10 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaik dan Terpopuler

Beberapa tempat wisata di Banyuwangi terkenal bahkan hingga mancanegara, tiga wisatanya yang sangat terkenal adalah Kawah Ijen, wisata pantai Plengkung, serta wisata pantai Sukamade. Hal ini juga didukung oleh kebijakan dari pemerintah setempat yang memberikan nama “Triangel Diamond” di karena ketiga tempat wisata ini mempunyai karakteristik wisata unik serta sangat menarik banyak wisatawan

Pesona wisata yang ada di Banyuwangi dilengkapi dengan kekayaan wisata alam yang mempesona serta keeksotikan wisata baharinya. Beberapa wisata pantai di Banyuwangi sangat terkenal tidak hanya di kalangan masyarakat Banyuwangi saja. Seperti wisata pantai Plengkung, serta pantai pulau Merah, sampai dengan Teluk Hijau. Selain Teluk Hijau Banyuwangi berikut beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang sangat menawan serta populer dan ramai dikunjungi para traveler.

 

Referensi Tempat Wisata di Banyuwangi

 

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen Tempat Wisata Di Banyuwangi

Kawah Ijen – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen merupakan salah satu kawah danau besar di kepulauan Jawa. Kawah ini secara administratif terletak di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Situbondo, serta Banyuwangi. Berada diketinggian 2.443 mdpl serta kedalaman kawah hingga 200m. Kawah Ijen mempunyai pesona yang luar biasa, yaitu danau belerang berwarna tosca serta api biru atau yang sering disebut dengan blue fire. Anda bisa menyaksikan panorama yang sangat memikat apalagi pada saat malam hari sampai menjelang subuh. Untuk bisa tiba di kawah ini, Anda perlu mendaki kurang lebih 3 km yang membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Rasa lelah saat mendaki akan terbayar dengan melihat pesona keindahan blue fire di tempat wisata banyuwangi ini.

 

2. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pulau Tabuhan – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi mempunyai air laut yang jernih serta menjadi salah satu objek wisata di Banyuwangi yang banyak digemari wisatawan. Pulau ini berlokasi di tengah selat Bali. Di pulau ini, kalian bisa snorkeling atau scuba diving, selain itu jarak pulau Tabuhan ini cuma sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Pulau ini tak berpenghuni serta mempunyai luas area kurang lebih 5 ha dengan karakter pasir yang putih dan air lautnya yang sangat bening. Rute perjalanan paling dekat ke Pulau Tabuhan adalah melewati Bangsring serta Kampe yang membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Biaya sewa perkapal sebesar Rp 500.000 dengan maksimal bisa memuat 10 orang. Sedangkan sewa alat snorkeling kalian akan dikenakan Rp 30.000 yang tersedia di wilayah Bangsring.

 

3. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Bangsring – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Bangsring merupakan salah satu destinasi liburan di Banyuwangi yang populer dikalangan para wisatawan. Mempunyai keindahan bawah laut yang eksotis serta beragam biota laut serta keindahan terumbu karangnya. Pantai di Banyuwangi ini mempunyai luas kurang lebih 15 ha dengan kedalaman mulai dari 2 sampai 15 meter. Kegiatan wisata paling favorit pantai di Banyuwangi ini adalah snorkeling serta diving. Dengan ikon utamanya yaitu rumah apung Bangsring, yang merupakan  sebuah bangunan dengan ukuran 27m x 7m serta terapung dan berjarak 20 meter dari pinggir pantai. Di area rumah ini, Anda bisa mencoba berenang dengan sekelompok anak ikan hiu sirip hitam jinak dan sengaja ditangkar disana. Selain itu kalian juga bisa menanam terumbu karang di kawasan konservasi pantai Basring.

 

4. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Masyarakat Banyuwangi mengenalnya dengan nama Pulau Merah Banyuwangi, ini karena tanahnya yang berwarna merah. Bentuknya mirip sebuah bukit kecil, lokasi pulau merah Banyuwangi ini tak jauh dari pinggir pantai. Anda bisa berkunjung ke Pulau Merah ini saat air sedang surut, dengan jarak kurang lebih 100 meter dari pinggir pantai. Pulau merah Banyuwangi mempunyai ketinggian gelombang 4 sampai 5 m, merupakan salah satu tempat berselancar di Banyuwangi yang paling direkomendasikan buat Anda para pemula. Berjarak 80 km dari pusat kota, Anda bisa masuk ke ke pantai ini dengan membayar harga tiket sebesar Rp 3.000/ orang, tapi saat weekend akan menjadi Rp 5.000/orang.

 

5. Teluk Hijau

Teluk Hijau Tempat Wisata Di Banyuwangi

Teluk Hijau – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Teluk Hijau Banyuwangi merupakan salah satu tempat wisata dengan udara segar pantai yang bercampur dengan suasana hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri. Anda akan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 3 sampai 4 jam dari pusat kota Banyuwangi. Perjalanan ke teluk ini terbilang memerlukan banyak tenaga fisik, tapi Anda akan dihibur dengan panorama laut yang sangat memikat. Saat kalian melakukan perjalanan ke Taman Nasional Meru Betiri serta Sukamade, Anda bisa  melewati Teluk Hijau ini. Tetapi Anda cuma bisa menyaksikannya dari jauh, karena keindahan Teluk Hijau yang sebenarnya berada di area pantai. Air laut begitu jernih dengan warnanya yang hijau kebiruan, pasir pantai sangat bersih serta putih, ombaknya juga tenang, sehingga tempat ini menawarkan suasana yang asri serta damai.

 

6. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Plengkung – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai di Banyuwangi ini merupakan yang terkenal sebagai pantai terbaik untuk surfing. Tempat wisata di Banyuwangi ini mempunyai reputasi pantai yang sangat baik bahkan sampai ke mancanegara serta terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Jika Anda ingin melakukan surfing di pantai ini, datanglah pada bulan Mei – Oktober. Objek wisata pantai Plengkung ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Ombak di pantai ini mempunyai 3 tingkatan, yaitu King Waves mencapai 6-8 meter, Speedis Waves mencapai 5-6 m, serta Many Track Waves mencapai 3-4 m. Ombak tingkat many track paling sering digunakan oleh para peselancar pemula. Disekitar pantai ini, banyak sekali cottage serta jungle camp.

 

7. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Sukamade – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Masyarakat Banyuwangi mengenalnya dengan nama pantai Sukamade, pantai ini terkenal dengan konservasi penyunya. Bentuknya mirip sebuah bukit kecil, lokasi pulau Merah Banyuwangi ini tak jauh dari pinggir pantai. Bulan November – Maret adalah musim puncak penyu bertelur di pantai ini. Berjarak 97 km dari pusat kota, Anda bisa mengikuti kegiatan paling menarik yaitu menyaksikan aktivitas penyu serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan penetasan telur penyu yang telah dikumpulkan oleh petugas secara manual. Anda bisa masuk ke pantai ini dengan membayar harga tiket sebesar Rp 3.000/orang, tapi saat weekend akan menjadi Rp 5.000/orang.

 

8. Pantai Boom

Pantai Boom Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Boom – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi merupakan salah satu pantai favorit yang sering dikunjungi warga Banyuwangi saat liburan. Lokasinya sangat dekat dari pusat kota yang menjadi alasan utamanya, Cuma berjarak kurang lebih 2 km dari kantor Bupati Banyuwangi. Harga tiket untuk masuk pantai ini sebesar Rp 3.000. Anda juga bisa menyewa kursi payung warna-warni seharga Rp 20.000 serta menunggang kuda mengitari pantai seharga Rp 25.000 saja.

 

9. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol Tempat Wisata Di Banyuwangi

Pantai Watu Dodol – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Kalian bisa lanjut explore Banyuwangi dengan berkunjung ke Watu Dodol di desa Ketapang. lokasinya tidak jauh dari pelabuhan Ketapang serta berada di jalan utama kearah Taman Nasional Baluran. Pemandangan disana sangat indah, Anda bisa menyaksikan keindahan pantai yang indah saat dalam perjalanan. Kalian juga bisa menyaksikan keindahan bebukitan diseberangnya.

Baca Juga :

 

10. Hutan Mangrove Bedul

Hutan Mangrove Bedul Tempat Wisata Di Banyuwangi

Hutan Mangrove Bedul – Tempat Wisata Di Banyuwangi

Tempat wisata di Banyuwangi ini terletak di tengah-tengah pantai Grajagan dengan pantai Plengkung, serta menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banyuwangi yang menawarkan Anda pesona serta keeksotisan hutan mangrove berisikan 26 jenis mangrove dari 16 famili dan sejumlah satwa liar yang tinggal di sana. Yang paling banyak serta gampang Anda temui adalah monyet liar. Lokasi destinasi wisata ini berada kurang lebih 54 km dari pusat kota Banyuwangi.

 

Begitulah referensi tempat wisata di Banyuwangi yang bisa Kompas Wisata sajikan kali ini. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Banyuwangi seperti sego cawuk, sego tempong atau pecel pitik yang dapat menggugah selera makan Anda. Selamat mencoba dan selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!