10 Tempat Rekreasi di Jakarta Pengisi Liburan Bersama Keluarga Terdekat

Tempat Rekreasi di Jakarta – Jakarta sebagai Kota Metropolitan terbesar di Asia Tenggara tidak hanya terkenal dengan penduduknya yang padat dan tekanan hidupnya yang tinggi saja. Di Jakarta juga ada tempat-tempat rekreasi menyenangkan yang bisa dikunjungi untuk melepaskan penat yang Anda rasakan setelah seminggu penuh bekerja. Mulai dari wahana bermain untuk seru-seruan hingga objek wisata alam dengan pemandangan dan udara segar yang rasanya akan sangat langka untuk ditemui di Ibukota.

Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan berikan 10 rekomendasi tempat rekreasi paling asik yang wajib Anda kunjungi di sekitar Jakarta.

 

Daftar Tempat Rekreasi di Jakarta

 

1. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi Tempat Rekreasi Di Jakarta

Dunia Fantasi – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Tempat rekreasi di Jakarta yang pertama adalah Dunia Fantasi atau yang lebih sering disebut dengan Dufan. Siapa yang tidak kenal dengan tempat ini, semua orang pasti sudah pernah mendengar nama Dufan. Setiap berlibur ke Jakarta pastilah Dufan salah satu tempat yang terlintas untuk di kunjungi. Sebagai salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan yang datang dari dalam maupun luar Jakarta, setiap hari dufan selalu dipadati oleh pengunjung.

Dufan yang masih berada dalam kawasan wisata Ancol ini merupakan wahana permainan outdoor terbesar di Indonesia. Ditambah lagi dengan dukungan teknologi paling mutakhir pada alat-alat yang digunakan membuat Dufan menjadi idola. Ada banyak permainan baik outdoor maupun indoor yang bisa Anda mainkan. Biasanya para pengunjung sangat suka dengan permainan yang memacu adrenalin seperti histeria, tornado, kora-kora, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Tempat Rekreasi Di Jakarta

Kepulauan Seribu – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Tempat rekreasi di Jakarta yang selanjutnya yaitu Kepulauan Seribu yang berlokasi di bagian utara Jakarta. Kepulauan Seribu adalah salah satu objek wisata alam di Jakarta yang memiliki panorama alam yang masih alami. Seperti yang kita ketahui tempat-tempat seperti ini sangat langka untuk ditemui di pusat kota. Tidak hanya bagi warga Jakarta saja namun Kepulauan Seribu sudah menjadi destinasi yang sangat terkenal bagi wisatawan dari berbagai penjuru negeri.

Kepulauan Seribu memiliki beberapa gugus pulau kecil yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri, di antaranya ada Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, dan Pulau Pari. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke Pulau Seribu seperti snorkeling, diving, menjelajah ekosistem mangrove, melihat penangkaran penyu sisik, dan melihat sunset yang indah di tepi pantai.

 

3. Setu Babakan

Situ Babakan Tempat Rekreasi Di Jakarta

Setu Babakan – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Selain Kepulauan Seribu Jakarta juga masih memiliki satu lagi objek wisata alam yaitu Setu Babakan yang berlokasi di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Setu Babakan merupakan sebuah danau alami yang cukup luas dengan panorama alam yang masih alami. Situ Babakan juga sekaligus menjadi objek wisata budaya untuk lebih mengenal kebudayaan asli Betawi.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Setu Babakan ini masih melestarikan berbagai kebudayaan asli Betawi, banyak dari mereka yang hidup dari bertanam buah dan sayur di sekitar area danau. Selain itu Anda juga bisa berkeliling perairan danau untuk menikmati pemandangan dan udaranya yang segar dengan menaiki perahu angsa yang bisa Anda sewa. Jika lapar di sini juga tersedia rumah makan yang menyediakan berbagai kuliner khas Betawi yang bisa Anda cicipi.

 

4. Taman Mini Indonesia Indah

TMII Tempat Rekreasi Di Jakarta

TMII – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Tempat rekreasi di Jakarta yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi selanjutnya yaitu Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Taman ini bisa menjadi alternatif jika Anda sedang tidak ingin melakukan perjalanan jauh saat berlibur karena letaknya dekat dengan pusat kota. Taman Mini Indonesia Indah terletak di kawasan Jakarta Timur dan merupakan salah satu taman buatan terbesar di Indonesia. Konsep utama dari taman ini adalah kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Ketika masuk ke dalam Anda akan melihat berbagai wahana yang dibuat mewakili kebudayaan yang ada di seluruh penjuru tanah air.

Di dalam kawasan TMII Anda bisa menikmati pemandangan seluruh wahana dengan menaiki kereta gantung. Ada bisa melihat miniatur pulau-pulau dan replika rumah adat yang ada di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Di TMII juga terdapat wahana permainan yang cukup seru seperti Snow Bay Pool, Taman Among Puro, Istana anak-anak, Taman Ria Atmaja, dan masih banyak lagi. Taman ini cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga di Jakarta.

 

5. Kota Tua

Kota Tua Tempat Rekreasi Di Jakarta

Kota Tua – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Jika Anda ingin berekreasi melihat-lihat bagian dari Kota Jakarta yang memiliki sejarah dari masa Kolonial Belanda maka Anda wajib mengunjungi objek wisata Kota Tua Jakarta. Menurut sejarahnya Kota Tua merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda di zaman penjajahan dulu, dari kota ini mereka menjalankan semua aktivitas pemerintahannya. Hingga kini bangunan-bangunan di Kota Tua masih terjaga dengan baik, Anda bisa melihatnya secara langsung. Kota Tua Jakarta menjadi spot favorit bagi para fotografer, bangunan-bangunan yang memiliki arsitektur bergaya Eropa bercampur Cina Kuno ini merupakan objek foto yang sangat bagus dan jarang ditemui di tempat lain.

 

6. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Tempat Rekreasi Di Jakarta

Kebun Binatang Ragunan – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga dan anak-anak, maka Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat rekreasi di Jakarta yang satu ini cocok sekali untuk memberikan edukasi kepada anak-anak Anda untuk lebih mengenal dunia flora dan fauna khas Indonesia. Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang tertua di Indonesia yang sudah dibangun sejak tahun 1964. Di dalamnya berisi setidaknya ratusan spesies flora dan fauna yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

 

7. Monumen Nasional

Monumen Nasional Tempat Rekreasi Di Jakarta

Monumen Nasional – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Tempat rekreasi di Jakarta yang selanjutnya yaitu Monumen Nasional atau Monas. Tidak bisa di pungkiri jika Monas selalu jadi destinasi kunjungan terutama bagi mereka yang datang dari luar Jakarta, minimal satu kali sebelum pulang. Monas adalah spot wajib untuk dikunjungi jika sedang berada di Jakarta. Monas juga menjadi tempat rekreasi bagi warga setempat, biasanya Monas ramai dipadati warga pada hari Minggu pagi untuk berolahraga dan bermain sepeda di sekitar area Monas. Jika ingin melihat pemandangan yang lebih menghibur maka datanglah pada malam hari. Karena di Monas biasanya dilakukan pertunjukan laser yang cukup cantik untuk dijadikan objek berfoto.

 

8. Atlantis

Wahana Atlantis Tempat Rekreasi Di Jakarta

Wahana Atlantis – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Selanjutnya ada Atlantis yang masih termasuk ke dalam area wisata Taman Impian Jaya Ancol. Wahana Atlantis merupakan gabungan dari berbagai wahana air yang cukup menyenangkan dan menguji adrenalin bagi yang mencobanya. Di dalamnya terdapat 8 buah kolam besar dengan 13 jenis permainan yang bisa Anda pilih. Salah satu wahana permainan yang cukup digemari adalah Crazy Highest Longest Slide yang akan membuat Anda tak bisa berhenti berteriak saat memainkannya. Tempat rekreasi di Jakarta yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

 

9. Pulau Tidung

Pulau Tidung Tempat Rekreasi Di Jakarta

Pulau Tidung – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Pulau Tidung masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Dari sekian banyak gugusan pulau kecil yang ada di wilayah perairan Kepulauan Seribu, Pulau Tidung adalah pulau yang paling terkenal. Sebagai salah satu destinasi wisata alam yang memiliki panorama yang indah di Jakarta. Keadaan alam di pulau ini bisa dikatakan masih cukup terjaga, dengan perairannya yang dangkal dan jernih serta pantainya yang indah. Pulau Tidung juga memiliki fasilitas yang lebih lengkap, di sini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas mulai dari water sport, kano, hingga jetsky. Pulau Tidung juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya, cocok untuk Anda yang hobi melakukan snorkeling.

 

10. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti Tempat Rekreasi Di Jakarta

Museum Taman Prasasti – Tempat Rekreasi Di Jakarta

Tempat rekreasi di Jakarta yang terakhir adalah Museum Taman Prasasti yang berlokasi di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Museum ini menyimpan banyak sekali benda-benda kuno peninggalan peradaban yang ada di Jakarta berabad-abad yang lalu. Di sini Anda bisa melihat berbagai koleksi prasasti nisan kuno, replika makam khas daerah-daerah di Indonesia, hingga kereta jenazah kuno yang antik.

Tempat ini cocok untuk Anda yang pecinta dunia seni pahat dan kaligrafi. Karena di dalam museum juga tersimpan berbagai peninggalan benda-benda hasil pahatan, kaligrafi, dan patung-patung hasil karya seniman masa lalu yang sudah berabad-abad usianya.

 

Nah itulah beberapa tempat rekreasi di Jakarta yang bisa Anda kunjungi saat musim libur tiba. Melepas penat sekalian mengajarkan edukasi alam dan sejarah kepada anak merupakan salah satu pengisi libur yang sangat efektif dan efisien. Dengan begitu manfaat yang didapat akan terus diingat selamanya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Tinggalkan Balasan

Close
error: Content is protected !!