6 Serba-Serbi Pulau Berhala Jambi Yang Wajib Diketahui

  Tak salah memang bila dikatakan Pulau Sumatera menyimpan banyak sekali keindahan yang masih tersembunyi. Pulau Sumatera dikelilingi oleh beberapa pulau kecil yang memiliki keindahannya sendiri. Dan sayangnya hingga saat ini masih belum banyak bagian dari pulau-pulau kecil ini yang dieksplorasi lebih jauh. Salah satu dari deretan pulau-pulau kecil yang saat ini sudah banyak dikunjungi untuk berwisata adalah Pulau Berhala Jambi yang berada di Provinsi Kep.Riau. Pulau Berhala, mungkin namanya belumlah begitu dikenal, terutama untuk tujuan wisata. Padahal pulau ini sendiri memiliki keindahan yang tak kalah dengan pulau-pulau lain, baik itu di sekitaran Sumatera atau daerah lain di Indonesia.

Bila tengah berlibur ke Jambi atau Riau dan merasa bosan dengan wisata yang begitu-begitu saja, Pulau berhala mungkin bisa menjadi pilihan lain. Lokasi Pulau Berhala tak begitu jauh dari Jambi dan bisa ditempuh dengan motor boat. Pulau Berhala cocok untuk para wisatawan yang gemar berwisata pantai, selain juga para wisatawan yang suka memanjat gunung dan treking di dalam hutan. Pulau Berhala pun cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan beristirahat yang jauh dari kebisingan kota.

Sebelum berwisata ke Pulau Berhala, ada baiknya mengetahui beberapa hal penting mengenai pulau satu ini. Serba-serbi Pulau Berhala Jambi dapat ditemukan di dibawah ini.

 

1. Pulau Berhala – Secara geografis

Letak Geografis Pulau Berhala - Wisata Pulau Berhala Jambi

Letak Geografis Pulau Berhala – Wisata Pulau Berhala Jambi

Secara geografis, Pulau Berhala terletak di sisi terluar dari selat Malaka. Pulau ini merupakan bagian dari provinsi Riau dan masuk dalam wilayah pemerintahan provinsi Riau pula. Pulau ini ini pun berada di sisi luar dari wilayah perbatasan Indonesia. Letak pulau Berhala yang berada di selat Malaka membuat pulau tersebut cocok sebagai lokasi wisata. Belum lagi karena secara geografis pula, pulau Berhala jauh lebih dekat dari Pulau Jawa bila dibandingkan dengan Pulau-pulau terkenal yang kerap dijadikan tujuan wisata.

Pulau Berhala memiliki ukuran keseluruhan yang tak begitu besar. Hanya sekitar 2,5 hektar atau 2,5 km2. Dari ukuran tersebut, nyaris seluruh bagian dari pulau dipenuhi dengan hutan. Dengan sekeliling pulau adalah pesisir pantai yang indah. Perpaduan geografis Pulau Berhala inilah yang juga menjadikan pulau ini memiliki keindahan yang jarang akan ditemukan pulau lain.

 

2. Sejarah Pulau Berhala

Makam Datuk Paduko Berhalo - Wisata Pulau Berhala Jambi

Makam Datuk Paduko Berhalo – Wisata Pulau Berhala Jambi

Nama Pulau Berhala sendiri sudah cukup unik. Dan rupanya, nama Pulau Berhala di dapat bukan dengan begitu saja. Ada sebuah sejarah panjang mengikuti nama Pulau Berhala. Dikisahkan adalah Raja Jambi terdahulu, Datuk Paduko Berhala yang kerap kali mengunjungi pulau kecil di sisi lain Jambi. Saking sukanya dengan pulau ini, ketika sang raja meninggal pun ia ingin dikebumikan di pulau tersebut. Dan ketika Raja Datuk Paduko Berhala meninggal dan dimakamkan di pulau Berhala, maka pulau itupun menjadi Pulau Berhala. Hingga saat ini, makam Raja Datuk Paduko Berhala masih berada di sisi tengah pulau Berhala dan menjadi salah satu objek wisata tersendiri.

 

3. Lokasi Penyu bertelur

Menjadi Lokasi Penyu Bertelur - Wisata Pulau Berhala

Menjadi Lokasi Penyu Bertelur – Wisata Pulau Berhala

Masih mengenai keadaan geografis Pulau Berhala, setiap awal dan akhir tahun, pulau ini menjadi lokasi persinggahan penyu untuk betelur. Bila berkunjung pada waktu bertelur ini, pengunjung akan diberi pemandangan indah para penyu yang mampir di pinggir pantai untuk meletakkan telur-telurnya.

 

4. Pesona Pulau Berhala

Hutan Akar Bahar - Wisata Pulau Berhala

Hutan Akar Bahar – Wisata Pulau Berhala

Lalu, apa yang menarik dari pulau ini? Pulau Berhala memiliki banyak sekali hal yang menarik. Yang akhirnya membuat pulau ini semakin banyak didatangi wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Seperti disebutkan diatas, pulau Berhala merupakan pulau kecil dengan luas keseluruhan hanya sekitar 2,5 hektar atau 2,5 km2. Pulau ini dipenuhi oleh hutan lebat, serta pesisir pantai dengan pasir putih di sekelilingnya. Meski berukuran kecil, Pulau Berhala sudah dihuni oleh penduduk yang tinggal di rumah apung di sisi pantai, atau pun di pinggiran hutan. Hutan yang berada di pulau Berhala pun bukan sembarang hutan, namun hutan akar bahar yang bagus untuk kesuburan laut.

Daya tarik pertama dari pulau ini adalah keindahan bawah laut. Berada di sisi terluar selat Malaka, Pulau Berhala dikaruniai keindahan bukan hanya di atas permukaan tanah namun juga dibawah laut. Para penyelam di pulau ini akan dimanjakan oleh banyak terumbu karang, salah satunya yang terkenal adalah Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah. Selain itu, pulau Berhala pun memiliki tak kurang dari 22 jenis spesies ikan, dan 11 jenis spesies ikan karang. Perpaduan tersebut semakin indah dengan laut yang berombak kecil, dan begitu jernih. Tak salah bila pulau Berhala disebut-sebut sebagai surga untuk para penyelam di Sumatera.

Pantai yang cantik menjadi salah satu kelebihan lain. Meski Indonesia sendiri memiliki banyak pantai-pantai canti, namun pantai yang dimiliki oleh Pulau Berhala termasuk unik karena sepi dan nyaris tak memiliki penghuni. Ini tentu saja cocok untuk Anda yang ingin suasana damai.

 

5. Transportasi menuju Pulau Berhala

Kapal Tongkang - Wisata Pulau Berhala Jambi

Kapal Tongkang – Wisata Pulau Berhala Jambi

Ada beberapa cara untuk menuju Pulau Berhala, yang paling mudah dilakukan adalah melalui Kampung Laut atau melalui Nipah Panjang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan transportasi lewat Kampung Laut :

  1. Waktu perjalanan yang singkat hanya 1 – 1,5 jam dengan kapal mini ferry atau speedboat. Kapal mini ferry menuju Pulau Berhala menggunakan 2 pak mesin 200 pk dengan kapasitas hingga 50 orang.
  2. Dengan menggunakan kapal mini ferry tersebut, harga tiket PP dari Kampung Laut – Pulau Berhala – Kampung Laut hanya sekitar Rp 250,000 / orang.
  3. Mayoritas penyedia jasa perjalanan wisata ke Pulau Berhala juga menyediakan perjalanan darat dari Jambi – Kampung Laut – Jambi. Dengan menggunakan mobil dari travel agen, biaya perjalanan ini hanya Rp 90,000 / orang dengan lama perjalanan 1,5 hingga 2 jam.
Perjalanan menuju Pulau Berhala - Wisata Pulau Berhala

Perjalanan menuju Pulau Berhala – Wisata Pulau Berhala

Selain melalui Kampung Laut, pilihan lain adalah melalui Nipah Panjang. Dan ini pun memiiki kelebihan sendiri yakni harga sewa kapal yang lebih murah. Melalui Nipah Panjang perjalanan akan menggunakan kapal pompong dengan kapasitas 17 orang. Harga sewa kapal pompong bermacam-macam namun perkiraan sewa untuk 3 hari 2 malam adalah Rp 176,500 / orang. Perkiraan harga ini bisa lebih murah dengan lebih banyak anggota group dalam satu kali perjalanan. Perjalanan melalui Nipah Panjang memakan waktu antara 3 hingga 5 jam dan biasanya kapal pompong tidak begitu nyaman.

 

6. Penginapan Pulau Berhala

Penginapan di Pulau Berhala - Wisata Pulau Berhala

Penginapan di Pulau Berhala – Wisata Pulau Berhala

Di pulau berhala sudah tersedia banyak sekali penginapan atau homestay. Rata-rata harga yang ditawarkan adalah Rp 250,000 untuk per rumah. Selain homestay, wisatawan juga dapat berkemah di pinggir pantai atau di sekitar hutan akar bahar. Pengunjung banyak yang memilih berkemah bila berniat untuk melanjutkan perjalanan ke dalam hutan. Selain itu untuk makanan, terdapat paket makanan dari homestay yang biasanya dibanderol Rp 65,000 untuk tiga kali makan.

 

Bagaimana? Siap berkunjung ke pulau berhala jambi? jangan lupa like and share yaaa.. semoga kalian selalu berbahagia..!!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

4 Comments

  1. rrythien November 21, 2016
    • Peki putra November 21, 2016
  2. Wisata dan Kuliner November 22, 2016
    • Peki putra November 22, 2016
Close
error: Content is protected !!