12 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Menarik Untuk Dikunjungi

  Banjarmasin merupakan salah satu kota tujuan wisata yang berada di Kalimantan Selatan. Kota dengan luas 72 km2 ini menjadi salah satu kota dengan sederet keunikannya sendiri. Bukan hanya karena Banjarmasin menjadi ibu kota bagi provinsi Kalimantan Selatan, namun kota ini juga menjadi pusat pemerintahan, pusat perdagangan, bahkan pusat pariwisata untuk Kalimantan Selatan. Banjarmasin pun menjadi salah satu kota dengan hunian terpadat di seluruh pulau Kalimantan. Itu saja? Belum, karena Banjarmasin masih memiliki banyak keunggulan lain yang dijamin mampu memukau para pengunjungnya untuk menjelajahi tempat wisata di Banjarmasin lebih jauh lagi.

Salah satu keunikan dari kota Banjarmasin adalah letaknya yang dekat dengan laut. Namun bukan ini alasan mengapa kota ini mendapat sebutan sebagai kota 1000 sungai. Memang sih, jangan berharap benar-benar ada 1000 sungai yang mengalir di seluruh kota Banjarmasin, namun ada cukup banyak yang mengalir hingga mampu membelah kota Banjarmasin menjadi 25 pulau atau delta kecil, diantaranya adalah pulau Tatas, pulau Kelayan, pulau Rantauan Keliling, dan banyak lainnya. Nama-nama sungainya sendiri adalah sungai Martapura, sungai Sipandai, sungai Barito, sungai Pangeran, Sungai Jagabaya, Sungai Keramat, Sungai Sigaling, dan sungai-sungai lain yang totalnya ada 24 sungai. Karena itu, bila di kota-kota lain mode transportasi utamanya adalah kendaraan bermotor, maka di Banjarmasin mode transportasi utama dan digunakan sehari-hari adalah perahu! Seru ya.

Dan memang, berwisata dan menjelajahi tempat wisata di Banjarmasin sangatlah seru dengan semua keunikan yang dimiliki. Untuk Anda yang berniat untuk berlibur ke Borneo, tepatnya ke Banjarmasin, dibawah ini ada 12 tempat wisata di banjarmasin yang wajib dikunjungi.

 

1. Pasar Terapung Banjarmasin

Sesuai dengan julukannya sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin memiliki sebuah wisata khas yang nyaris tak dimiliki oleh kota-kota lain di Indonesia yaitu Pasar Terapung, yang dimana sangat pantas untuk dijadikan salah satu tempat wisata di Banjarmasin. 24 anak sungai yang mengalir di Banjarmasin tak hanya membagi Banjarmasin menjadi 24 delta atau pulau-pulau kecil, namun juga menjadikan perahu sebagai mode transportasi utama di kota ini. Karena itu, tak heran pula bukan bila terdapat banyak sekali pasar terapung.

Pasar terapung di Banjarmasin yang paling terkenal adalah yang berada di muara Sungai Barito, yang juga adalah pasar terapung terbesar di Banjarmasin. Di Pasar terapung ini, pengunjung tak hanya bisa menyaksikan uniknya aktifitas jual beli yang sepenuhnya dilakukan di atas perahu.

 

 2. Pulau Kembang

Bila masih berada di sekitaran Sungai Barito seusai berkunjung di Pasar Terapung, berjalanan bisa berlanjut ke Pulau Kembang, yang tepat berada di tengah sungai. Pulau yang masih asri ini menjadi habitat asli monyet-monyet dan burung-burung unik. Perpaduan monyet, burung, dan pemandangan pulau Kembang yang begitu sejuk dengan pohon-pohon besar membuat lokasi ini cocok sebagai salah satu tujuan tempat wisata di banjarmasin.

 

3. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah - Wisata Kota Banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah – Wisata Kota Banjarmasin

Masjid ini merupakan salah satu lokasi wisata yang ikonik di Banjarmasin. Rasanya, berwisata ke kota ini belum lengkap bila belum berkunjung ke Masjid Sultan Suriansyah. Tak hanya menjadi lokasi wisata, Masjid Sultan Suriansyah pun menjadi pusat kegiatan penting bagi masyarakat Islam di Banjarmasin.

 

4. Masjid Sabilal Muhtadin

Bila Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua, namun masjid terbesar di Banjarmasin adalah Masjid Sabilal Muhtadin. Masjid yang dibangun pada tahun 1981 ini mampu menampung hingga 15,000 pengunjung. Kemegahan masjid Sabilal Muhtadin semakin nampak nyata dengan adanya 5 menara besar yang tak henti-henti membuat pengunjung terkagum-kagum.

 

5. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Martapura - Wisata Kota Banjarmasin

Taman Siring Martapura – Wisata Kota Banjarmasin

Lokasi taman satu ini berada tepat di pinggiran Sungai Martapura, di jalan Jenderal Kapten Tendean dan jalan Kapten Sudirman. Disini, para anak muda Banjarmasin biasa menghabiskan waktu di sore hari, baik itu berolah raga, bersanti dengan teman sembari menyaksikan matahari terbenam atau bahkan menikmati jajanan di banyak penjual di sekitar Taman Siring Sungai Martapura.

 

6. Taman Maskot

Taman satu ini pun harus menjadi tujuan wisata bagi Anda yang tengah berkunjung ke Banjarmasin. Seperti namanya, Taman Maskot memiliki keunggulan dua buah maskot yang terdapat di pintu depan taman. Terdapat patung raksasa maskot Banjarmasin, Bekantan serta Katsuari. Patung ini memiliki desain yang apik sehingga kerap kali dijadikan latar belakang foto. Selain ada patung maskot, Taman Maskot pun memiliki koleksi tanaman-tanaman unik mulai dari kaktus hingga beragam jenis bunga.

 

7. Museum Wasaka Banjarmasin

Nama Museum Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing, yang merupakan moto perjuangan warga Banjarmasin. Dan memang, museum Wasaka menyimpan berbagai simbol dan benda yang menjadi lambang perjuangan rakyat Banjarmasin dalam merebut kemerdekaan. Selain itu, terdapat teks proklamasi khusus yang dibuat pada 17 Mei 1949, yang menandakan bergabungnya Kalimantan sebagai wilayah NKRI.

 

8. Rafting bambu di Sungai Amandit

Berwisata di kota 1000 sungai tentu tak akan lengkap bila tidak melakukan aktifitas atau olah raga yang berkaitan dengan air, bukan? Rafting di sepanjang hilir sungai di kota Banjarmasin menjadi salah satu kegiatan wisata yang kerap dilakukan oleh wisatawan. Salah satunya yang paling unik adalah rafting di Sungai Amandit yang menggunakan bambu! Ya, bukannya perahu, rafting di sungai ini dilakuka wisatawan dengan selembar bambu. Untuk memulai rafting, pengunjung akan dibebankan biaya hingga Rp 250,000.

 

9. Jembatan Barito

Jembatan Barito - Wisata Kota Banjarmasin

Jembatan Barito – Wisata Kota Banjarmasin

Jembatan Barito, Banjarmasin sepertinya bukan merupakan wisata yang asing lagi. Jembatan yang menghubungkan sisi barat dan sisi timur dari sungai Barito yang membelah kota Banjarmasin ini nyaris selalu ramai dikunjungi. Ikon wisata Banjarmasin ini memiliki pemandangan indah dengan lampu-lampu yang memukau sepanjang sungai Barito.

 

10. Sentra Kuliner ‘Mandiri’ Martapura

Selain sungai Barito, sungai Martapura pun menjadi salah satu sungai terbesar di Banjarmasin. Karena itu tak heran, bila kedua sungai ini menjadi salah satu pusat aktifitas bagi warga Banjarmasin. Untuk Anda yang berkunjung ke Banjarmasin dengan tujuan wisata kuliner, maka tepian sungai Martapura bisa menjadi pilihan. Di sepanjang tepian sungai sudah dibangun Sentra kuliner ‘Mandiri’ yang menyenangkan untuk berwisata kuliner. Tak hanya bersih, dan tertata rapi, tepian sungai Martapura pun menghadirkan banyak pilihan makanan khas Banjarmasin dan Kalimantan.

 

11. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh di Taman Siring Martapura - Wista Kota Banjarmasin

Pantai Jodoh di Taman Siring Martapura – Wista Kota Banjarmasin

Bila berwisata ke Taman Siring, tak ada salahnya mampir ke Pantai Jodoh. Di pantai ini, banyak muda-mudi memadu kasih sembari menikmati angin sore dan pemandangan yang indah di Pantai Jodoh. Dinamakan Pantai Jodoh karena disalah satu lokasi di Taman Siring ini menjadi tempat favorit bagi anak muda berkumpul dan saling bercengkrama.

 

12. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang di Banjarmasin terkenal untuk wisatawan yang berniat menyaksikan keindahan kota dari ketinggian. Menara dengan tinggi 21 meter ini memang menunjukan pemandangan indah kota Banjarmasin, terutama pada malam hari ketika nyaris seluruh kota dan tepian sungai dihiasi lampu berkelip-kelip. Indah dan memukau!

Untuk memasuki area menara pandang di kota Banjarmasin kita tidak dipungut biaya, cukup membayar biaya parkir saja maka kita sudah bisa berwisata dan menikmati keindahan Kota Banjarmasin dari menara pandang ini.
Sepertinya bagi penikmat wisata dan olahraga air, kota Banjarmasin ini bisa di jadikan referensi untuk destinasi liburan kalian. Tapi buat kalian yang lebih suka dengan wisata sejarah, jangan takut ! karena di banjarmasin juga menyediakan situs-situs peninggalan seperti di jelaskan di atas. Nah, apa kalian sudah siap untuk berkunjung ke tempat wisata di Banjarmasin ini?

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!