Pesona Danau Kaolin Belitung Surga Buatan yang Melegenda

Pesona Danau Kaolin Belitung – Pulau Belitung atau yang dalam bahasa daerah disebut dengan Belitong merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak dilepas pantai bagian timur Pulau Sumatera. Pulau ini tidak hanya terkenal dengan objek wisata baharinya yang sangat indah saja, di dalam kawasan Pulau Belitung terdapat sebuah danau yang terbentuk dari sisa-sisa eksploitasi alam yang justru berubah menjadi sebuah danau yang indah bernama Danau Kaolin.

Pesona Danau Kaolin Belitung ini sudah cukup terkenal dikalangan para wisatawan sejak beberapa tahun belakangan ini. Meskipun area di sekitarnya terlihat rusak, namun danau ini justru muncul dengan daya tarik tersendiri sebagai sebuah objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi di Pulau Belitung.

Berkunjung Ke Danau Kaolin

Berkunjung Ke Danau Kaolin

Lokasi Danau Kaolin

Danau Kaloin berada di dalam kawasan Pulau Belitung, yang secara administratifnya masih berada di wilayah Desa Air Raya Tanjung Pandan, Provinsi Belitung.

Untuk mengakses lokasi Danau Kaolin tidaklah sulit, jaraknya cukup dekat dari bandara. Setelah Anda turun dari pesawat di Bandara Tanjung Pandan (H.A.S. Hanandjoeddin International Airport), Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Murai. Perjalanan menuju lokasi danau hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Lokasi Danau Kaolin berada tepat di pinggir jalan sehingga Anda tidak perlu melakukan trekking yang berat untuk mencapai lokasi. Danau ini terbuka untuk umum, sehingga siapa saja bisa masuk ke kawasan danau dan menikmati pesona Danau Kaolin Belitung ini.

 

Pesona Danau Kaolin Belitung

Keindahan Danau Kaolin terletak pada warna airnya yang sangat jernih berwarna hijau tosca. Dari kejauhan Anda akan melihat kemilauan air danau ini saat memantulkan cahaya. Keadaan tanah yang ada di sekitarnya juga sudah berubah menjadi putih akibat aktivitas pertambangan, sehingga sekilas terlihat seperti sebuah kawah hasil letusan gunung berapi.

Pesona Danau Kaolin Belitung tidak hanya sampai di situ saja, gundukan tanah yang terbentuk di sekeliling kawasan danau seolah menjadi bukit-bukit yang membatasi area danau ini. Tanahnya yang sudah berubah warna menjadi putih membuat pemandangan menjadi cukup menarik, seolah sedang berada di Gunung Bromo hanya saja warnanya yang lebih putih.

Keindahan Danau Kaolin Belitung

Keindahan Danau Kaolin Belitung

Gundukan tanah dan bukit kecil ini terbentuk di sepanjang danau, satu dengan yang lainnya saling terhubung membentuk pola yang sangat indah. Ada satu gundukan tanah yang berbentuk seperti ular naga raksasa sedangkan yang lain hanya seperti bukit-bukit yang terbentuk secara alami. Padahal sebenarnya semua yang ada di Danau Kaolin ini adalah hasil dari aktivitas eksploitasi yang berlebihan namun justru berubah menjadi sebuah karya alam yang sangat indah.

Pesona Danau Kaolin Belitung ini merupakan sebuah destinasi yang sangat apik bagi Anda para fotografer. Ada banyak sekali pemandangan indah yang bisa Anda abadikan dengan kamera Anda. Tidak heran jika danau ini selalu ramai dikunjungi oleh para anak muda yang ingin berfoto dengan latar belakang danau dengan air jernih berwarna biru dan hijau tosca yang indah ini. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi pemotretan prewed. Bahkan beberapa film indie karya bangsa juga tidak pernah melewatkan Danau Kaolin sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar mereka.

 

Fasilitas di Danau Kaolin

Danau Kaolin sejatinya merupakan sisa-sisa bekas area pertambangan yang hingga kini belum secara resmi dikelola sebagai tempat wisata, oleh karena itu di tempat ini belum ada fasilitas yang cukup memadai. Semua keindahan yang Anda lihat di danau ini hanyalah sisa-sisa dari eksploitasi alam yang secara kebetulan berubah menjadi sebuah objek wisata yang indah. Oleh karena itu Anda harus menyiapkan segala sesuatunya sendiri sebelum berkunjung ke danau ini.

 

Penginapan di Area Danau Kaolin

Untuk urusan penginapan bagi Anda yang datang jauh-jauh dari luar Belitung ada beberapa penginapan yang bisa Anda pakai untuk bermalam. Namun Anda harus melakukan perjalanan ke arah Kota Tanjung Pandan. Di sana ada banyak sekali pilihan penginapan yang bisa Anda sewa mulai dari hotel kelas melati, wisma, losmen, hingga hotel dengan fasilitas yang mewah dan lengkap.

 

Tips Berkunjung ke Danau Kaolin

Berikut ini beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda:

  1. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Kaolin adalah pada sore atau pagi hari. Jika Anda datang pada saat matahari sedang terik maka Anda harus menanggung risiko cuaca yang sangat panas di sekitar danau.
  2. Pantulan cahaya dari air danau sangat menyilaukan di siang hari. Sehingga akan sulit untuk mendapatkan hasil foto yang bagus jika hanya menggunakan kamera hp.
  3. Bawalah bekal makanan ringan dan minuman Anda sendiri.

 

Sekarang kalian sudah mendapatkan gambaran mengenai pesona Danau Kaolin Belitung yang telah melegenda ini. Saatnya untuk kumpulkan orang-orang terdekat dan segera merencanakan untuk berlibur ke Pulau Belitong. Jangan lupa mengunjungi Danau Kaolin yang tak akan membuat kalian kecewa. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!