10 Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Asyik Buat Liburan

Jabodetabek adalah sebuah singkatan untuk kawasan Megapolitan Jakarta dan sekitarnya. Ketika mendengar kata Jakarta pasti yang akan kamu bayangkan adalah tempat refreshing berupa gedung-gedung tinggi dan mall-mall memadati setiap sudut kota. Tapi jangan salah, di sekitar kawasan Jabodetabek juga tersimpan banyak destinasi wisata alam yang cukup menarik. Beberapa tempat wisata alam di Jabodetabek bahkan menyimpan panorama alam yang masih sangat alami dan menyejukkan sekali. Berikut ini Kompas Wisata coba rangkum 10 obyek wisata di Jakarta dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi.

 

Daftar Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

 

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Pulau Tidung – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Wisata alam di Jabodetabek kita yang pertama adalah Pulau Tidung. Tempat wisata alam Jakarta yang satu ini merupakan sebuah pulau yang masih termasuk ke dalam wilayah Kepulauan Seribu. Pulau Tidung sudah menjadi destinasi wisata paling favorit bagi masyarakat Jakarta untuk berlibur di akhir pekan. Suasana alam di Pulau Tidung yang terbilang masih asri menjadi sebuah pemandangan langka yang bisa di dapatkan oleh masyarakat Ibu Kota tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan laut yang sangat indah. Di sepanjang bibir pantai di tumbuhi oleh pohon-pohon rindang yang bisa kamu gunakan untuk berteduh. Di Pulau Tidung juga sudah di lengkapi dengan berbagai wahana permainan air yang cukup seru seperti banana boat, cano, angsa laut, jetsky, dan water spot.

 

2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Taman Wisata Alam Angke Kapuk – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Di daerah sekitar Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara terdapat sebuah taman wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi bernama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Wisata alam di Jabodetabek ini bisa kamu kunjungi jika ingin menikmati keindahan pemandangan hutan bakau yang ada di sepanjang bibir pantai. Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan tempat menarik di Jakarta yang biasa di gunakan para pengujung untuk sekedar bersantai di akhir pekan. Terkadang juga ada beberapa pengunjung yang datang untuk melakukan sesi pemotretan. Jika ingin berkeliling dengan menggunakan perahu kamu bisa menyewanya dengan tarif Rp. 250.000 per trip.

 

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Kebun Binatang Ragunan – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Jika mencari tempat wisata keluarga di Jakarta yang cocok untuk mengajak anak-anak berekreasi mengenal alam dan dunia binatang maka kamu bisa datang berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Di dalam kebun binatang seluas 140 hektar ini tersimpan setidaknya 295 spesies fauna yang berasal dari seluruh pelosok Negeri di Indonesia. Kebun binatang yang telah di dirikan sejak tahun 1864 ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam di Jabodetabek yang sangat edukatif untuk anak-anak. Selain bisa melihat berbagai fauna khas Indonesia, di tempat ini juga terdapat sesi pertunjukan yang sangat atraktif dan  menarik. Untuk bisa masuk ke Kebun Binatang Ragunan kamu harus membeli tiket seharga Rp. 4000 untuk dewasa dan Rp. 3000 untuk anak-anak.

 

4. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Kebun Raya Bogor – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Dari Jakarta kita berangkat menuju ke destinasi wisata alam di Bogor yang sangat populer yaitu Kebun Raya Bogor. Belum lengkap rasanya jika liburan ke Bogor tapi tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Kebun Raya Bogor merupakan salah satu kebun raya yang paling populer di Indonesia. Tempat ini sering di jadikan untuk melakukan kegiatan studi lapangan oleh siswa sekolah maupun para mahasiswa terutama yang berasal dari jurusan biologi. Di Kebun Raya Bogor yang memiliki total luas sekitar 87 hektar terdapat lebih dari 15.000 spesies tanaman lengkap beserta label identifikasi ilmiahnya. Tempat ini cocok sekali di jadikan destinasi wisata alam di Jabodetabek yang edukatif bagi anak-anak.

 

5. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Agrowisata Gunung Mas – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang selanjutnya adalah Agrowisata Gunung Mas yang berada di daerah Jl. Raya Puncak, Cisarua Bogor. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam perkebunan teh yang sangat luas. Agrowisata Gunung Mas ini bisa menjadi alternatif wisata Bogor murah meriah yang cukup menyenangkan. Selain menikmati pemandangan kebun teh, di sini kamu juga bisa berkeliling dengan menggunakan kuda. Jika ingin mengunjungi pabrik pengolahan teh kamu bisa menyewa pemandu untuk mendampingi kamu berkeliling dan melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan daun teh hingga menjadi teh kemasan yang siap di pasarkan.

 

6. Puncak Pass

Puncak Pass - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Puncak Pass – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Masih di sekitar kawasan Puncak Bogor ada satu lagi tempat wisata Jabodetabek yang wajib kamu kunjungi yaitu Puncak Pass. Jaraknya hanya sekitar 12 km dari pusat Kota Bogor dan bisa kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Puncak Pass merupakan salah satu tempat wisata di Puncak Bogor yang menawarkan resort mewah pemandangan alam yang sangat memukau. Namun untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di Puncak Pass kamu harus menyiapkan budget yang lebih. Tarif menginap di Puncak Pass di patok dengan harga mulai dari Rp. 400.000 per malamnya.

 

7. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Pantai Muara Beting – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Menuju ke Bekasi ada sebuah tempat wisata pantai yang menjadi objek wisata favorit para wisatawan yaitu Pantai Muara Beting. Pantai ini terletak di sebuah desa kecil bernama Desa Pantai Bahagia yang jaraknya tidak terlalu jauh dari jalan utama. Pantai Muara Beting merupakan wisata Bekasi yang wajib kamu kunjungi jika ingin menikmati pemandangan pantai yang lengkap dengan berbagai flora dan fauna di dalamnya. Di sekitar kawasan pantai terdapat hutan mangrove yang tumbuh subur mengelilingi pantai. Selain itu pantai ini merupakan wisata alam di Jabodetabek yang sudah di lengkapi dengan berbagai fasilitas seperti rumah makan, mushola, area parkir yang luas, dan kamar ganti.

 

8. Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Taman Bunga Wiladatika – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang selanjutnya adalah Taman Bunga Wiladatika yang berlokasi di Cibubur, Depok. Taman ini merupakan kawasan asri yang berada di tengah Kota Depok. Karena keindahan taman-tamannya yang sangat asri tempat ini juga sering di jadikan sebagai tempat syuting berbagai film dan sinetron tanah air. Selain taman-taman bunga yang indah wisata Depok yang satu ini juga di lengkapi dengan berbagai wahana permainan untuk anak seperti kereta api mini, flying fox, dan kolam renang.

 

9. Danau Cibeureum

Danau Cibeureum - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Danau Cibeureum – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Di daerah Bekasi terdapat sebuah danau yang cocok untuk anda jadikan tempat melepas penat sambil bersantai menikmati keindahan alam bernama Danau Cibeureum. Danau ini terletak di Desa Lambing Sari Kec. Tambun. Tempat ini biasanya di jadikan tujuan liburan dan rekreasi di Bekasi pada akhir pekan oleh masyarakat di sekitar kawasan Jabodetabek. Keunikan tempat wisata alam di Jabodetabek yang satu ini terletak pada pulau kecil yang ada di tengah-tengah dana dengan satu pohon besar yang ada di tengahnya. Disinilah kamu bisa mendapatkan spot berfoto yang sangat cantik. Untuk bisa menyeberang ke pulau tersebut kamu harus menyewa perahu dengan harga Rp. 15.000 per orang.

 

10. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Bendungan Pintu Air Sepuluh - Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Bendungan Pintu Air Sepuluh – Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang terakhir yaitu Bendungan Pintu Air Sepuluh yang ada di daerah Tangerang. Bendungan ini merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang memiliki nilai sejarah tinggi. Bendungan yang di aliri sungai cisadane ini buat pada tahun 1927 dan merupakan peninggalan pada masa penjajahan Belanda yang masih terawat hingga sekarang. Bendungan pintu air sepuluh ini berlokasi di Jalan Sangengo, Karawaci, Tangerang.

 

Begitulah ulasan kita tentang beberapa tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi saat liburan tiba. Sebenarnya masih banyak lgi objek wisata lainnya yang tak kalah menarik dengan yang ada diatas, mungkin akan kita bahas nanti dilain waktu. Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa menentukan tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi selama liburan nanti. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: