Seminar Singkat Flash Blogging ’72 Tahun RI, Indonesia Kerja Bersama’

Flash Blogging, Jambi (30/08/2017) – Perkembangan teknologi saat ini menjadi kerja tambahan bagi pemerintah dalam mengatur keluar masuknya berita untuk masyarakat awam. Pemerintah sudah mulai serius dalam menangani masalah berita hoax yang sudah menjadi konsumsi publik. Penanganan ini lebih dipusatkan dari media social yang dinilai sangat mudah untuk menyebarkan berita kepada masyarakat atau kalangan tertentu.

Informasi yang menyebar cepat saat ini dapat menyebabkan kerugian pihak tertentu dan juga sebaliknya sangat menguntungkan pihak-pihak tertentu atas informasi tersebut. Budaya orang Indonesia yang bangga ketika mereka dapat menyebarkan berita pertama kali, baik itu berita benar atau tidak, juga menjadi salah satu sebabnya.

Dengan adanya UU ITE yang ditetapkan oleh pemerintah, maka secara tidak langsung dapat kita jadikan sebagai landasan hukum dalam melakukan aktivitas dalam dunia maya. Pemerintah juga memberikan sosialisasi yang baik dan langsung terjun ke masyarakat agar memudahkan penyampaian maksud baik dalam menyikapi berita yang ada di media social.

Flash Blogging dengan tema ’72 tahun RI, Indonesia Kerja Bersama’ merupakan salah satu gerakan sosialisasi dari pemerintah melalui Kominfo dalam memberikan pengetahuan dasar dari cara menulis opini atau berita yang baik serta bagaimana cara dalam menyikapi berita yang akan dikonsumsi. Narasumber yang dihadirkan juga sangat tepat dalam menyampaikan materi.

Flash Blogging Jambi (3)

Alois Wisnuhardana yang merupakan staf kepresidenan juga dihadirkan sebagai salah satu narasumber didalam acara Flash Blogging yang bertempat di Swiss-Belhotel Jambi. Beliau memaparkan beberapa upaya pemerintah dalam menangani berita hoax tersebut yang menjadi tugas penting dalam pemerintahan saat ini. Bapak Alois juga menyampaikan bahwa, Presiden RI saat ini merupakan individu yang paling banyak terkena serangan berita tidak baik atau tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

Flash Blogging Jambi (2)

Kemudian narasumber berikutnya yang dihadirkan juga tidak kalah penting, beliau adalah Andya Dhyaksa yang merupakan jurnalis professional yang telah 7 tahun bergelut dibidang jurnalistik. Pada kesempatan ini mas Andya banyak memberikan instruksi dalam membuat berita yang baik dan sangat kreatif. Beberapa panduan dalam penulisan baik dari Judul, kata pembuka, isi dan penutup diulas singkat pada kesempatan yang dihadiri oleh Komunitas Blogger Jambi dan ASN terkait. Beliau memberikan banyak kesempatan bagi peserta dalam melakukan sesi tanya jawab secara langsung hingga mampu memberikan kesan yang lebih aktif dan efisien.

Semoga dengan adanya sosialisasi dan seminar-seminar yang lebih mengayomi para penggeliat dunia maya ini dapat memberikan solusi dalam menyajikan berita untuk masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tetaplah bijak ketika menggunakan internet. Jangan mudah percaya terhadap semua berita atau kabar yang dibaca. Periksa kembali kebenaran suatu berita dengan membandingkannya dari sumber lain, dan jangan sebarkan ulang apabila dirasa berita itu tidak benar. Anggaplah internet itu sama dengan dunia nyata yang mana ada etika-etika kebaikan yang harus dipatuhi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!