Tempat Wisata di Bengkulu Paling Terkenal dan Menarik untuk Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata di Bengkulu yang menawarkan keindahan alam yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke kota ini. Kota Bengkulu merupakan ibu kota provinsi Bengkulu yang memiliki luas wilayah 151,7 km2. Kota Bengkulu terletak di pantai bagian barat pulau Sumatera dimana panjang pantainya yaitu sekitar 525. Kota ini sejajar dengan Bukit Barisan dan menghadap langsung ke Samudra Hindia. Kota bengkulu juga menjadi kota yang bersejarah karena kota ini pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan para aktivis perjuangan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya yaitu Ir. Soekarno (presiden pertama Indonesia) yang di asingkan ke kota Bengkulu pada tahun 1938 hingga tahun 1941. Di kota ini jugalah Bung Karno bertemu dengan ibu Fatmawati yang kemudian menjadi istri Bung Karno.

Tidak hanya terkenal dengan sejarah yang dimilikinya, kota Bengkulu juga terkenal dengan pesona alam yang memikat hati penikmatnya. Mungkin Anda mengenal bunga Raflesia Arnoldi, bunga yang terkenal tersebut ada di kota Bengkulu ini. Bunga ini merupakan bunga terbesar di dunia dan hanya berbunga tiap 6 sampai 8 bulan sekali. Uniknya bunga Raflesia tidak mempunyai akar, daun dan batang dengan diameternya yaitu 100 cm. Oleh karena itu kota Bengkulu menjadi salah satu tujuan destinasi wisata oleh wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara. Kota Bengkulu tempat menarik dan wajib untuk dikunjungi. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota ini berikut ada 10 tempat wisata di Bengkulu yang paling populer.

 

Tempat Wisata Terpopuler Di Bengkulu

 

1. Rumah Pengasingan Soekarno

Rumah Pengasingan Soekarno - Tempat wisata di Bengkulu

Rumah Pengasingan Soekarno – Tempat wisata di Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu yang pertama adalah rumah pengasingan presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno. Beliau pernah menempati sebuah rumah di Bengkulu pada tahun 1938-1942 yang pada mulanya merupakan milik dari pengusaha Tionghoa, Tan Eng Cian. Di rumah tersebut terdapat benda-benda bersejarah miliki Bung Karno. Ada sepeda ontel, beberapa koleksi buku-buku, bahkan ada juga sepucuk surat cinta milik Bung Karno untuk Ibu Fatmawati. Untuk masuk ke dalam rumah dan melihat peninggalan-peninggalan tersebut Anda cukup membayar tiket sebesar Rp.2.500 per orang.

 

2. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough - Tempat wisata di Bengkulu

Benteng Marlborough – Tempat wisata di Bengkulu

Selain rumah pengasingan ada juga tempat wisata bersejarah lainnya di kota Bengkulu yaitu Benteng Marlborough. Penamaannya diambil dari salah satu pahlawan Inggris yaitu John Churchill Duke of Marlborough I. Tempat wisata di Bengkulu ini merupakan benteng peninggalan Inggris yang didirikan pada tahun 1713 oleh East India Company (EIC). Letak dari benteng ini yaitu di pesisir pantai Tapak Paderi tepatnya di atas bukit buatan yang menghadap ke kota Bengkulu serta membelakangi samudera Hindia. lokasinya tidak jauh dari pusat kota yaitu sekiar 1 jam perjalan. Anda bisa menggunakan transportasi umum ataupun pribadi yang ada di pusat kota. Di Benteng Marlborough Anda bisa menikmati keindahan dan kemegahan benteng. Selain itu di sana Anda akan disajikan beragam dokumen penting peninggalan kolonial Inggris. Untuk masuk ke dalam Benteng Marlborough Anda cukup membayar tiket sebesar Rp.5.000, harga yang cukup terjangkau bukan.

 

3. Pantai Panjang

Pantai Panjang - Tempat wisata di Bengkulu

Pantai Panjang – Tempat wisata di Bengkulu

Selain terkenal akan objek wisata sejarahnya, kota Bengkulu juga terkenal dengan objek wisata pantainya. Salah satu pantai yang terkenal di kota Bengkulu yaitu Pantai Panjang. Tempat wisata di Bengkulu ini memiliki garis pantai sekitar 7 km dan lebarnya sekitar 500 m. Pantai Panjang terletak di kecamatan Ratu Agung dan hanya berjarak 3 km dari pusat kota. Untuk menuju ke wisata Pantai Panjang Anda bisa menggunakan transportasi umum yang tersedia di pusat kota atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi. Di Pantai Panjang Anda bisa melakukan beragam aktifitas seperti jogging, bermain voly pantai atau berjemur di pantai sambil menikmati keindahan pantainya. Ombak di Pantai Panjang juga sering dimanfaatkan untuk melakukan surfing atau berselancar.

 

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi - Tempat wisata di Bengkulu

Pantai Tapak Paderi – Tempat wisata di Bengkulu

Selain Pantai Panjang ada juga objek wisata pantai lainnya di Bengkulu yaitu Pantai Tapak Paderi. Tempat wisata di Bengkulu ini lokasinya tidak jauh dari Benteng Marlborough yaitu sekitar 100 meter dan jika ditembuh dari pusat kota hanya membutuhkan waktu 10 menit. Dulunya pantai ini merupakan pelabuhan namun sekarang menjadi objek wisata karena pesona alamnya yang menakjubkan. Anda bisa melakukan aktifitas seperti berenang atau hanya sekedar menikmati sunset. Biaya yang Anda keluarkan untuk membeli tiket masuknya cukup terjangkau yaitu hanya Rp.1.000 untuk anak-anak dan Rp.2.000 untuk orang dewasa.

 

5. Danau Dendam Tak Sudah

Danau dendam tak sudah - Tempat wisata di Bengkulu

Danau dendam tak sudah – Tempat wisata di Bengkulu

Jika Anda sedang di kota Bengkulu Anda wajib mengunjungi objek wisata danau di kota tersebut. Kota Bengkulu memiliki 3 danau yang dijadikan sebagai objek wisata. Danau yang pertama yaitu Danau Dendam Tak Sudah. Tempat wisata di Bengkulu ini terletak di kelurahan Dusun Besar, Singaran Pati, Bengkulu. Luas keseluruhannya yaitu 557 hektar dan diperkiran Danau Dendam Tak Sudah ini terbentuk dari aktifitas gunung berapi yang ada di daerah tersebut.

 

6. Danau Picung

Danau Picung - Tempat wisata di Bengkulu

Danau Picung – Tempat wisata di Bengkulu

Objek wisata danau kedua yang ada di Bengkulu yaitu Danau Picung. Tempat wisata di Bengkulu ini terletak di utara Muara Aman dengan jarak sekitar 5 km. Danau ini merupakan danau buatan yang digunakan sebagai sumber air untuk memutar kincir  pada tambang emas. Danau Picung sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga ataupun tempat untuk out bond. Selain itu di danau ini juga sering dijadikan sebagai tempat nongkrong di Bengkulu oleh para muda-mudi.

 

7. Danau Tes

Danau Tes - Tempat wisata di Bengkulu

Danau Tes – Tempat wisata di Bengkulu

Danau ketiga yang ada di kota Bengkulu yaitu Danau Tes. Tempat wisata di Bengkulu ini merupakan danau terbesar di Bengkulu yang terbentang antara dusun adat Kutei Donok dan dusun adat Tes. Lokasinya yaitu berada di lereng pegunungan Bukit Barisan, kecamatan Lebong Selatan. Untuk menikmati keindahan danau ini ada beberapa fasilitas yang tersedia seperti vila atau penginapan, gardu pandang dan tempat sewa perahu.

 

8. Bukit Kaba

Bukit Kaba - Tempat wisata di Bengkulu

Bukit Kaba – Tempat wisata di Bengkulu

Satu lagi tempat wisata di Bengkulu yang populer yaitu objek wisata Bukit Kaba. Bukit ini terletak di Curup, Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Kaba merupakan gunung api aktif tipe A. Gunung ini memiliki 8 buah kawah dengan ketinggian sekitar 1.952 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak dari Bukit Kaba, Anda harus menaiki 307 anak tangga. Memang melelahkan namun begitu Anda sampai di puncak maka Anda akan disuguhkan pemandangan dari jajaran Bukit Barisan. Anda juga dapat berkemah di Bukit Kaba untuk menikmati gemerlap lampu-lampu kota Curup saat malam hari. Untuk menikmati keindahan alam Bukit Kaba Anda cukup membayar tiket sebesar Rp.2.500 per orang.

 

9. Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup - Tempat wisata di Bengkulu

Air Terjun Kepala Curup – Tempat wisata di Bengkulu

Selain objek wisata Bukit Kaba, di Curup juga terdapat objek wisata alam yang tidak kalah indahnya yaitu Air Terjun Kepala Curup. Tempat wisata di Bengkulu ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Lokasinya yaitu sekitar 29 km dari pusat kota Curup, kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Di sana Anda bisa menikmati keindahan air terjun serta keindahan alam sekitarnya. Segarnya udara di sekitar Air Terjun Kepala Curup membuat hati tentram. Selain itu ditengah air terjun terdapat sebuah gua yang menjadi habitat kelelawar.

 

10. Air Terjun Geluguran

Air Terjun Geluguran - Tempat wisata di Bengkulu

Air Terjun Geluguran – Tempat wisata di Bengkulu

Tidak hanya Air Terjun Kepala Curup saja, wisata air terjun di Bengkulu lainnya yaitu Air Terjun Geluguran. Berbeda dengan Air Terjun Kepala Curup yang berada di Rejang Lebong, tempat wisata di Bengkulu ini berada di desa Pino, kecamatan Ulu Mana, Bengkulu. Objek wisata manna ini akan menyuguhkan keindahan pemandangan Taman Nasional Bukit Barisan. Di sana para pengunjung juga bisa mandi karena airnya tidak terlalu dalam yaitu sekitar 2 meter.

 

Nah itulah ulasan dari Kompas Wisata yang membahas beberapa tempat wisata di Bengkulu yang terfavorit bagi para wisatawan. Setelah asik menyusuri tempat wisata yang ada di Bengkulu diatas, tidak ada salahnya Anda mencicipi makanan khas dari Bengkulu seperti bagar hiu atau pendap. Dengan begitu lengkap sudah Anda menikmati wisata di Bengkulu baik dari alamnya hingga kuliner khas yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para sobat traveller yang ingin berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di Bengkulu dan sekitarnya. Selamat berlibur. Be Happy !!

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: