13 Tempat Wisata Bangka Belitung Yang Patut Anda Kunjungi

Wisata Bangka Belitung terkenal dengan pesona keindahan wisata baharinya. Ada banyak sekali pilihan destinasi pantai dan pulau yang punya eksotisme unik untuk menghabiskan waktu liburan kamu. Provinsi yang memiliki 2 buah pulau besar yaitu Bangka dan Belitung ini bisa jadi pilihan paling pas saat waktu liburan yang kamu miliki cukup panjang. Selain itu liburan ke Bangka Belitung juga tidak membutuhkan budget yang terlalu besar. Berkunjung ke tempat wisata di Bangka Belitung tidak bisa di habiskan dalam waktu sehari dua hari, karena ada banyak sekali daftar tempat wisata yang harus di kunjungi. Setidaknya kamu harus punya waktu liburan seminggu untuk bisa puas menjelajahi setiap spot menarik yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Pada kesempatan kali ini Kompas Wisata akan memberikan 13 rekomendasi tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

 

Tempat Wisata Bangka Belitung Yang Eksotis

 

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas - Wisata Bangka Belitung

Pulau Lengkuas – Wisata Bangka Belitung

Wisata Pulau Bangka pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Lengkuas. Meskipun ada lengkuas pada namanya, tapi jangan membayangkan jika pulau ini di penuhi dengan tanaman lengkuas ya, karena kamu tidak akan menemukannya di sini. Di Pulau Lengkuas ada satu objek wisata yang cukup menarik yaitu mercusuar yang sudah berusia sangat tua. Mercusuar di bangun pada tahun 1882 pada masa penjajahan Belanda dulu dan masih aktif dan berdiri kokoh hingga sekarang.

Pulau Lengkuas menjadi salah satu destinasi wisata Bangka Belitung yang paling banyak di buru oleh para wisatawan karena adanya mercusuar ini. Dari atas mercusuar ini kamu bisa melihat pemandangan seluruh pulau yang memiliki luas hampir 1 hektar ini. Pemandangan laut di sekitar yang sangat jernih bisa jadi akan menambah indah pemandangan. Puncak mercusuar di Pulau Lengkuas ini merupakan salah satu spot favorit untuk berburu foto-foto cantik di Pulau Bangka Belitung. Kamu harus coba !

Pantai Lengkuas - Wisata Bangka Belitung

Pantai Lengkuas – Wisata Bangka Belitung

Pulau Lengkuas terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

 

2. Pantai Tikus

Pantai Tikus - Wisata Bangka Belitung

Pantai Tikus – Wisata Bangka Belitung

Pantai Tikus adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata Bangka Belitung yang terkenal dengan keasrian alamnya yang masih sangat terjaga. Pantai Tikus terletak di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung. Salah satu yang paling menarik dari tempat ini adalah adanya kuil-kuil yang terletak di atas bukit. Kuil dengan desain unik berbentuk bulat ini dulunya merupakan tempat peribadatan masyarakat etnis Tiongkok yang banyak bermukim di pulau ini.

 

3. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri - Wisata Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri – Wisata Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri terletak di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung. Banyak yang bilang jika Pantai Parai tenggiri ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Bangka Belitung. Jaraknya dari kota lumayan jauh yaitu sekitar 40 km yang bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan. Kamu bisa naik angkutan umum dari kota atau menyewa ojek untuk bisa sampai di lokasi wisata Bangka Belitung yang satu ini. Untuk masuk ke Pantai ini hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 25.000 saja.

Pantai Parai Tenggiri (1) - Wisata Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri (1) – Wisata Bangka Belitung

Pantai yang sering di jadikan tempat berkumpul komunitas backpacker Belitung ini punya keunikan yang cukup menarik jika di bandingkan dengan pantai lainnya di kawasan Bangka Belitung. Kondisi topologisnya yang sebagian besar terdiri dari hamparan batu granit menjadikan pemandangan di pantai ini sangat unik. Ada banyak sekali spot selfie yang bisa kamu jelajahi. Jangan lupa bawa kamera terbaik kamu saat berkunjung ke pantai ini.

 

4. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk - Wisata Bangka Belitung

Pantai Penyusuk – Wisata Bangka Belitung

Pantai Penyusuk adalah salah satu wisata Bangka Belitung yang berada di bagian utara Pulau Bangka. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tenang dan perairannya yang sangat jernih. Cocok sekali untuk kamu yang ingin berenang dan menghabiskan waktu di air. Habitat terumbu karangnya yang masih sangat terjaga adalah pemandangan paling menarik di pantai ini. Ratusan spesies ikan-ikan tropis beraneka warna bisa kamu lihat bahkan tanpa harus menyelam. Pantai Penyusuk sudah menjadi wisata andalah di wilayah Tanjung Pandan Belitung yang tidak pernah sepi dari kunjungan. Kamu tidak boleh melewatkan spot yang satu ini.

 

5. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi - Wisata Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi – Wisata Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi juga sering di sebut-sebut sebagai tempat wisata Bangka Belitung yang paling populer. Pantai yang terletak sekitar 7 km dari Pangkal Pinang ini bisa jadi pilihan pertama yang jaraknya paling dekat dengan bandara. Tapi jangan heran jika di sini sangat padat pengunjungnya, karena yang datang ke pantai ini tidak hanya pengunjung dari luar daerah saja, wisatawan lokal pun selalu memadati tempat ini sekedar untuk bersantai atau jalan-jalan di sore hari.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja per orang. Untuk masalah fasilitas sudah termasuk sangat lengkap. Disini sudah ada hotel berbintang, kafe dan restoran yang menyediakan berbagai menu makanan khas Bangka Belitung, dan beberapa kios souvenir untuk membeli barang-barang unik dari Bangka Belitung.

 

6. Pulau Memperak

Pulau Memperak - Wisata Bangka Belitung

Pulau Memperak – Wisata Bangka Belitung

Jika kamu salah satu pemburu tempat-tempat wisata tersembunyi yang belum terlalu banyak terjamah oleh manusia, maka Pulau Memperak ini wajib kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata kamu ke Pulau Bangka Belitung. Wisata Bangka Belitung yang satu ini terletak di Kabupaten Belitung Timur bagian utara.  Karena letaknya yang terbilang cukup tersembunyi, tempat ini memiliki perairan yang masih sangat terjaga. Keindahan bawah lautnya sering kali di jadikan tempat snorkeling yang paling favorit di Bangka Belitung

 

7. Pantai Penyak

Pantai Penyak - Wisata Bangka Belitung

Pantai Penyak – Wisata Bangka Belitung

Pantai Penyak adalah objek wisata Bangka Belitung yang cukup unik. Pantai ini merupakan pantai terpanjang yang ada di Bangka Belitung. Panjang bibir panjangnya terhampar sekitar 3 km dengan pasir putih yang landai dan air yang jernih. Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai setelah kamu puas berkeliling di beberapa tempat wisata Bangka Belitung lainnya. Pantai ini juga tidak pernah sepi dari pengunjung, masyarakat lokal biasanya menggunakan pantai ini sebagai tempat piknik bersama keluarga di akhir pekan.

 

8. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona - Wisata Bangka Belitung

Pantai Tanjung Pesona – Wisata Bangka Belitung

Pantai Tanjung Pesona memiliki perairan yang sangat cocok untuk snorkeling. Karena itulah tempat ini sering di gunakan sebagai tempat latihan para pecinta snorkeling Belitung. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota menjadikan pantai ini sebagai salah satu wisata Bangka Belitung yang paling mudah di akses. Kamu hanya butuh waktu 45 menit dari bandara untuk bisa sampai di pantai ini. Selain snorkeling kamu juga bisa mengelilingi perairan dengan menyewa speedboat.

 

9. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang - Wisata Bangka Belitung

Pantai Tanjung Kelayang – Wisata Bangka Belitung

Pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan dari luar negeri. Keindahan baharinya yang sering di sebut-sebut sebagai pantai terindah di Bangka Belitung menjadikan tempat ini tak pernah sepi dari kunjungan. Selain itu wisata Bangka Belitung yang satu ini sering di jadikan tempat untuk menyelenggarakan berbagai even maritim tingkat internasional. Salah satunya yang belum lama ini di adakan adalah sebuah even besar bertajuk Sail Wakatobi Belitung yang berhasil mencuri perhatian wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

 

10. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi - Wisata Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi – Wisata Bangka Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu destinasi wisata Tanjung Pandan yang sempat di jadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai yang terkenal dengan pemandangan pasir pantainya yang sangat bersih. Jaraknya sekitar 30 km dari kota Tanjung Pandan, tepatnya di Kecamatan Sijuk. Anda bisa menaiki angkutan umum untuk bisa sampai ke lokasi.

