10 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Recommended Dikunjungi

Tempat Wisata di Balikpapan – Indahnya alam berselaras mesra dengan potensi wisata yang ada disuatu daerah menjadi daya hipnotis tersendiri untuk siapa saja agar berkunjung kesana. Jika Anda juga termasuk salah satu orang yang berkenan untuk berkunjung ke tempat wisata yang menghipnotis, Balikpapan adalah tujuan wisata terbaik Anda. Ada banyak tempat wisata di Balikpapan yang recommended mulai dari wisata alam Balikpapan sampai dengan wisata malam Balikpapan.

Bagi Anda yang sudah niat untuk melancong di berbagai destinasi wisata terbaik di Balikpapan, berikut kami akan berikan 10 daftar rekomendasi tempat wisata Balikpapan terbaik yang layak jadi tujuan kunjungan wisata Anda disana. Apa sajakah itu? Berikut informasinya!

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Balikpapan

Kali ini kita akan bagikan informasi wisata di Balikpapan yang direkomendasikan banget. Jika Anda ingin melancong di Balikpapan namun masih bingung mau ke tempat liburan di Balikpapan, berikut daftarnya :

 

1. Wisata Kebun Raya Balikpapan

Wisata Kebun Raya - Tempat Wisata di Balikpapan

Wisata Kebun Raya – Tempat Wisata di Balikpapan

Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini bukanlah sebuah wisata alam Balikpapan tetapi merupakan wisata kebun buatan yang dibangun untuk tujuan rekreasi, edukasi dan hiburan keluarga tercinta. Ada banyak fasilitas Kebun Raya Balikpapan yang bisa Anda rasakan sebagai penunjang tempat wisata ini diantaranya kebun di alam terbuka dan di rumah kaca, fasilitas ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, museum serta beberapa tanaman percobaan.

Wisata Kebun Raya Balikpapan sendiri lokasinya termasuk di bagian kawasan yang terletak didalam kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Wisata Kebun Raya Balikpapan kini ditunjuk sebagai suatu kawasan hutan dengan tujuan khusus (KDTK) dengan bentuk Kebun Raya yang luasnya mencapai lebih dari 309 hektar. Kebun Raya Balikpapan merupakan wisata km 15 Balikpapan yang dapat Anda tempuh dengan sepeda atau mobil pribadi.

 

2. Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan

Hutan Bakau Margomulyo - Tempat Wisata di Balikpapan

Hutan Bakau Margomulyo – Tempat Wisata di Balikpapan

Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan merupakan sebuah tempat wisata di Balikpapan yang bergenre wisata alam Balikpapan. Setiap akhir pekan wisata yang satu ini terbilang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Lokasi wisata Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan berada tepat di bagian belakang SMU Negeri 8 Jalan AMD Gunung Empat RT 42 Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Disini keindahan alam yang sangat indah selaras dengan pesona yang tak terhingga akan bisa Anda saksikan. Anda bisa berfoto dengan nyaman di spot terbaik wisata ini yaitu sebuah jembatan kayu 800 meter. Disini keindahan alam yang syahdu akan tertangkap kamera Anda.

 

3. Hutan Mangrove Graha Indah Balikpapan

Hutan Mangrove Graha Indah - Tempat Wisata di Balikpapan

Hutan Mangrove Graha Indah – Tempat Wisata di Balikpapan

Wisata Hutan Mangrove Graha Indah Balikpapan merupakan sebuah tempat wisata yang berada dalam kompleks perumahan. Untuk menuju tempat ini Anda berangkat dari pertigaan Jalan Soekarno Hatta Km 6 kemudian belok ke arah Kariangau dan ikuti jalan ini sampai bertemu Gapura Graha Indah. Untuk tiket masuknya, Anda hanya dipungut biaya retribusi parkir saja dan tak ada tarif tiket masuk ke tempat wisata yang ada di Balikpapan satu ini.

Hutan Mangrove Center di Graha Indah kini telah dilengkapi pos pengawasan yang dibuat menggunakan kayu jati, serta penambahan patung Bekantan. Kemudian sudah tersedia 3 perahu yang dapat mengantar para wisatawan menyusuri sungai.

 

4. Danau Cermin Balikpapan

Danau Cermin - Tempat Wisata di Balikpapan

Danau Cermin – Tempat Wisata di Balikpapan

Jikalau Anda rindu suasana alam nan hijau menawan berpadu aksen biru yang sangat istimewa datang saja langsung ke Danau Cermin Balikpapan. Tempat wisata Balikpapan yang satu ini lokasinya berada di Jalan Rawamangun RT 20 Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. Kurang lebih Anda butuh waktu 45 menit ke tempat wisata di Balikpapan km 28 ini. Jernihnya air bersama dengan pantulan sinar matahari menyiratkan butiran suasana mirip cermin yang sangat istimewa di Danau Cermin Balikpapan.

 

5. Pantai Melawai Balikpapan

Pantai Melawai - Tempat Wisata di Balikpapan

Pantai Melawai – Tempat Wisata di Balikpapan

Bagi Anda pecinta wisata pantai jangan lupa menyaksikan semburat sunset terindah di Balikpapan. Caranya dengan berkunjung ke wisata Pantai Melawai Balikpapan. Di tempat wisata di Balikpapan ini pesona sunset yang sangat mengagumkan akan dapat Anda temukan. Wisata Pantai Melawai Balikpapan berada di Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76111. Sekarang tempat wisata ini menjadi tempat nongkrong asyik bagi para pemuda dan pemudi. Fotografi seru juga bisa lho dilakukan di tempat keren ini. Karena itu banyak juga pasangan yang memilih melakukan aktivitas foto pre wedding di tempat yang satu ini.

 

6. Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan

Penangkaran Buaya Teritip - Tempat Wisata di Balikpapan

Penangkaran Buaya Teritip – Tempat Wisata di Balikpapan

Di tempat wisata Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan Anda akan temukan sebuah penangkaran buaya yang jumlahnya saat ini mencapai 1500 ekor lebih. Luas penangkaran ini sekitar 5 hektar dengan sisi keunikan yang bisa dicicipi. Anda juga bisa menemukan banyak oleh-oleh kalau kemari. Mulai dari souvenir keren, tas, ikat pinggang dan berbagai benda dengan nilai ekonomis yang bisa dibawa pulang. Dan semua itu identik dengan buaya.

 

7. Woody Park Balikpapan

Woody Park - Tempat Wisata di Balikpapan

Woody Park – Tempat Wisata di Balikpapan

Woody Park Balikpapan adalah sebuah lokasi wisata yang berada di Jalan Kolonel Syarifudin Yoes, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Wisata ini kini tengah menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan yang diminati karena menjadi tempat wisata ramah anak yang ada disana.

Kalau Anda kesini, ada beberapa wahana wisata yang dapat Anda temukan diantaranya arena outbound, flying fox, tempat bermain anak, tempat camping, gazebo, mushola dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga :

 

8. Wisata Rumah Adat Balikpapan

Wisata Rumah Adat Balikpapan

Wisata Rumah Adat Balikpapan

Selain berkunjung ke berbagai tempat wisata alam dan beberapa wisata edukasi Balikpapan, jangan lupakan kunjungan selanjutnya ke wisata budaya milik Balikpapan. Balikpapan punya sebuah wisata rumah adat Balikpapan yang kini sedang dikembangkan pemerintah sebagai wisata budaya Balikpapan. Alamat Rumah Adat Balikpapan berada di km 15 Balikpapan. Wisata ini memiliki struktur bangunan dengan panjang sampai 300 meter dan lebar 15 meter. Disini Anda sekaligus bisa belajar tentang rumah lamin dengan hiasan uniknya. Anda juga bisa menemukan beberapa ciri khas dan keunikan rumah adat Balikpapan yang nantinya bisa dijelaskan oleh penjaga atau pemandu wisata Anda disana.

 

9. Wisata malam Balikpapan

Wisata Kota - Taman Bekapai Balikpapan

Wisata Kota – Taman Bekapai Balikpapan

Berkunjung ke Balikpapan, ada banyak wisata malam Balikpapan yang direkomendasikan. Tempat wisata di Balikpapan yang satu ini menjadi icon malam terbaik menikmati city light yang khas dari Balikpapan. Beberapa destinasi wisata malam Balikpapan yang cocok dikunjungi wisatawan diantaranya wisata kota Taman Bekapai Balikpapan, Gunung Dubbs Balikpapan, jelajah kuliner malam di Ruko Bandar Balikpapan, Beach House Batakan Balikpapan, serta masih banyak lagi tempat wisata di Balikpapan malam hari yang direkomendasikan.

 

10. Tempat nongkrong di Balikpapan

8 Mile Industrial Cafe - Tempat Wisata di Balikpapan

8 Mile Industrial Cafe – Tempat Wisata di Balikpapan

Rasanya nggak asyik kalau jalan-jalan tanpa dibarengi aktivitas wisata kuliner. Buat Anda yang sedang mencari tempat nongkrong di Balikpapan paling seru dan kece, Anda langsung saja datang ke beberapa tempat nongkrong di Balikpapan yang direkomendasikan. Beberapa tempat nongkrong di Balikpapan yang direkomendasikan tersebut diantaranya 8 Mile Industrial Cafe, 3Tiga Drinks And Eatery, Koffie Warung Tinggi, Cafe House Balikpapan dan masih banyak lagi. Disana banyak sekali makanan dan minuman lezat khas Balikpapan ala cafe yang disediakan untuk pengunjungnya. Murah meriah dan recommended banget deh pokoknya sobat.

 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Balikpapan yang bisa Kompas Wisata berikan kali ini. Bila Anda sudah puas berwisata alam di Balikpapan, tak ada salahnya untuk mencoba makanan khas balikpapan seperti olahan kepitingnya atau mie soba lada hitam. Semoga hari libur Anda menyenangkan dan selalu diberikan kebahagiaan. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!