karang, sun rise boat trip, serta fun games yang berada di pulau Liwungan. Jika kalian berkunjung ke pantai tanjung pada hari Sabtu, kalian bisa menyicipin hidangan khas di berbagai restoran yang berada di tepi pantai. Restoran ni menyajikan hidangan spesial seperti barbeque dengan beragam seafood yang segar.

 

8. Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Setibanya di pantai Tanjung Lesung, kalian perlu membayar tiket masuk ke pantai melalui loket yang disediakan. Harga tiket masuk pantai tanjung lesung sangat ramah dikantong, yaitu Rp 15.000 rupiah/ orang. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp.15.000 kalian sudah bisa menikmati pesona pantai Tanjung Lesung Banten yang tidak kalah dengan pantai di Bali dan Lombok.

 

9. Paket Wisata Pantai Tanjung Lesung

Paket Wisata Pantai Tanjung Lesung

Paket Wisata Pantai Tanjung Lesung

Jika kalian masih ingin berlama-lama atau mencoba merasakan menginap di pantai Tanjung Lesung Banten kalian tidak perlu khawatir, karena banyak sekali penginapan Tanjung Lesung, hotel di Tanjung Lesung, serta villa di Tanjung Lesung. Masalah harga permalamnya kalian tidak perlu khawatir, karena villa tanjung lesung murah. Harganya yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 2 juta/ malam. Tapi jika kalian sedang berhemat, kalian bisa menggunakan paket wisata pantai tanjung lesung. Paket wisata ini biasa disediakan oleh jasa agen travel. Salah satu keuntungan memakai paket wisata adalah tidak ribet serta tidak pusing buat mempersiapkan segala hal. Karena paket wisata pantai Tanjung Lesung biasanya sudah termasuk makan 3 kali sehari, peralatan camping, banana boat, snorkling bawah laut, serta bermain game.

 

10. Backpakeran Ke Pantai Tanjung Lesung

Backpakeran Ke Pantai Tanjung Lesung

Backpakeran Ke Pantai Tanjung Lesung

Jika kalian menggunakan paket wisata pantai tanjung dari agen travel. Biasanya kalian akan diajak untuk pergi menyebrang ke pulau liwungan. Tapi jika kalian backpakeran, kalian juga masih bisa berkunjung kesana. Mengingat ketika kalian berada di pulau Liwungan ini kalian bisa menikmati pemandangan selat Sunda serta melihat pesona gunung anak Krakatau. Akan lebih murah jika kalian pergi bersama teman-teman. Biaya yang ditawarkan bervariasi, karena setiap villa atau resort mempunyai harga yang berbeda. Biasanya mulai dari Rp.1.000.000 sampai dengan Rp.3.000.000.

 

Bagaimana? sudah siap untuk menjelajah Pantai Tanjung Lesung Banten ini? Segera siapkan perlengkapan kalian dan jangan lupa untuk menjaga stamina badan agar tidak menyesal nantinya. Sehabis dari pantai ini, kalian juga bisa mencoba pantai Sawarna yang tidak kalah bagus dari pantai Tanjung Lesung. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!