 

11. Pantai Matras

Pantai Matras - Wisata Bangka Belitung

Pantai Matras – Wisata Bangka Belitung

Pantai Matras berlokasi di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, sebelah timur Pulau Bangka, ±40 km dari Pangkalpinang dan 7 km dari Kota Sungailiat. Pantai ini sangat eksotis dan menawan yang  mampu dijadikan objek wisata terfavorit bagi pencinta wisata bahari di Bangka Belitung. Administrasi masuk ke pantai ini hanya Rp5.000,- . Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar pantai Matras ini seperti hotel, bungalow sederhana, layanan tour dan travel serta tempat-tempat hiburan lainnya.

 

12. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai - Wisata Bangka Belitung

Pulau Ketawai – Wisata Bangka Belitung

Indonesia dianugerahi banyak pulau indah yang bisa Anda temui. Salah satu yang cukup menggoda ada di Bangka Tengah yang dinamai Pulau Ketawai. Pulau tak berpenduduk ini sangat sepi hingga membuat kita seperti berada di pulau pribadi. Pulau ketawai sangat cocok untuk tempat bermain air ataupun snorkling. Keindahan bawah laut pulau ini sangat memukau dan membuat Anda akan betah untuk berlama-lama disini. Dipulau ini hanya dihuni oleh satu keluarga saja, mereka membuka warung yang menyediakan makanan dan minuman seadanya. Jika kita ingin minum kelapa muda, kita cukup bilang dan langsung di panjat karena hampir seluruh isi pulau ini ditanami pohon kelapa.

Pulau ketawai terletak di Kabupaten Kurau, Bangka Tengah. Luas pulau Ketawai mencapai 28 hektare. Untuk mencapai Pulau Ketawai, traveller harus menyewa perahu dan berlayar ±1 jam dengan biaya sewa kapal rata-rata Rp. 800.000,- yang dapat di isi oleh 8 orang. Sangat perlu diperhatikan ketika ingin berkunjung ke pulau ini adalah waktu keberangkatan harus sepagi mungkin karena kalau sudah diatas jam 12.00 tidak ada lagi kapal yang akan berangkat kesana. Selanjutnya untuk waktu kembali dari pulau harus dibawah jam 3 sore karena air laut akan surut yang dapat membuat perahu akan kesulitan untuk kembali ke pelabuhan.

 

13. Bukit Menumbing

Bukit Menumbing - Wisata Bangka Belitung

Bukit Menumbing – Wisata Bangka Belitung

Bukit Menumbing juga termasuk salah satu wisata Bangka Belitung yang tidak boleh kamu lewatkan. Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 335 meter ini tidak hanya memiliki panorama alam yang indah tapi juga memiliki nilai historis yang cukup penting bagi sejarah bangsa ini. Dulu pada tahun 1948 hingga 1949 wilayah Bukit  Menumbing ini merupakan tempat untuk mengasingkan bapak proklamator kita, Bung Karno dan Bung Hatta. Hingga kini wisma yang di jadikan tempat mengasingkan mereka masih bisa di lihat dan terawat dengan baik.

 

Itulah 13 tempat wisata Bangka Belitung yang bisa Anda kunjungi saat berlibur kesana. Selain destinasi diatas, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di Bangka Belitung lainnya seperti Bangka Botanical Garden dan Pulau Batu Berlayar. Nah, setelah puas bertamasya menikmati alam Bangka Belitung, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Bangka Belitung yang enak-enak seperti Sambalingkung atau Lempah Kuning. Sekian ulasan kita dan semoga liburan Anda di Bangka Belitung menjadi menyenangkan setelah membaca artikel ini. Selamat berlibur. Be Happy !!

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: