Tempat Wisata Di Boyolali Yang Banyak Diminati Wisatawan

Tempat wisata di Boyolali – Kabupaten Boyolali yang letaknya di sebelah utara Kota Solo dulunya merupakan karesidenan Surakarta. Meskipun demikian Boyolali tak menghilangkan jati dirinya yang dikenal dengan hasil susu sapi. Hebatnya produksi susu sapinya bukan hanya dijual langsung ke konsumen sebagai susu segar, melainkan di jual ke perusahaan susu atau kafe di daerah Solo dan Jogya.

Beralih ke wisata Boyolali yang memang belum terkenal seperti layaknya wisata Kota Semarang maupun Solo, bahkan wisatawan yang berkunjung didominasi oleh masyarakat lokal saja. Namun, Boyolali memiliki tempat dengan hawa sejuk yang didominasi alam pegunungan. Oleh karena itu sangat asyik jika menghabiskan waktu liburan di berbagai tempat wisata di Boyolali ini. Apa saja tempat wisata yang ada di kota susu ini? berikut beberapa referensi dari Kompas Wisata yang wajib untuk disambangi. Simak ya.

 

Tempat Wisata Di Boyolali Terpopuler

 

1. Umbul Pengging

Umbul Pengging - Tempat wisata di Boyolali

Umbul Pengging – Tempat wisata di Boyolali

Pemandian yang terkenal dengan nilai sejarah yang tinggi ini adalah Pemandian Umbul Pengging, dimana menyajikan arsitektur dengan konsep kuno. Keberadaanya di Kompleks Pengging yang konon kerap digunakan sebagai pemandian dari keluarga raja. Menurut cerita setempat pemandian tersebut merupakan tempat peristirahatan Raja Kasunan Surakarta. Karena itulah pemandian di kawasan ini menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi udara yang diberikan cukup sejuk lengkap dengan pepohonan.

 

2. Umbul Tlatar

Umbul Tlatar - Tempat wisata di Boyolali

Umbul Tlatar – Tempat wisata di Boyolali

Umbul Tlatar adalah objek wisata yang menghadirkan dua buah kolam pemandian berupa mata air jernih, masing-masing bernama Umbul Asem dan Umbul Pengilon. Di Tlatar ini biasanya diadakan tradisi padusan yang merupakan tradisi saat menjelang bulan ramadhan dengan tujuan untuk membersihkan badan agar kembali suci. Terdapat pula kolam peancingan yang lengkapdengan rumah makan. Tentu saja anda bisa berwisata kuliner dengan beragam menu berbahan dasar ikan air tawar.

 

3. Waduk Bade

Waduk Bade - Tempat wisata di Boyolali

Waduk Bade – Tempat wisata di Boyolali

Tempat wisata di Boyolali berikutnya adalah Waduk Bade yang memiliki spot terbaik saat sore hari. Salah satunya adalah melihat panorama sunset yang bisa anda abadikan dengan bidikan kamera. Di samping itu, anda juga bisa menayksikan Gunung Merahi dan Gunung Merbabu dari kejauhan. Sebenarnya Waduk Bade difungsikan sebagai pengairan sawah yang ada di sekelilingnya.  Namun, anda dapat menjadikannya sebagai objek wisata dengan mengisi kegiatan  memancing di sana.

 

4. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Agrowisata Sapi Perah Cepogo - Tempat wisata di Boyolali

Agrowisata Sapi Perah Cepogo – Tempat wisata di Boyolali

Seperti yang telah diulas di bagian atas, Boyolali adalah penghasil susu sapi perah maka dari itu terdapat objek wisata bernama Agrowisata Sapi Perah Cepogo. Produk dari susu sapi tersebut memang berasal dari Kecamatan Cepogo. Di sinilah para wisatawan akan melihat secara langsung belajar bagaiamana cara bertenak sapi perah, melakukan pembersihan kandang, member makan sapi, hingga teknik pemrosesan memerah susu sapi. Pastikan bisa menjadi pengalaman menarik di kawasan objek ini.

 

5. New Selo

New Selo - Tempat wisata di Boyolali

New Selo – Tempat wisata di Boyolali

New Selo adalah spot yang paling bagus untuk menikmati keindahan Gunung Merbabu. Daerah New Selo terletak di ketinggian sehingga anda bisa menyaksikan betapa luasnya hamparan gunung dan lembah hijau. Biasanya daerah New Selo tersebut digunakan sebagai jalur pendakian Gunung Merapi. Maka tak heran banyak dijumpai warung makanan dan minuman yang bisa digunakan sebagai tempat singgah para pendaki.

 

Beragam tempat wisata di Boyolali bisa anda kunjungi baik sebagai sarana edukasi ataupun liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Semoga referensi diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Selamat berlibur. Be Happy !!

Dapatkan Diskon Hotel dan Pesawat via :

Booking.com  PegiPegi.com

Close
error: Content is protected !!